Rumput Fatmawati

Dua orang ibu sedang asyik membicarakan oleh-oleh yang mereka terima dari seseorang yang baru saja kembali dari melaksanakan ibadah umrah.

“Kerudung yang Ibu dapat itu yang bagus. Kalau yang saya terima agak tipis. Soalnya saya datangnya telat jadi sudah kehabisan.” Ucap Ibu Pertama.

“Kalau lipstik, dapat nggak?” Tanya Ibu Kedua.

“Dapat, pokoknya komplit. Cuma beda kerudungnya aja.” Jawab Ibu Pertama

“Pas itu saya juga ditawarin rumput fatmawati. Ya, saya ambil aja, kebetulan anak saya sedang hamil.” Ibu Kedua menambahkan ceritanya.

Saya ngikik dalam hati.

—–ooo0ooo—–

Sebenarnya yang dimaksud oleh Ibu Kedua adalah rumput fatimah (Labisa pumila) yang dikenal oleh orang barat sebagai rose of jericho. Biasanya menjadi salah satu oleh-oleh yang dibawa oleh orang-orang yang menunaikan ibadah haji atau umrah. Sedangkan dalam bahasa Arab disebut dengan Kaf Mariyam (telapak tangan Mariyam).

Konon rumput fatimah dipercayai dapat memperlancar prose persalinan. Bagian dari tanaman ini yang sering digunakan adalah akarnya, yaitu dengan cara direndam dan meminum airnya.

Memang ada penelitian yang mengungkapkan di dalam tanaman rumput fatimah terkandung suatu zat sejenis oksitoksin yang dapat menimbulkan kontraksi dari rahim. Zat sejenis oksitoksin yang terkandung di dalam rumput fatimah sama seperti obat yang diberikan untuk menginduksi ibu hamil agar terjadi kontraksi.

Namun demikian, karena belum diketahui dengan jelas seberapa besar kandungan zat tersebut, serta berapa banyak si ibu harus mengonsumsinya, maka para ibu hamil harus ekstra hati-hati, dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Karena jika zat oksitosin berlebih, bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya yaitu rahim menjadi robek.

Karena belum adanya bukti ilmiah yang benar-benar jelas mendukung kabar ini, maka sebaiknya ibu hamil berhati-hati dalam mengonsumsinya agar tidak berbahaya bagi dirinya dan bayi yang dikandungnya.

Rumput fatimah, meski sudah dalam kondisi kering atau dikeringkan dalam waktu yang lama, namun ketika direndam dalam air, maka akan mekar kembali.

sumber :
di sini
di sana
di situ

72 respons untuk ‘Rumput Fatmawati

  1. lollytadiah Oktober 4, 2011 / 00:00

    ooo jadi namanya Fatmawati…..*qiqiqi*

  2. ipie Oktober 4, 2011 / 00:00

    Knp fatimah jd fatmawati ya?dasar emak2.. Untung bkn aku yg denger. Pasti udah tanya sambil ngakak

  3. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    tehfairiez said: aku juga dapet rumput fatima tapi dari mertua..ckckckckck.. ve jadi ibu ke3 yg rumpi nih^^

    xixixixi…. jadi tambah rame deh 🙂

  4. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    tintin1868 said: kepleset jadi fatmawati.. :d ku tahunya juga rumput fatimah, bagus buat hamil.. entah mitos entah bener..

    iya mbak. kepleset.banyak yg percaya seh begitu. info yang saya dapat belum ada penelitian pastinya. wallahu a’lam

  5. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    lollytadiah said: ooo jadi namanya Fatmawati…..*qiqiqi*

    jyaaah…. ada ikut-ikutan lagi 😛

  6. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    ipie said: Knp fatimah jd fatmawati ya?dasar emak2.. Untung bkn aku yg denger. Pasti udah tanya sambil ngakak

    maklum aja…namanya juga emak-emak

  7. mywolly Oktober 4, 2011 / 00:00

    Ooo… Itu kandungan nya makanya bikin mules banget. Mungkin yang disebutkan gak boleh minum rumput fatimah juga karena bahaya nya itu ya mas, karena gak tau seberapa banyak kandungannya… Yayayaya… Jadi ngerti.Kalo fatmawati bukan yang jait bendera 😀 he he he

  8. ipie Oktober 4, 2011 / 00:00

    Fatmawati nama tempat yg jual ayam goreng kalo ga salah ya?

