Tips Poligami Sehat

Beberapa waktu lalu, seorang kawan yang kebetulan seorang perempuan menanyakan apa pendapat saya tentang poligami. Sebelumnya, dia sudah mengancam bahwa akan menjadi lawan yang paling kuat jika saya membawa topik tersebut dalam diskusi. Karena berupa pendapat, maka wajar saja jika nantinya pendapat saya berbeda dengan pendapatnya. Dan berikut adalah pendapat saya tentang peoligami, merujuk atas apa yang pernah saya baca.

Saya setuju dengan poligami, karena dasar hukumny ada di dalam Al-quran surat An-nisa ayat 3 : “Maka nikahilah wanita-wanita lain yang kamu sukai dua, tiga atau empat. Dan jika kamu takut tidak dapat berlaku adil maka kawinilah seorang saja.”

Adil di ayat tersebut adalah yang terkait dengan materi atau fisik seperti rumah, nafkah, giliran, dan sebagainya. Tapi kalau masalah cinta atau hati, tak seorang pun bisa adil termasuk Nabi Muhammad. Adapun mengenai batasan adil itu ada di surat An-nisa ayat 129 :

“Dan kamu sekali-kali tidak dapat berlaku adil di antara isteri-isteri (mu), walaupun kamu sangat ingin demikian”

Lantas kenapa Nabi Muhammad berpoligami jika dikatakan beliau tidak bisa berlaku adil?

Ditafsirkan oleh Ibnu Katsir rahimahullah bahwa manusia tidak akan sanggup bersikap adil di antara istri-istri dari seluruh segi. Sekalipun pembagian malam demi malam dapat terjadi, akan tetapi tetap saja ada perbedaan dalam rasa cinta, syahwat, dan jima’.

Muhammad bin Sirrin pernah menanyakan ayat tersebut kepada Ubaidah, dan dijawab bahwa maksud surat An Nisaa’ ayat 29 tersebut dalam masalah cinta dan bersetubuh.

Abu Bakar bin Arabiy menyatakan bahwa adil dalam masalah cinta diluar kesanggupan seseorang. Cinta merupakan anugerah dari Allah dan berada dalam tangan-Nya, begitu juga dengan bersetubuh, terkadang bergairah dengan istri yang satu namun terkadang tidak. Hal ini diperbolehkan asal bukan disengaja, sebab berada diluar kemampuan seseorang.

Ibnul Qoyyim rahimahullah menyatakan bahwa tidak wajib bagi suami untuk menyamakan cinta diantara istri-istrinya, karena cinta merupakan perkara yang tidak dapat dikuasai.

Aisyah Radhiyallahu ‘Anha merupakan istri yang paling dicintai Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dari sini dapat diambil pemahaman bahwa suami tidak wajib menyamakan para istri dalam masalah jima’ karena jima’ terjadi karena adanya cinta dan kecondongan. Dan perkara cinta berada di tangan Allah Subhanahu wa Ta’ala, Zat yang membolak-balikkan hati. Jika seorang suami meninggalkan jima’ karena tidak adanya pendorong ke arah sana, maka suami tersebut dimaafkan.

Menurut Imam Ibnu Qudamah rahimahullah, bila dimungkinkan untuk menyamakan dalam masalah jima, maka hal tersebut lebih baik, utama, dan lebih mendekati sikap adil.

Penulis Fiqh Sunnah menyarankan; meskipun demikian, hendaknya seorang suami memenuhi kebutuhan jima istrinya sesuai kadar kemampuannya.

Imam al Jashshaash rahimahullah dalam Ahkam Al Qur’an menyatakan bahwa, “Dijadikan sebagian hak istri adalah menyembunyikan perasaan lebih mencintai salah satu istri terhadap istri yang lain.”

