[Arisan Kata : XIII] Desember Kelabu

langit mendungmalam di desember itu
terasa kelabu
meski langit tanpa awan hitam menyelimuti
dan tak ada hujan yang turun menyapa bumi
tapi dingin mendekap kalbu
dan kidung serangga tak lagi terdengar syahdu

ingin jiwa tak acuh
namun sudah terlalu banyak keluh
tat kala anyaman rasa tak lagi rapat
dan cinta nan diharap tak lagi menggeliat
mungkin sudah letih
menahan perih
mungkin sudah muak
dengan malang yang tak terelak

demi sebuah asa
dari harapan tersisa
simpul kasih pun diurai
teriring air mata jatuh berderai
meninggalkan kenangan teringat
meski masanya hanya sepeminum teh hangat

—————

untuk memeriahkan arisan kata edisi ke-13 dengan menggunakan kata-kata :untuk memeriahkan arisan kata edisi ke-13 di sini dengan menggunakan kata-kata :

  1. Acuh : [v] peduli; mengindahkan
  2. Anyaman : [n] hasil menganyam; barang yg dianyam
  3. Cinta : [a] (1) suka sekali; sayang benar: orang tuaku cukup — kpd kami semua; — kpd sesama makhluk; (2) kasih sekali; terpikat (antara laki-laki dan perempuan): sebenarnya dia tidak — kpd lelaki itu, tetapi hanya menginginkan hartanya; (3) ingin sekali; berharap sekali; rindu: makin ditindas makin terasa betapa — nya akan kemerdekaan; (4) kl susah hati (khawatir); risau: tiada terperikan lagi — nya ditinggalkan ayahnya itu
  4. Dingin : [a] (1) bersuhu rendah apabila dibandingkan dng suhu tubuh manusia; tidak panas; sejuk: udara terasa — malam ini; (2) ki tawar (tt rasa makanan dsb); (3) ki tidak ramah; kaku (tt suasana dsb)
  5. Desember : [n] bulan ke-12 atau bulan terakhir tahun Masehi (31 hari)
  6. Hujan : [n] (1) titik-titik air yg berjatuhan dr udara krn proses pendinginan; (2) ki yg datang dsb banyak-banyak: — uang; — peluru; — tinju
  7. Letih : [a] tidak bertenaga (krn baru selesai kerja berat dsb); lelah sekali: sehabis mendaki gunung, badan kami terasa sangat —
  8. Muak : [a] (1) sudah jemu (krn sudah kerap kali makan dsb): tiap hari diberi makan tempe, — sudah; (2) merasa jijik sampai hendak muntah: — aku melihat kotoran manusia di rumah sakit itu; (3) merasa bosan atau jijik mendengar atau melihat: aku — melihat tingkah lakunya
  9. Simpul : [n] ikatan pd tali atau benang
  10. Teh : [n] pohon kecil, tumbuh di alam bebas, daunnya berbentuk jorong atau bulat telur, pucuknya dilayukan dan dikeringkan untuk dibuat minuman (di pabrik dsb); Camellia sinensis

 


Baca Juga Arisan Kata Lainnya :

29 thoughts on “[Arisan Kata : XIII] Desember Kelabu

  1. zaffara Maret 2, 2011 / 00:00

    Kata dari saya nggk ada ya :)Apa memang hasil kocokannya hanya 10 ? belum ngerti aturannya πŸ™‚

  2. jampang Maret 2, 2011 / 00:00

    zaffara said: Kata dari saya nggk ada ya :)Apa memang hasil kocokannya hanya 10 ? belum ngerti aturannya πŸ™‚

    hasil kocokan dipilih sepuluh dari semua kata yang disetor. sepertinya begitu, teh

  3. jampang Maret 2, 2011 / 00:00

    hwwibntato said: serasa membaca kepiluan …

    tapi tidak ada kata pilu di situ, mas πŸ™‚

  4. moestoain Maret 2, 2011 / 00:00

    zaffara said: Apa memang hasil kocokannya hanya 10 ?