  9. debapirez Oktober 4, 2011 / 00:00

    jampang said: nggak diminum juga lahirnya lancar, selamat, dan sehat ya mas 🙂

    alhamdulillah akhirnya Cesar jg coz dah 24 jam belum mules2…

  10. jampang Oktober 4, 2011 / 00:00

    mywolly said: Ooo… Itu kandungan nya makanya bikin mules banget. Mungkin yang disebutkan gak boleh minum rumput fatimah juga karena bahaya nya itu ya mas, karena gak tau seberapa banyak kandungannya… Yayayaya… Jadi ngerti.Kalo fatmawati bukan yang jait bendera 😀 he he he

    kira2 begitu, mbak. jadi selama belum ada penelitian pastinya… mending makan kurma aja menjelang waktu persalinan. soalnya ada keterangannya di al-quran di mana Maryam diperintahkan untuk makan buah kurma saat mau melahirkan Nabi Isa alaihis salaam

  11. jampang Oktober 4, 2011 / 00:01

    ipie said: Fatmawati nama tempat yg jual ayam goreng kalo ga salah ya?

    pernah ngerasain makan di situ.

  12. jampang Oktober 4, 2011 / 00:01

    debapirez said: alhamdulillah akhirnya Cesar jg coz dah 24 jam belum mules2…

    ooo… yang penting selamat semuanya :))

  13. ipie Oktober 4, 2011 / 00:01

    Enak ga ayamnya?

  14. tehfairiez Oktober 4, 2011 / 00:01

    ada yang bilang juga bang.. kalo ada yg mau lahiran, semua yg ada tutupnya kayak toples, bak aer, tempat minum, dsb kudu dibuka biar lahirannya lancar wkwkwkwkwkw

  15. jampang Oktober 5, 2011 / 00:01

    ipie said: Enak ga ayamnya?

    kalau tanya enak sama saya, ya pasti enak, buktinya habis.ukuran saya cuma dua enak sama nggak enak.xixixixixixi

  16. jampang Oktober 5, 2011 / 00:01

    tehfairiez said: ada yang bilang juga bang.. kalo ada yg mau lahiran, semua yg ada tutupnya kayak toples, bak aer, tempat minum, dsb kudu dibuka biar lahirannya lancar wkwkwkwkwkw

    wah… harus dihindari yg begitu, takut jadi syirik

  17. tehfairiez Oktober 5, 2011 / 00:01

    syirik tanda tak mampu.. gitu bang?? 😀

  18. jampang Oktober 5, 2011 / 00:01

    tehfairiez said: syirik tanda tak mampu.. gitu bang?? 😀

    bukan donk…. 😛

  19. ipie Oktober 5, 2011 / 00:01

    jampang said: kalau tanya enak sama saya, ya pasti enak, buktinya habis.ukuran saya cuma dua enak sama nggak enak.xixixixixixi

    kalau habis berarti enak ya… Oooh

  20. jampang Oktober 5, 2011 / 00:01

    ipie said: kalau habis berarti enak ya… Oooh

    ho oh

  21. lollytadiah Oktober 6, 2011 / 00:01

    jampang said: ukuran saya cuma dua enak sama nggak enak.

    lha… bukannya enak sama enak banget….hahahaha…

  22. jampang Oktober 6, 2011 / 00:01

    lollytadiah said: lha… bukannya enak sama enak banget….hahahaha…

    itu lagi bahas makanan mbak. pasti ada makanan yg saya nggak doyan yg menurut saya nggak enak 😛

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s