Rezeki Dari Blog : Yang Dapat dan Yang Lewat

hadiahSalah satu poin yang ada dalam tulisan saya yang berjudul “Blog Gue Cara Gue” adalah adanya kesempatan untuk mendapatkan rezeki melalui lomba blog, khusunya MP. Dan biasanya, jika ada info lomba yang sampai ke telinga saya, dan saya punya kemampuan untuk mengikutinya, maka saya akan ikut. Tujuannya untuk menang, meski kadang meleset. Mengasah kemampuan dan ikut meramaikan, mungkin tujuan lain yang bisa saya capai.

Alhamdulillah, dari sekian lomba yang saya ikuti di MP, sudah dua lomba yang berbuah rezeki untuk saya, yaitu QN Ala Tobie dan Blogger Return Contest. Dari QN Ala Tobie, saya mendapatkan tujuh buah buku. Sedangkan dari Blogger Return Contest, saya mendapatkan kaos ayam berkokok.

Selain dua hadiah tersebut, ternyata saya juga pernah mendapat hadiah dari dua MPer yang awalnya tak mengira akan mendapatkan hadiah yang ditawarkan. Jika dua hadiah sebelumnya saya mendapat hadiah karena adanya lomba yang diumukan dan pelaksanaannya cukup lama, dua hadiah lainnya saya dapat bukan karena lomba seperti sebelumnya, melainkan hanya memberikan komentar di dalam postingan terkait. Mudah. Cepat. Singkat.

Hadiah atau bingkisan pertama adalah kaos berwarna biru, merah, putih, yang sepertinya bagus juga kalau dijadikan seragam tim sepakbola. Bingkisan tersebut saya terima dari Mbak Tintin, karena saya memberi komentar berupa cerita singkat tentang proses perkenalan saya dengan calon mertua. Di salah satu topik pembicaraan antara saya yang asli Betawi dengan mertua yang asli Madura, saya mengucapkan sebuah kalimat, “Kalau Bapak punya clurit, saya punya golok!”

Ketawa juga saya mengingatnya. Kala itu saya mau minta anaknya apa ngajak duel? Ternyata, kisah dalam komen saya tersebut dianggap unik oleh Mbak Tintin, dan saya pun dijadikan salah seorang yang mendapatkan bingkisan. Terima kasih, Mbak Tintin.

Bingkisan yang kedua datang dari Mbak Mona. Di salah satu Albumnya, Mbak Mona memposting beberapa foto suatu daerah pantai di Yogyakarta dan mengajukan pertanyaan apa nama daerah tersebut.

Saya yang memang tidak tahu daerah tersebut sudah pasti tidak bisa menjawab. Dan salah satu MPer yang memberikan komentar sudah memberi jawaban yang tepat, karena selain menyebut nama daerah tersebut, juga disertai dengan foto yang sama persis. Jadi saya yakin bahwa jawabannya benar.

Saya pun menyerah. Tetapi, Mbak Mona tetap memberi kesemapatan kepada saya dan yang lain untuk memberikan jawaban sambil. Akhirnya saya jawab aja dengan asal. Dan salah!

Tapi setelah saya mengecek lagi postingan tersebut untuk melihat pengumuman, ternyata kepada semua yang memerikan jawaban di TKP akan mendapatkan hadiah, termasuk saya. Alhamdulillah, sebuah kartu pos dan gantungan kunci akhirnya tiba di rumah setelah menempuh perjalanan dari Yogyakarta. Terima kasih, Mbak Mona.

Selain hadiah-hadiah tersebut, ternyata ada pula hadiah yang lewat padahal kesempatannya sangat terbuka. Berawal dari postingan saya yang berjudul “Antara Aku, Ibuku, Dan Anakku”, salah satu MPer yang terkenal ahli di bidang FF, memberikan komentar agar bagian awal tulisan tersebut diberi pemanis seperti sedikit dialog dan kemudian diikutkan dalam sebuah lomba FF. Tapi saya tidak mengikuti saran tersebut.

