[Syukur#1] Tak Lagi Molor Di Atas Motor

“Apa nggak kecapean kalau kerja bolak-balik?”

“Kalau masih muda mungkin kuat. Tapi kan nggak selamanya badan bisa kuat.”

Begitulah kira-kira komentar dari beberapa orang dan keluarga ketika mengetahui saya pindah rumah ke Depok beberapa tahun lalu.

Awalnya, memang saya tidak pernah memikirkan dampak atau akibat secara jangka panjang. Saya hanya menjalani apa yang saya bisa saya jalani sesuai dengan kemampuan saat itu. Ketika saat itu hanya mampu untuk menempati rumah yang letaknya cukup jauh dari kantor, sekitar tiga puluhan kilometer, saya pun menjalaninya.

Tapi lama-kelamaan, dengan kondisi jalan yang semakin ramai dan macet, jarak yang demikian tersebut terasa semakin jauh dan semakin lama saya tempuh. Efeknya, rasa lelah dan letih akhirnya hinggap di tubuh saya. Tiba di rumah, hanya ampas tenaga saja yang tersisa.

Tak hanya rasa lelah dan letih saja yang datang, tetapi rasa kantuk pun terkadang datang tak tertahan. Sempat saya berpikir apakah saya terserang penyakit yang disebut Narcolepsy. Sebuah penyakit yang menyebabkan penderitanya mudah sekali tertidur. Penyakit yang merupakan kebalikan dari Insomnia.

Tertidurnya saya saat itu seperti di luar kemauan dan kesadaran saja. Pasalnya, tanpa ada aba-aba seperti menguap misalnya. Mata langsung terpejam. Dan tersadar kalau baru saja saya tertidur ketika saya terjaga. Adakalanya, saya tertidur ketika sedang mencuci piring, menjemur pakaian, atau mengupas dan menggoreng kentang. Biasanya saya melakukan itu di malam hari, sepulang kerja. Untunglah tidur saya tidak begitu lama dan begitu terjaga tidak ada piring yang pecah atau kebakaran karena kompor menyala. Tapi kalau kentangnya menjadi hampir gosong, pernah.

Namun yang paling berbahaya adalah ketika saya terlelap di atas sepeda motor yang sedang melaju. Walhasil, pernah suatu ketika, tanpa saya sadari saya tertidur di atas motor dan brakkkk! Motor yang kendarai mencium trotoar hingga jatuh. Beruntung tidak ada kendaraan yang melaju kencang di belakang saya, jika ada, mungkin akan lain lagi ceritanya.

Tak hanya sekali, kejadian seperti itu terjadi berulang, baik ketika berangkat atau pulang. Untuk mengatasinya, biasanya saya membawa sebotol air minum. Jika mulai mengantuk, saya berhenti sebentar untuk minum atau mungkin mencuci muka. Atau saya membeli jajanan yang saya makan sambil mengendarai sepeda motor. Tapi yang demikian tidak bisa selalu menahan kantuk. Tetap saja pada akhirnya, saya sering kecolongan.

Di saat tidur di atas sepeda motor, pernah saya salah menikung, pernah menyenggol motor di depan, pernah hampir diserempet bis yang akan menepi, bahkan pernah hampir menabrak gerobak yang berlawanan arah di pinggir jalan. Untunglah, saya terjaga tepat pada waktunya, hingga saya terhindar dari kecelakaan. Alhamdulillah.

Pernah saya berpikir, saat itu, untuk mencari solusi bagaimana supaya bisa “Siang Bertenaga, Malam Bergairah” setelah melihat tulisan tersebut di badan sebuah bis yang melintas di samping saya. Karena saat itu saya medapat sebuah kepercayaan untuk membuat sebuah aplikasi berbasis web dengan fee yang cukup lumayan. Tapi nyatanya saya belum bisa mengatasi masalah itu. Yang ada adalah saya tertidur dan terjaga kembali ketika kepala saya terbentur meja ketika sedang coding program.

Kini, sudah setahun, saya tidak pernah lagi molor di atas sepeda motor. Jarak yang saya tempuh dari rumah ke kantor dan sebaliknya boleh dibilang dekat, demikian juga waktu tempuhnya, cukup singkat. Bahkan minggu-minggu ini, saya pulang lebih malam karena menyempatkan diri untuk berolahraga meski sekedar main ping-pong di kantor. Tiba di rumah pun saya masih dalam kondisi bugar.

Sekali lagi, alhamdulillah….

52 respons untuk ‘[Syukur#1] Tak Lagi Molor Di Atas Motor

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s