Ada Yang Ngajak Batalin Puasa dan Ta’jil Yang Salah Makna

Adzan Maghrib sudah berkumandang. Tiba waktu berbuka puasa. Saya percepat laju motor saya menuju musholla terdekat.

Di samping musholla, saya langsung parkirkan motor. Melalui jendela saya dapat melihat beberapa jama’ah lebih dahulum berbuka puasa.

Saya dekati pintu masuk musholla. Salah seorang jama’ah segera berdiri dan melangkah keluar mendekati saya sambil berkata, “Ayo, Pak. Batalin dulu!”

“Iya, Pak,” jawab saya sambil tersenyum di bibir dan di hati. Senyum di bibir sebagai respon dari ajakan beliau dan bernilai sedekah, Insya Allah. Sementara senyum di hati karena meskipun saya sering mendengar ucapan serupa dan mengerti maksud yang tersirat di dalam kalimat tersebut yaitu ta’jil, untuk menyegerakan berbuka puasa, tetap saja terkesan lucu. Lucu, masa sepanjang hari saya menahan lapar dah haus berpuasa, ketika Maghrib saya harus batalkan.

Salah Kaprah Tentang Ta’jil

Sebenarnya, kata ta’jil berasal dari Bahasa Arab yang artinya menyegerakan, maksudnya adalah menyegerakan berbuka puasa ketika sudah waktunya. Ta’jil merupakan anjuran Rasulullah kepada kita “Menurut riwayat Tirmidzi dari hadits Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: Hamba-hamba-Ku yang paling Aku cintai adalah mereka yang paling menyegerakan berbuka.”

Tapi apa yang bekembang saat ini sudah jauh melenceng. Mungkin kita sering mendengar ucapana atau kalimat seperti “Jalan-jalan, yuk. Sambil cari ta’jil”, “Sedia Aneka Ta’jil untuk berbuka,” “Aneka Resep Ta’jil”, dan berbagai contoh lain yang bisa ditemukan dengan cukup mengetik “ta’jil” di google.

Jangan sampai kita ikut salah kaprah masalah ta’jil ini. Wallahu a’lam.

gambar dicomot dari sini.

 

21 respons untuk ‘Ada Yang Ngajak Batalin Puasa dan Ta’jil Yang Salah Makna

  1. banghas Agustus 12, 2010 / 00:00

    owh…baru ngerti saya pak….makasih….

  2. nawhi Agustus 12, 2010 / 00:00

    kirain ada sesuatu yang membuat puasanya batal.

  3. jampang Agustus 12, 2010 / 00:00

    banghas said: owh…baru ngerti saya pak….makasih….

    sama-sama, bang

  4. jampang Agustus 12, 2010 / 00:00

    nawhi said: kirain ada sesuatu yang membuat puasanya batal.

    hehehehehe…. nggak ngerasa tertipu, kan, wan?

  5. nawhi Agustus 12, 2010 / 00:00

    jampang said: nggak ngerasa tertipu, kan, wan?

    dikiiit tapi tetep kudu tanggung jawab he3

  6. jampang Agustus 12, 2010 / 00:00

    nawhi said: dikiiit tapi tetep kudu tanggung jawab he3

    kalo gitu ya maaf, tapi ini adalah salah satu trik pemasaran…. kekekekekeke kalau istri bilang “eyecatching”. bener enggak yah tulisannya?

  7. nawhi Agustus 12, 2010 / 00:00

    jampang said: kalo gitu ya maaf, tapi ini adalah salah satu trik pemasaran…. kekekekekeke kalau istri bilang “eycatching”. bener enggak yah tulisannya?

    guyon-guyon Mas, ga perlu minta maaf kok :peyecatching yang bener Mas.

  8. jampang Agustus 12, 2010 / 00:00

    nawhi said: guyon-guyon Mas, ga perlu minta maaf kok :peyecatching yang bener Mas.

    iya.. iya…. tenang aje…. barusan ngeliat lagi ternyata kurang huruf e.

  9. thetrueideas Agustus 12, 2010 / 00:00

    Dan ada keutamaan orang yang memberi buka kepada orang lain, ia mendapatkan pahala tanpa mengurangi pahala puasanya sendiri…

  10. jampang Agustus 12, 2010 / 00:00

    thetrueideas said: Dan ada keutamaan orang yang memberi buka kepada orang lain, ia mendapatkan pahala tanpa mengurangi pahala puasanya sendiri…

    yup, betul sekali mas. jadi pengen….. 🙂

  11. bundanyaraihan Agustus 12, 2010 / 00:00

    Ohh…aku jg baru tau…hehhe… Thx buat infonya ya mas…

  12. jampang Agustus 12, 2010 / 00:00

    bundanyaraihan said: Ohh…aku jg baru tau…hehhe… Thx buat infonya ya mas…

    semoga bermanfaat ya, mbak.

  13. eroza Agustus 17, 2010 / 00:00

    hahaha sama nih yang aku rasakan ma Rifki, waktu baru pertama ke Jakarta kaget denger orang2 bilang “ayo batalin puasanya kan udah magrib” 😀

  14. jampang Agustus 18, 2010 / 00:00

    eroza said: hahaha sama nih yang aku rasakan ma Rifki, waktu baru pertama ke Jakarta kaget denger orang2 bilang “ayo batalin puasanya kan udah magrib” 😀

    mau ngingetin kalao itu salah… takut malah jadi parah, ya udah biarlah

    • jampang Juli 22, 2014 / 07:47

      sepengetahuan saya terkait dengan ibadah puasa artinya berbuka puasa, mbak

      ada juga istilah ifthar jama’i berbuka puasa bersama

      • ayanapunya Juli 22, 2014 / 07:49

        oo jadi benar ya iftar artinya buka puasa. kali aja salah tafsir lagi 😀

      • jampang Juli 22, 2014 / 07:53

        enggak. itu bener insya Allah 😀

  15. danirachmat Juli 22, 2014 / 08:50

    Makasih Bang ilmunya. Belom ngecek di KBBI sih, tapi orang sini sudah lamgsung pake ta’jil sebagai bahasa serapan yang berarti makanan kecil buat buka puasa kali ya. :d

    • jampang Juli 22, 2014 / 09:12

      sama-sama.
      barusan buka kamusonline dan ketemu ini :

      takjil tak.jil
      [v Isl] mempercepat (dl berbuka puasa)

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s