Ternyata, pada hari pengumuman pemenang, selain yang terbaik yang mendapat hadiah utama, semua peserta yang berpartisipasi dalam lomba tersebut juga mendapatkan hadiah hiburan tanpa terkecuali. Lewat deh!

Mungkin ada sebuah pembelajaran di sini, bahwa jika ada kesempatan, dan ada seikit kemampuan, ambillah! Jangan disia-siakan. Mungkin akan ada perasaan menyesal jika target mengambil kesempatan tersebut tidak tercapai. Tapi penyesalan tersebut tidak seberapa jika dibandingkan penyesalan karena tidak mengambil kesempatan tersebut.

Wallahu a’lam.


Baca Juga Arisan Kata Lainnya :

42 thoughts on “Rezeki Dari Blog : Yang Dapat dan Yang Lewat

  1. ayudiahrespatih Juli 20, 2011 / 00:00

    heu heu dapet terus yah..saya mah ga pernah dapet da jarang ikutan:D

  2. cawah Juli 20, 2011 / 00:00

    gak mau ngitung2 lg ah…..mau baca dulu aja 😀

  3. cawah Juli 20, 2011 / 00:00

    bisa ikut lomba aja dah seneng banget…kalah menang belakangan :)…hasil Dia yang menentukan…dan itu yang terbaik ^^

  4. znrock Juli 20, 2011 / 00:00

    Memotivasi untuk ikut lomba.

  5. hwwibntato Juli 20, 2011 / 00:00

    siap-siap untuk dapat hadiah lagi, Mas Rifki …hadiah dari kampanye si Jampang kemarin … he he he …

  6. jampang Juli 20, 2011 / 00:00

    ayudiahrespatih said: heu heu dapet terus yah..saya mah ga pernah dapet da jarang ikutan:D

    enggak dapat terus, mbak.yang di sini cerita yang dapat aja 🙂

  7. jampang Juli 20, 2011 / 00:00

    cawah said: gak mau ngitung2 lg ah…..mau baca dulu aja 😀

    silahkan 🙂

  8. jampang Juli 20, 2011 / 00:00

    cawah said: bisa ikut lomba aja dah seneng banget…kalah menang belakangan :)…hasil Dia yang menentukan…dan itu yang terbaik ^^

    yup, ikut meramaikan.yang penting udah usaha, pasti ada ‘sesuatu’ yang bisa diambil.

  9. jampang Juli 20, 2011 / 00:00

    znrock said: Memotivasi untuk ikut lomba.

    apa lagi berlomba-lomba dalam kebaikan 🙂

  10. jampang Juli 20, 2011 / 00:00

    hwwibntato said: siap-siap untuk dapat hadiah lagi, Mas Rifki …hadiah dari kampanye si Jampang kemarin … he he he …

    aamiin…terima kasih, mas.yang penting udah bikin rame, dan syaikhan senang karena fotonya diutak-atik. sekaligus belajar bikin kolase.

  11. ratnapratiwi Juli 20, 2011 / 00:00

    emang kalo banyak waktu nge-blog diseriusin tuh pak, jadi rejekinya ngalir terus hehe..

  12. jampang Juli 21, 2011 / 00:00

    ratnapratiwi said: emang kalo banyak waktu nge-blog diseriusin tuh pak, jadi rejekinya ngalir terus hehe..

    alhamdulillah, kerjaan saya selalu di depan kompie. jadi bisa ngempi. dan bermimpi menjadikan blog saya ke dalam sebuah buku.

