[Narsisku Bahagiamu] Mas Gondrong

“Mas Gondrong.” Begitu jawaban seorang rekan ketika saya menanyakan siapa nama penjual tabloid dan majalah yang sering monda-mandir di kantor.Keingintahuan saya itu bukan sekedar basa-basi. Ada sebuah misi kerja sama yang ingin saya lakukan bersama Mas Gondrong, yaitu ikut memasarkan buku “Jejak-jejak yang Terserak” saya yang akan terbit. Hingga saya mencari kesempatan untuk berbicara dengan Mas Gondrong. Sebuah pendekatan.”Mas…!” Saya menyapa Mas Gondrong pada suatu hari ketika dirinya sedang menunggu lift.

“Boleh tanya-tanya, Mas?” Tanya saya selanjutnya.

“Boleh,” jawabnya ramah.

“Kalau jual majalah, kira-kira dapat keuntungan berapa persen dari harga jual?”

“Ya beda-beda, Mas.”

“Perkiraan rata-rata berapa?”

“Sekitar sepuluh sampai dua puluh persen.”

“Boleh nggak kalau nanti saya titip buku saya dan Mas bantu jualin?”

“Boleh aja.”

Kira-kira seperti itulah pembicaraan awal saya dengan Mas Gondrong.

Di kemudian hari, ketika buku “Jejak-jejak yang Terserak” saya yang sudah terbit, saya kembali menemui Mas Gondrong yang sedang membereskan Majalah dan Tabloid dagangannya.

Dari pembicaraan tersebut, saya harus menerima kekecewaan. Mas Gondrong tidak bersedia untuk memasarkan buku saya. Alasannya karena majalah atau tabloid yang Mas Gondrong bawa rata-rata adalah pesanan dari para pembeli yang sudah menjadi pelanggan. Jumlah bawaannya terbatas. Jadi Mas Gondrong akan merasa kesulitan jika harus menawarkan buku saya kepada para pembeli.

Memang, kalau saya perhatikan, dagangan Mas Gondrong yang dibawa ketika saya temui, hanya berupa majalah atau tabloid saja. Tidak ada koran. Dari cerita Mas Gondrong, lelaki pemilik nama asli Akhmad Suja’i, saya mendapat informasi bahwa Mas Gondrong hanya memiliki dua tempat atau lokasi jualan, yaitu kantor di mana saya bekerja dan satu kantor lagi di daerah Kalibata. Jika di daerah Kalibata, Mas Gondrong datang setiap hari. Bawaannya juga dilengkapi dengan koran. Sedangkan ke kantor saya, Mas Gondrong berkunjung dua kali dalam seminggu dan hanya membawa majalah atau tabloid saja.

Lelaki yang lahir di Tegal tiga puluh dua tahun yang lalu ini, telah menggeluti usaha sebagai pedadang koran, majalah, dan tabloid selama sepuluh tahun. Penghasilan yang didapat dari usaha tersebut dirasakan cukup untuk menghidupi keluarga yang terdiri dari satu istri dan tiga orang anak.

“Alhamdulillah kalau kita bersyukur,” ucap Mas Gondrong ketika menjawab pertanyaan saya.

 

43 respons untuk ‘[Narsisku Bahagiamu] Mas Gondrong

  1. rirhikyu Januari 30, 2012 / 00:00

    ya ampun.. dah narsis, ngiklan pulak hahahahahahaamasih pagi niyyyyyy

  2. tintin1868 Januari 30, 2012 / 00:00

    dari kalibata ke kantornya m.rifki, m.gondrongnya naik apa?kalibata kantor gatra jangan2?

  3. nawhi Januari 30, 2012 / 00:00

    semangat banget neh Bang Jampang saluut..!!

  4. jampang Januari 30, 2012 / 00:00

    rirhikyu said: ngiklan pulak

    salah satu poin plus kenarsisan, kan?xixixixixixi

  5. jampang Januari 30, 2012 / 00:00

    tintin1868 said: dari kalibata ke kantornya m.rifki, m.gondrongnya naik apa?kalibata kantor gatra jangan2?

    di kalibata kantor pajak juga mbak… di sana satu kompleks kumpul beberapa kantor

  6. jampang Januari 30, 2012 / 00:00

    ivoniezahra said: kok cuma keliahatan kepalanya mas?

    kepalanya siapa?saya?

  7. penuhcinta Januari 30, 2012 / 00:00

    Lolos! Selamat bersaing dengan peserta lainnya. Eh tahu gak, jurinya aja sampe lupa kalo ada lomba saking lamanya dan sepinya…hua…ha…ha. Makasih ya udah mau meramaikan!

  8. anchaanwar Januari 30, 2012 / 00:00

    Menang lomba dan buku laku!!!Semoga :D(^.^)/

  9. jampang Januari 30, 2012 / 00:00

    nawhi said: semangat banget neh Bang Jampang saluut..!!

    emangnya sampeyan doank yang bisa narsis?xixixixixixi

  10. jampang Januari 30, 2012 / 00:00

    penuhcinta said: Lolos! Selamat bersaing dengan peserta lainnya. Eh tahu gak, jurinya aja sampe lupa kalo ada lomba saking lamanya dan sepinya…hua…ha…ha. Makasih ya udah mau meramaikan!

    alhamdulillah…. akhirnya lolos juga setelah kemain gagal. *padahal pose kemarin itu adalah pose terbaik saya :Pwaduh… untung deh saya posting, jadi pada nyadar lagi…. xixixixixii

  11. jampang Januari 30, 2012 / 00:00

    anchaanwar said: Menang lomba dan buku laku!!!Semoga :D(^.^)/

    aamiin……terima kasih doanya, mas 🙂

  12. anotherorion Januari 30, 2012 / 00:00

    tapi tetep narsisan mas rifki nyamar jadi OB e

  13. jampang Januari 30, 2012 / 00:00

    anotherorion said: tapi tetep narsisan mas rifki nyamar jadi OB e

    nah…. makanya saya bilang di komen sebelumnya. di edisi itu, pose saya yang paling keren, kan?tapi sayangnya nggak lolos, mas 🙂

  14. nawhi Januari 30, 2012 / 00:00

    kenapa yang edisi OB ga lolos Mas?