    Yups hasil katanya memang hanya sepuluh besok kalau mau lempar kata di doakan dulu ya bun biar keluar.hehehSABUDI (sastra budaya indonesia)mari kita jaga bersama!

  5. jampang Maret 2, 2011 / 00:00

    moestoain said: Yups hasil katanya memang hanya sepuluh

    ternyata benar begitu πŸ™‚

  6. hwwibntato Maret 2, 2011 / 00:00

    jampang said: tapi tidak ada kata pilu di situ, mas πŸ™‚

    betul tidak ada kata pilu ternyata … he he he …*serasa membaca nikmatnya minum teh … ha ha ha …

  7. jampang Maret 2, 2011 / 00:00

    tintin1868 said: ini udah maret masih kelabu..

    mintanya desember, mbak πŸ™‚

  8. jampang Maret 2, 2011 / 00:00

    nieuwverhaal said: bulan Desember , aq ngapain ya ?

    ayo, yang tahu ngacung dan jawab!xixixixixixi

  9. nieuwverhaal Maret 2, 2011 / 00:00

    jampang said: ayo, yang tahu ngacung dan jawab!xixixixixixi

    riweuh sm birokrasi … * njawab sdri *nah kalo dibikin puisi , hihihi entah gmn itu..

  10. ipie Maret 2, 2011 / 00:00

    ingin sekali aku menganyam cinta.*mainin kata diatas bkn sih

  11. onit Maret 2, 2011 / 00:00

    ini maksutnya musti nulis puisi pakai semua 10 kata itu?boleh cerpen gak?

  12. moestoain Maret 2, 2011 / 00:00

    onit said: ini maksutnya musti nulis puisi pakai semua 10 kata itu?boleh cerpen gak?

    dibentuk prosa boleh.

  13. jampang Maret 2, 2011 / 00:00

    nieuwverhaal said: riweuh sm birokrasi … * njawab sdri *nah kalo dibikin puisi , hihihi entah gmn itu..

    oooo begitu.coba aja ikutan, mbak.

  14. jampang Maret 2, 2011 / 00:00

    ipie said: ingin sekali aku menganyam cinta.*mainin kata diatas bkn sih

    dibuat puisi atau prosa, mbak.

  15. ikhwatiislam Maret 3, 2011 / 00:00

    sepertinya blog MP mu ini bakalan bnr2 jd blog air mata dah pak, jd kl yg susah nangis, bisa baca2 tulisanmu ya pak

  16. jampang Maret 3, 2011 / 00:00

    ikhwatiislam said: sepertinya blog MP mu ini bakalan bnr2 jd blog air mata dah pak, jd kl yg susah nangis, bisa baca2 tulisanmu ya pak

    ya tergantung suasana si penulis, mbak. kalau sedih ya sedih, kalau seneng ya seneng. kaya buku harin aja.yang bisa penting bermanfaat, mudah-mudahan

  17. topenkkeren Maret 4, 2011 / 00:00

    ^^bsemoga d untuk desember saya tidak kelabu.

  18. jampang Maret 6, 2011 / 00:00

    topenkkeren said: ^^bsemoga d untuk desember saya tidak kelabu.

    mudah2an, mas. aamiin.

  19. ipie April 27, 2011 / 00:00

    *cuma ninggalin jejak aja

  20. jampang April 27, 2011 / 00:00

    ipie said: *cuma ninggalin jejak aja

    *kalau udah selesai… dibersihin yah

  21. jampang April 27, 2011 / 00:00

    fivefebruary said: smg abis Desember tdk lagi kelabu

    aaamiiin…. insya Allah

  22. ipie April 27, 2011 / 00:00

    *nyapu jejak dan ngepel

  23. jampang April 27, 2011 / 00:00

    ipie said: *nyapu jejak dan ngepel

    gitu donk πŸ˜›

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s