Belajar Bicara, Agar Ibu Bangga

speakingHari ini adalah hari minggu pertama di awal bulan. Hari di mana acara arisan keluarga rutin dilaksanakan. Sebuah wadah di mana seluruh anak cucu keturunan dari Almarhum Haji Abdullah, yang merupakan kakek dari ibu saya, berkumpul. Selain untuk menyambung tali silaturahmi, acara tersebut diisi dengan dzikir, shalawat, dan tausiyah. Kesemuanya itu diadakan dari keluarga, oleh keluarga, dan untuk keluarga. Artinya semua orang yang terlibat di dalamnya berasal dari keluarga besar, bukan dari luar.

Karenanya, iuran dan jumlah yang diperoleh ketika pengocokan nama yang keluar, jumlahnya tidak seberapa, karena memang bukan itu yang menjadi tujuan utama. Soal konsumsi yang disediakan oleh pihak tuan rumah pun ditanggung bersama oleh seluruh anggota arisan secara patungan, dengan harapan, yang berat bisa menjadi ringan.

Arisan keluarga tersebut dilakukan secara bergantian dari rumah ke rumah. Begitu juga pihak-pihak yang mengisi acara telah terjadwal. Dan kali ini, giliran saya yang mendapat jadwal sebagai salah satu pengisi acara.

******

Sabtu sore, saya baru pulang dari masjid seusai melaksanakan shalat Ashar. Belum sempat saya mengganti pakaian, ibu saya menyampaikan berita bahwa bebarapa waktu yang lalu ada telepon yang mengabarkan bahwa saya ditunjuk untuk mengisi ceramah atau kultum pada acara arisan keluarga esok hari.

Terkejut saya. Saya berpikir, karena sebelumnya pernah bertugas sebagai MC, maka saya tidak akan medapat tugas lagi hingga satu putaran arisan selesai. Ternyata saya salah.

Ada keinginan untuk menolak karena saya tidak terbiasa untuk bicara di hadapan orang banyak soal agama. Yang pernah saya lakukan hanyalah bicara tentang pekerjaan saya di bidang sistem informasi, itu pun biasanya di depan mahasiswa atau pun peserta diklat. Sedangkan di acara arisan keluarga nanti, akan hadir banyak anggota keluarga yang terdiri dari orang tua dan guru yang pasti pengetahuan agamanya lebih baik daripada saya. Itu lah yang menciutkan hati saya.

“Bukannya Kiki sering ngomong di depan orang atau temen-temen di kantor?” tanya ibu saya yang sepertinya mengharapkan agar saya mau melaksanakan tugas tersebut.

“Gak pernah, Mah.” Jawab saya yang mungkin agak mengejutkan. Rupanya, selama ini ibu saya telah overestimate kepada anaknya yang satu ini.

“Seadanya aja, sebisanya.” Ucap ibu saya lagi.

Setelah saya berpikir lagi, mungkin inilah waktu yang tepat untuk memperbaiki kesalahan saya dahulu di mana saya sering mengecewakan ibu karena jarang sekali hadir di acara arisan keluarga. Saya tahu, ibu pasti akan senang jika saya datang ke arisan keluarga bersama anak dan istri. Tapi nyatanya, jarang sekali saya lakukan.

Mudah-mudahan, saya bisa melawan kekhawatiran dan ketakutan dalam diri saya sendiri. Bisa melakukan sesuatu yang bisa membuat ibu saya bangga, sekaligus memperbaiki kesalahan saya di masa lalu.

******

Bismillahirrahmanirrahim.
Rabbisy rahlii shadrii wayassirlii amrii wahlul ukdatam millisaanii yafqohu qowlii.