  15. jampang Januari 30, 2012 / 00:00

    nawhi said: kenapa yang edisi OB ga lolos Mas?

    kemungkinan karena jenis pekerjaannya yang di dalam gedung, wan. mungkin kalau misalnya petugas kebersiahan yang di jalanan bisa lolos.

  16. nanabiroe Januari 30, 2012 / 00:00

    :p☀н¡¡º°˚:p˚°ºн¡¡º°˚:p˚°ºн¡¡☀…Loper koran gadungan 🙂

  17. itsmearni Januari 30, 2012 / 00:00

    hihihihi kok sekilas jadi mirip yaantara loper asli sama yang gadungan?

  18. evanda2 Januari 30, 2012 / 00:00

    kirain teh tukang cukur… taunya penjual majalah 😉

  19. rhedina Januari 30, 2012 / 00:00

    Hrsnya lg diluar / diluar sambil nawarin dgn gaya maksa..he..he…Moga menang dan meninggalkan jejak dimana-mana..:)

  20. deikka Januari 30, 2012 / 00:00

    Kayanya bakal masuk nominasi nih….bisa jadi menang juga Mas Rifki huehehe

  21. hwwibntato Januari 30, 2012 / 00:00

    ha ha ha …kenapa hanya berfoto sendirian? kenapa tidak berpasangan? *kabuuurrr … he he he …

  22. jampang Januari 30, 2012 / 00:00

    bambangpriantono said: Aku aja dah lupa kalau masih ada lomba ini…:p

    kembali saya ingatkan, mas 🙂

  23. jampang Januari 30, 2012 / 00:00

    nanabiroe said: :p☀н¡¡º°˚:p˚°ºн¡¡º°˚:p˚°ºн¡¡☀…Loper koran gadungan 🙂

    ketahuan bangetkan gadungannya 🙂

  24. jampang Januari 30, 2012 / 00:00

    itsmearni said: hihihihi kok sekilas jadi mirip yaantara loper asli sama yang gadungan?

    jangan lihat sekilas donk, mbak.dipelototin gitu 😛

  25. jampang Januari 30, 2012 / 00:00

    pancaputri08 said: semoga menang ya mas lombanya

    aamiin.makasih, mbak

  26. jampang Januari 30, 2012 / 00:00

    evanda2 said: kirain teh tukang cukur… taunya penjual majalah 😉

    koq bisa nebak tukang cukur, mbak?

  27. jampang Januari 30, 2012 / 00:00

    ikhwatiislam said: haha loper koran gadungan, wkwk

    koq yang diperhatiin yang gadungan?:P

  28. jampang Januari 30, 2012 / 00:00

    rhedina said: Hrsnya lg diluar / diluar sambil nawarin dgn gaya maksa..he..he…Moga menang dan meninggalkan jejak dimana-mana..:)

    nggak bisa teh :)aamiin… makasih, doanya

  29. jampang Januari 30, 2012 / 00:00

    deikka said: Kayanya bakal masuk nominasi nih….bisa jadi menang juga Mas Rifki huehehe

    aamiin. makasih doanya, mbak 🙂

  30. jampang Januari 30, 2012 / 00:00

    hwwibntato said: ha ha ha …kenapa hanya berfoto sendirian? kenapa tidak berpasangan? *kabuuurrr … he he he …

    weks…… 😛

  31. rahayuyoseph Januari 31, 2012 / 00:00

    Kirain mas yg jadi ob dikantornya pak rifki tempo hari 😀

  32. huflepuff Januari 31, 2012 / 00:00

    mas gondrong kalau dilihat sekilas mirip sule ya? :p

  33. myshant Januari 31, 2012 / 00:00

    yg asli mas gondrong, yg gadungan mas jenggot ? 🙂

  34. jampang Januari 31, 2012 / 00:00

    rahayuyoseph said: Kirain mas yg jadi ob dikantornya pak rifki tempo hari 😀

    gara-gara ikutan lomba ini jadi beberapa kali alih profesi 🙂

  35. jampang Januari 31, 2012 / 00:00

    huflepuff said: mas gondrong kalau dilihat sekilas mirip sule ya? :p

    iya kah?ngefans sama sule yah?

  36. jampang Januari 31, 2012 / 00:00

    myshant said: yg asli mas gondrong, yg gadungan mas jenggot ? 🙂

    xixixixixi…. padahal saya waktu itu lagi gondrong juga lho….

  37. onit Januari 31, 2012 / 00:00

    masih ada ya lombanya?

  38. jampang Januari 31, 2012 / 00:00

    onit said: masih ada ya lombanya?

    diperpanjang, mbak sampe februari

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s