  13. znrock Juli 21, 2011 / 00:00

    dan bermimpi menjadikan blog saya ke dalam sebuah buku.   keren :)semoga terkabul

  14. jampang Juli 21, 2011 / 00:00

    znrock said: dan bermimpi menjadikan blog saya ke dalam sebuah buku.   keren :)semoga terkabul

    aamiin… terima kasih 🙂

  15. dieend18 Juli 21, 2011 / 00:00

    saya juga dapet hadiah dari komen di notesnya mbak Tintin itu mas… gak nyangka juga, eh tahun ini saya juga dapet banyak hadiah ya dari temen MP… hadiah buku dari lombanya mb yanie, hadiah buku dari mb Gita, post card Vietnam dari mb arie, jilbab dari lomba nulis FF, setumpuk post card Sidney dari mb Ita, sekotak piapia dari mb Amel, postcard Hamburg dr mb Lessy. Dan yang terbaru dapet sekotak permen dari mn Nita….waaahh… ternyata banyak juga ya…?!

  16. dieend18 Juli 21, 2011 / 00:00

    jampang said: dan bermimpi menjadikan blog saya ke dalam sebuah buku.

    Amiiin… semoga terwujud ya mas…

  17. hettysukma Juli 21, 2011 / 00:00

    blum pernah ikut lomba..maklum newbie…^^ jadi pengen^^

  18. jampang Juli 21, 2011 / 00:00

    dieend18 said: saya juga dapet hadiah dari komen di notesnya mbak Tintin itu mas… gak nyangka juga, eh tahun ini saya juga dapet banyak hadiah ya dari temen MP… hadiah buku dari lombanya mb yanie, hadiah buku dari mb Gita, post card Vietnam dari mb arie, jilbab dari lomba nulis FF, setumpuk post card Sidney dari mb Ita, sekotak piapia dari mb Amel, postcard Hamburg dr mb Lessy. Dan yang terbaru dapet sekotak permen dari mn Nita….waaahh… ternyata banyak juga ya…?!

    hwaaaa… rezeki mbak di MP lebih banyak daripada saya :)ikutan senang deh.

  19. jampang Juli 21, 2011 / 00:00

    dieend18 said: Amiiin… semoga terwujud ya mas…

    makasih, mbak.MPers ada yang bekerja di penerbit enggak yah?

  20. jampang Juli 21, 2011 / 00:00

    hettysukma said: blum pernah ikut lomba..maklum newbie…^^ jadi pengen^^

    rajin-rajin blogwalking aja mbak… siapa tahu ada pengumuman lomba dan bisa ikutan 🙂

  21. dieend18 Juli 21, 2011 / 00:00

    jampang said: makasih, mbak.MPers ada yang bekerja di penerbit enggak yah?

    setau saya ada tuh Kang Dani ardiansyah. ID nya catatankecil.multiply.comKang Dani itu bosnya Indie publishing…. Coba aja mas Rifky hubungi beliau… Sukses ya mas…

  22. jampang Juli 21, 2011 / 00:00

    dieend18 said: setau saya ada tuh Kang Dani ardiansyah. ID nya catatankecil.multiply.comKang Dani itu bosnya Indie publishing…. Coba aja mas Rifky hubungi beliau… Sukses ya mas…

    wah… makasih infonya. coba berkunjung deh, soalnya belum jadi kontak.

  23. dieend18 Juli 21, 2011 / 00:00

    jampang said: hwaaaa… rezeki mbak di MP lebih banyak daripada saya :)ikutan senang deh.

    saya jg seneng bgt mas… kebanyakan saya dapet juga bukan dari lomba nulis kok…, hmpir sama seperti yg di notesnya mb Tintin itu…, cuma komen ngasih jawaban eh… dapet hadiah… 🙂

  24. deikka Juli 21, 2011 / 00:00

    jadi pengen juga dapet hadiahnya

  25. dieend18 Juli 21, 2011 / 00:00

    jampang said: wah… makasih infonya. coba berkunjung deh, soalnya belum jadi kontak.

    kayaknya beliau udah jarang di MP sih, lebih sering main di FB… :))coba aja langsung kesini mas http://www.indie-publishing.com

