[Arisan Kata : X] Drama Menjelang Shubuh

shalat berjamaahmendusin aku di atas kasur
dengan tubuh kejur
diam membujur
sementara fajar telah menyingsing di ufuk timur
diiringi melodi subuh si jantan dari sebuah partitur
namun terdengar seperti kidung obsolet
membuat detak jantungku semakin lelet

kucoba bangkit tuk melawat
selasar tempatku bermunajat
dengan tongkat di tangan
menapak tanah yang hampir terban

aku lemah
aku kalah
kulihat wajah bertanduk itu tersenyum getir
memandang diriku yang seperti satir
lalu dia pun mengangkat topi
bersaamaan mataku yang terpejam lagi
memasuki alam mimpi

*******’

Menggunakan sepuluh kata baru : kejur, topi, mendusin, terban, lawat, tongkat, selasar, satir, obsolet, dan partitur.

Kejur a keras kaku (tidak dapat dilentukkan); tegak kaku (tt rambut dsb); tegar.

Mendusin v bangun (dr tidur); sadar akan dirinya; siuman

Terban v 1 runtuh (tt atap, loteng, tanah, dsb); 2 ki rusak binasa; hilang lenyap; –bumi tempat berpijak, ki hilang harapan

Lawat, melawat v 1 bepergian mengunjungi negeri lain: ~ ke negara maju lain akan menambah pengetahuan dan pengalaman; 2 datang menjenguk (orang meninggal dsb); lawatan n kunjungan: dalam ~nya Presiden singgah ke Korea; perlawatan n lawatan; kunjungan; pelawat n orang yg datang menjenguk (orang mati dsb)
Lawat, melawat v 1 berkunjung ke negeri lain: tahun depan la akan ~ ke Malaysia dl rangka penelitian; 2 datang melihat (orang meninggal dsb); melayat

Obsolet a tidak dipakai lagi; usang;ketinggalan zaman

Partitur n bentuk tertulis atau tercetak pd komposisi musik

selasar se.la.sar
[n] (1) serambi atau beranda (ada yg tidak beratap); (2) bagian balai yg terendah tempat rakyat atau pegawai rendah menghadap

satir sa.tir
[n] (1) (dl cerita Yunani dan Romawi Purba) makhluk berwujud setengah manusia setengah binatang, yg konon suka

anggur dan suka wanita; (2) lelaki yg tidak dapat mengendalikan nafsu berahinya


Baca Puisi Lainnya :

24 respons untuk ‘[Arisan Kata : X] Drama Menjelang Shubuh’

  1. jampang November 23, 2010 / 00:00

    ikhwatiislam said: ini artine apa

    Mendusin v bangun (dr tidur); sadar akan dirinya; siumanada di bagian bawah puisi, arti kata2 yang kurang familiar… dicetak miring*ketahuan bacanya enggak sampe habis*

  2. putrilan9it November 23, 2010 / 00:00

    Nice….Aku belum dapat Ilham 🙂

  3. jampang November 23, 2010 / 00:00

    putrilan9it said: Nice….Aku belum dapat Ilham 🙂

    di sini ada ilham, orangnya tinggi besar 🙂

  4. jampang November 23, 2010 / 00:00

    thetrueideas said: mendusin apanya mendusa 🙂

    mendusa enggak ada di KBBI, mas 🙂

  5. jampang November 23, 2010 / 00:00

    vivfee said: bgus

    makasih, setorannya ditungggu

  6. hwibntato November 23, 2010 / 00:00

    wah godaan setan ya, Mas … he he he …

  7. tintin1868 November 23, 2010 / 00:00

    hadoh sampe dihitung arisan katanya..

  8. ikhwatiislam November 23, 2010 / 00:00

    saya tdi cuman baca mendusin nya doang, haha

  9. jampang November 23, 2010 / 00:00

    hwibntato said: wah godaan setan ya, Mas … he he he …

    begitulah…. kira-kira.atau jangan-jangan… emang sekarang lagi down yah

  10. jampang November 23, 2010 / 00:00

    tintin1868 said: hadoh sampe dihitung arisan katanya..

    ngikutin aja yang punya hajatan, mbak 🙂

  11. jampang November 23, 2010 / 00:00

    tintin1868 said: hadoh sampe dihitung arisan katanya..

    cuma ngikutin yang punya hajat aja mbak 🙂

  12. moestoain November 25, 2010 / 00:00

    satir bagi mus ada lagi artinya, satir sama dengan kelambu, atau penutup bagus karyanyaSABUDI (sastra budaya indonesia)mari kita jaga bersama!

  13. jampang November 25, 2010 / 00:00

    moestoain said: satir bagi mus ada lagi artinya, satir sama dengan kelambu, atau penutupbagus karyanya

    terima kasih, mas.mungkin di kamus lain beda artinya.

  14. nurme September 15, 2013 / 11:00

    Sekarang jarang ada lagi ya?padahal lumayan nambah pembendaharaan kata buat saya sebagai pembaca

    • jampang September 15, 2013 / 11:06

      Bubar. Mengikuti bubarnya MP

      • nurme September 15, 2013 / 11:45

        Padahal kalau diadakan lagi di WP, bagus itu.. Apalagi kalau ada hadiahnya. Iya ga? 🙂

      • jampang September 15, 2013 / 11:51

        Ya.. Bisa aja. Kalau hadiah ya hraus ada yg jadi donatur.

      • nurme September 15, 2013 / 18:46

        Semoga ada donatur yang berbaik hati mengadakan kembali, sehingga bisa menambah wawasan. Berbagi Ilmu itu bukannya panjang amalannya?

      • jampang September 15, 2013 / 19:37

        Ya nggak usah ada donatur asal ada yg mau repot mungkin bisa jalan. Iya… Berbagi ilmu yg bermanfaat

      • nurme September 15, 2013 / 20:20

        Bener juga ya.. Sok atuh ama Bang Rif dimulai 🙂

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s