Dari Satu Pekerjaan ke Pekerjaan yang Lain

lamaran-kerjaAlhamdulillah, tugas mengoreksi lembar jawaban UAS untuk mahasiswa saya di empat kelas yang saya ajar dan tiga kelas lain yang dititipkan oleh seorang rekan sudah rampung saya selesaikan. Hari ini saya sudah menyerahkan hasil penilaian saya tersebut kepada rekan saya, agar rekan saya bisa melihat hasilnya dan mungkin mengambil suatu keputusan lain jika memang diperlukan, semisal memberikan tugas bagi mahasiswa yang mungkin nilainya dirasa kurang.

Khusus untuk mahasiswa di empat kelas yang saya ajar, saya memberikan kesempatan mereka yang ingin memperbaiki nilai mereka dengan cara mengerjakan tugas tambahan berupa mengerjakan soal seperti ujian tengah semester kemarin. Hanya saja bentuk soalnya serta cara menjawab yang sedikit berbeda.

Lima puluh soal pilihan ganda dan benar salah tanpa pertanyaan essay, adalah bentuk soal yang saya berikan untuk perbaikan nilai. Untuk menjawab seluruh pertanyaan di dalam tugas tambahan tersebut, saya meminta para mahasiswa untuk menjawab dalam format file excel dengan beberapa ketentuan yang harus dipenuhi. Selanjutnya, mereka akan mengirim file tersebut melalui email. Email yang saya terima kemudian saya export ke dalam database sekaligus tahap penilaian. Ini saya lakukan supaya proses penilaiannya cepat.

Hingga tanggal 30 bulan ini, proses pengiriman jawaban dapat dilakukan. Sebagian sudah ada yang mengirim dan sisanya mungkin akan menunggu batas akhir pengumpulan.

Selesai pekerjaan mengoreksi ujian, kini saya melakukan proses penilaian perbaikan nilai ujian. Prosesnya, alhamdulillah lebih mudah, karena saya tidak perlu menginput ulang jawaban para mahasiswa.

Selesai pekerjaan tersebut, saya harus membuat soal untuk Ujia Akhir Semester yang mungkin akan dimulai pada tanggal 16 Juli. Selanjutnya tentu saja mengoreksi lembar jawaban UAS.

Ada keinginan untuk meminta para mahasiswa menulis jawaban mereka dalam format excel seperti yang dilakukan untuk perbaikan nilai UTS yang sedang berlangsung saat ini. Karena bagi saya pribadi, proses penilaiannya lebih mudah. Namun di sisi lain, karena adanya jeda waktu antara menjawab pertanyaan saat ujian dengan waktu pengiriman jawaban melalui email, saya khawatir akan terjadinya kerja sama di antara para mahasiswa (ini buruk sangka apa waspada yah?). Selain itu, jadwal ujian yang padat mungkin akan terganggu jika mereka diminta untuk mengirimkan jawaban tersebut.

Jadi enaknya gimana yah?

Setelah selesai dengan penialaian UAS, maka berakhirlah tugas saya sebagai dosen di semester ini. Namun ada selentingan kalau ada kemungkinan saya akan ditunjuk mengajar para mahasiswa Diploma I di semester berikutnya untuk mengajarkan PHP. Jika memang rezeki, insya Allah enggak akan kemana 🙂


Tulisan Terkait Lainnya :

28 thoughts on “Dari Satu Pekerjaan ke Pekerjaan yang Lain

  1. adamdesign Juni 29, 2012 / 00:00

    wah mantep pak dosen

  2. ayanapunya Juni 29, 2012 / 00:00

    waktunya liburan 😀

  3. rasikiniin Juni 29, 2012 / 00:00

    jampang said: Setelah selesai dengan penialaian UAS, maka berakhirlah tugas saya sebagai dosen di semester ini. Namun ada selentingan kalau ada kemungkinan saya akan ditunjuk mengajar para mahasiswa Diploma I di semester berikutnya untuk mengajarkan PHP. Jika memang rezeki, insya Allah enggak akan kemana 🙂

    Mantaap. Makin sibuk makin ayik-kan. Bukan begitu Bang Dosen.

  4. drprita Juni 29, 2012 / 00:00

    jampang said: empat kelas yang saya ajar dan tiga kelas lain yang dititipkan oleh seorang rekan

    wadduhhh pak dosen, kok ngajarnya borongan?? Ilmu langka? Bagaimana tuh kiatnya?

