Celoteh Syaikhan [12] : Masjid Lengang Syaikhan Senang

celoteh syaikhan

Sudah menjadi fenomena yang terjadi di masyarakat menjelang akhir Ramadhan jika shaf-shaf tarawih di masjid semakin maju alias berkurang. Tak terkecuali masjid di dekat rumah saya yang akhir-akhir ini jumlah shaf tarawih hanya tiga atau empat shaf saja, lebih sedikit daripada jumlah shaf shalat shubuh.

Semalam, ketika mau berangkat ke masjid, saya pamit kepada Syaikhan. Tetapi Syaikhan justru mau ikut. Jadilah saya berangkat ke masjid bersama Syaikhan. Jika mengingat kejadian minggu pertama di bulan ramadhan kemarin, biasanya Syaikhan hanya betah di rakaat ke enam dan tak bisa dibujuk untuk bertahan. Maka saya harus pulang sebelum shalat tarawih dan witir selesai.

Rupanya kondisi masjid yang tidak dipenuhi jamaah berpengaruh juga kepada Syaikhan. Di antara shaf jama’ah laki-laki dan perempuan tersisa sekian shaf yang kosong. Di tempat itulah Syaikhan bermain dan berlarian tanpa berisik dan mengganggu jama’ah.

Ketika salam, Syaikhan menghampiri saya yang duduk di shaf baling belakang. Jika takbiratul ihram terdengar, Syaikhan kembali lagi bermain.

Ketika shalat tarawih memasuki bagian akhir, saya tidak menemukan Syaikhan di belakang. Saya kaget dan bingung. Saya keluar dari shaf dan mencari-cari.

Ketika saya ke bagian kiri masjid, Syaikhan langsung mengejutkan saya dengan menabrakkan tubuhnya ke tubuh saya sambil berteriak.

Lain lagi ulah Syaikhan berikutnya ketika shalat witir dimulai, Syaikhan berlari-lari kecil menuju shaf belakang jama’ah perempuan. Kemudian menaiki tangga dari sisi kiri dan menuruninya dari sisi kanan. Sendirian. Keaktifan Syaikhan yang membuat saya khawatir, juga neneknya ketika mengetahui kejadian yang sebenarnya.

Entah bagaimana tarawih malam nanti. Yang pasti, shaf jama’ah semakin berkurang. Semoga saya bukan termasuk dari golongan yang jatuh berguguran.

aamiin…..


Celoteh Syaikhan Lainnya :

49 thoughts on “Celoteh Syaikhan [12] : Masjid Lengang Syaikhan Senang

  1. ipie Agustus 21, 2011 / 00:00

    Horey KLIMAAX

  2. ipie Agustus 21, 2011 / 00:00

    Kabuur.. Sholaat

  3. ipie Agustus 21, 2011 / 00:00

    Aamiin. YRA*Syaikhan makin pinter

  4. utewae Agustus 21, 2011 / 00:00

    asal abinya gak ikut lari2an

  5. intan0812 Agustus 21, 2011 / 00:00

    syaikhan belum niru2 abi shalat ya? kalau zahra suka minta ikut ke mesjid suka ikut pura2 shalat…..

  6. titintitan Agustus 21, 2011 / 00:00

    makin aktif aja syaikhan 🙂

  7. bundel Agustus 21, 2011 / 00:00

    Kayaknya jamaah yang pamitan dari masjid karena sibuk persiapan mudik. Jadi milih sembahyang sendiri biar nggak kelamaan. Mereka ‘kan mesti buat atau cari oleh-oleh dan mengepak bawaan tuh.Syaikhan senang karena lowong hehehe……. mau tiduran di masjid juga nggak masalah tuh, glundang-glundung kiri-kanan.

  8. nitafebri Agustus 21, 2011 / 00:00

    Ketawa baca komen tante julie ‘glundang glundung’ hehentar malem syaikan ikutan lagi yaa..

