Sepak Bola On The Spot II

6 gol tercipta dalam pertandingan Jerman vs Yunani. Jerman unggul 4-2 dan berhak melaju ke babak semifinal. Saya sendiri tidak melihat langsung pertandingan tersebut. Saya memilih tidur, meskipun sempat melihat awal-awal pertandingan di mana terjadi gol Jerman yang dianulir oleh wasit karena pemain Jerman terlebih dahulu terjebak offside.

Saya tidak bisa memberikan analisa kenapa Jerman bisa menang atau pun kenapa Yunani bisa tumbang. Saya tidak punya kapasitas di bidang itu. Saya hanya penikmat gol-gol yang terjadi, bukan penikmat pertandingan. Meskipun pernah juga larut dalam emosi ketika menyaksikan sebuah pertandingan sampai-sampai berteriak pelan *ada yah berteriak pelan?* karena kegagalan sebuah peluang emas terciptanya sebuah gol.

Kali ini saya hanya memposting ulang kejadian-kejadian unik di dunia sepak bola yang mungkin pernah dimuat di banyak media, dan saya dapat rangkumannya dalam sebuah fordis. Postingan ini adalah kelanjutan dari postingan “Sepak Bola on The Spot” sebelumnya.

Tragedi, Satu Tim Tewas di Tengah Lapangan

Terjadi dalam pertandingan sepakbola amatir di Provinsi Kasai, Republik Kongo. Seperti dilaporkan harian L’Avenir, saat pertandingan berjalan imbang dengan skor 1-1, tiba-tiba ada sebuah petir menyambar lapangan. 11 orang pemain tim tamu tewas, sedangkan semua pemain tuan rumah selamat.

Hal ini kemudian memunculkan spekulasi adanya permainan ilmu hitam dibalik kejadian ini. Tidak jelas apakah 11 pemain yang tewas merupakan pemain inti yang bertanding atau ada pemain cadangan yg jadi korban.

Tewas Setelah Bikin Gol Bunuh Diri?

Seorang pemain sepak bola di Republik Ceko mendadak tewas setelah mencetak gol bunuh diri. Pemain itu diduga meninggal karena serangan jantung. Adalah Michal Jezek yang bermain untuk tim kecil dalam sebuah kompetisi liga regional di distrik Kladno. Baru sembilan menit berjalan, bek 31 tahun itu melompat untuk membuang bola tapi justru membuat gawangnya terkoyak. Ia kemudian jatuh di lapangan dan tak sadarkan diri. Kemudian tewas sebelum sempat mendapat pertolongan.

Politik, Fasisme, dan Sepakbola

Mussolini, diktator Italia sukses menjadikan Italia tuan rumah piala duni 1934. Tidak merasa cukup hanya menjadi tuan rumah, Mussolini menginginkan gelar juara. Ia pun mengirim faksimil kepada kapten tim sesaat sebelum final melawan Cekoslovakia, “Juara atau mati.”

Mathias Sindelar, salah satu bintang sepak bola Austria tewas bunuh diri sebagai bentuk protes karena di paksa Jerman, untuk masuk ke dalam Timnas Panser, setelah Austria diinvasi Jerman pada perang dunia kedua.

Tahun 1992, Yugoslavia dicoret dari keikutsertaannya di Piala Eropa karena melakukan kejahatan kemanusiaan pada etnis Bosnia, Kroasia, Albania, Moldova, dll. Tempatnya digantikan Denmark yang kemudian malah menjadi juara.

Indonesia menolak melawan Israel pada kualifikasi PD 1958 di tahun 1957 sebagai bentuk protes atas penjajahan Israel di Palestina.

Kiper Geser Tiang Gawang Biar Lebih Sempit

Kecurangan di sepakbola memang suka aneh-aneh. Tapi yang dilakukan kiper klub terbesar Swedia, IFK Goteborg, sangat ganjil. Si kiper curang itu, Kim Christensen, menggeser tiang gawang sesaat sebelum pertandingan sehingga menyempit beberapa sentimeter.

Pemain Bertumbangan, Pertandingan Cuma 4 Menit

Sebuah pertandingan sepakbola di Bulgaria harus diakhiri ketika baru berjalan empat menit. Gara-garanya, para pemain salah satu tim bertumbangan akibat cedera.

Sedari awal, pertandingan antara Gigant Belene melawan Chavdar Byala Slatina di loga Bulgari sudah ganjil. Gigant hanya menurunkan delapan pemain karena mereka kekurangan orang setelah para pemainnya banyak yang cedera dan kena larangan bertanding.

Belum selesai di situ. Gigant, yang sebelum pertandingan bertengger di posisi dua klasemen, langsung kehilangan dua pemain lagi karena cedera dan menyisakan enam pemain di lapangan.

Maka tak ada pilihan lain bagi wasit Stoyan Denev selain mengakhiri pertandingan. Aturan di liga berkata bahwa sebuah pertandinan harus dihentikan bila sebuah tim terdiri dari kurang dari tujuh pemain.

Promosi atas permintaan sponsor

mungkin hanya klub persebaya dan PSMS Medan (walau belakangan diindikasikan palsu hasil kloningan dan yang asli maen di ISL) yang berhasil promosi atas dasar permintaan sponsor.


