Sepak Bola On The Spot

Perpaduan antara pemain dengan skill individu tinggi dan strategi tim yang mumpuni, menghadirkan sebuah pertandingan yang mengundang luapan emosi serta menaikkan tensi. Tak jarang, lesakan gol yang diikuti selebrasi, hadir dari sundulan kepala, lengkungan tendangan bebas, atau tendangan first time yang penuh dengan sensasi. Bintang-bintang baru akan bersinar sehingga menarik para klub-klub besar yang rela membayar transfer mahal dan gaji tinggi. Begitulah, kira-kira apa yang terjadi dalam gelaran Piala Eropa saat ini.

Terlepas dari seluruh pertandingan yang sudah dilaksanakan atau pun yang akan berlangsung selama beberapa hari ke depan, nyatanya, sepak bola juga memiliki hal-hal unik yang terjadi. Dan berikut adalah tujuh kejadian unik seputar sepak bola. *ngerasa nonton acara on the spot*

1. Jumlah Gol Internasional Terbanyak

Jerman pernah melesakkan 7 gol ke gawang Arab Saudi di Piala Dunia 2002. Indonesia juga pernah menyarangkan 13 gol ke gawang Filipina di Piala Tigers (sekarang Piala AFF). Tapi total gol paling banyak dalam pertandingan resmi internasional adalah 31 gol, yang disarangkan Australia ke gawang Samoa Amerika pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2002 di Coffs Harbour, Australia, 11 April 2001.


2. Jumlah Gol Liga Nasional Terbanyak

149 Gol!

Dalam pertandingan Liga Madagaskar yang mempertemukan juara bertahan, AS Adema, bertemu dengan Stade Olympique I’Emyrne (SOE). 149 gol tersebut dibuat oleh pemain SOE sendiri sebagai protes karena terjadi peserlisihan antara Pelatih SOE dengan wasit. Cara protes mereka diwujudkan dengan aksi mencetak gol ke gawang sendiri. Setiap kali kick off, bola kemudian dimasukkan ke gawang sendiri. Hal ini dilakukan pemain SOE sampai 149 kali. Rekor gol ini masuk dalah Guiness Book of World Record.

3. Gol Bunuh Diri Paling Konyol

Adalah pertandingan Indonesia vs Thailand di Penyisihan Grup Piala Tigers 1998. Pada pertandingan terakhir babak grup antara Thailand dan Indonesia, kedua tim berusaha mencegah pertemuan melawan tuan rumah Vietnam. Pemain Indonesia Mursyid Effendi sengaja membuat gol bunuh diri supaya Indonesia kalah, diikuti dengan selebrasi tepuk tangan yang menodai sportifitas dalam sepakbola. Thailand akhirnya tersingkir oleh Vietnam, tapi Indonesia pun ditaklukkan Singapura yang kemudian menjuarai turnamen paling gengsi di ASEAN ini.

4. Gol Bunuh Diri Yang Lebih Bodoh

Kejadian di babak kualifikasi Piala Dunia Karibia 1994, antara Barbados dan Grenada. Barbados butuh kemenangan Dua GOL untuk lolos ke putaran final. Masalah timbul dari peraturan kompetisi itu yang menyebut, bila pertandingan harus diselesaikan lewat adu penalty, maka tim yang unggul diberi kemenangan 2-0.

Lima menit menjelang waktu normal habis, Barbados memimpin 2-1. Artinya, mereka akan tersingkir karena hanya unggul 2-1 (belum 2 GOL). Menyadari tak bakal bias menembus pertahanan Grenada, mereka membuat gol ke gawang sendiri untuk menyamakan kedudukan!

Setelah kebobolan, Grenada pun mencoba berbuat sama.

Ketololan terjadi ketika para pemain Barbados justru menjaga gawang Grenada agar tidak dijebol pemain-pemainya sendiri. Penonton dipaksa menyaksikan kejadian sinting : BARBADOS MENJADI GRENADA DAN GRENADA MENJADI BARBADOS!! Pada akhirnya, pertandingan harus melalu adu penalty dan Barbados menang 3-2. Sebuah sukses besar tapi amat sangat memalukan.