Tulisan Terkait Lainnya :

43 thoughts on “Belajar Bicara, Agar Ibu Bangga

  1. thetrueideas Mei 1, 2011 / 00:00

    jadi mc dadakan, nanti mc beneran πŸ™‚

  2. grasakgrusuk Mei 1, 2011 / 00:00

    yes u can do it! :p

  3. ariputri Mei 1, 2011 / 00:00

    akan terbiasa dgn sendirinya πŸ™‚

  4. jampang Mei 1, 2011 / 00:00

    thetrueideas said: jadi mc dadakan, nanti mc beneran πŸ™‚

    aamiiin πŸ™‚

  5. jampang Mei 1, 2011 / 00:00

    grasakgrusuk said: yes u can do it! :p

    insya Allah…. mohon dukunganya. ketik REG spasi jampang πŸ™‚

  6. jampang Mei 1, 2011 / 00:00

    ariputri said: akan terbiasa dgn sendirinya πŸ™‚

    iya, mbak. ini mo siap2 dulu

  7. inimona Mei 1, 2011 / 00:00

    keren ya masih menjaga tradisi silaturahim yang rutin, kalo tempat saya ndak ada kecuali lebaran, itu juga ga semuanya kumpul

  8. sukmakutersenyum Mei 1, 2011 / 00:00

    pidatoooo πŸ˜€

  9. ipie Mei 1, 2011 / 00:00

    smg lancar.Nambah pundi2 amal.

  10. evanda2 Mei 1, 2011 / 00:00

    masih keluarga mah masih aman lah mas…. insya Allah dipermudah

  11. nanabiroe Mei 1, 2011 / 00:00

    Hari ini nana gak ikut pertemuan keluarga besar…Tapi kita selalu panggil penceramah buat ngisi kultum… πŸ™‚

  12. inyong Mei 1, 2011 / 00:00

    ayooo kamu bisa

  13. nawhi Mei 1, 2011 / 00:00

    kirain Sehan yg belajar bicara.

  14. nawhi Mei 1, 2011 / 00:00

    kirain Sehan yg belajar bicara.

  15. intan0812 Mei 1, 2011 / 00:00

    Insya allah bisa

  16. sumart74 Mei 1, 2011 / 00:00

    Amiin,semoga lancar bicaranya,hehee

  17. jampang Mei 1, 2011 / 00:00

    inimona said: keren ya masih menjaga tradisi silaturahim yang rutin, kalo tempat saya ndak ada kecuali lebaran, itu juga ga semuanya kumpul

    alhamdulillah masih berjalan. walaupun gak semuanya selalu bisa hadir.

  18. jampang Mei 1, 2011 / 00:00

    sukmakutersenyum said: pidatoooo πŸ˜€

    iya, mbak πŸ™‚

  19. jampang Mei 1, 2011 / 00:00

    ipie said: smg lancar.Nambah pundi2 amal.

    alhamdulillah, lancar.aamiin

  20. jampang Mei 1, 2011 / 00:00

    evanda2 said: masih keluarga mah masih aman lah mas…. insya Allah dipermudah

    xixixixi… iya mbak.alhamdulillah lancar, meski agak tersendat di beberapa bagian

  21. jampang Mei 1, 2011 / 00:00

    nanabiroe said: Hari ini nana gak ikut pertemuan keluarga besar…Tapi kita selalu panggil penceramah buat ngisi kultum… πŸ™‚

    kakau di kerluarga saya, memanfaatkan segala potensi yg ada, mbak πŸ™‚

  22. jampang Mei 1, 2011 / 00:00

    inyong said: ayooo kamu bisa

    terima kasih, pak.

  23. jampang Mei 1, 2011 / 00:00

    nawhi said: kirain Sehan yg belajar bicara.

    xixixixi…mungkin kalau ada syaikhan, saya gendong syaikhan waktu ngomong πŸ™‚

  24. jampang Mei 1, 2011 / 00:00

    intan0812 said: Insya allah bisa

    terima kasih, mbak. alhamdulillah.