  26. jampang Juli 21, 2011 / 00:00

    dieend18 said: saya jg seneng bgt mas… kebanyakan saya dapet juga bukan dari lomba nulis kok…, hmpir sama seperti yg di notesnya mb Tintin itu…, cuma komen ngasih jawaban eh… dapet hadiah… 🙂

    rezeki tak terduga ya mbak. alhamdulillah

  27. jampang Juli 21, 2011 / 00:00

    deikka said: jadi pengen juga dapet hadiahnya

    sering2 ikutan lomba… makin sering makin banyak kesempatan anda untuk memenangkan hadiah *korban iklan

  28. jampang Juli 21, 2011 / 00:00

    dieend18 said: kayaknya beliau udah jarang di MP sih, lebih sering main di FB… :))coba aja langsung kesini mas http://www.indie-publishing.com

    iyah, barusan ke rumahnya, jurnal terakhir januari 2010.oke… ke rumah selanjutnya. makasih, mbak

  29. dieend18 Juli 21, 2011 / 00:00

    jampang said: oke… ke rumah selanjutnya. makasih, mbak

    sama-sama mas Rifky….

  30. ikhwatiislam Juli 21, 2011 / 00:00

    pengen dapet hadiah juga huehue

  31. jampang Juli 21, 2011 / 00:00

    dieend18 said: sama-sama mas Rifky….

    sudah baca2 di sana… harus punya dana lumayan besar rupanya 🙂

  32. dieend18 Juli 21, 2011 / 00:00

    jampang said: sudah baca2 di sana… harus punya dana lumayan besar rupanya 🙂

    hehehehe… kalo ga salah ada paket2nya tuh mas… malah ada yg Rp 0. Coba aja langsung tanya2 mas… Ini barusan dapet nomer kontak CS Indie-publishing… 02195274947

  33. jampang Juli 21, 2011 / 00:00

    ikhwatiislam said: pengen dapet hadiah juga huehue

    sialhkan ikutan lomba 🙂

  34. jampang Juli 21, 2011 / 00:00

    dieend18 said: hehehehe… kalo ga salah ada paket2nya tuh mas… malah ada yg Rp 0. Coba aja langsung tanya2 mas… Ini barusan dapet nomer kontak CS Indie-publishing… 02195274947

    tadi saya sudah baca yg paket. cuma yang nol rupiah belum lihat. sekali lagi makasih, mbak

  35. ikhwatiislam Juli 21, 2011 / 00:00

    jampang said: sialhkan ikutan lomba 🙂

    gak pernah menang dong 😦

  36. jampang Juli 21, 2011 / 00:00

    ikhwatiislam said: gak pernah menang dong 😦

    belum tentu menang sih iyah…. tapi kalau gak ikutan, udah pasti nggak menang. tul betul?

  37. topenkkeren Juli 21, 2011 / 00:00

    Kalau abang punya golok, saya pinjem dong! Ahaha..

  38. evanda2 Juli 21, 2011 / 00:00

    Alhamdulillah ya, disamping hobi nulis, nambah temen, bonusnya hadiah

  39. jampang Juli 21, 2011 / 00:00

    topenkkeren said: Kalau abang punya golok, saya pinjem dong! Ahaha..

    sayangnya saya gak punya golok 🙂

  40. jampang Juli 21, 2011 / 00:00

    evanda2 said: Alhamdulillah ya, disamping hobi nulis, nambah temen, bonusnya hadiah

    iya mbak… alhamdulillah

  41. topenkkeren Juli 21, 2011 / 00:00

    Jiaaah.. Berarti bohongin mertua dong? ;p

  42. jampang Juli 21, 2011 / 00:00

    topenkkeren said: Jiaaah.. Berarti bohongin mertua dong? ;p

    xixixixixi….itu kan maksudnya membicarakan adat istiadat dan latar belakang budaya, bukan fisik betulan 😛

Tinggalkan jejak anda di sini....

