Lelaki dan Tempat Tidur

Purnama baru saja menyembulkan wajahnya dari balik awan. Terang. Serangga malam pun mulai unjuk suara. Ramai. Sementara lelaki itu baru saja menjejakkan kakinya di rumah. Terlambat.”Abang, kenape baru pulang sih? Telat nih jadinye mau ke dokter. Padahal harusnye kite udah pergi sejam yang lalu! ” Protes sang istri sambil menggendong si kecil yang berusia kurang lebih sembilan bulan.

“Maaf, Neng. Tadi ada kecelakaan di jalan. Mobil ame motor banyak yang pade berenti, pade mao ngeliat. Jadinye macet. Abang telat deh pulangnye,” sang suami mencoba menjelaskan keterlambatannya.

“Harusnye tuh yeh, Abang bise nyari jalan laen. Jalan alternatip, yang lancar.” Nyatanya sang istri tak mau menerima alasan tersebut.

“Udah, udah. Kalo loe mao ngebahas terus nanti kite nggak bakalan ke dokter nih. Nanti aje diterusin. Sekarang nyok kite bawe Si Ical ke rumah sakit. Siape tahu dokternye masih praktek, tu anak bise diimunisasi malam ini juge.” Potong sang suami.

Sambil menyiapkan semua barang bawaan, lelaki itu berpesan kepada anak tertuanya. “Lela, jagein Ipul ame Udin yeh. Awasin adek-adek loe! Jangan kemane-mane. Babe ame Enyak mo bawe si ical ke rumah sakit. Mao diimunisasi.”

Yang dititipi pesan hanya mengangguk.

******

“Abang sih pulangnye pake telat, jadi lame banget deh ngantrinye tadi. Cape kan, Bang!” kembali si istri memprotes setelah keduanya kembali ke rumah.

“Yang penting kan si Ical udah diimunisasi. Sekarang kite tidur, istirahat.” Ajak sang suami.

“Ih, Abang maen gampangin aje! Lagi-lagi jangan pake telat!”

“Loe masih mau ngebahas soal yang tadi? Nggak cape? Kalau masih mao ngebahas, kite bahas di sini aje. Tapi kalau udah masuk kamar, apalagi kalo badan udah rebahan di atas tempat tidur, jangan lagi ade bahasan. Tempat tidur bukan tempat buat marah-marah, ngedumel, atau bahas yang nggak enak. Tempat tidur buat istirahat, buat yang seneng-seneng aje. Bise?”

Suasan kamar dan rumah itu kemudian menjadi hening. Hanya suara serangga malam yang kembali terdengar.

*******

Cerite di atas adalah penggalan hidup gue dalam berkeluarge. Sebagai pasangan hidup, gue dan bini gue boleh dibilang sering banget yang namenye ribut dan berantem. Kage pagi, kage siang, bahkan malem. Padahal yang diributin lebih sering masalah-masalah yang kecil dan mungkin sepele.

Tapi ade satu prinsip yang selalu gue pegang, bini gue juge tahu. Jangan sekali-kali bawe masalah ke tempat tidur. Seberat ape pun itu masalah yang bikin ribut di antare gue dan bini gue, gue selesain di luar kamar. Tentunye bukan di depan anak-anak gue. Begitu masuk kamar apelagi di atas tempat tidur, kage ade lagi ribut-ribut. Kalaupun masalahnye belum selesai, kite lupain semuanye setelah masuk ke kamar.

Mungkin aneh, tapi yang jelas dengan prinsip itu, rumah tangge gue bise bertahan sampe sekarang dan bakal gue pertahanin supaye berumur panjang. Prinsip itu juge yang bikin ibu mertue gue heran, sampe-sampe suatu pagi, ibu gue dateng ke rumah di saat gue dan bini gue lagi ribut dan langsung ngasih komentar.

“Gue heran ame loe berdue, berantem tiap hari, tapi anak nambah terus!”

gambar nyomot dari sini.