Promosi karena degradasi terbaik

Masih tentang liga IPL tidak hanya persebaya dan PSMS Medan yang mendapatkan jatah promosi aneh tapi juga Bontang FC. Walaupun menempati urutan terbuncit kompetisi sebelumnya (waktu itu masih ISL) tapi oleh PSSI mereka tetap diperbolehkan main di level tertinggi dengan status degradasi terbaik. *heh!

Lehmann Buang Air Kecil Saat Tanding

Di tengah-tengah pertandingan Stuttgart kontra Unirea Urziceni, Kamis (10/12/2009) dinihari WIB, Lehmann tiba-tiba raib dari bawah mistar gawang. Kamera televisi lantas menangkap sosok pemain Stuttgart itu sedang berjongkok di balik papan iklan di belakang gawangnya. Meski Lehmann membelakangi kamera, gelagatnya memperlihatkan kalau dia sedang membuang air kecil.

Yang menggelitik, Lehmann tiba-tiba bergegas menyudahi aktivitasnya dan terburu-buru balik ke lapangan usai melompati papan iklan. Rupanya saat itu tim lawan sedang melakukan serangan balik dan mengincar gawangnya.

gambar dari sini

19 respons untuk ‘Sepak Bola On The Spot II

  1. rhedina Juni 23, 2012 / 00:00

    Wah ko bisa itu kesamber petir satu kesebelasan mati semua? Di Indonesia gawangnya ditanemin telor jampi2 biar ngga kemasukkan, katanyaaaaa 😀

  2. eroza Juni 23, 2012 / 00:00

    dari dulu aku jagoin jerman ,bukan apa2 karena bendera jerman =benderanya orang minang 🙂

  3. cawah Juni 23, 2012 / 00:00

    wkwkkwk ngakak yang terakhir tuh XD

  4. jampang Juni 23, 2012 / 00:00

    fightforfreedom said: Makin seru aja nih on the spotnya 🙂

    begitu ya pak…. jadi pengen nyari2 lagi… 🙂

  5. jampang Juni 23, 2012 / 00:00

    kurang ngerti teh. cuma kejadiannya di tempat yang praktek ilmu hitamnya masih banyak 🙂

  6. jampang Juni 23, 2012 / 00:00

    diberita legkapnya…. konon ada dugaan praktek ilmu hitam, mbak

  7. jampang Juni 23, 2012 / 00:00

    eroza said: dari dulu aku jagoin jerman ,bukan apa2 karena bendera jerman =benderanya orang minang 🙂

    ooooo…. baru tahu saya, uni

  8. jampang Juni 23, 2012 / 00:00

    cawah said: wkwkkwk ngakak yang terakhir tuh XD

    ada videonya nggak yah…. penasaran juga 😀

  9. fightforfreedom Juni 23, 2012 / 00:00

    jampang said: begitu ya pak…. jadi pengen nyari2 lagi… 🙂

    Pernah lihat wasit bencong mimpin pertandingan? :)Ada lho 😀

  10. fightforfreedom Juni 23, 2012 / 00:00

    jampang said: Lehmann Buang Air Kecil Saat Tanding

    Kok gak bersuci dulu sih, bang Lehmann

  11. jampang Juni 23, 2012 / 00:00

    fightforfreedom said: Pernah lihat wasit bencong mimpin pertandingan? :)Ada lho 😀

    kayanya pernah lihat… gayanya waktu lari dan ngasih kartu kuning ke pemain…. bikin senyum2

  12. jampang Juni 23, 2012 / 00:00

    wah…. ada videonya ternyata… bisa saya lihat nggak yah…. nyoba ah!

  13. hwwibntato Juni 24, 2012 / 00:00

    wah, bagaimana caranya menggeser salah satu tiang gawang, ya … he he he …

  14. jampang Juni 24, 2012 / 00:00

    hwwibntato said: wah, bagaimana caranya menggeser salah satu tiang gawang, ya … he he he …

    konon katanya… tiangnya itu nggak dipendam ke dalam tanah kang 😀

  15. saturindu Juni 22, 2012 / 00:00

    wah, rupanya banyak kejadian menenarik di balik ‘sihir’ permainan bola yah…:)ada juga serombongan tim bola jatuh dari pesawat saat hendak bertanding.itulah mengapa, denis berkamp menjadi alergi utk naik burung besi. dia lebih memilih jalur darat, dan rela pergi berminggu2 dengan rute tersebut.:)

  16. bunda2f Juni 23, 2012 / 00:00

    waawww reportasee bolaaakog bisa ya kesamber petirnya barengan 1 tim yg sama, sementara lawannya kog ga? mustinya kalo sama2 di lapangan kan kenanya random

  17. jampang Juni 23, 2012 / 00:00

    saturindu said: wah, rupanya banyak kejadian menenarik di balik ‘sihir’ permainan bola yah…:)ada juga serombongan tim bola jatuh dari pesawat saat hendak bertanding.itulah mengapa, denis berkamp menjadi alergi utk naik burung besi. dia lebih memilih jalur darat, dan rela pergi berminggu2 dengan rute tersebut.:)

    pernah denger kalau soal si bergkamp itu. teman satu timnya naik pesawat dia naik mobil

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s