Ketika Wali ‘Bertaubat’ Di Saat Shalat

ilustrasi : http://shutterstock.com/

Ruangan yang berfungsi sebagai salah satu musholla di lantai dua salah satu pusat perbelanjaan di Depok itu rupanya terkena imbas hujan yang baru saja turun dengan derasnya. Sajadah yang letaknya berdekatan dengan tembok menjadi basah. Rupanya air hujan turun melalui sela-sela atap yang mungkin terpasang kurang rapat atau bocor. Tapi kondisi tersebut tidak menyurutkan niat beberapa jama’ah yang sudah datang dan menunggu untuk shalat Maghrib berjama’ah.Tak lama kemudian, waktu Maghrib datang. Saya minta Syaikhan untuk duduk di samping saya dan tidak pergi ke mana-mana. Sebenarnya, jika ruangan yang tersedia cukup dan jama’ah tidak begitu banyak, Syaikhan biasanya saya ajak untuk shalat juga meski hanya baru bisa mengikuti gerakan takbir, berdiri, dan sujud. Di depan saya, seorang anak laki-laki yang saya perkirakan berumur empat tahun ikut shalat bersama bapaknya.

Rakaat pertama berjalan lancar.

Di saat ujung rakaat kedua, ketika jama’ah duduk tasyahud awal, tiba-tiba handphone dari salah satu jama’ah berbunyi. Deringnya menyanyikan sebuah lagu yang cukup saya kenal.

ingat mati, ingat sakit
ingatlah saat kau sulit
ingat ingat hidup cuman satu kali

berapa dosa kau buat
berapa kali maksiat
ingat ingat sobat ingatlah akhirat

cepat ucap astafighrullahalโ€™adzim *

Sebanyak dua kali telepon itu berdering.

Rupanya, anak laki-laki di yang berada di ujung kanan shaf paling depan tersebut mengetahui lirik lagu tersebut dan ikut bernyanyi. Bahkan ketika dering handphone berhenti, anak tersebut masih tetap bernyanyi dan bernyanyi.

Selanjutnya, di rakaat ketiga, bacaan imam yang memang sudah tidak keras lagi berganti dengan nyanyian si anak laki-laki yang menyeru untuk bertaubat. Meski sang bapak mencoba untuk meminta si anak berhenti dengan cara mencolek tangan dan kaki si anak, anak tersebut tetap asyik berdendang hingga salam pertama diucapkan oleh imam shalat.

Selesai shalat, saya lihat wajah Syaikhan bengong dengan pandangan masih tertuju kepada si anak laki-laki tersebut. Mungkin jika dia sudah pandai berbicara dia akan bertanya, “Bi, yang tadi itu bacaan shalat baru, yah?”

Naudzubillah!

* Lirik Lagu Wali Tomat (Tobat Maksiat)

32 respons untuk โ€˜Ketika Wali ‘Bertaubat’ Di Saat Shalatโ€™

  1. nawhi November 17, 2010 / 00:00

    kebiasaan tuh, sholat nggak disilent dulu.kirain Sehan ikutan nyanyi ๐Ÿ˜€

  2. tintin1868 November 17, 2010 / 00:00

    yang punya handphone malu ga tuh? mestinya dimatikan dulu sebelum solat kan ya..

  3. jampang November 17, 2010 / 00:00

    nawhi said: kirain Sehan ikutan nyanyi ๐Ÿ˜€

    enggak diajarin lagu yang kaya gitu ๐Ÿ™‚

  4. jampang November 17, 2010 / 00:00

    armelzahfauzi said: wakakakkak,,,, geli…

    ๐Ÿ™‚

  5. ndhaandini November 17, 2010 / 00:00

    hmmm… ketuan juga, nih.. sholatnya gak fokus… :p

  6. jampang November 17, 2010 / 00:00

    tintin1868 said: yang punya handphone malu ga tuh? mestinya dimatikan dulu sebelum solat kan ya..

    barisannya di belakang saya mbak, gak liat siapa dan bagaimana reaksinya.harusnya dimatikan paling tidak disilent mode.*saya juga sering lupa*

  7. jampang November 17, 2010 / 00:00

    takedisaja said: sungguh ter-la-lu!!!!

    xixixixixixi….

  8. jampang November 17, 2010 / 00:00

    ndhaandini said: hmmm… ketuan juga, nih.. sholatnya gak fokus… :p

    tanpa bunyi2an pun, sulit wat saya wat fokus dan khusyu dalam sholat. berat.tapi sebagai catatan, sholat yang khusyu bukan berarti tidak sadar dengan lingkungan sekitar. kalu tidak salah ada kisah ketika nabi sholat dan mendengar ada anak yang menangis, beliau mempercepat shalatnya. mohon dikoreksi jika salah.

