Celoteh Syaikhan [77] : Syaikhan di Empat Tahun

celoteh syaikhan rainbow

Jum’at malam, 1 Juni 2012

Selepas melaksanakan shalat Maghrib, Syaikhan begitu semangat bercerita tentang bulan dalam perjalanan pulang dari masjid. Hingga di suatu jalan yang penerangannya tidak begitu bagus, Syaikhan menginjak lubang dan kemudian terjatuh. Lalu menangis.

“Sakit, Bi!” Teriak Syaikhan sambil menangis dalam gendongan saya.

Saya membujuknya supaya diam sambil membersihkan kedua telapak tangannya yang kotor. Lalu saya mendapati bahwa lutut kanannya sedikit lecet tanpa mengeluarkan darah. Semakin mendekati rumah, tangisan Syaikhan semakin mereda, hingga akhirnya berhenti.

Selepas Isya, Syaikhan mengajak saya ke lapangan karena mendengar suara anak-anak yang sedang bermain. Kami pun keluar rumah menuju lapangan. Sepertinya Syaikhan sudah melupakan sakit dari luka di lututnya.

“Bi, kalau ke masjid, Syehan digendong, yah!” Ucapnya dalam perjalanan menuju lapangan sambil memegang bola di tangannya.

Syaikhan teringat kejadian beberapa waktu sebelumnya ketika dirinya terjatuh saat berjalan pulang dari masjid. Syaikhan meminta ‘perlindungan’ kepada saya dengan cara menggendongnya agar tidak jatuh lagi ketika pergi ke masjid.

“Enggak usah digendong, nanti Abi gandeng aja,” jawab saya sambil menggandeng tangan kirinya.

Syaikhan puas dengan jawaban saya itu.

Sepertinya Syaikhan ingin bermain lebih lama di lapangan meski hanya menonton anak-anak yang memainkan bolanya. Tetapi karena anak-anak itu berisik dan menendang bola dengan keras, sehingga mebuat salah seorang warga marah dan menghentikan permainan mereka. Saya menangkap kekecewaan Syaikhan dari kalimat yang diucapkannya dalam perjalanan pulang.

“Bi, Syehan nggak jadi pulang deh!”

Sabtu pagi, 2 Juni 2012

Syaikhan menangis ketika saya mandikan. Mungkin luka di kakinya terasa perih ketika terkena air. Setelah selesai mandi dan saya bermaksud memakaikan baju, Syaikhan kembali mengucapkan kalimat seperti yang diucapkannya semalam.

“Bi, Syehan nggak jadi pulang deh! Masih sakit, Bi.”

tetapi ucapan tersebut hanya bertahan sementara. Karena di dalam ingatan Syaikhan mungkin sudah terbayang tentang hari ulang tahunnya yang mungkin akan dirayakan di Depok. Mungkin siang hari atau di sore hari. Sementara di Kebon Jeruk, tidak ada perayaan.

Di empat tahun Syaikhan, ada beberapa catatan tentang perkembangannya yang juga sudah pernah saya ceritakan dalam tulisan-tulisan sebelumnya.

Syaikhan yang tadinya selalu menolak ketika diajak bermain ke lapangan untuk bertemu dengan anak-anak lain, kini selalu mengajak bermain ke lapangan ketika mendengat suara anak-anak yang sedang bermain.

Syaikhan juga sudah bisa menghitung dari satu sampai dua puluh. Pengucapannya pun sudah benar. Yang tadinya satu-satu menjadi sebelas. Yang semula sepuluh belas menjadi dua puluh. Tak hanya itu, Syaikhan juga bisa menghitung penjumlahan dengan menggunakan jari-jari tangannya. Bahkan pengurangan yang dilakukannya secara spontan.

Ketika bermain bola kecil yang dimasukkan ke dalam gawang. Syaikhan bertanya tentang skor masing-masing.

“Abi tujuh belas, kalau Syaikhan lima belas.”

“Syehan yang ini yah, Bi! Kalau Abi yang ini!” Syaikhan menunjukkan angka tujuh belas dan lima belas yang terdapat pada poster yang menempel di samping tempat duduknya.

“Dua lagi, sama ya, Bi?” Tanya Syaikhan sambil menunjukkan jari telunjuk dan jari tengahnya.

Syaikhan juga sudah bisa membandingkan bentuk benda dengan bentuk yang lain. Seperti membandingkan bentuk bulan sabit dengan bentuk buah pisang.

