Bebek

Bebek Sinjay, adalah bebek goreng khas Madura yang katanya lezat. Kenapa saya bilang katanya, karena saya belum mencicipinya dan tak ada keinginan kuat untuk mencicipinya. Jika ada kesempatan untuk mampir ke warung yang menual bebek sinjay yang kebetulan sudah pernah saya lihat lokasinya ketika tiba di Bangkalan ini, mungkin tidak ditolak. Tapi kalau memaksakan diri untuk mencoba, sepertinya bukan diri saya yang sebenarnya. Saya mungkin termasuk orang yang tidak suka dengan wisata kuliner. Apa yang ada, apa yang mudah dijangkau, mungkin itu yang akan masuk ke dalam perut saya. Begitu juga dengan menu makan malam kali ini.

Perburuan malam ini kembali dimulai ketika waktu menunjukkan sekitar pukul sembilan belas lewat. Tempat yang saya dan dua orang rekan saya adalah warung bebek yang sudah kami lihat ketika dalam perjalanan ke hotel dari kantor. Namun warung yang dimaksud bukanlah warung penjual bebek sinjay. Salah seorang dari kawan saya itu mendapat informasi bahwa bebek goreng yang ada di warung itu cukup enak. Akhirnya ke warung itulah kami menuju untuk makan malam.

Tiba di warung tersebut, ternyata sepi. Saya langsung memesan bebek goreng yang sepaketnya seharga dua belas ribu rupiah. Sedangkan untuk minumnya saya memilih es jeruk. Total cukup lima belas ribu rupiah untuk makan malam kali ini.

Kalau dilihat porsinya, nasinya cukup banyak, sementara bebek gorengnya agak kurang besar menurut saya. Mungkin karena di menunya disebutkan bahwa bebeknya adalah bebek muda, makanya kecil. Lalapannya berupa seiris mentimun dan daun kemangi. Ada dua jenis sambal yang disajikan sebagai pelengkap. Satu berwarna hijau, mungkin sambal tersebut yang dinamakan sambal ijo yang rasanya tidak pedas. Satu lagi sambal biasa yang rasanya sangat pedas.

Ukuran bebek goreng yang agak sedikit kecil itu, membuat saya berpikir, kira-kira seperti apa besarnya bebek tersebut ketika masih hidup?

Apakah salah satu dari bebek ini…..


Yang kemudian digoreng menjadi seperti ini…..

51 respons untuk โ€˜Bebekโ€™

  1. cawah Juni 11, 2012 / 00:00

    ya ampun…ngileerrr…gak pernah makan bebek slama bertahun2 huhuhuuhu

  2. aghnellia Juni 11, 2012 / 00:00

    pengen bebek pak slameeet.. sambelnya mantab

  3. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    cawah said: ya ampun…ngileerrr…gak pernah makan bebek slama bertahun2 huhuhuuhu

    kapan-kapan silahkan coba, mas ๐Ÿ™‚

  4. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    embunpagi2023 said: Nyam nyam, porsi bebeknya kurang gede

    iya, teh… kalau dari ukuran, saya pernah makan bebek yang porsinya lebih besar

  5. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    aghnellia said: pengen bebek pak slameeet.. sambelnya mantab

    bebek pak slamet itu di mana, teh?lebih enak daripada bebek tiktok van depok?kayanya itu adalah bebek terenak yang pernah saya coba

  6. tintin1868 Juni 11, 2012 / 00:00

    woah sampe juga makan bebek sinjay..

  7. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    tintin1868 said: woah sampe juga makan bebek sinjay..

    bukan, mbak…. bukan bebek sinjayeh…. ada yang salah dengan ceritanya yah?