  5. jampang Juni 29, 2012 / 00:00

    adamdesign said: wah mantep pak dosen

    dosen panggilan, mas. belum jadi dosen beneran 🙂

  6. jampang Juni 29, 2012 / 00:00

    ayanapunya said: waktunya liburan 😀

    iyah…. ngerjain yang lain xixixixixi

  7. jampang Juni 29, 2012 / 00:00

    rasikiniin said: Mantaap. Makin sibuk makin ayik-kan. Bukan begitu Bang Dosen.

    jika materinya saya kuasai, insya Allah mengasyikkan 🙂

  8. jampang Juni 29, 2012 / 00:00

    drprita said: wadduhhh pak dosen, kok ngajarnya borongan?? Ilmu langka? Bagaimana tuh kiatnya?

    bukan ngajarnya, bu. tapi ngoreksinya aja 🙂

  9. thetrueideas Juni 29, 2012 / 00:00

    jampang said: Jika memang rezeki, insya Allah enggak akan kemana 🙂

    senangnya…alhamdulillah…

  10. debapirez Juni 29, 2012 / 00:00

    baru nemu lagi neh soal B-S. bsk2 ada yg tipe menjodohkan aja hehe…

  11. jampang Juni 29, 2012 / 00:00

    thetrueideas said: senangnya…alhamdulillah…

    meskipun kepastiannya masih belum ada 🙂

  12. jampang Juni 29, 2012 / 00:00

    debapirez said: baru nemu lagi neh soal B-S. bsk2 ada yg tipe menjodohkan aja hehe…

    bisa diatur 😀

  13. lailatulqadr Juni 29, 2012 / 00:00

    cemana model soal BS BS begitu..? gak berkembang donk?

  14. jampang Juni 29, 2012 / 00:00

    lailatulqadr said: cemana model soal BS BS begitu..? gak berkembang donk?

    pasti nggak berkembang…. kan bukan pohon:D

  15. boemisayekti Juni 29, 2012 / 00:00

    Selamat menikmati liburan, atau mulai pekerjaan baru? ^^

  16. ivoniezahra Juni 29, 2012 / 00:00

    kirain kerjaan lain yang gak ada hubungannya dengan mengajar lagi mas hehe

  17. roelworks Juni 29, 2012 / 00:00

    maaf pak bukunya belum selesai dibaca ….

  18. rembulanku Juni 29, 2012 / 00:00

    mudah2an slentingan itu bisa segera terealisasi

  19. jaraway Juni 29, 2012 / 00:00

    jampang said: Jadi enaknya gimana yah?

    ga tau.. hihihi

  20. hwwibntato Juni 29, 2012 / 00:00

    Bapak Dosen … he he he …

  21. huflepuff Juni 29, 2012 / 00:00

    Wahh.. jadi dosen..Gimana rasanya mas? enak gak? hehe

  22. jampang Juni 29, 2012 / 00:00

    boemisayekti said: Selamat menikmati liburan, atau mulai pekerjaan baru? ^^

    enaknya…. bisa menikmati apa pun yang terjadi 😀

  23. jampang Juni 29, 2012 / 00:00

    ivoniezahra said: kirain kerjaan lain yang gak ada hubungannya dengan mengajar lagi mas hehe

    kalau yang itu kan jelas, mbak…. kerjaan saya ya… ngantor, jadi pegawai 🙂

  24. jampang Juni 29, 2012 / 00:00

    roelworks said: maaf pak bukunya belum selesai dibaca ….

    xixixixi….ya gpp…. kan ujiannya masih lama 😀

  25. jampang Juni 29, 2012 / 00:00

    rembulanku said: mudah2an slentingan itu bisa segera terealisasi

    aamiin. makasih, doanya, mbak

  26. jampang Juni 29, 2012 / 00:00

    jaraway said: ga tau.. hihihi

    😛

  27. jampang Juni 29, 2012 / 00:00

    hwwibntato said: Bapak Dosen … he he he …

    sebentar lagi udah bukan, kangkalau ditugasin lagi…. ya jadi lagi… xixixixixixi

  28. jampang Juni 29, 2012 / 00:00

    huflepuff said: Wahh.. jadi dosen..Gimana rasanya mas? enak gak? hehe

    kalau materinya saya kuasai dan suasana kelas hidup…. seneng banget:D

Tinggalkan jejak anda di sini....

