Syaikhan : Benar!

Dalam perjalanan menuju Kebon Jeruk hari sabtu kemarin, seperti biasa, Syaikhan duduk di depan, di atas tanggki bensin sepeda motor yang saya tunggangi. Posisi itu adalah posisi kesenangan Syaikhan. Mungkin dengan duduk di depan, Syaikhan merasa bebas untuk melihat apa saya yang berada di depannya atau di samping kanan dan kirinya. Hampir sama dengan perjalanan sebelum-sebelumhya, si ‘Sania’ menjadi pusat perhatian Syaikhan.

Begitu ada mobil Xenia, apalagi berwarna hitam, Syaikhan akan berkata, “Sania, Bi!”

Suatu ketika rasa iseng dan penasaran saya muncul untuk mengetes apakah Syaikhan benar-benar tahu bahwa itu adalah mobil Xeni atau bukan. Maka ketika Sebuah mobil Xenia berada di sisi kanan motor, saya bertanya kepada Syaikhan, “Syaikhan, itu Xenia bukan?”

Syaikhan yang semula duduk tegak, tiba-tiba membungkukkan badannya ketika motor yang kami kendarai melewati sisi mobil tersebut. Entah apa yang dilihat dan diperhatikan oleh Syaikhan. Tapi yang jelas, beberapa saat kemudian, Syaikhan menjawab, “Bena!” Yang artinya benar, bahwa itu mobil Xenia.

Selanjutnya Syaikhan menambahkan penjelasan, “Lubangnya, Bi!” Sambil tangannya mengisyaratkan sesuatu tentang ciri mobil Xenia di bagian rodanya. Saya sendiri tidak mengerti apa yang dimaksud oleh Syaikhan tersebut. Namun yang pasti, jawabannya benar. Itu adalah mobil Sania alias Xenia.

Saya bertanya kembali kepada Syaikhan dengan pertanyaan yang sama ketika sebuah mobil Xenia yang lain berada di sisi kanan motor. Lagi-lagi, cara Syaikhan untuk mengetahui apakah mobil tersebut adalah Xenia atau bukan dengan cara yang sama dengan sebelumnya. Begitu pula dengan jawaban yang keluar dari mulutnya. “Bena!”

Akhirnya saya tes dengan mobil lain yang rada mirip, Avanza. “Syaikhan, itu Xenia bukan?”

Lagi-lagi Syaikhan menunduk dan mengarahkan pandangannya ke arah roda mobil tersebut. Lalu menjawab, “Bucha Sania, Bi!”. Tangannya pun bergerak berputar-putar, “Lubangnya nda ama!” Tambahnya.

Sampai sekarang, saya masih bingung, apa yang menjadi ukuran Syaikhan untuk membedakan antara Xenia dengan mobil yang lain. Beberapa waktu yang lalu, alasannya adalah bentuk lampu belakang yang berwarna merah yang menjadi pembeda antara Xenia dengan mobil yang lain. Sedang hari Sabtu kemarin, jawaban Syaikhan didasari atas bentuk lubang tempat roda yang menjadi pembeda.

Hmmm….

46 respons untuk β€˜Syaikhan : Benar!’

  1. tintin1868 Oktober 3, 2011 / 00:00

    oh lubang roda ternyata.. tapi bener juga emang beda..

  2. thetrueideas Oktober 3, 2011 / 00:00

    jampang said: didasari atas bentuk lubang tempat roda yang menjadi pembeda.

    apa ya bedanya? saya malah gak merhatiin ginian, hihihianak kecil, selalu kritis

  3. ipie Oktober 3, 2011 / 00:00

    Keren. Baru ini namanya anak laki. Nanti2 pelajari suara mesinnya ya Syaikhan

  4. nanazh Oktober 3, 2011 / 00:00

    coba Syaikhan disuruh untuk membedakan minyak goreng yang mana namanya Sania mana yang nggak…*loh kok minyak goreng sih hihihi

  5. hwwibntato Oktober 3, 2011 / 00:00

    Syaikhan benar-bena jeli … he he he …Syaikhan tahu mana Sania dan mana yang bucha … he he he …

  6. jampang Oktober 3, 2011 / 00:00

    tintin1868 said: oh lubang roda ternyata.. tapi bener juga emang beda..

    bener ya mbak?saya nggak ngeh dan nggak merhatiin

  7. jampang Oktober 3, 2011 / 00:00

    thetrueideas said: saya malah gak merhatiin ginian, hihihi

    sama, mas πŸ™‚

  8. jampang Oktober 3, 2011 / 00:00

    ipie said: Keren. Baru ini namanya anak laki. Nanti2 pelajari suara mesinnya ya Syaikhan

    repot lah kalau merhatiin suaranya.tapi nggak tahu kalau anak kecil bisa apa nggak bedain suara di tengah keramaian

  9. jampang Oktober 3, 2011 / 00:00

    nanazh said: coba Syaikhan disuruh untuk membedakan minyak goreng yang mana namanya Sania mana yang nggak…*loh kok minyak goreng sih hihihi

    tinggal baca tulisannya πŸ˜›

  10. jampang Oktober 3, 2011 / 00:00

    grasakgrusuk said: Sehan jeli..

    iya, mbak

  11. jampang Oktober 3, 2011 / 00:00

    ikhwatiislam said: wow,,,keyeenn :))

    siapa dulu abinya?*halah

  12. jampang Oktober 3, 2011 / 00:00

    hwwibntato said: Syaikhan benar-bena jeli … he he he …Syaikhan tahu mana Sania dan mana yang bucha … he he he …

    xixixixixi…bucha itu artinya bukan, mas πŸ˜›

  13. ikhwatiislam Oktober 3, 2011 / 00:00

    jampang said: siapa dulu abinya?*halah

    preeettzzz dut!!