  8. embunpagi2023 Juni 11, 2012 / 00:00

    Digoreng bumbu tradisional begini, jauh lebih enak dari bebek peking, percaya deh

  9. hwwibntato Juni 11, 2012 / 00:00

    saya lebih suka ayam goreng … he he he …tapi anak bebek di atas itu lucu juga, ya … he he he …

  10. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    embunpagi2023 said: Digoreng bumbu tradisional begini, jauh lebih enak dari bebek peking, percaya deh

    saya pernah nyoba bebek yang dibakar/digoreng tapi agak basa, teh… enak… klau dibandngin… lebih enak yg dibakar/goreng basah itu…. porsinya lebih gede juga.xixixixixi

  11. rembulanku Juni 11, 2012 / 00:00

    aghnellia said: pengen bebek pak slameeet.. sambelnya mantab

    khas solo mbak?kalo gitu tos yuk ๐Ÿ˜€

  12. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    hwwibntato said: saya lebih suka ayam goreng … he he he …tapi anak bebek di atas itu lucu juga, ya … he he he …

    lebih enak kambing soen *iklan detected, minta fee ke kang hendraada yang penasaran dengan kambing soen?????

  13. rhedina Juni 11, 2012 / 00:00

    Ini satu bebek atau pahanya aja? Liat dr hp soalnya ๐Ÿ˜€

  14. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    rembulanku said: khas solo

    ooooo…. khas solo

  15. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    rhedina said: Ini satu bebek atau pahanya aja? Liat dr hp soalnya ๐Ÿ˜€

    pahanya doank, teh ๐Ÿ™‚

  16. nawhi Juni 11, 2012 / 00:00

    bebek emang enak tapi harganya ga enak di dompet he3

  17. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    nawhi said: bebek emang enak tapi harganya ga enak di dompet he3

    harganya sih hampir sama dengan makan siang di warung tenda kantor ๐Ÿ™‚

  18. hwwibntato Juni 11, 2012 / 00:00

    jampang said: lebih enak kambing soen *iklan detected, minta fee ke kang hendraada yang penasaran dengan kambing soen?????

    lapak ini media yang bagus sekali … he he he …

  19. topenkkeren Juni 11, 2012 / 00:00

    sinjay kayak nama daerah di sulsel. hehe..

  20. prajuritkecil Juni 11, 2012 / 00:00

    Yassalaaam… Itu bebek cantik berubah jadi gorengan.Aku ksana jam 1 siang, abisss… ๐Ÿ˜€

  21. huflepuff Juni 11, 2012 / 00:00

    Makanya main ke Surabaya mas.. nanti saya ajak kesana.. :p

  22. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    hwwibntato said: lapak ini media yang bagus sekali … he he he …

    mudah2an laris manis ya kang ๐Ÿ™‚

  23. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    topenkkeren said: sinjay kayak nama daerah di sulsel. hehe..

    di sumatera… juga ada yg mirip… binjai

  24. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    prajuritkecil said: Aku ksana jam 1 siang, abisss… ๐Ÿ˜€

    iya… cepet banget habisnya.katanya, warungnya selalu rame. yg beli ngantri, padahal warungnya nggak terlalu bagus

  25. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    huflepuff said: Makanya main ke Surabaya mas.. nanti saya ajak kesana.. :p

    diajak kemana?

  26. huflepuff Juni 11, 2012 / 00:00

    Bebek Sinjay.. tinggak nyebrang Suramadu.. ๐Ÿ™‚

  27. lafatah Juni 11, 2012 / 00:00

    Mas udah di Bangkalan? Ayooo…kopdar! Bareng Bung Huflepuff ๐Ÿ˜€

  28. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    huflepuff said: Bebek Sinjay.. tinggak nyebrang Suramadu.. ๐Ÿ™‚

    saya sudah nyeberang, mas ๐Ÿ™‚

  29. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    lafatah said: Mas udah di Bangkalan? Ayooo…kopdar! Bareng Bung Huflepuff ๐Ÿ˜€

    sudah.mau sih…. tapi….

  30. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    nanabiroe said: Rekomendasi yang bagus…

    makasih, mbak…

  31. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    @mas syamsul : silahkan dicari, mas….. *lho!