  9. jampang Agustus 21, 2011 / 00:00

    ipie said: Kabuur.. Sholaat

    syaikhan udah bisa ngitung sampe sepuluh 😛

  10. jampang Agustus 21, 2011 / 00:00

    ipie said: Aamiin. YRA*Syaikhan makin pinter

    alhamdulillah….

  11. jampang Agustus 21, 2011 / 00:00

    utewae said: asal abinya gak ikut lari2an

    kalau ikutan lari… jamaah bisa kocar-kacir…

  12. jampang Agustus 21, 2011 / 00:00

    sudah pernah seh ngikutin shalat isya full… tapi biasanya cuma satu rakaat doank setelah itu… main atau duduk2 aja

  13. jampang Agustus 21, 2011 / 00:00

    titintitan said: makin aktif aja syaikhan 🙂

    alhamdulillah…..

  14. jampang Agustus 21, 2011 / 00:00

    iya bunda… kalau gak pulang kampung… ya ada di mall :-)syaikhan seneng banget semalam. tapi gak tahu malam ini mau ikut lagi atau nggak.

  15. bundel Agustus 21, 2011 / 00:00

    nitafebri said: Ketawa baca komen tante julie ‘glundang glundung’ hehentar malem syaikan ikutan lagi yaa..

    Coba Nit bayangin, nah mesjidnya kosong gitu? Asyik dia berguling-guling nggak ada yang ngomelin, nggak takut nyenggol apa-apa 😀

  16. jampang Agustus 21, 2011 / 00:00

    sukmakutersenyum said: Syaikhan “aamiin”-nya kenceng kagak? hehe

    enggak. tapi sering banget abis amin dia duduk… terus… ngoceh kaya orang berdoa. gak jelas kata2nya cuma yg jelas kedengeran selalu ada kata “ya Allah”

  17. jampang Agustus 21, 2011 / 00:00

    nitafebri said: Ketawa baca komen tante julie ‘glundang glundung’ hehentar malem syaikan ikutan lagi yaa..

    tergntung syaikhannya seh. mau ikut atau nggak.

  18. jampang Agustus 21, 2011 / 00:00

    thetrueideas said: Anak kecilnya cuman Syaikhan ya mas?

    ada yg lain mas. cuma yg lain mainnya di luar masjid atau di kiri kanan masjid. syaikhan main di ruang utama. makanya saya sempat bingung begitu gak ada di belakang, gak tahunya main di samping ngeliatin anak2 yg lain.

  19. jampang Agustus 21, 2011 / 00:00

    bundel said: Coba Nit bayangin, nah mesjidnya kosong gitu? Asyik dia berguling-guling nggak ada yang ngomelin, nggak takut nyenggol apa-apa 😀

    iya bunda. bebas. dan syaikhan mainya gak berisik. jadi gak ada yg ngerasa keganggu.

  20. hwwibntato Agustus 21, 2011 / 00:00

    masjid kosong jadi bebas guling-guling … he he he …shalat ied juga ikut nanti, ya …

  21. jampang Agustus 21, 2011 / 00:00

    hwwibntato said: masjid kosong jadi bebas guling-guling … he he he …shalat ied juga ikut nanti, ya …

    biasanya selalu ikut… tapi mungkin nggak sama saya lebarannya… rencana mau diajak pulang kampung.

  22. topenkkeren Agustus 21, 2011 / 00:00

    Ponakan saya kalau larilari pasti berisik, Bang. Kok syaikhan enggak? ;d

  23. ipie Agustus 21, 2011 / 00:00

    Syaikhan pinter ya udah bisa ngitung ampe sepuluh.. Tp mksdnya apa neh?kok berasa bahasa halusnya aku kalah ama Syaikhan ya ngitungnya.. Wualaah.. Beneran jd neh culik Syaikhan masukin ke keranjang

  24. katerinas Agustus 21, 2011 / 00:00

    Cemas ya mas saat Syaikhan tak keliatan…Ayo ikut lagi Syaikhan…sampe malam terakhir.