Semoga Syaikhan tumbuh menjadi anak yang sholeh, sehat, cerdas.
Abi mendoakan dari sini.


Celoteh Syaikhan Lainnya :

49 respons untuk ‘Celoteh Syaikhan [77] : Syaikhan di Empat Tahun’

  1. hwwibntato Juni 5, 2012 / 00:00

    Syaikhan sudah bisa menghitung dari satu sampai dua puluh …tapi abinya masih juga satu … eh, sendiri … he he he …

  2. jampang Juni 5, 2012 / 00:00

    titintitan said: aamiin ^^

    makasih, amah

  3. jampang Juni 5, 2012 / 00:00

    hwwibntato said: Syaikhan sudah bisa menghitung dari satu sampai dua puluh …tapi abinya masih juga satu … eh, sendiri … he he he …

    rame-rame lagi di sini, kang:D

  4. jampang Juni 5, 2012 / 00:00

    bundananda said: selamat ultah syaikhan…

    makasih tante….eh sudah pulang ya mbak?sehat kan?

  5. jaraway Juni 5, 2012 / 00:00

    hwwibntato said: Syaikhan sudah bisa menghitung dari satu sampai dua puluh …tapi abinya masih juga satu … eh, sendiri … he he he …

    ini komen kejam ini.. hahaha

  6. jaraway Juni 5, 2012 / 00:00

    aamiin.. moga makin shalih..

  7. jampang Juni 5, 2012 / 00:00

    jaraway said: ini komen kejam ini.. hahaha

    bantuin dong…. kemarin kan udah ngasah golok

  8. jampang Juni 5, 2012 / 00:00

    adamdesign said: halo, syaihan …

    alo…om….

  9. jampang Juni 5, 2012 / 00:00

    mozaikpublishouse said: Met Ultah Sehan, moga makin sholeh n pintar ya, aamiin.

    aamiin…. makasih, om

  10. rhedina Juni 5, 2012 / 00:00

    Aamiin ya Robb…Titip soen dipipi Syaikhan yaaa…:)

  11. titiesti Juni 5, 2012 / 00:00

    Happy Milad Syaikhan, semoga semua doa Abimu dikabulkan Allah SWT

  12. deikka Juni 5, 2012 / 00:00

    Selamat ulang tahun Syaikhansemoga menjadi anak yang sholeh, makin nurut sama Abi dan makin pintar

  13. hwwibntato Juni 5, 2012 / 00:00

    jaraway said: ini komen kejam ini.. hahaha

    komen yang lalim …komen para tiran … he he he …

  14. pancaputri08 Juni 5, 2012 / 00:00

    met ultah ya syaikhan…semoga makin pinter n jadi anak shaleh

  15. jampang Juni 5, 2012 / 00:00

    jaraway said: aamiin.. moga makin shalih..

    aamiin… makasih, amah

  16. jampang Juni 5, 2012 / 00:00

    li4h said: Aamiin

    ya rabbal ‘alamiin

  17. jampang Juni 5, 2012 / 00:00

    rhedina said: Aamiin ya Robb…Titip soen dipipi Syaikhan yaaa…:)

    syaikhannya lagi nggak sama saya, teh

  18. jampang Juni 5, 2012 / 00:00

    titiesti said: Happy Milad Syaikhan, semoga semua doa Abimu dikabulkan Allah SWT

    aamiin….

  19. jampang Juni 5, 2012 / 00:00

    deikka said: Selamat ulang tahun Syaikhansemoga menjadi anak yang sholeh, makin nurut sama Abi dan makin pintar

    aamiin. makasih tante

  20. jampang Juni 5, 2012 / 00:00

    pancaputri08 said: met ultah ya syaikhan…semoga makin pinter n jadi anak shaleh

    aamiiin…..

  21. tianarief Juni 5, 2012 / 00:00

    selamat milad ya syaikhan. semoga menjadi anak sholeh yang berbakti pada orangtua.