  32. titiesti Juni 11, 2012 / 00:00

    Si Bebek Sinjay itu laris banget lho .. antrian aja dibatesin seorang beli 10 klo gak salah. *cerita temenku sih..* aku mah cukup bebek slamet dekat sini ajah

  33. ivoniezahra Juni 11, 2012 / 00:00

    kalau gambar di atas itu namanya Menthok mas hihhiLebih besar dan lehernya panjang, kalau di Jawa namanya banyaaak, biasa nyosorin orang kalau lewat di dekatnya ๐Ÿ˜€

  34. nikinput Juni 11, 2012 / 00:00

    duh bebek cantik yang kelihatan renyahhhh…. tapi daging bebek ga seempuk daging ayam. kenapa ya. apa karena bebek lebih banyak olah raga lari daripada ayam, ya.

  35. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    titiesti said: Si Bebek Sinjay itu laris banget lho ..

    katanya sih begitu, mbaksiang udah habis, sekitar jam satu atau jam dua

  36. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    ivoniezahra said: kalau gambar di atas itu namanya Menthok mas hihhiLebih besar dan lehernya panjang, kalau di Jawa namanya banyaaak, biasa nyosorin orang kalau lewat di dekatnya ๐Ÿ˜€

    oooo…. saya dapat gambar itu dengan judul “duck”, fotografernya orang luar negeri :)kalau di sini yang lebih panjang lehernya namanya soang, dan suka nyosor juga

  37. jampang Juni 11, 2012 / 00:00

    nikinput said: duh bebek cantik yang kelihatan renyahhhh…. tapi daging bebek ga seempuk daging ayam. kenapa ya. apa karena bebek lebih banyak olah raga lari daripada ayam, ya.

    nah… di depok itu, ada daging bebek yang empuk seperti daging ayam, mbak

  38. ivoniezahra Juni 12, 2012 / 00:00

    jampang said: oooo…. saya dapat gambar itu dengan judul “duck”, fotografernya orang luar negeri :)kalau di sini yang lebih panjang lehernya namanya soang, dan suka nyosor juga

    mungkin yang dinamakan bebek Sinjai itu menthok kali ya mas hehee

  39. jampang Juni 12, 2012 / 00:00

    ivoniezahra said: mungkin yang dinamakan bebek Sinjai itu menthok kali ya mas hehee

    wah…. kalau itu saya nggak ngerti, mbak ๐Ÿ™‚

  40. deikka Juni 12, 2012 / 00:00

    itu dagingnya keras gak ? pernah beli bebek goreng dimakannya keras, jadi kapok

  41. jampang Juni 12, 2012 / 00:00

    deikka said: itu dagingnya keras gak ? pernah beli bebek goreng dimakannya keras, jadi kapok

    nggak keras koq mbak…. lumayan empuk

  42. jaraway Juni 12, 2012 / 00:00

    duuuuhh bebeknya imut banget.. kasian kalo dimasak *apadehjar

  43. jampang Juni 12, 2012 / 00:00

    jaraway said: duuuuhh bebeknya imut banget.. kasian kalo dimasak *apadehjar

    makanya saya nggak mau masak. saya mau yang langsung makan aja ๐Ÿ˜€

  44. lailatulqadr Juni 12, 2012 / 00:00

    Itu kemanginya ditancepin ke ketimunnya ya???

  45. jampang Juni 12, 2012 / 00:00

    lailatulqadr said: Itu kemanginya ditancepin ke ketimunnya ya???

    nggak ditancepin… cuma ditaro di atasnya aja…

  46. trewelu Juni 12, 2012 / 00:00

    Gak pernah liat bebek indonesia, mas? Yang kecil kurus warna coklat..

  47. jampang Juni 12, 2012 / 00:00

    trewelu said: Gak pernah liat bebek indonesia, mas? Yang kecil kurus warna coklat..

    pernah, mbakcuma di daerah saya nggak ada yang kaya gitubebek di tempat saya rada mirip dengan foto induk bebek itu

  48. thetrueideas Juni 11, 2012 / 00:00

    Mau dwong nasi bebeknya, meski bukan sinjay ๐Ÿ™‚

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s