  25. jampang Mei 1, 2011 / 00:00

    sumart74 said: Amiin,semoga lancar bicaranya,hehee

    alhamdulillah… lumayan lancar. meski ya agak tersendat di beberapa bagian

  26. nunksubarga Mei 1, 2011 / 00:00

    Sudah ya..pgimana komentar mak nyak?

  27. bundanyaraihan Mei 1, 2011 / 00:00

    wah..sukses ya? πŸ™‚

  28. jampang Mei 1, 2011 / 00:00

    nunksubarga said: Sudah ya..pgimana komentar mak nyak?

    kata ibu, bagus. isinya ‘dari bawah’ maksudnya yg gampang2.kata beliau ada yg bilang kecepetan πŸ™‚

  29. jampang Mei 1, 2011 / 00:00

    bundanyaraihan said: wah..sukses ya? πŸ™‚

    alhamdulillah. lumayan lancar, mbak πŸ™‚

  30. hwwibntato Mei 1, 2011 / 00:00

    jangan lupa menambahkan puisi berima, Mas … he he he …

  31. jampang Mei 1, 2011 / 00:00

    hwwibntato said: jangan lupa menambahkan puisi berima, Mas … he he he …

    wah, gak kepikiran mas. malahan tadinya saya mau tutup pake pantun, gak kesampean πŸ™‚

  32. onit Mei 1, 2011 / 00:00

    jampang said: Sedangkan di acara arisan keluarga nanti, akan hadir banyak anggota keluarga yang terdiri dari orang tua dan guru yang pasti pengetahuan agamanya lebih baik daripada saya. Itu lah yang menciutkan hati saya.

    ayo jangan ciut mas..pede itu modal nomer 1 :)semangat! πŸ˜€

  33. jampang Mei 1, 2011 / 00:00

    onit said: ayo jangan ciut mas..pede itu modal nomer 1 :)semangat! πŸ˜€

    alhamdulillah, bisalah terbilang sukses, mbak πŸ™‚

  34. jrdd Mei 2, 2011 / 00:00

    Pasti BISA!! semangat dong… ini kan baru di antara keluarga, anggap aja latihan sebelum dipanggil dari khalakah ke khalakah lain, kali aja bisa kita undang ke Pengajian BC & IMSA di sini & Amrik πŸ™‚

  35. jampang Mei 3, 2011 / 00:00

    jrdd said: Pasti BISA!! semangat dong… ini kan baru di antara keluarga, anggap aja latihan sebelum dipanggil dari khalakah ke khalakah lain, kali aja bisa kita undang ke Pengajian BC & IMSA di sini & Amrik πŸ™‚

    hwaaa….. bisa aja neh, mbak.ngebayanginnya aja gak sanggup kalau yg tinggi begitu πŸ™‚

  36. pinkvnie Oktober 3, 2013 / 21:56

    A B C D … Z … upppsss itu ma bljr membaca ya πŸ˜€
    klo saya dr dulu smp skrg plg ngga bs bicara d dpn umum apalagi dpn keluarga besar, pdhl bapak srg ngajarin anak2 muda d arisan keluarga tuk aktif berorganisasi, tampil, n bs berbicara d dpn umum …
    klo kyk gini anaknya disebut pemalu apa malu2in ya? πŸ˜€

    • jampang Oktober 3, 2013 / 21:58

      Karena blm pernah dicoba. Kalau sudah terbiasa ya nggak akan malu2in πŸ˜€

      • pinkvnie Oktober 3, 2013 / 22:24

        iya jg sih … πŸ˜€ lagian jg saya srg abstain dlm acara keluarga ….

      • jampang Oktober 4, 2013 / 02:49

        Nah… Itu… Itu… πŸ˜€

      • fenny Oktober 4, 2013 / 08:52

        Iya … Ini … Ini πŸ˜€

      • jampang Oktober 4, 2013 / 09:27

        πŸ˜€

      • fenny Oktober 4, 2013 / 09:50

        Klo skrg belajar smiley ya … πŸ™‚ πŸ˜€

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s