  9. ndhaandini November 17, 2010 / 00:00

    jampang said: tanpa bunyi2an pun, sulit wat saya wat fokus dan khusyu dalam sholat. berat.tapi sebagai catatan, sholat yang khusyu bukan berarti tidak sadar dengan lingkungan sekitar. kalu tidak salah ada kisah ketika nabi sholat dan mendengar ada anak yang menangis, beliau mempercepat shalatnya. mohon dikoreksi jika salah.

    huum.. iya bener.. ๐Ÿ˜€

  10. thetrueideas November 17, 2010 / 00:00

    saya malah pernah tuh, pas sholat terus hape salah satu jamaah berdering, dan ringtonenya suara ketawanya mbak kunti, yang hihihihi….hadoh :tepokjidat:

  11. ndhaandini November 17, 2010 / 00:00

    thetrueideas said: saya malah pernah tuh, pas sholat terus hape salah satu jamaah berdering, dan ringtonenya suara ketawanya mbak kunti, yang hihihihi….hadoh :tepokjidat:

    mungkin si orangnya gak tau, klo boleh mematikan handphone saat shalat…

  12. evanda2 November 17, 2010 / 00:00

    masih sering banget yang ga peduli dg hal ini. Pernah sudah takbiratul ihram, seorang perempuan sblh saya malah nerima tlp, krn dia tidak mundur, saya tegur spy dia mundur jika mmg mau nelpon, eh dia marah .. katanya, ini telepon penting mba… yaaaa mana yang penting sih ketemu Allah apa nerima tlp ..hiks

  13. jampang November 17, 2010 / 00:00

    ndhaandini said: huum.. iya bener.. ๐Ÿ˜€

    mudah2an kita bisa khusyu’ disetiap shalat

  14. jampang November 17, 2010 / 00:00

    thetrueideas said: saya malah pernah tuh, pas sholat terus hape salah satu jamaah berdering, dan ringtonenya suara ketawanya mbak kunti, yang hihihihi….hadoh :tepokjidat:

    serem banget.*ngebayangin kalau ada yang nelpon tengah malam*

  15. jampang November 17, 2010 / 00:00

    ndhaandini said: mungkin si orangnya gak tau, klo boleh mematikan handphone saat shalat…

    bisa jadi… padahal kan kalau langsung dimatikan yang lain jadi gak tambah terganggu

  16. jampang November 17, 2010 / 00:00

    evanda2 said: saya tegur spy dia mundur jika mmg mau nelpon, eh dia marah .. katanya, ini telepon penting mba… yaaaa mana yang penting sih ketemu Allah apa nerima tlp ..hiks

    ini namanya bentuk kejahilan kali yah, dikasih tahu tapi gak mau nerima.*ingetin diri yang masih jahil*

  17. bundanyaraihan November 17, 2010 / 00:00

    Sehan gak ikutan nyanyi atau joget, mas? Xixixixi…

  18. putrilan9it November 17, 2010 / 00:00

    Untung lagu relegius gitu, kl pas lg goyang ngebor gmn? :))Ah, yg posting sholatnya jadi merhatiin si anak sama bapaknya ๐Ÿ˜€

  19. jampang November 17, 2010 / 00:00

    bundanyaraihan said: Sehan gak ikutan nyanyi atau joget, mas? Xixixixi…

    enggak donk mbak…. soalnya lagu itu dia baru denger… *mbak dyan tawanya niru2 saya yah..*

  20. jampang November 17, 2010 / 00:00

    putrilan9it said: Untung lagu relegius gitu, kl pas lg goyang ngebor gmn? :))Ah, yg posting sholatnya jadi merhatiin si anak sama bapaknya ๐Ÿ˜€

    kalau yang itu gak tahu deh kejadiannya bakal gimana.ya, gitu deh mbak…. resiko kalau bukan di barisan depan ๐Ÿ™‚

  21. fightforfreedom November 17, 2010 / 00:00

    coba dipasang tulisan yg bunyinya:”Yang memiliki hp, tolong dimatikan” ๐Ÿ˜€

  22. hwibntato November 18, 2010 / 00:00

    wah … he he he …semoga tidak lupa untuk mematikan HP saat shalat …

  23. jampang November 18, 2010 / 00:00

    fightforfreedom said: coba dipasang tulisan yg bunyinya:”Yang memiliki hp, tolong dimatikan” ๐Ÿ˜€

    enggak ada tulisan itu seh di tembok

  24. jampang November 18, 2010 / 00:00

    hwibntato said: wah … he he he …semoga tidak lupa untuk mematikan HP saat shalat …

    mudah2an ๐Ÿ™‚

  25. takedisaja November 18, 2010 / 00:00

    jampang said: enggak ada tulisan itu seh di tembok

    ada tulisan pun ga ngaruh koq. mungkin lupa atau ga peduli…

  26. jampang November 19, 2010 / 00:00

    takedisaja said: ada tulisan pun ga ngaruh koq. mungkin lupa atau ga peduli…

    iya juga seh. kadang malah imam yang ngingetin tapi masih ada kejadian.

  27. Ina Maret 27, 2013 / 17:20

    wah wah ga konsen nih jamaahnya. untung liriknya masih bau bau nasihat. coba klo goyam dombreng ato cinta satu malam duhhhh piye yah.

    • jampang Maret 27, 2013 / 18:29

      ya gitu deh.
      lagian sekarang jarang bangetkan lagu anak-anak. nggak kaya dulu

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s