Sebagai mu’min, kita harus menerima ketentuan yang Allah buat. Kalau kita mengingkari tentang ayat poligami ini, berarti kita mengimani sebagian ayat dan menolak sebagian ayat, padahal di ayat lain Allah berfirman :

“Dan tidak patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak pula bagi wanita yang mukminah, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barang siapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah tersesat, sesat yang nyata.” (QS Al-Ahzab: 33-36).

Saya pegang ayat poligami tapi bukan berarti saya mau poligami. Tahu dirilah tentang apa dan bagaimana diri saya.

Begitu juga bagi seorang perempuan, jika dia tidak mau dipoligami itu juga pilihan dia, tapi jangan sekali-kali mengatakan bahwa poligami itu merendahkan derajat wanita, tidak berprikemanusiaan atau bahkan mengatakan bahwa poligami bertentangan dengan ajaran islam, karena nyata-nyata ada ayat yang mnyebutkan poligami. cukup baginya berkata, “saya setuju dengan poligami karena itu ada di dalam al-quran, tapi untuk menjalaninya saya tidak sanggup,” atau “silahkan saja lelaki itu berpoligami karena memang ada syariatnya, yang penting bukan suami saya.”

wallahu a’lam.

—–ooo0ooo—–

Di lain waktu, dalam sebuah kajian, seorang ustadz menyelipkan beberapa tips tentang poligami yang sebenarnya di luar kajian utama. Tips tersebut di antaranya adalah :

Pertama, seorang lelaki muslim yang hendak berpoligami, terlebih dahulu dia harus sudah terbukti sukses membina rumah tangga pertamanya dengan menghasilkan istri dan anak-anak yang sholeh. Dia harus sudah teruji berhasil mendidik dan menjadi memimpin rumah tangga.

Kedua, yang bersangkutan harus memiliki fisik prima. Dia harus bisa memuaskan istri pertamanya dalam soal ranjang. Jangan pernah berpikir untuk menambah istri jika kemampuan di bidang ini tidak mencukupi.

Ketiga, dia harus mempunyai harta kekayaan yang cukup, sehingga apa yang diberikan kepada istri keduanya kelak tidak mengurangi sedikit pun bagian dari istri pertama dan anak-anaknya.

Keempat, dia mengetahui manajemen poligami alias ilmu poligami. Tahu tentang hukum poligami dan apa yang menjadi kewajiban dan hak dalam berpoligami, termasuk di dalamnya bersikap adil. Adil di sini bukanlah sama rata, melainkan keadilan yang prporsional. Sebagai contoh, jika ada orang yang istri tua anaknya lima, istri muda anaknya satu, uangnya harus lebih banyak kepada istri yang pertama. Tapi biologis harus banyak ke istri yang kedua.

Kelima, mampu menciptakan kondisi bahwa istri kedua adalah adik dari istri pertama, bukan malah menjadi saingan istri pertama.

Sepertinya ada tips yang saya lupa, karena pada saat itu saya tidak sempat mencatat.

Intinya, jika kondisi di atas tidak dapat dipenuhi, maka jangan pernah berniat poligami, karena bisa jadi yang hadir bukan anugerah, melainkan musibah.

Wallahu a’lam.

gambar nyomot dari sini.

99 respons untuk ‘Tips Poligami Sehat

  1. jampang Juni 22, 2011 / 00:00

    roelworks said: pemilihan topik yang tepat 😀

    terima kasih 🙂

  2. jampang Juni 22, 2011 / 00:00

    onit said: mungkin karena ada “aturan” bahwa suami yg ingin menikah lagi tidak perlu meminta ijin istri pertama. buktinya, ada seseorang yg soleh dan memenuhi ke5 persyaratan poligami di atas, tapi akhirnya jadi bubar pernikahannya dgn istri pertama karena masalah ini (ijin/gak ada komunikasi ttg ini).istri kan manusia sejajar, bukan budak yg musti nurut suaminya ngapa2in.nah, kalo ada istri2 yg malah suka berbagi suami, itu urusan mereka hehehe.. selama semua senang ya hak mereka toh 🙂

    bukan sesuatu yg mustahil hal itu terjadi.yup, dan istri bisa aja nolak dan tidak bersedia dipoligami. bahkan ada pendapat ulama yang membolehkan calon istri mengajukan syarat kalau dia mau dinikahi asal tidak dipoligami.