  14. jampang Oktober 3, 2011 / 00:00

    ikhwatiislam said: preeettzzz dut!!

    *tutup kuping dan idung

  15. ikhwatiislam Oktober 3, 2011 / 00:00

    jampang said: *tutup kuping dan idung

    wakakakak,,,,,,itu kerjaannya semar pak *ngumpet

  16. fightforfreedom Oktober 3, 2011 / 00:00

    Kalah nih, saya ama Syaikhan dalam membedakan mobil πŸ™‚

  17. mywolly Oktober 3, 2011 / 00:00

    Olalaa… Maksudnya velg nya ya? Ha ha ha, jeli ya syaikhan. Kalau lampunya memang beda antara avanza dan xenia, sementara kapasitas mesinnya, nyaris gak ada beda, apalagi bentuknya. Syaikhan pandaiii… Yippie!

  18. aghnellia Oktober 3, 2011 / 00:00

    walah hebat, sehan tau ajaah..saya aja gak tau bedanya kalao gak baca merk nyaa

  19. bundel Oktober 4, 2011 / 00:00

    Bi……. coba perhatiin velgnya. Apa ya istilah bahasa Indonesianya, pokoknya yang di bagian ada dopnya itu, kayaknya itu yang bikin beda. Atau malah dopnya kali yang modelnya beda. Perhatiin ya bi, jangan kalah sama anak cerdas!

  20. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    ikhwatiislam said: wakakakak,,,,,,itu kerjaannya semar pak *ngumpet

    semar dan induknya…. xixixixixixi

  21. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    fightforfreedom said: Kalah nih, saya ama Syaikhan dalam membedakan mobil πŸ™‚

    saya sih tinggal baca tulisannya, pak πŸ™‚

  22. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    mywolly said: Maksudnya velg nya ya?

    mungkin, mbak…. saya juga bingung syaikhan sampe nunduk gitu ngeliatinnya

  23. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    aghnellia said: saya aja gak tau bedanya kalao gak baca merk nyaa

    sama, teh

  24. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    moestoain said: Avanza Xenia satu produksi.

    versi syaikhan, itu beda πŸ™‚

  25. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    jejak2mimpi said: Waah hebaat….bisa sejeli itu ^^b

    iyah. abinya aja nggak begituxixixixixi

  26. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    ayudiahrespatih said: beliin donk abii^^

    insya Allah.kalau sudah ngerasa perlu dan ada dananya, ada tempat nyimpannya, dan bisa nyetir… xixixixixi

  27. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    bundel said: Perhatiin ya bi, jangan kalah sama anak cerdas!

    saya merhatiin tulisannya aja bunda :))

  28. bundel Oktober 4, 2011 / 00:00

    jampang said: insya Allah.kalau sudah ngerasa perlu dan ada dananya, ada tempat nyimpannya, dan bisa nyetir… xixixixixi

    Sini…… sini…… simpen di rumah saya aja, kosong tuh carportnya, garasi juga malah berubah fungsi jadi gudang.

  29. binarlangitbiru Oktober 4, 2011 / 00:00

    Hebaat, tapi kalo si syaikhan sudah bisa baca akan se jeli itu ngga yah? Kebanyakan orang kan hanya melihat dari merek saja hehehe

  30. nanabiroe Oktober 4, 2011 / 00:00

    Pengamat transportasi umum euy.

  31. onit Oktober 4, 2011 / 00:00

    lanjuut πŸ˜€

  32. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    bundel said: Sini…… sini…… simpen di rumah saya aja, kosong tuh carportnya, garasi juga malah berubah fungsi jadi gudang.

    xixixixi…. sekalian bunda yang bayar DP dan cicilannya yah?

  33. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    binarlangitbiru said: Hebaat, tapi kalo si syaikhan sudah bisa baca akan se jeli itu ngga yah?

    karena jeli itu baik… mudah2an tetep bisa jeli.

  34. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    nanabiroe said: Pengamat transportasi umum euy.

    itu mah mobil umum… ini kan mobil pribadi

  35. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    onit said: lanjuut πŸ˜€

    ke mana?

  36. deikka Oktober 4, 2011 / 00:00

    ha ha ha ….. Syaikhan cerdik

  37. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    deikka said: ha ha ha ….. Syaikhan cerdik

    :))

  38. onit Oktober 4, 2011 / 00:00

    jampang said: ke mana?

    lanjut ditanyain lagi =))coba lihat sania dari sudut lain gitu hihi

  39. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    onit said: lanjut ditanyain lagi =))coba lihat sania dari sudut lain gitu hihi

    ooo… ya nggak bisa diniatin. kemarin itu ya spontan aja.

  40. debapirez Oktober 4, 2011 / 00:00

    cocok neh Syaikhan kerja di Astra hehe…

  41. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    debapirez said: cocok neh Syaikhan kerja di Astra hehe…

    lho???

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s