Mobil Mewah Tanpa Tempat Sampah

“Buanglah sampah pada tempatnya”, “Kebersihan sebagian dari iman”, “Bersih itu sehat”, ketiga kalimat tersebut sudah sering kita dengar atau kita lihat sehari-hari. Ketika membacanya, kita pun sudah sangat mafhum dengan apa maksud ketiga kalimat tersebut dan bagaimana merealisasikannya. Namun, tidak semua orang mampu mewujudkan. Tak terlepas apa orang itu kaya atau miskin, berpendidikan atau tidak.

Sore itu, seperti biasa saya melewati kawasan Pasar Minggu yang sepertinya tak bisa lepas dari kemacetan. Ketika saya mencoba melaju pelan di sela-sela kendaraan, tiba-tiba jendela belakang mobil yang melaju di samping kanan saya terbuka. Tak lama kemudian, tangan si penumpang keluar dan menjatuhkan kulit jeruk ke jalan. Hampir saja kulit jeruk tersebut mengenai kaki pengendara motor di depan saya. Tanpa rasa bersalah, mobil itu pun tetap melaju.

Ternyata dalam mobil mewah tersebut tak ada tempat sampah. Setidaknya itulah yang terpikir oleh saya setelah menyaksikan kejadian tersebut. Seandainya saja ada, si penumpang mungkin tidak akan repot-repot membuka jendela. Wallahu a’lam.

Walaupun sudah banyak tempat sampah dengan berbagai bentuk dan ukuran yang tersedia, baik di pinggir jalan, pusat pertokoan, perkantoran, perumahan, bahkan mungkin di dalam kendaraan, masih saja ada sampah yang berceceran. Tanya kenapa?

28 respons untuk ‘Mobil Mewah Tanpa Tempat Sampah’

  1. abhicom2001 Januari 22, 2007 / 00:00

    loh ada pak tempat sampahnya malah di kasi nama segala….yaitu Jakarta. Tempat sampah terbesar di dunia hehehe

  2. jampang Januari 22, 2007 / 00:00

    abhicom2001 said: Tempat sampah terbesar di dunia hehehe

    weh… baru tahu kalau itu tempat sampah… padahal gue lahir dan gede di jakarta 😦

  3. thetrueideas Januari 22, 2007 / 00:00

    di mobil saya ada tempat sampah, tapi namanya juga anak-anak sudah disediain, malah ditaruhnya di bawah kaki atau malah jok mobil, hmmm dijitak kalo dah begitu 🙂

  4. jampang Januari 22, 2007 / 00:00

    thetrueideas said: di mobil saya ada tempat sampah, tapi namanya juga anak-anak sudah disediain, malah ditaruhnya di bawah kaki atau malah jok mobil, hmmm dijitak kalo dah begitu 🙂

    alhamdulillah.hehehehehe…. namanya juga anak-anak mas

  5. latifabdul Januari 22, 2007 / 00:00

    Messtinya kita banyak belajar dari bangsa2 yang sukses……Singapore,dan Japan …. siapa yang membuang sampah bukan ditempatnya…harus dikenakan denda yang besar….reward and punishment….ini juga sistem hukum dari ALLAH pencipta manusia bukan?Taanpa ada sangsi…tidak mungkin masarakat akan disiplin..walaupun sudah mejalan shalat 5 kali sehaari….lihat jemaah Juma’at…apa yang ganjil kita lihat..? Setelah mereka selesai shalat Jumaat…koran2 bertebaran di halam Mesdjid….Jadi makna shalat untuk menjaga kebersihan jasmani dan rohani..tidak tercapai….karena shalat dilakukan bukan kesadaran tapi karena budhaya…Bukankah demikian? Sdr Syamsu….Maari kita perbaiki shalatnya umat !Wassalam

  6. jampang Januari 22, 2007 / 00:00

    latifabdul said: .Maari kita perbaiki shalatnya umat !

    mari sama-sama, Pak.supaya sholat kita lebih baik dan nilai-nilai sholat bisa diaplikasikan dalam kehidupan

  7. kuenyaoyan Januari 22, 2007 / 00:00

    kalau aku …mulai aja dari diri sendiri .. ditempat umum …aku suka celingukan cari tempat sampah ..eh malah diliatin orang … aneh ya ..yang bener malah dianggap aneh ….