  3. jampang Juni 22, 2011 / 00:00

    ipie said: SETUJU Rif…. Rifki emang smart deh… cowok cerdas mikir2 buat poligami

    weks…. salah quote apa salah sebut nama?

  4. jampang Juni 22, 2011 / 00:00

    ayudiahrespatih said: yang jelas saya mah nyari kunci surga yang lain ajah, daripada malah jadi durhaka..gondok trs tiap hr..hihihi…

    silahkan teh. dan kepada suami juga diingatkan, poligami bukan kewajiban. xixixixixixi

  5. cawah Juni 22, 2011 / 00:00

    satu aja cukuppppppp :Dwallahu’alam ding 🙂

  6. ipie Juni 22, 2011 / 00:00

    Syahwat bkn bs diredam dgn IBADAH? Mgknya ada puasa senin kamis.Lagipula jaman sudah modern. Kan bs menghindari makanan atau pandangan mata yg memancing syahwat.Cowo yg pintar, akan mengkaji apa yg ada dlm Al’Quran dan hadist dgn bijaksana. Bukan karena EGOIS semata. Cowo cerdas akan setia pd pasangan. Krn ms byk cara yg digunakan untuk meredam keinginan poligami.Gak setuju kt sholeh dan sholehah. Manusia tetap manusia, py hati!!Cowo poligami itu menurutku plin plan. Cewe yg mendukungnya ga py sikap.Be a Smart and Wise donk dlm mengkaji Al’Quran n hadist.Ini bkn jaman NABI. Kalaupun ada yg meniru Nabi, mgkn satu dari sekian ribu. Nabi terakhir Muhammad, ga ada lagi.

    • tinto September 16, 2015 / 12:12

      Lg depresi ya mba?…….

      Yang bisa nglakuin,memang seribu satu,
      Maka dari itu,apa ga sayang ada kesempatan memasuki syurga dari pintu mana saja,
      Dan menjadi wanita super yg teristimewa dari istimewa……

      Istriku kini menjadi pribadi yang mantab,dimana dia bisa membimbing istri kedua ku,dengan selisih umur limatahun,

      Betapa bukan berarti ku tak mencintai istri pertama ku,malah begitu ku mencintainya,yang keduanya pun tahu,
      Betapa istriku punya definisi tinggi tentang cinta,tidak seperti anda,
      Betapa istriku punya hati yang teguh malah( bukan plin-plan),malah lebih cerdas dari anda…

      Anda takan bisa mengerti kenapa orangkaya suka main golf,bukan berati karna anda tidak suka maka mengatakan,main golf ,itu orang stres,bolanya kecil lapangannya berhektar2….
      Sekian

  7. ipie Juni 22, 2011 / 00:00

    Cowo poligami mw meniru Nabi?*ngakak..

  8. jampang Juni 22, 2011 / 00:00

    cawah said: satu aja cukuppppppp :Dwallahu’alam ding 🙂

    insya Allah 🙂

  9. jampang Juni 22, 2011 / 00:00

    ipie said: Syahwat bkn bs diredam dgn IBADAH? Mgknya ada puasa senin kamis.Lagipula jaman sudah modern. Kan bs menghindari makanan atau pandangan mata yg memancing syahwat.

    mau puasa atau nikah lagi, silahkan mereka yg menjalani yang memilih 🙂

  10. jampang Juni 22, 2011 / 00:00

    ipie said: Cowo yg pintar, akan mengkaji apa yg ada dlm Al’Quran dan hadist dgn bijaksana. Bukan karena EGOIS semata. Cowo cerdas akan setia pd pasangan. Krn ms byk cara yg digunakan untuk meredam keinginan poligami.

    secara logika, kalau seorang laki-laki mampu membina keluarga dengan satu istri dan anak merupakan sesuatu yang berprestasi dan diberipahala seratus misalnya, maka jika dia berhasil membina keluarga dengan dua istri, akan mendapat dua ratus pahala.ini logika cowo yang pintar bukan?