  25. jampang Agustus 21, 2011 / 00:00

    topenkkeren said: Ponakan saya kalau larilari pasti berisik, Bang. Kok syaikhan enggak? ;d

    gak tahu… poloknya salam itu, pas saya liat, syaikhan lagi ngelempar-lempar pecinya terus ditangkep atau diambil lagi tanpa ada suara yg keluar dari mulutnya….

  26. jampang Agustus 21, 2011 / 00:00

    ipie said: Syaikhan pinter ya udah bisa ngitung ampe sepuluh.. Tp mksdnya apa neh?kok berasa bahasa halusnya aku kalah ama Syaikhan ya ngitungnya.. Wualaah.. Beneran jd neh culik Syaikhan masukin ke keranjang

    xixixixixixixi….

  27. jampang Agustus 21, 2011 / 00:00

    katerinas said: Cemas ya mas saat Syaikhan tak keliatan…Ayo ikut lagi Syaikhan…sampe malam terakhir.

    iya mbak. biasa nengok ada… terus gak ada.spertinya gak bisa sampe terakhir… sabtu depan syaikhan rencananya dibawa mudik.

  28. togogsemar Agustus 21, 2011 / 00:00

    amin ..semoga aku juga..meski tarawih sendiri..

  29. jampang Agustus 21, 2011 / 00:00

    nanabiroe said: Hehehe.Ikut seneng deh.

    harus….. *lho koq maksa

  30. jampang Agustus 21, 2011 / 00:00

    togogsemar said: amin ..semoga aku juga..meski tarawih sendiri..

    :-)di sana lebuh berat yah?

  31. debapirez Agustus 21, 2011 / 00:00

    amien…tarawih kali ini di rumah aja deh krn spy istri bs salat berjamaah. maklum, baru punya momongan hehe…

  32. jampang Agustus 21, 2011 / 00:00

    rafa1331 said: Aamiin 🙂

    makasih, mbak

  33. jampang Agustus 21, 2011 / 00:00

    debapirez said: amien…tarawih kali ini di rumah aja deh krn spy istri bs salat berjamaah. maklum, baru punya momongan hehe…

    ajak aja semuanya ke masjid :)bawa kelambu kecil buat si ade kecil…. xixixixixixi

  34. debapirez Agustus 22, 2011 / 00:00

    jampang said: ajak aja semuanya ke masjid :)bawa kelambu kecil buat si ade kecil…. xixixixixixi

    haha…sekalian bawa kasurnya dia jg yak…

  35. tintin1868 Agustus 22, 2011 / 00:00

    wuih rajin tetep solat traweh.. ku traweh jalanan nih, kemanamana.. semoga syaikhan juga ikutan abinya solat sampe akhir.. walupun main main doang..

  36. jampang Agustus 22, 2011 / 00:00

    debapirez said: haha…sekalian bawa kasurnya dia jg yak…

    xixixixixi…. soalnya Syaikhan pernah gitu waktu umur 4 atau 5 bulan

  37. jampang Agustus 22, 2011 / 00:00

    tintin1868 said: wuih rajin tetep solat traweh.. ku traweh jalanan nih, kemanamana.. semoga syaikhan juga ikutan abinya solat sampe akhir.. walupun main main doang..

    tergantung moodnya mbak 🙂

  38. ipie Agustus 22, 2011 / 00:00

    Jd inget Iqbal anaknya temen mamaku. Sholeh dan santun bgt. Qatam Quran entah udah berapa kali. Umurnya baru 9th. Kt ibunya, sejak masih bayi sering dibawa ke pengajian atau sholat saat taraweh atau hari raya. Bkn ngiler py anak gt

  39. jampang Agustus 22, 2011 / 00:00

    ipie said: Jd inget Iqbal anaknya temen mamaku. Sholeh dan santun bgt. Qatam Quran entah udah berapa kali. Umurnya baru 9th. Kt ibunya, sejak masih bayi sering dibawa ke pengajian atau sholat saat taraweh atau hari raya. Bkn ngiler py anak gt

    mudah2an syaikhan jadi anak sholeh. aamiin

  40. ipie Agustus 22, 2011 / 00:00

    Aamiin YRA. Insya Allah.

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s