Seri Lelaki Lainnya :

Lelaki dan Jalan ke Surga Lelaki dan Jalan ke Surga
Lelaki dan Smartphone Lelaki dan Smartphone
Lelaki dan Dzikir Lelaki dan Dzikir
Lelaki dan Perempuan yang Cemburu Kepadanya Lelaki dan Perempuan yang Cemburu Kepadanya
Lelaki dan Dua Buah Lagu Lelaki dan Dua Buah Lagu
Lelaki dan Sang Mantan Lelaki dan Sang Mantan
Lelaki dan Bidadari Surga Lelaki dan Bidadari Surga
Lelaki dan Gerimis Lelaki dan Gerimis
Lelaki Tua dan Seorang Pemuda Lelaki Tua dan Seorang Pemuda
Lelaki, Rok Mini, dan Hak yang Terenggut Lelaki, Rok Mini, dan Hak yang Terenggut

38 respons untuk ‘Lelaki dan Tempat Tidur’

  1. jaraway Juni 8, 2012 / 00:00

    nah.. gue ini fiksi ama nyata? hihihi.. ternyata bapaknya bos lapindo.. *loh.. qeqe

  2. jampang Juni 8, 2012 / 00:00

    jaraway said: nah.. gue ini fiksi ama nyata? hihihi.. ternyata bapaknya bos lapindo.. *loh.. qeqe

    tag seri lelaki —> fiksiical nama panggilan dari faisal…. beda donk 😛

  3. rembulanku Juni 8, 2012 / 00:00

    hehehehe ga tahu mesti ngomong apatapi hebat ya prinsipnya bisa ditaati bersama hehehehe

  4. li4h Juni 8, 2012 / 00:00

    Hahaha..Abang Betawi Kebon Jeruk ya Bang. Perasaan bahasanye kagak sama ama Betawi Pasar Minggu. *yg komen orang Jawa, tinggal di Pasar Minggu* *salah fokus*

  5. jampang Juni 8, 2012 / 00:00

    rembulanku said: hehehehe ga tahu mesti ngomong apatapi hebat ya prinsipnya bisa ditaati bersama hehehehe

    ya… begitulah yang namanya prinsip 🙂

  6. jampang Juni 8, 2012 / 00:00

    li4h said: Hahaha..Abang Betawi Kebon Jeruk ya Bang. Perasaan bahasanye kagak sama ama Betawi Pasar Minggu. *yg komen orang Jawa, tinggal di Pasar Minggu* *salah fokus*

    jangankan ame yang di pasar minggu, ame yang tinggal di cidodol juge udah laen logatnye

  7. li4h Juni 8, 2012 / 00:00

    Hehe..kalo gitu ude bener pake Bahasa Indonesia dong ya. Bahasa persatuan.

  8. jejak2mimpi Juni 8, 2012 / 00:00

    manteb dah abang kite nyang satu ini… ceritenye resep banget 😀

  9. tintin1868 Juni 8, 2012 / 00:00

    hahaha bener itu prinsipnya.. bahasanya ya ampun betawi banget..akhirnya nambah anak mulu nih..

  10. jampang Juni 8, 2012 / 00:00

    li4h said: Hehe..kalo gitu ude bener pake Bahasa Indonesia dong ya. Bahasa persatuan.

    cuma sekali-kali aja koq*membela diri

  11. jampang Juni 8, 2012 / 00:00

    jejak2mimpi said: manteb dah abang kite nyang satu ini… ceritenye resep banget 😀

    iye donk

  12. jampang Juni 8, 2012 / 00:00

    tintin1868 said: hahaha bener itu prinsipnya.. bahasanya ya ampun betawi banget..akhirnya nambah anak mulu nih..

    sekali-kali, mbak…. menysesuaikan dengan ID MP 🙂

  13. bundel Juni 8, 2012 / 00:00

    He Tong………. tumben nyeritain nyang beginian???*nyureng*

  14. jampang Juni 8, 2012 / 00:00

    hanifahnunk said: Waduwsalah ruangan*ngacir*

    lagian lagi asyik2 nonton OVJ malah kemari 🙂

  15. jampang Juni 8, 2012 / 00:00

    bundel said: He Tong………. tumben nyeritain nyang beginian???*nyureng*

    lah…. saya nyeritain apa bunda?nggak ada yang serem kan?

