Lelaki dan Seekor Lalat

lelaki-dan-seekor-lalatDi pagi yang cerah itu, di balkon rumah sebuah rumah berlantai dua, seorang lelaki terlihat sedang duduk sambil membaca sebuah buku ditemani dengan secangkir kopi dan sepotong roti di atas sebuah meja kecil berbentuk lingkaran.Setelah membaca susunan aksara di beberapa halaman buku bersampul warna biru di tangannya, lelaki itu bermaksud untuk mengambil cangkir di sisi kanan dan meminum kopi di dalamnya. Namun dia mengurungkan niatnya itu ketika melihat seekor lalat sedang berusaha terbang keluar dari dalam cangkir kopi. Mungkin karena salah satu sayapnya basah, maka lalat malang itu tidak bisa terbang, sekeras apa pun usahanya.

Lelaki itu kemudian menggunakan sendok kecil untuk mencelupkan sayap lalat yang masih kering sehingga keduanya basah, lalu mengeluarkan lalat tersebut dari dalam cangkir kopinya.

“Tahukah kau wahai lalat? Meski tubuhmu kecil, di salah satu sayapmu terdapat racun sementara di sayap yang yang lain mengandung penawarnya. Dirimu pun bisa menyebabkan seseorang masuk ke dalam surga sebagaimana dirimu juga dapat menjerumuskan seseorang ke dalam neraka,” ucap lelaki itu kepada lalat.

Lelaki itu kemudian meniup tubuh lalat hingga terpental jatuh ke lantai balkon. Selama beberapa saat, lalat itu bergerak tak beraturan, mungkin untuk mengeringkan kedua sayapnya. Tak lama kemudian, lalat itu akhirnya bisa terbang kembali dan menjauh dari balkon, meninggalkan sang lelaki yang sedang memegang cangkir kopinya lalu menghirup kembali sisa kopi yang masih setengah cangkir tersebut sebelum kembali melanjutkan membaca buku “Jejak-jejak yang Terserak”.

***********

Jika ada seekor lalat yang terjatuh pada minuman kalian maka tenggelamkan kemudian angkatlah, karena pada satu sayapnya penyakit dan sayp lainnya terdapat obatnuya
(Shahih Bukhari : 3073)

Rasulullah Shalallahu Alayhi Wa Salam Bersabda “Ada seseorang masuk surga karena seekor lalat dan masuk neraka karena seekor lalat pula.”

Para Sahabat bertanya, “Bagaimana bisa terjadi demikian, wahai Rasulullah?”

Beliau menjawab “Terdapat dua orang yang berjalan melewati suatu kaumm yang mempunyai berhala, tak seeorangpun diperkenankan melewati berhala itu sebelum memberikan sesuatu. Mereka berkata kepada salah seorang dari kedua lelaki tersebut, “Berikanlah korban kepada berhala itu!” Dia menjawab, “Aku tidak mempunyai apa-apa untuk berkorban.” Mereka berkata lagi, “Berikanlah korban sekalipun dengan seekor lalat.” Kemudian dengan seekor lalat itu, ia memberikan sesaji dan oleh mereka diperkenankan ia meneruskan perjalanannya. Karena perbuatannya itu, ia kemudian masuk neraka!

Kemudian mereka berkata kepada yang seeorang lagi,”Berikanlah korban!” Orang yang kedua ini menjawab, “Aku tidak akan berkorban sedikitpun kecuali kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kemudian ia memenggal leher orang itu, dan ia masuk syurga.”

Menurut pendapat Syaikh Shalih Al-Fauzan dalam kitab I’anatul Mustafid, hadist mursal shahabi, menurut jalan Thariq bin Syihab, dia juga berkata, Sekalipun mursal shahabi, ia tetap dapat menjadi hujjah.

Wallaahu a’lam.


Baca Seri Lelaki Lainnya :

48 respons untuk ‘Lelaki dan Seekor Lalat’

  1. ipie November 21, 2011 / 00:00

    Wuaah.. bukunya ampe dibaca orang bule.. emang udah dalam 2 bahasa ya .. xixixixiixi

  2. jampang November 21, 2011 / 00:00

    *iklan lagi

  3. ipie November 21, 2011 / 00:00

    Thanks Infonya… jadi tau sekarang…

  4. sukmakutersenyum November 21, 2011 / 00:00

    gud gud 😀

  5. fightforfreedom November 21, 2011 / 00:00

    Semoga melalui buku itu mengantarkan si bule itu mendapatkan hidayah-Nya.

