Lelaki dan Bulan Sabit

bulanLelaki itu baru saja keluar dari bangunan tempat dia menunaikan kewajiban di awal hari barunya. Kakinya melangkah pasti, menyusuri gang sempit yang diapit aneka bentuk rumah di kiri dan kanannya. Tak ada kokok ayam jantan yang terdengar. Hanya suara kicau burung dalam sangkar yang singgah di telinganya. Itu pun hanya sekali. Gemericik air dari selokan kecil di salah satu sisi gang membawa pikirannya terbang menuju hayalan tentang sebuah tempat dengan aliran sungai di antara pepohonan rindang nan hijau.

Dia tengadahkan wajahnya ke langit shubuh yang masih berselilmut hitam. Tak banyak kerlip bintang yang menggoda kedua matanya. Namun, ujung matanya bisa menangkap benda langit lainnya yang lebih terang. Bulan sabit menggantung.

Lengkung bulan sabit yang menyerupai sebuah senyuman, menyapanya. Seperti terhipnotis, lelaki itu pun tersenyum. Ada perasaan lega yang direguknya, seperti baru terlepas dari ikatan rantai yang membelenggu tubuhnya. Ada kebebasan yang kembali dicumbuinya, seolah-olah jiwanya bisa bebas mengembara di angkasa raya. Ada kelapangan kembali bersemayam di hatinya, selapang langit yang dipandangnya.

Tapi itu tak berlangsung lama.

Kedua mata lelaki itu menangkap lembaran-lembaran awan tipis yang memagari senyum bulan sabit. Dipandanginya bulan sabit untuk kesekian kali. Ada sesuatu yang mengganjal di hatinya. Rasa lega, bebas, dan lapang yang semula menemaninya, lenyap perlahan-lahan, seiring semakin jelas lembaran-lembaran awan yang menyusup dari balik bulan sabit.

Nyatanya, melepaskan sebuah ikatan tak semudah mengawalinya. Ada birokrasi berbelit.
Nyatanya, keikhlasan itu masih sulit jika ada rasa terzhalimi.


Baca Juga Seri Lelaki Lainnya :

72 thoughts on “Lelaki dan Bulan Sabit

  1. nitafebri Mei 4, 2011 / 00:00

    Bulan sabit paling pas keluar d malem jumat..Apakah ntar malem jumat keluar gak yaa…Pantengin aah.. *maap komen OOTbtw matching tuh kata ‘sabit’ n ‘sempit’

  2. jampang Mei 4, 2011 / 00:00

    nitafebri said: Bulan sabit paling pas keluar d malem jumat..Apakah ntar malem jumat keluar gak yaa…Pantengin aah.. *maap komen OOTbtw matching tuh kata ‘sabit’ n ‘sempit’

    xixixixi…pemerhati bulan yah?gak dapat ide wat bikin kalimat berima

  3. bundanyarafi Mei 4, 2011 / 00:00

    jampang said: iya bunda. tadinya pikir bisa cepat selesai. ternyata aturannya ribet.

    hoo..iya..memang peraturannya agak merepotkan..belum lagi sanksinya kalo gak segera dilaporkan, bisa kena hukuman disiplin berat..semoga cepat selesai ya pak..

  4. ipie Mei 4, 2011 / 00:00

    sunah rosul nit. Bkn bulan sabit :p

  5. jampang Mei 4, 2011 / 00:00

    bundanyarafi said: hoo..iya..memang peraturannya agak merepotkan..belum lagi sanksinya kalo gak segera dilaporkan, bisa kena hukuman disiplin berat..semoga cepat selesai ya pak..

    iya bunda. terima kasih. ternyata aturan di sini lebih khusus lagi.

  6. jampang Mei 4, 2011 / 00:00

    ipie said: sunah rosul nit. Bkn bulan sabit :p

    halah…. belum pada ngalamin juga 😛

  7. ipie Mei 4, 2011 / 00:00

    ntar jg ngalamin :pjd ntar malam mandangin bulan aja dulu kita mah nit

  8. jampang Mei 4, 2011 / 00:00

    ipie said: ntar jg ngalamin :pjd ntar malam mandangin bulan aja dulu kita mah nit

    bulan sabitnya udah lewat… itu udah beberapa hari yg lalu

  9. ipie Mei 4, 2011 / 00:00

    ya udh siap2 berubah aja ntar mlm. Sunah rosulna mandangin bintang keindahan alam ciptaan Allah.

  10. jampang Mei 4, 2011 / 00:00

    ipie said: ya udh siap2 berubah aja ntar mlm. Sunah rosulna mandangin bintang keindahan alam ciptaan Allah.

    dan berpikir bahwa tidak ada penciptaan yang sia-sia

  11. ipie Mei 4, 2011 / 00:01

    setuju.. Key

  12. jampang Mei 5, 2011 / 00:01

    ipie said: setuju.. Key

    tinggal besok… hasil tafakkurnya dikumpulin

  13. ipie Mei 5, 2011 / 00:01

    dksh contekan ya

  14. jampang Mei 5, 2011 / 00:01

    ipie said: dksh contekan ya

    gak boleh. harus karya orisinil dan belum dipublish di media manapun

  15. ipie Mei 5, 2011 / 00:01

    okey. Jenis huruf apa, ukuran berapa, byknya berapa kata ya?*serius ceritana

  16. jampang Mei 5, 2011 / 00:01

    ipie said: okey. Jenis huruf apa, ukuran berapa, byknya berapa kata ya?*serius ceritana

    ikuti standar pembuatan skripsi aja.

  17. ratnapratiwi Mei 5, 2011 / 00:01

    hmm.. bulan sabit di foto itu sepertinya sedang senyum manis sama sy pak hehe..semanagt pak ^^/

  18. ipie Mei 5, 2011 / 00:01

    hard cover apa soft cover?perbanyak berapa kali?

  19. jampang Mei 5, 2011 / 00:01

    ratnapratiwi said: hmm.. bulan sabit di foto itu sepertinya sedang senyum manis sama sy pak hehe..semanagt pak ^^/

    iyah… memang bulan sabitnya lagi tersenyum, mbak.terimakasih.

  20. jampang Mei 5, 2011 / 00:01

    ipie said: hard cover apa soft cover?perbanyak berapa kali?

    ketahuan gak pernah bikin skripsi 😛

  21. ipie Mei 5, 2011 / 00:01

    kalo D.3 kan soft cover, kalo S.1 br hard cover. Ayo sapa dosen nya wew

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s