  11. jampang Juni 22, 2011 / 00:01

    ipie said: Gak setuju kt sholeh dan sholehah. Manusia tetap manusia, py hati!!Cowo poligami itu menurutku plin plan. Cewe yg mendukungnya ga py sikap.

    memang ini syarat utama. jangankan cewe sekarang, istri nabi aja punya koq rasa cemburu.Adalah Saudah binti zam’ah yang dinikahi Nabi Muhammad sebelum beliau menikahi ‘Aisyah. dan ketika Nabi Muhammad menikahi ‘Aisyah, Saudah mempunyai dua pilihan, meminta cerai atau mendukung Nabi berpoligami. Dan akhirnya, Saudah memilih untuk mendukung Nabi menikahi ‘Aisyah. karena beliau lebih memilih mulianya kedudukan sebagai istri Nabi.bukankah itu contoh perempuan yang cerdas.

  12. jampang Juni 22, 2011 / 00:01

    ipie said: Be a Smart and Wise donk dlm mengkaji Al’Quran n hadist.Ini bkn jaman NABI.Kalaupun ada yg meniru Nabi, mgkn satu dari sekian ribu. Nabi terakhir Muhammad, ga ada lagi.

    tapi Al-quran berlaku sepanjang zaman, tak hanya berlaku di zaman Nabi saja. Nabi terakhir memang Nabi Muhammad, tak ada Nabi setelah beliau 🙂

  13. semanggi5 Juni 22, 2011 / 00:01

    iya..saat ini sy setuju poligami asal bukan suami sy ^^hehe,,bgmana jika kasusny,,dia g bisa mnafkahi istri dan anak2ny..tp malah selingkuh.apakah dlm hal ini poligami bisa jd jalan keluar?

  14. jampang Juni 22, 2011 / 00:01

    ipie said: Cowo poligami mw meniru Nabi?*ngakak..

    Poligami Nabi Muhammad memang gak boleh ditiru. Gak boleh seorang lelaki memiliki istri lebih dari empat. Sedangkan Nabi, pada masa itu beristri lebih dari empat orang.jadi poligaminya jangan meniru Poligami Nabi Muhammad, itu Haram…. cukup maksimal empat aja.

  15. jampang Juni 22, 2011 / 00:01

    semanggi5 said: bgmana jika kasusny,,dia g bisa mnafkahi istri dan anak2ny..tp malah selingkuh.apakah dlm hal ini poligami bisa jd jalan keluar?

    secara logika… dia gak bisa menafkahi satu istri dan anak, kalau istrinya dua apa gak jadi lebih berat.selingkuh itu pake materi enggak seh? kalau pake materi, koq gak bisa menafkahi istri dan anak.kalau ditanya apakah poligami jadi jalan keluar… saya gak bisa jawab, belum cukup ilmunya :)mungkin yg lain bisa ngasih tanggapan.

  16. ipie Juni 22, 2011 / 00:01

    Rifki knp selalu py jwbn sih?sepertinya aku musti byk belajar lg. But thanks buat informasi2nya. Bisa saya fahami sharing infomu, tapi tetap bersikukuh kalo saya ga akan mampu, tidak mendukung, tidak mau dipoligami. Dan akan sedih jikalau melihat teman2 saya dipoligami. Saya akan lebih menghargai mereka yg tidak menjalankan poligami.*Mohon maap jika ada yg tersinggung dgn argumen2 saya.

