Lelaki dan Roti di Pagi Hari

Lelaki itu terlihat begitu menikmati roti berlapis keju dan taburan coklat mesis yang disajikan oleh sang istri. Lalu diteguknya segelas teh manis hangat yang mengiringi bagian terakhir roti yang masuk ke mulutnya.

Selepas sarapan pagi bersama, sang istri segera membersihkan meja makan, sementara sang lelaki bangkit dari kursinya lalu melangkah mendekati meja dapur di mana terdapat beberapa potong roti tawar yang masih terbungkus plastik, semangkok mentega, sebungkus coklat mesis, serta beberapa lembar keju yang juga masih terbungkus plastik. Tak lama kemudian, lelaki itu mengolesi sepotong roti dengan mentega, melapisinya dengan keju, serta menaburinya dengan coklat mesis.

“Sedang apa, Mas?” Tanya sang istri sambil membersihkan piring dan gelas yang kotor.

“Sedang membuat roti seperti yang kau buat untuk sarapan kita tadi. Aku akan membawanya,” jawab sang lelaki.

“Belum kenyang ya, Mas?” Tanya sang istri lagi.

“Sudah, kok.” Jawab lelaki itu singkat.

“Untuk makan di kantor?” Agak ragu sang istri menanyakan hal itu karena untuk makan siang, kantor tempat suaminya menyediakan katering.

“Tidak juga,” jawab lelaki. Kali ini sambil mengaduk dua gelas teh manis dan kemudian menuangkannya ke dalam plastik.

“Lalu untuk apa, Mas?”

Lelaki itu sudah selesai dengan apa yang dilakukannya.

“Niatnya, roti dan teh manis ini akan aku berikan kepada dua orang penyapu jalanan yang selalu kutemui dalam perjalananku ke kantor. Aku berpikir, meski hanya berupa roti dan teh manis, bisa mengganjal perut mereka yang mungkin sudah bekerja sebelum kita sarapan tadi. Bisa jadi mereka belum sarapan. Apa kau keberatan, Sayang?” Tanya lelaki itu dengan iringan senyum.

“Oh, tentu tidak, Mas. Mungkin besok, aku yang akan mempersiapkan roti dan teh manisnya, jadi Mas tinggal bawa.” Jawab sang istri.

*****

Lelaki itu melaju di atas motornya untuk menempuh jarak sekitar tiga puluh kilo meter dari rumah menuju kantornya. Dalam hati, dirinya berharap agar tidak terlambat sehingga bisa bertemu dengan dua orang berseragam oranye yang sedang menyapu jalanan yang sering kali dilihatnya.

 

47 respons untuk ‘Lelaki dan Roti di Pagi Hari’

  1. ivoniezahra April 23, 2012 / 00:00

    Inspiratif. Lama g bkin sarapn menu roti 🙂

  2. tintin1868 April 23, 2012 / 00:00

    aahh baiknya.. bahagia deh tukang sapunya..

  3. rirhikyu April 23, 2012 / 00:00

    beneran ada yg gini ga yaaaaa

  4. jampang April 23, 2012 / 00:00

    ydiani said: hebaaat

    baru sebatas angan, mbak 🙂

  5. jampang April 23, 2012 / 00:00

    ivoniezahra said: Inspiratif. Lama g bkin sarapn menu roti 🙂

    apalagi bisa berbagi 🙂

  6. jampang April 23, 2012 / 00:00

    tintin1868 said: aahh baiknya.. bahagia deh tukang sapunya..

    sepertinya begitu, mbak…. sayangnya saya belum mengalami langsung

  7. jampang April 23, 2012 / 00:00

    armyofroses said: 😀

    🙂

  8. ikhwatiislam April 23, 2012 / 00:00

    ahaayyy jdi inget blm sarapan, #ngloyor nyarapan dulu ahh

  9. jampang April 23, 2012 / 00:00

    rirhikyu said: beneran ada yg gini ga yaaaaa

    dahulu saya punya keinginan seperti ini… nyatanya belum bisa terwujud. mudah2an bisa deh 🙂