  22. jampang Juni 5, 2012 / 00:00

    tianarief said: selamat milad ya syaikhan. semoga menjadi anak sholeh yang berbakti pada orangtua.

    aamiin….terima kasih doanya, oom

  23. nanabiroe Juni 5, 2012 / 00:00

    Syaikhan milad tanggal 1 juni?Sama dunks kitah, gemini lovers :)))

  24. jampang Juni 5, 2012 / 00:00

    nanabiroe said: Syaikhan milad tanggal 1 juni?Sama dunks kitah, gemini lovers :)))

    2 juni, mbak…. beda sehari

  25. onit Juni 5, 2012 / 00:00

    wah bentar lagi sekolah dong 🙂

  26. rembulanku Juni 5, 2012 / 00:00

    untuk Shaikhan selamat ulang tahun ya, semoga jadi anak yang soleh dan sayang kepada orang tua, saudara dan teman2meski ga dirayain pastinya selalu ada doa dari Abi untuk Shaikahan 😀

  27. jampang Juni 5, 2012 / 00:00

    onit said: wah bentar lagi sekolah dong 🙂

    sudah didaftarin di TK Pelangi namanya, di depok, deket rumahkalau sekolah…. pastinya saya lebih jarang ketemu syaikhan…. hiks

  28. jampang Juni 5, 2012 / 00:00

    rembulanku said: untuk Shaikhan selamat ulang tahun ya, semoga jadi anak yang soleh dan sayang kepada orang tua, saudara dan teman2meski ga dirayain pastinya selalu ada doa dari Abi untuk Shaikahan 😀

    makasih tante…namanya juga ke anak, mbak 🙂

  29. tintin1868 Juni 5, 2012 / 00:00

    selamat ulang tahun jagoan.. selalu sehat dan bahagia ya.. cepat besar biar bisa hitung sampe 10000000..

  30. jampang Juni 5, 2012 / 00:00

    tintin1868 said: selamat ulang tahun jagoan.. selalu sehat dan bahagia ya.. cepat besar biar bisa hitung sampe 10000000..

    makasih, tante…

  31. nunksubarga Juni 5, 2012 / 00:00

    Moga makin pesat tumbuh kembangnya ya…dan makin sayang ma abi

  32. jampang Juni 5, 2012 / 00:00

    nunksubarga said: Moga makin pesat tumbuh kembangnya ya…dan makin sayang ma abi

    aamiin…

  33. sahabatry Juni 6, 2012 / 00:00

    ultahku sama Syaikhan sama-sama di bln Juniselamat ulang taun ya sayang, semoga jadi anak sholeh #tozzz

  34. jampang Juni 6, 2012 / 00:00

    sahabatry said: ultahku sama Syaikhan sama-sama di bln Juniselamat ulang taun ya sayang, semoga jadi anak sholeh #tozzz

    makasih doanya…. aamiin

  35. imasirawaty Juni 6, 2012 / 00:00

    selamat ulang tahun syaikhan, semoga selalu menjadi anak yang membahagiakan abi yaaa ….

  36. jampang Juni 6, 2012 / 00:00

    imasirawaty said: selamat ulang tahun syaikhan, semoga selalu menjadi anak yang membahagiakan abi yaaa ….

    aamiin

  37. sahabatry Juni 7, 2012 / 00:00

    jampang said: makasih doanya…. aamiin

    ^___^#nagih kadooo

  38. jampang Juni 7, 2012 / 00:00

    lho…. nggak kebalik?xixixixixi

  39. sahabatry Juni 7, 2012 / 00:00

    jampang said: lho…. nggak kebalik?xixixixixi

    hahahhahha

  40. bundanyarafi Juni 12, 2012 / 00:00

    biar telat gpp ya, met milad syaikhan..tambah sholih, tambah pinter..senengnya bentar lg sekolah.. terus kalo sekolah. jadwal ketemu abi kapan tuh?

  41. jampang Juni 12, 2012 / 00:00

    bundanyarafi said: terus kalo sekolah. jadwal ketemu abi kapan tuh?

    jawaban syaikhan :”sabtu-minggu, bi. syehan kan libur””pagi-pagi, bi. sebelum sekolah syehan ke rumah abi, salim”:D

  42. bundanyarafi Juni 12, 2012 / 00:00

    jawaban atas ok..jawaban yg bawah berarti abi mesti jd tetangganya syaikhan dulu ya..hehe..

  43. jampang Juni 12, 2012 / 00:00

    bundanyarafi said: jawaban atas ok..jawaban yg bawah berarti abi mesti jd tetangganya syaikhan dulu ya..hehe..

    xixixixixi…. ada legi cerita serunya syaikhan… saya punya rumah baru di depok XI:D

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s