  17. jampang Juni 22, 2011 / 00:01

    ipie said: Rifki knp selalu py jwbn sih?

    kriteria cowo cerdas?*diteriakin warga MP

  18. hwwibntato Juni 22, 2011 / 00:01

    jampang said: kriteria cowo cerdas?

    ha ha ha …*jempol …

  19. jampang Juni 22, 2011 / 00:01

    hwwibntato said: ha ha ha …*jempol …

    ssst…. jangan keras-keras ketawanya, mas 🙂

  20. ipie Juni 22, 2011 / 00:01

    Ngaku2 cerdas.. Hu uh*buang Rifki ke citarum, biar berenang ke laut.

  21. jampang Juni 23, 2011 / 00:01

    ipie said: Ngaku2 cerdas.. Hu uh*buang Rifki ke citarum, biar berenang ke laut.

    hm… gak ada pengakuan…. kan nanya, diperjelas dengan tanda tanya 😛

  22. ipie Juni 23, 2011 / 00:01

    Jwbnnya MEI..*lempar buaya biar nguber Rifki

  23. jampang Juni 23, 2011 / 00:01

    ipie said: Jwbnnya MEI..*lempar buaya biar nguber Rifki

    masih fifty-fifty kalau jawabnya begitu.*gigit buaya…. cuma roti

  24. ipie Juni 23, 2011 / 00:01

    YaaAa Rifki.. Itu buaya kan kadal.. Kadaluwarsa

  25. jampang Juni 23, 2011 / 00:01

    ipie said: YaaAa Rifki.. Itu buaya kan kadal.. Kadaluwarsa

    Hueks!

  26. roelworks Juni 23, 2011 / 00:01

    jampang said: terima kasih 🙂

    tepat untuk bikin rame 😀

  27. jampang Juni 23, 2011 / 00:01

    ipie said: *ngakak

    *sigh

  28. jampang Juni 23, 2011 / 00:01

    jampang said: *sigh

    iyah…lumayan rame jadinya lapak saya 🙂

  29. jampang Juni 23, 2011 / 00:01

    ipie said: :p

    ini nih yang bikin seru 😛

  30. ipie Juni 24, 2011 / 00:01

    *lempar onde2 granat ke Rifki

  31. jampang Juni 24, 2011 / 00:01

    ipie said: *lempar onde2 granat ke Rifki

    makan onde2nya, alihin granat ke mas bambang

  32. jampang Juni 24, 2011 / 00:01

    bambangpriantono said: *NGakak guling2 aaah*

    *ada granat di dalam guling

  33. ipie Juni 24, 2011 / 00:01

    Mana ada granat dimasukin ke guling. Ngacapruk Rikfi mah.. Ada jg odading dimakan sambil guling2

  34. jampang Juni 24, 2011 / 00:01

    ipie said: Mana ada granat dimasukin ke guling. Ngacapruk Rikfi mah.. Ada jg odading dimakan sambil guling2

    yang mana aja yang enak deh

  35. ipie Juni 24, 2011 / 00:01

    *kirim odading ama onde buat Rifki titip ama Odang

  36. ipie Juni 26, 2011 / 00:01

    Odading makanan dari terigu dibentuk persegi empat digoreng dan rasanya manis. Kue bantal kali ya

  37. jampang Juni 26, 2011 / 00:01

    ipie said: Odading makanan dari terigu dibentuk persegi empat digoreng dan rasanya manis. Kue bantal kali ya

    kue bantal kayanya enggak manis.

  38. ipie Juni 26, 2011 / 00:01

    Huaduuh.. Jd apa ya odading itu. Ntar kalo beli dipoto dah. Bingung jelasinnya

  39. ipie Juni 26, 2011 / 00:01

    Huaduuh.. Jd apa ya odading itu. Ntar kalo beli dipoto dah. Bingung jelasinnya

  40. ipie Juni 26, 2011 / 00:01

    Huaduuh.. Jd apa ya odading itu. Ntar kalo beli dipoto dah. Bingung jelasinnya

  41. jampang Juni 26, 2011 / 00:01

    weks…. sampe tiga kali

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s