5. Cedera Aneh Para Bintang SepakBola

Fernando Redondo, mengalami cedera lutut parah gara2 latihan dimesin treadmill sehingga membuat dia cedera selama 2,5 tahun.

Santiago Canizares, gagal dipanggil ke Worldcup 2002 gara2 mengalami cedera tendon kaki yang disebabkan tersandung botol aftershave di rumahnya.

Paul Gascoigne, mengalami cedera patah kaki pada th 1994, ketika sedang sesi latihan bersama Lazio. Cedera konyol ini terjadi ketika Alessandro Nesta tidak sengaja mentacle gazza.

Freddy Ljungberg, mengalami cedera/gangguan pd bagian pinggulnya dan sering mendapat migraine pada tahun 2005, setelah diselidiki oleh pihak medis team, ternyata hal ini disebabkan karena alergi dengan tinta Tattoo yg dia buat pada bagian perutnya.

Alessandro Nesta, pada tahun 2004-2005 mengalami cedera pada ruas jarinya yang disebabkan terlalu lama dan terlalu sering bermain Playstation, hal tersebut membuatnya harus melakukan operasi.

6. Lehmann Buang Air Kecil Saat Tanding

Di tengah-tengah pertandingan Stuttgart kontra Unirea Urziceni, Lehmann tiba-tiba raib dari bawah mistar gawang. Kamera televisi lantas menangkap sosok pemain Stuttgart itu sedang berjongkok di balik papan iklan di belakang gawangnya. Meski Lehmann membelakangi kamera, gelagatnya memperlihatkan kalau dia sedang membuang air kecil.

Yang menggelitik, Lehmann tiba-tiba bergegas menyudahi aktivitasnya dan terburu-buru balik ke lapangan usai melompati papan iklan. Rupanya saat itu tim lawan sedang melakukan serangan balik dan mengincar gawangnya.

7. Dikontrak per Pertandingan

Sepakbola Vietnam dikejutkan oleh keputusan mantan bintang Brasil Denilson yang memutuskan untuk meninggalkan klubnya. Pertandingan Hai Phon Cement FC yang dibela Denilson, kontra Hoang Anh Gia Lai menjadi laga pertama dan terakhir bagi Denilson di kompetisi domestik Vietnam. Pasalnya, Denilson memutuskan untuk mengabaikan kontrak dan pulang kembali ke negaranya.

Belum diketahui secara pasti tindakan apa yang akan diambil pihak klub dengan langkah kontroversial Denilson itu. Namun media Vietnam melaporkan pihak klub tak akan bisa berbuat banyak karena kontrak dengan Denilson hanya terikat per pertandingan, bukan per musim kompetisi.

gambar dari sini

46 respons untuk β€˜Sepak Bola On The Spot’

  1. ivoniezahra Juni 18, 2012 / 00:00

    saya lebih suka nonton bola langsung di lapangan mas, lebih seru. apanya/ teriak2nya hihihi

  2. arsitaarsita Juni 18, 2012 / 00:00

    jampang said: tapi Indonesia pun ditaklukkan Singapura yang kemudian menjuarai turnamen paling gengsi di ASEAN ini.

    Senjata makan tuan neh

  3. jampang Juni 18, 2012 / 00:00

    arsitaarsita said: Senjata makan tuan neh

    yang main nggak sportif, dua-duanya, kalah πŸ™‚

  4. arsitaarsita Juni 18, 2012 / 00:00

    jampang said: terlalu sering bermain Playstation

    beware nih buat para pria

  5. jampang Juni 18, 2012 / 00:00

    arsitaarsita said: yang nomor 4 asssoyyyy (dudulnya)

    nggak pernah ngebayangin pertnadingan kaya gitu πŸ˜€

  6. jampang Juni 18, 2012 / 00:00

    arsitaarsita said: beware nih buat para pria

    saya pria, tapi nggak suka main PSjadi aman untuk kasus yang inixixixixixi

  7. arsitaarsita Juni 18, 2012 / 00:00

    jampang said: nggak pernah ngebayangin pertnadingan kaya gitu πŸ˜€

    super hodob sehodobnya…….kira kira abis pertandingan, muka para pemainnya ini ditutupin pake apah yak?