  16. hwwibntato Juni 8, 2012 / 00:00

    kalau pun ada suara ribut di kamar, paling suara orang ngorok … he he he …

  17. hanifahnunk Juni 8, 2012 / 00:00

    yach sy kan nyari minum kk -___-‘nonton ovj bikin batuk

  18. jampang Juni 8, 2012 / 00:00

    hwwibntato said: kalau pun ada suara ribut di kamar, paling suara orang ngorok … he he he …

    betul kang hend…. xixixixidan ketika mendengar itu, keduanya bersyukur bahwa pasangannya masih hidup 🙂

  19. jampang Juni 8, 2012 / 00:00

    hanifahnunk said: yach sy kan nyari minum kk -___-‘nonton ovj bikin batuk

    ketawa mulu yah?

  20. roelworks Juni 8, 2012 / 00:00

    jadi inget temen kantor…prinsipnya juga begitu

  21. bunda2f Juni 8, 2012 / 00:00

    ributnya mah di luar, di dalam kamarnya ribut jenis yg lain *uuppsss

  22. jampang Juni 8, 2012 / 00:00

    hanifahnunk said: iyaaa ktawa mulu dr awal ampe akhir

    iyah…

  23. jampang Juni 8, 2012 / 00:00

    roelworks said: jadi inget temen kantor…prinsipnya juga begitu

    wah… ada juga ternyata…

  24. jampang Juni 8, 2012 / 00:00

    bunda2f said: ributnya mah di luar, di dalam kamarnya ribut jenis yg lain *uuppsss

    pengalaman pribadi kayanya nih

  25. jampang Juni 8, 2012 / 00:00

    thetrueideas said: Makanye bang…inget ame anak bini *lho???*

    xixixixixi

  26. museliem Juni 8, 2012 / 00:00

    Abang, tempat tidurnya bagus bangeet yak.. 😀

  27. embunpagi2023 Juni 8, 2012 / 00:00

    Orang sunda bilang namanya awet rajeut Mas, berantem mulu tapi awet

  28. jampang Juni 8, 2012 / 00:00

    museliem said: Abang, tempat tidurnya bagus bangeet yak.. 😀

    kan bisa milih yang bagus, ambil aja di google 😀

  29. jampang Juni 8, 2012 / 00:00

    embunpagi2023 said: Orang sunda bilang namanya awet rajeut Mas, berantem mulu tapi awet

    wah… dapat istilah baru

  30. bunda2f Juni 9, 2012 / 00:00

    jampang said: pengalaman pribadi kayanya nih

    no komen deh aahh

  31. jampang Juni 9, 2012 / 00:00

    bunda2f said: no komen deh aahh

    iya deh…

  32. bundel Juni 9, 2012 / 00:00

    embunpagi2023 said: Orang sunda bilang namanya awet rajeut Mas, berantem mulu tapi awet

    Awet rajeut apa awet rajet sih neng yang bener?

  33. lailatulqadr Juni 10, 2012 / 00:00

    jampang said: Suasan kamar dan rumah itu kemudian menjadi hening.

    Berarti, kata-kata sebelumnya mujarab untuk ‘mendiamkan’ si istri ya…? Walo mungkin kayanya si istri agak gondok dikit… 🙂

  34. jampang Juni 10, 2012 / 00:00

    lailatulqadr said: Berarti, kata-kata sebelumnya mujarab untuk ‘mendiamkan’ si istri ya…? Walo mungkin kayanya si istri agak gondok dikit… 🙂

    ya, mungkin ada rasa gondok, tapi apa yang terjadi kemudian adalah sebuah kesepakatan

  35. thetrueideas Juni 8, 2012 / 00:00

    Makanye bang…inget ame anak bini *lho???*

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s