  6. itsmearni November 21, 2011 / 00:00

    wuih mantep nih yang baca bukunya kangmas mbule

  7. jampang November 21, 2011 / 00:00

    ipie said: Wuaah.. bukunya ampe dibaca orang bule.. emang udah dalam 2 bahasa ya .. xixixixiixi

    xixixixi…. belum sampe ke tangan bule beneran… itu cuma gambar editan aja, bukan foto beneran 🙂

  8. jampang November 21, 2011 / 00:00

    ipie said: Thanks Infonya… jadi tau sekarang…

    sama-sama, teh

  9. jampang November 21, 2011 / 00:00

    sukmakutersenyum said: gud gud 😀

    yes… yes….

  10. jampang November 21, 2011 / 00:00

    fightforfreedom said: Semoga melalui buku itu mengantarkan si bule itu mendapatkan hidayah-Nya.

    maaf, pak… itu bule gambarnya doank. bulenya mah belum baca buku saya 🙂

  11. jampang November 21, 2011 / 00:00

    itsmearni said: wuih mantep nih yang baca bukunya kangmas mbule

    kangmas bule boleh nemu di internet…. xixixixixixi

  12. fightforfreedom November 21, 2011 / 00:00

    jampang said: maaf, pak… itu bule gambarnya doank. bulenya mah belum baca buku saya 🙂

    he he he, paham kok, mas Rifki. Maksudku agar menjadi penyemangat kelak bisa diterjemahkan ke dalam bahasa yg mudah dipahami bule – bule itu. Dan pesan – pesan baiknya tersampaikan 🙂

  13. jampang November 21, 2011 / 00:00

    fightforfreedom said: he he he, paham kok, mas Rifki. Maksudku agar menjadi penyemangat kelak bisa diterjemahkan ke dalam bahasa yg mudah dipahami bule – bule itu. Dan pesan – pesan baiknya tersampaikan 🙂

    aamiin ya rabbal ‘alamin. terima kasih, pak

  14. ayudiahrespatih November 21, 2011 / 00:00

    baiasanya kalo ada lalat langsung diuber pake sapu lidi hihi..

  15. nanabiroe November 21, 2011 / 00:00

    Paling geli kalo dah ada lalat ijo,Mana susah lagi nangkepnya :-p

  16. jampang November 21, 2011 / 00:00

    ayudiahrespatih said: baiasanya kalo ada lalat langsung diuber pake sapu lidi hihi..

    wah…. teteh sadis…. xixixixixi

  17. jampang November 21, 2011 / 00:00

    nanabiroe said: Mana susah lagi nangkepnya :-p

    lah…. ngapain ditangkap, mbak…. diusir donk. terus kalau sudah ditangkap diapain?xixixixixixi

  18. aghnellia November 21, 2011 / 00:00

    aih ada cowok gantengg! *bedak an*

  19. jejak2mimpi November 21, 2011 / 00:00

    hahhahaa…bisaa ajaa iklan nya 😀

  20. cambai November 21, 2011 / 00:00

    ooo hadis ini yang sempat dibahas di rumah uni kemaren. bahas soal lalat..makasih sharingnya….ttg promosi buku.. lumayan, bikin tertarik ..:)

  21. agusdidin November 21, 2011 / 00:00

    mantap Gan..terima kasih sharingnya.. 🙂

  22. hwwibntato November 21, 2011 / 00:00

    keren … he he he …sampai asyik membacanya …

  23. carrotsoup November 21, 2011 / 00:00

    kreatip juga si abang bikin iklan

  24. yuniezalabella November 21, 2011 / 00:00

    Wah saya belum habis nih baca bukunya. But so far, cukup menikmati 🙂

  25. jampang November 22, 2011 / 00:00

    aghnellia said: aih ada cowok gantengg! *bedak an*

    *ngikik

  26. jampang November 22, 2011 / 00:00

    jejak2mimpi said: hahhahaa…bisaa ajaa iklan nya 😀

    ya dibisa-bisain aja mbak. soalnya nggak sanggup bayar agen iklan 🙂

  27. jampang November 22, 2011 / 00:00

    cambai said: makasih sharingnya….ttg promosi buku.. lumayan, bikin tertarik ..:)