  8. jampang Juni 19, 2012 / 00:00

    arsitaarsita said: super hodob sehodobnya…….kira kira abis pertandingan, muka para pemainnya ini ditutupin pake apah yak?

    belum tahu info selanjutnya πŸ˜€

  9. jampang Juni 19, 2012 / 00:00

    rasikiniin said: WOW Very..very intersting. Thank for your information.

    sama-sama

  10. jampang Juni 19, 2012 / 00:00

    jejak2mimpi said: MP on the Spot ada gak ya? πŸ˜€

    diada2in aja πŸ˜€

  11. jampang Juni 19, 2012 / 00:00

    ivoniezahra said: lha saya juga cuma liat yang beginian mas. malah nonton di stadion juga gak keturutan πŸ˜€

    sama donk kalau gituxixixixixi

  12. jampang Juni 19, 2012 / 00:00

    thetrueideas said: ngejagoin siapa ni mas? πŸ™‚

    hmm… nggak jagoin siap2 sih…cuma pinginnya muncul juara baru…. ukraina misalnyatau ya… juara bertahan juara lagi, biar bisa rekor mempertahankan, kan belum pernah:D

  13. jampang Juni 19, 2012 / 00:00

    hwwibntato said: goooaaaallll …! he he he …

    koq ke gawang sendiri, kang?:D

  14. jampang Juni 19, 2012 / 00:00

    yudimuslim said: Sadddaaaaap bahasannya πŸ˜€

    kan lagi “in”, mas xixixixixi

  15. hwwibntato Juni 19, 2012 / 00:00

    jampang said: koq ke gawang sendiri, kang?:D

    gawangnya hanya ditandai dengan sandal di kiri dan kanan kiper saja … he he he …

  16. fightforfreedom Juni 19, 2012 / 00:00

    Ada yg terlewatkan, sang fenomenal, Rogerio Ceni.Seorang penjaga gawang yang mencetak goal sebanyak 101 goal sepanjang karirnya. Penjaga gawang yang menjadi top scorer (pencetak goal terbanyak) di liga Brasil th 2005 (21 goal).Sumber: wikipedia

  17. jampang Juni 19, 2012 / 00:00

    hwwibntato said: gawangnya hanya ditandai dengan sandal di kiri dan kanan kiper saja … he he he …

    pasti mainnya di tengah jalan yah… xixixixixi

  18. jampang Juni 19, 2012 / 00:00

    pingkanrizkiarto said: jerman wis pokok’e….

    penyisihan grup, lawannya dibantai semua πŸ™‚

  19. jampang Juni 19, 2012 / 00:00

    tintin1868 said: ini survey dulu ya?

    nggak mbak… kebetulan dapat bahan dari fordis internal kantor

  20. jampang Juni 19, 2012 / 00:00

    fightforfreedom said: Ada yg terlewatkan, sang fenomenal, Rogerio Ceni.Seorang penjaga gawang yang mencetak goal sebanyak 101 goal sepanjang karirnya. Penjaga gawang yang menjadi top scorer (pencetak goal terbanyak) di liga Brasil th 2005 (21 goal).Sumber: wikipedia

    belum tahu info ini pak.wah…. mantap penjaga gawangnya. ngalahin si chilavert yah?

  21. fightforfreedom Juni 19, 2012 / 00:00

    jampang said: wah…. mantap penjaga gawangnya. ngalahin si chilavert yah?

    Lebih tepatnya jumlah goalnya ngalahin Striker, yg memang tugasnya bikin goal :)Kalo Chilavert berada di posisi kedua, disusul kemudian Rene Higuita. Kiper yg mencetak gol.

  22. jampang Juni 19, 2012 / 00:00

    fightforfreedom said: Lebih tepatnya jumlah goalnya ngalahin Striker, yg memang tugasnya bikin goal :)Kalo Chilavert berada di posisi kedua, disusul kemudian Rene Higuita. Kiper yg mencetak gol.

    ck..ck..itu golinnya dari tendangan bebas dan pinalti yah?