  8. jampang Januari 22, 2007 / 00:00

    kuenyaoyan said: aneh ya ..yang bener malah dianggap aneh ….

    sudah deket akhir zaman kali mbak, semuanya jadi terbalik. kalau saya sering amakn permen di atas motor, bungkusnya saya kantongin atau saya masukin di tas. cuma sering lupa ngeluarin 🙂

  9. littlerebby Januari 22, 2007 / 00:00

    huh sering nemuin yg kaya gt jga tuh. cuma bisa geleng2 pala. trus kl pas nyelip suka aku liatin mukanya. ha ha ha hadulu pas aku kecil pernah buang gt juga c..trus dinasehati gt ma nyokap. inget de pe skr.

  10. ruzaqir Januari 22, 2007 / 00:00

    disaat persepsi rame orang sama ( walaupun salah) kita dianggap orang aneh..

  11. otiem Januari 22, 2007 / 00:00

    tempat sampah daruratku adalah : kalo ga kantong celana, ya Tas. Kl ga nemu tempat sampah, 2 tempat itu jd tempat darurat utk menyimpan sampah itu. Tau2 pas di rumah dan bersih2 tas & kantong celana, isinya bungkus permenlah, tissue bekaslah, gelas aqualah, dll..dll…hehehe.. Bodo deh dikatain jorok sm tmn2, yg penting ga ngotorin jalanan..

  12. jampang Januari 22, 2007 / 00:00

    littlerebby said: trus kl pas nyelip suka aku liatin mukanya. ha ha ha ha

    liatin doank… sempet negor atao kenalan nggak?

  13. jampang Januari 22, 2007 / 00:00

    ruzaqir said: disaat persepsi rame orang sama ( walaupun salah) kita dianggap orang aneh..

    sekarang benar salah ukurannya suara terbanyak kali yah?

  14. jampang Januari 22, 2007 / 00:00

    littlerebby said: eh bareng replynya loh…

    janjian yah?

  15. jampang Januari 22, 2007 / 00:00

    otiem said: Bodo deh dikatain jorok sm tmn2, yg penting ga ngotorin jalanan..

    salut…salut….

  16. mrpinguin Januari 22, 2007 / 00:00

    iya nih padahal setiap gw siaran, selalu jangan buang sampah sembarangan.. kacau..

  17. jampang Januari 22, 2007 / 00:00

    mrpinguin said: iya nih padahal setiap gw siaran, selalu jangan buang sampah sembarangan.. kacau..

    jangan lupa tuk selalu mengingatkan 🙂

  18. jrdd Januari 23, 2007 / 00:00

    Lho.. kirain yg buang sampah sembarangan didenda?? itu peraturan kapan ya?? saya ketinggalan jaman nih ..

  19. jampang Januari 23, 2007 / 00:00

    jrdd said: Lho.. kirain yg buang sampah sembarangan didenda?? itu peraturan kapan ya?? saya ketinggalan jaman nih ..

    emang ada pertaurannya, cuma enggak jalan, tahu deh kenapa

  20. luluone Januari 23, 2007 / 00:00

    hmm masih banyak orang yang cuek buang sampah sembarangan.. n gak rasa guilty at all….

  21. jampang Januari 23, 2007 / 00:00

    luluone said: hmm masih banyak orang yang cuek buang sampah sembarangan.. n gak rasa guilty at all….

    gak tahu deh kenapa, aturan hanya sekedar aturan.

  22. isaanshori Juni 23, 2011 / 00:00

    yg paling sering tu puntung rokok +___+

  23. jampang Juni 23, 2011 / 00:00

    isaanshori said: yg paling sering tu puntung rokok +___+

    kulit buah, kluit kacang, tissue … dll

  24. thetrueideas Juni 23, 2011 / 00:00

    Alhamdulillah, mobil saya ada tempat sampahnya…

  25. jampang Juni 23, 2011 / 00:00

    thetrueideas said: Alhamdulillah, mobil saya ada tempat sampahnya…

    :)*sudah tahu sejak 4 tahun yang lalu… kan ada komentar mas syamsul di atas.xixixixixixi

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s