  10. jampang April 23, 2012 / 00:00

    ikhwatiislam said: ahaayyy jdi inget blm sarapan, #ngloyor nyarapan dulu ahh

    wekssss…

  11. thetrueideas April 23, 2012 / 00:00

    Saya makan roti tadi pagi :)*pengumuman…

  12. rirhikyu April 23, 2012 / 00:00

    jampang said: dahulu saya punya keinginan seperti ini… nyatanya belum bisa terwujud. mudah2an bisa deh 🙂

    amin 🙂

  13. jampang April 23, 2012 / 00:00

    thetrueideas said: Saya makan roti tadi pagi :)*pengumuman…

    bukannya oatmeal, mas?*nanya

  14. jampang April 23, 2012 / 00:00

    rirhikyu said: amin 🙂

    kalau dulu…. jarak depok-jakarta, beberapa kali saya ngeliat para penyapu jalanan. tapi setelah pindah ke kebnon jeruk… sepertinya belum pernah… (atau mungkin terlewa)… yang banyak … joki 3 in 1

  15. myshant April 23, 2012 / 00:00

    pagi2 udah berbagi 🙂

  16. jampang April 23, 2012 / 00:00

    nisaasite said: bagus…

    makasih….

  17. jampang April 23, 2012 / 00:00

    myshant said: pagi2 udah berbagi 🙂

    cuma berbagi angan-angan, mbak 🙂

  18. hwwibntato April 23, 2012 / 00:00

    istri yang hebat suami yang hebat … he he he …

  19. jampang April 23, 2012 / 00:00

    debapirez said: subhanallah….

    🙂

  20. jampang April 23, 2012 / 00:00

    mopvril said: nice story…..

    tapi bukan kisah nyata 🙂

  21. jampang April 23, 2012 / 00:00

    titintitan said: kereen ^^

    🙂

  22. jampang April 23, 2012 / 00:00

    hwwibntato said: istri yang hebat suami yang hebat … he he he …

    mari kita cari, kang xixixixixi

  23. kavellania April 24, 2012 / 00:00

    gak pernah kepikiran kayak gituberbagi 🙂

  24. ibuseno April 24, 2012 / 00:00

    bener ya, di kasih penyapu jalan ya, jangan di kasih temen yg nebeng mobilnya ya 🙂

  25. bundel April 24, 2012 / 00:00

    Mas, udah ada lagi nih perempuan pengisi “dapur” mas dengan Syaikhan? Turut bahagia selamanya ya, semoga upayanya menyenangkan penyapu jalanan membawa berkah dalam kehidupan mas bersama keluarga. 🙂

  26. jampang April 24, 2012 / 00:00

    kavellania said: gak pernah kepikiran kayak gituberbagi 🙂

    saya baru berangan-angan, po 🙂

  27. jampang April 24, 2012 / 00:00

    mbaktyas said: sholeh total ini mah

    nah…. maunya saya yang kaya gitu, mbakxixixixixixi

  28. jampang April 24, 2012 / 00:00

    sukmakutersenyum said: jd pengen roti

    silahkan beli….xixixixixixi

  29. jampang April 24, 2012 / 00:00

    @teh icho : rencananya begitu, teh.kan belum kejadian…. lagian nggak ada mobilnya… baru motor 🙂

  30. jampang April 24, 2012 / 00:00

    @bunda : xixixixi….belum bunda…. tulisan ini hanya angan-angan, atau cita-cita…

  31. bundel April 24, 2012 / 00:00

    jampang said: @bunda : xixixixi….belum bunda…. tulisan ini hanya angan-angan, atau cita-cita…

    Cita-cita yang baik dan mulia semoga segera diijabah. Amin.

  32. jampang April 24, 2012 / 00:00

    @bunda : aamiin 🙂

  33. jaraway April 24, 2012 / 00:00

    ntar si jilbab kuning diminta nyiapin ya pak.. eeeea

  34. rembulanku April 24, 2012 / 00:00

    coba ada fotonya roti, lebih berasa pastinyaeh tapi jangan ding, paling cuman bikin ngiler doanghehehehe

  35. jampang April 24, 2012 / 00:00

    jaraway said: ntar si jilbab kuning diminta nyiapin ya pak.. eeeea

    bisa begitu…. atau ngasihnya sama-sama…. eeeaaaa

  36. jampang April 24, 2012 / 00:00

    rembulanku said: coba ada fotonya roti, lebih berasa pastinyaeh tapi jangan ding, paling cuman bikin ngiler doanghehehehe

    makanya nggak pake foto*padahal nggak punya foto roti

  37. ipie April 26, 2012 / 00:00

    suka bacanya

  38. jampang April 26, 2012 / 00:00

    ipie said: suka bacanya

    makasih

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s