  23. jampang Juni 19, 2012 / 00:00

    fightforfreedom said: Ada videonya di youtube, ketika dia harus secepat kilat kembali menjaga gawangnya yg kosong, setelah ikut membantu serangan.

    saya baru lihat videonya joe hart yang membantu penyerangan setelah itu lari kembali ke gawang. akibat kejadian itu, dia dijuluki kiper tercepat πŸ™‚

  24. fightforfreedom Juni 19, 2012 / 00:00

    jampang said: saya baru lihat videonya joe hart yang membantu penyerangan setelah itu lari kembali ke gawang. akibat kejadian itu, dia dijuluki kiper tercepat πŸ™‚

    wah.. menarik nih, ntar kalo pas di rumah & dpt koneksi kenceng saya nge-youtube Joe Hart, pengen lihat kencangnya dia berlari.

  25. jampang Juni 19, 2012 / 00:00

    fightforfreedom said: wah.. menarik nih, ntar kalo pas di rumah & dpt koneksi kenceng saya nge-youtube Joe Hart, pengen lihat kencangnya dia berlari.

    saking cepetnya, dia sempat menyelamatkan gawangnya dari sepakan jarak jauh lawan.

  26. fightforfreedom Juni 19, 2012 / 00:00

    jampang said: saking cepetnya, dia sempat menyelamatkan gawangnya dari sepakan jarak jauh lawan.

    Ya Allah… kecepatan larinya 250km/jam

  27. jaraway Juni 19, 2012 / 00:00

    wow.. ada ya gol bunuh diri timnas.. hihihi..

  28. jampang Juni 20, 2012 / 00:00

    fightforfreedom said: Ya Allah… kecepatan larinya 250km/jam

    hah!secepat itu, pak?saya nggak ngerti kecepatannya berapa, cuma fokus sama larinya

  29. jampang Juni 20, 2012 / 00:00

    jaraway said: wow.. ada ya gol bunuh diri timnas.. hihihi..

    ada….!!!!

  30. jampang Juni 18, 2012 / 00:00

    ivoniezahra said: saya lebih suka nonton bola langsung di lapangan mas, lebih seru. apanya/ teriak2nya hihihi

    pertandingan sepak bola yang saya tonton langsung hanyalah kompetisi antar kampung.kalau yang di stadion…. nggak pernah… perasaan udah ribet aja

  31. rasikiniin Juni 18, 2012 / 00:00

    jampang said: erlepas dari seluruh pertandingan yang sudah dilaksanakan atau pun yang akan berlangsung selama beberapa hari ke depan, nyatanya, sepak bola juga memiliki hal-hal unik yang terjadi. Dan berikut adalah tujuh kejadian unik seputar sepak bola. *ngerasa nonton acara on the spot*

    WOW Very..very intersting. Thank for your information.

  32. ivoniezahra Juni 18, 2012 / 00:00

    jampang said: pertandingan sepak bola yang saya tonton langsung hanyalah kompetisi antar kampung.

    lha saya juga cuma liat yang beginian mas. malah nonton di stadion juga gak keturutan πŸ˜€

  33. thetrueideas Juni 18, 2012 / 00:00

    ngejagoin siapa ni mas? πŸ™‚

  34. nawhi Juni 18, 2012 / 00:00

    wah update n lengkap banget neh, gilabola juga Mas?

  35. jampang Juni 19, 2012 / 00:00

    nawhi said: wah update n lengkap banget neh, gilabola juga Mas?

    nggak koq…. saya cuma copas aja… *ketahuan dehnonton bola itu sukanya di berita doank, kalau nonton siaran langsungnya yang tengah malam, pasti ketiduran

  36. rembulanku Juni 19, 2012 / 00:00

    waaah, aku ga seneng bola

  37. jampang Juni 19, 2012 / 00:00

    rembulanku said: waaah, aku ga seneng bola

    gpp, mbak πŸ™‚

  38. fightforfreedom Juni 19, 2012 / 00:00

    jampang said: itu golinnya dari tendangan bebas dan pinalti yah?

    Kebanyakan dari bola mati (tendangan bebas). Fokusnya cuma satu, harus bisa bikin goal. Sebab kalo gagal, maka taruhannya adalah gawangnya kosong saat serangan balik dari tendangan bebas yg gagal. Ada juga yg dari penalti, tapi sama juga taruhannya kalo gagal.Ada videonya di youtube, ketika dia harus secepat kilat kembali menjaga gawangnya yg kosong, setelah ikut membantu serangan.

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s