    sama-sama , uni.berminat?xixixixixi

  28. jampang November 22, 2011 / 00:00

    agusdidin said: mantap Gan..terima kasih sharingnya.. 🙂

    terimakasih, sama-sama, pak 🙂

  29. jampang November 22, 2011 / 00:00

    hwwibntato said: keren … he he he …sampai asyik membacanya …

    terima kasih, mas 🙂

  30. mywolly November 22, 2011 / 00:00

    akang bule nya ganteng *wink wink* makasih juga buat sharing nya… :)*kalah euy sama akang bule udah baca bukunya mas rifki*

  31. jampang November 22, 2011 / 00:00

    carrotsoup said: kreatip juga si abang bikin iklan

    pake yg free alias gratis aja, mas 🙂

  32. jampang November 22, 2011 / 00:00

    yuniezalabella said: But so far, cukup menikmati 🙂

    alhamdulillah… semoga nggak mengecewakan

  33. jampang November 22, 2011 / 00:00

    mywolly said: kalah euy sama akang bule udah baca bukunya mas rifki

    makanya… buruan…. xixixixixixi

  34. birumuda November 22, 2011 / 00:00

    hehehehe…. bisssa aja ngiklannya… udah tauk siy ttg lalat ini dari dulu, tapi klo prakteknya masih rada geli2 gimana gituuh

  35. jampang November 22, 2011 / 00:00

    birumuda said: udah tauk siy ttg lalat ini dari dulu, tapi klo prakteknya masih rada geli2 gimana gituuh

    saya sudah…. sekali 🙂

  36. cambai November 22, 2011 / 00:00

    Dijual indie ya om? Kita tukeran buku aja mau gak? 🙂

  37. thetrueideas November 22, 2011 / 00:00

    kirain, mas Rifki dah ganti wajah 🙂

  38. jampang November 22, 2011 / 00:00

    cambai said: Dijual indie ya om? Kita tukeran buku aja mau gak? 🙂

    iya uni…. indie. boleh. buku yang FF itu yah?

  39. jampang November 22, 2011 / 00:00

    thetrueideas said: kirain, mas Rifki dah ganti wajah 🙂

    xixixixixi…. nggak ah, mas 🙂

  40. tintin1868 November 22, 2011 / 00:00

    tetep iklan.. :Deh bener ya lalat sayap satunya jorok, sayap sisi lainnya obat? ku sih pasti udah minta ganti aja tuh piring ato sendok ato gelas kalu udah dikerubungi lalat..

  41. jampang November 22, 2011 / 00:00

    tintin1868 said: tetep iklan.. :Deh bener ya lalat sayap satunya jorok, sayap sisi lainnya obat? ku sih pasti udah minta ganti aja tuh piring ato sendok ato gelas kalu udah dikerubungi lalat..

    hadits itu shahih, mbak.dan saya juga pernah membaca hasil penelitian yang sejalan dengan hadits tersebut.

  42. tintin1868 November 22, 2011 / 00:00

    jampang said: hadits itu shahih, mbak.dan saya juga pernah membaca hasil penelitian yang sejalan dengan hadits tersebut.

    baiklah.. *mmhh ga tahu ya masih ku ganti ga kalu dihinggapi lalat nanti?

  43. jampang November 22, 2011 / 00:00

    ya jangan dicari-cari tempat yg banyak lalatnya mbak 🙂

  44. cambai November 23, 2011 / 00:00

    jampang said: iya uni…. indie. boleh. buku yang FF itu yah?

    iya, sama buku FF itu .. mau gak ? pm2an aja ya om kalau mau tukeran..:)

  45. jampang November 23, 2011 / 00:00

    okeh!

  46. capung2 Februari 5, 2014 / 09:11

    Postingan yg mencerahkan sekali sobat..
    Berarti ada satu sayap yg bisa membuat seseorang masuk kedalam jannah-Nya ya..

    • jampang Februari 5, 2014 / 09:20

      bukan sayapnya, mas. tetapi dikisahkan ada seseorang yang tidak mau berkorban seekor lalat pun kepada berhala, sementara lainnya mau berkorban seekor lala kepada berhala

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s