[Arisan Kata : IX] Pantun Nasihat

pantun nasihat

jika ada api berkobar
padamkanlah dengan segera
jika sempat cobalah dengar
sebuah hatif nan bijaksana

kuda tak pergi jika diikat
bulunya lembut saat dibelai
bila tiba waktu shalat
segera tunaikan jangan sampai lalai

bila luka terasa perih
segera obati agar segera pulih
daripada banyak cerabih
lebih baik mari bertasbih

melanyau bocah berbaju kumal
dekat sawah berpetak-petak
carilah ilmu sebagai dasar amal
agar ibadah sempurna tak tertolak

ambil air dengan gayung
basahi tubuh dengan sempurna
bila tak tahu jangan bingung
carilah ahlinya tuk bertanya

lihat bocah asyik membaca
duduk di lantai tanpa alas
jangan pernah berputus asa
karena rahmat Allah tiada batas

jika jingga terlihat indah
karena warna lain ikut berpadu
jika hati gundah gelisah
Dia Yang Esa tempat mengadu

bila hatimu merasa kesal
berpikirlah jernih jangan mengumpat
berhati-hatilah setiap beramal
karena selalu disadap dan tercatat


Baca Juga Arisan Kata Lainnya :

31 thoughts on “[Arisan Kata : IX] Pantun Nasihat

  1. nawhi November 13, 2010 / 00:00

    jampang said: bila hatimu merasa kesalberpikirlah jernih jangan mengumpatberhati-hatilah setiap beramalkarena selalu disadap dan tercatat

    pas ini buat yang kemarin hihihi

  2. jampang November 13, 2010 / 00:00

    nawhi said: pas ini buat yang kemarin hihihi

    xixixixixi…padahal waktu bikin ini enggak inget kejadian kemaren lho!di posting berikutnya mungkin yang menjurus ke sana.Nantikan!:P

  3. nawhi November 13, 2010 / 00:00

    jampang said: di posting berikutnya mungkin yang menjurus ke sana.Nantikan!

    tentu, akan aku nantikan!!

  4. jampang November 13, 2010 / 00:00

    nawhi said: tentu, akan aku nantikan!!

    lagi mikir judulnya….Tiga Buah Teko : Yang Terkenang Dari Malang

  5. vivfee November 13, 2010 / 00:00

    kreatif

  6. nawhi November 13, 2010 / 00:00

    jampang said: Tiga Buah Teko : Yang Terkenang Dari Malang

    tiga..? kayaknya aku udah tahu yang dua, satunya apa ya?jangan dijawab di sini tapi, ntar aja di tulisannya.Sip dah judulnya, ditunggu lho.

  7. jampang November 13, 2010 / 00:00

    vivfee said: kreatif

    makasih banyak…semoga bermanfaat

  8. jampang November 13, 2010 / 00:00

    nawhi said: tiga..? kayaknya aku udah tahu yang dua, satunya apa ya?jangan dijawab di sini tapi, ntar aja di tulisannya.Sip dah judulnya, ditunggu lho.

    hehehehe…. ada satu lagi.iyag gak dijawab di sini, nanti aja….ini mau kerja dulu bikin user manul aplikasi yang kemaren dibikin.

  9. trasyid November 13, 2010 / 00:00

    makasih nasihatnya, mas.. šŸ˜‰

  10. nawhi November 13, 2010 / 00:00

    jampang said: ini mau kerja dulu bikin user manul aplikasi yang kemaren dibikin.

    rajin bener, nggak liburan sama keluarga tha?

  11. putrilan9it November 13, 2010 / 00:00

    wah, tdk harus puisi yah?Pantun juga bisa šŸ™‚

  12. deraisa November 13, 2010 / 00:00

    Syukron atas pengingatannya…

  13. tintin1868 November 13, 2010 / 00:00

    pake arisan kata.. pantunnya bikin kita digetok tuh mas..

  14. hwibntato November 13, 2010 / 00:00

    pantun yang bagus, Mas …penuh nasihat …

  15. topenkkeren November 13, 2010 / 00:00

    ahaha.. kereeeen.

  16. melatidesa November 14, 2010 / 00:00

    pintar berpantun juga nih:-) ga hanya cerpen dan puisi:-)

  17. itapage November 14, 2010 / 00:00

    jampang said: jika jingga terlihat indahkarena warna lain ikut berpadujika hati gundah gelisahDia Yang Esa tempat mengadu

    setujuuuuuu…pantunnya bagus2. dilombain ya?

  18. jampang November 14, 2010 / 00:00

    trasyid said: makasih nasihatnya, mas.. šŸ˜‰

    sama-sama…nasihat wat diri sendiri utamanya šŸ™‚

  19. jampang November 14, 2010 / 00:00

    nawhi said: rajin bener, nggak liburan sama keluarga tha?

    liburannya udah kemaren šŸ™‚

  20. jampang November 14, 2010 / 00:00

    putrilan9it said: wah, tdk harus puisi yah?Pantun juga bisa šŸ™‚

    setahu saya, puisi itu banya jenisnya. salah satunya ya pantun šŸ™‚

  21. jampang November 14, 2010 / 00:00

    deraisa said: Syukron atas pengingatannya…

    sama-sama, mbak.utamanya wat ngingetin diri sendiri

  22. jampang November 14, 2010 / 00:00

    tintin1868 said: pake arisan kata.. pantunnya bikin kita digetok tuh mas..

    tapi gak sampe benjol kan mbak šŸ™‚

  23. jampang November 14, 2010 / 00:00

    hwibntato said: pantun yang bagus, Mas …penuh nasihat …

    terima kasih, mas.mudah2an saya bisa ngamalin šŸ™‚

  24. jampang November 14, 2010 / 00:00

    topenkkeren said: ahaha.. kereeeen.

    makasih šŸ™‚

  25. jampang November 14, 2010 / 00:00

    melatidesa said: pintar berpantun juga nih:-) ga hanya cerpen dan puisi:-)

    pertama kali senang dengan puisi… ya bentuk pantun, mbak šŸ™‚

  26. jampang November 14, 2010 / 00:00

    itapage said: pantunnya bagus2. dilombain ya?

    enggak koq mbak, cuma arisan doank šŸ™‚

  27. itapage November 14, 2010 / 00:00

    Trend MP baru nih….arisan: kata, pantung, duit? :-))

  28. jampang November 14, 2010 / 00:00

    itapage said: Trend MP baru nih….arisan: kata, pantung, duit? :-))

    kalau ada duitnya, siapa yang nolak šŸ™‚

  29. banghas November 15, 2010 / 00:00

    nice gan…. ^_^

  30. jampang November 15, 2010 / 00:00

    banghas said: nice gan…. ^_^

    makasih šŸ™‚

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s