Kaleidoskop 2012

Judul ini sama persis dengan judul sebuah film yang bertemakan tentang hancurnya kehidupan di bumi karena ada suatu kepercayaan bahwa kiamat akan datang di penghujung tahun 2012. Tapi tulisan ini tidak akan membahas film tersebut. Tidak juga membahas tentang kapan kiamat yang sebenarnya akan terjadi. Karena sesungguhnya, tak seorang pun yang dapat mengetahui kapan kiamat yang sebenarnya akan datang.

Tulisan ini hanyalah sebuah rangkuman tentang apa yang saya alami selama tahun 2012. Mungkin sebagian sudah pernah saya posting. Sebagian lagi mungkin juga belum.

Tentang Syaikhan

syaikhan [2012-12-15] 10Kebersamaan saya dengan Syaikhan di tahun ini terasa lebih dekat. Keseharian saya dan Syaikhan yang semula selama seminggu bertambah menjadi dua minggu. Dalam kebersamaan itulah saya dan Syaikhan berbagi ceria dan duka.

Saya mendapati tawanya ketika menikmati aneka permainan di arena permainan. Saya mendengar celotehnya yang membuat saya dan orang-orang yang mendengarnya tertawa. Saya merasakan manjanya ketika tak mau disuapi oleh siapa pun kecuali saya. Saya merasakan rasa sayangnya ketika menginginkan saya pulang lebih cepat dari kantor hanya karena ingin memeluk saya.

Saya dan Syaikhan juga melalui masa-masa yang kurang menyenangkan bersama-sama, yaitu ketika dirinya sakit. Seharian Syaikhan meminta saya menemaninya di tempat tidur sambil memainkan gameboy hadiah dari omnya. Satu kalimat Syaikhan yang masih saya ingat dan sangat membekas di dalam hati saya ketika sakit. “Nda usah ke dokter, Bi! Dipeluk Abi aja sembuh!”

Namun, sejak bulan Ramadhan di tahun 2012 lalu, kebersamaan selama dua minggu di setiap bulannya sudah berakhir. Syaikhan sudah mulai sekolah. Kini, pertemuan dan komunikasi saya dan Syaikhan jauh berkurang. Semoga saja, Syaikhan tidak menjadikan kondisi ini sebagai dasar untuk tidak menyayangi saya.

Dear Syaikhan…

Semoga dirimu selalu dalam keadaan baik dan sehat selalu.

Belajarlah yang rajin, nak! Ikuti dan pahami apa yang diajarkan oleh gurumu di sekolah. Jika ada sesuatu yang belum kamu ketahui atau membuat dirimu ragu dan bingung, tanyakanlah langsung kepada gurumu tanpa ragu-ragu. Insya Allah mereka punya jawaban yang kau inginkan.

Syaikhan, di beberapa pertemuan terakhir kita, secara tersirat kau menyampaikan tentang keinginanmu akan kehadiran sosok seorang Abi, entah itu Abi sendiri atau Abi yang baru. Abi sudah memberikan jawaban bahwa Abi tidak bisa memenuhi keinginanmu itu. Maafkan Abi. Tapi Abi berdoa semoga akan hadir sosok Abi baru yang menyayangimu seperti Abi menyayangimu.

Bagaimanapun juga, kamu adalah seorang anak lelaki yang tumbuh menjadi lelaki. Karenanya kamu membutuhkan sosok yang gagah dan perkasa. Semuanya itu ada dalam sosok lelaki yang hadir dalam diri seorang Abi.

Semoga keinginanmu itu segera terwujud. Aamiin.

Abi, yang selalu menyayangimu.

Tentang Pekerjaan

Di tahun 2012, saya mendapat beberapa kali pekerjaan “sampingan” dari kantor. Sebagian berupa tugas menjadi tenaga pengajar, sebagian lagi tugas melakukan sosialisasi. Alhamdulillah, rezeki bertambah.

Tentang Perjalanan

Karena tugas sosialisasi itulah, saya bisa melakukan perjalanan ke beberapa daerah yang terletak di pulau Sumatera seperti Banda Aceh, Meulaboh, Padang, Bukittinggi, Solok, dan Pekanbaru. Di tempat-tempat tersebut saya bisa melihat pantai, ngarai, air terjun, lembah, dan pesona sunset yang indah. Alhamdulillah, rezeki bertambah.

Tentang Buku

Di catur wulan terakhir di tahun 2012 ini saya bisa menambah buku hasil karya saya sebanyak lima buah buku. Di tahun sebelumnya, di catur wulan terakhir juga, saya berhasil menerbitkan buku pertama saya.

Berbekal dari masukan beberapa teman tahun lalu, saya bisa menerbitkan buku pertama tersebut. Dan dari proses penerbitan tersebut, saya menerbitkan buku-buku berikutnya. Meski mungkin ada beberapa yang mencemooh apa yang saya lakukan. Saya memilih untuk menerbitkan dan mendapatkan sebuah kepuasan tersendiri.

Sebagian dari foto-foto perjalanan tugas tersebut saya jadikan sebagai cover buku. Buku “Lelaki dan …” menggunakan foto sunset di Meulaboh sebagai cover depan dan sunset di Padang sebagai vover belakang. Buku “Rima Perjalanan Cinta” menggunakan foto salah satu ruas jalan yang saya lalui ketika berangkat dari Meulaboh ke banda Aceh sebegai cover depan. Sedang cover belakangnya mengggunakan foto saya yang diambil di dermaga atau pelabuhan di Meulaboh. Buku “Rima Perjalanan Jiwa” juga menggunakan foto jalan baru yang dibuat dengan membelah bukit antara Meulaboh dan banda Aceh yang kemudian di padukan dengan foto masjid raya/agung di Meulaboh.

Maka jadilah, enam buah buku yang sudah saya terbitkan. Semoga tahun-tahun berikutnya saya bisa juga menghasilkan tulisan-tulisan yangg bisa saya bukukan kembali. Semoga.

Tentang Rumah

Setelah beberapa kali mencari rumah di beberapa lokasi dekat rumat orang tua dan menanyakan langsung ke pihak bank apakah bisa diproses atau tidak ternyata tidak berhasil, akhirnya di penghujung tahun ini saya menemukan lokasi perumahan yang cocok dan sesuai dengan keinginan bank. Sebuah komple perumahan baru yang lokasinya tidak jauh dari kampus tempat saya menimba ilmu di masa-masa kuliah dulu.

Mudah-mudahan proses pembangunannya bisa lancar dan selesai di bulan Agustus 2013. Pembeliannya, tentu saja disesuaikan dengan budget, yaitu mencicil. Semoga Allah memberikan kemudahan. Aamiin.


Baca Seri Lelaki Lainnya :

15 thoughts on “Kaleidoskop 2012

  1. Iwan Yuliyanto Desember 31, 2012 / 09:09

    Semoga tahun 2013 menjadi lebih baik dan bertambah lagi karyanya. aamiin.

    • jampang Desember 31, 2012 / 09:14

      terima kasih, pak iwan.
      maaf belum sempat blog walking di WP. palingan baca postingan pak iwan via email 😀

  2. Ina Desember 31, 2012 / 09:21

    semoga tahun 2013 makin produktip aja menulisnya, saikhan makin pinter dan sholeh, dan tambah sering ‘jalan-jalannya’..

    • jampang Desember 31, 2012 / 09:23

      aamiin.
      makasih atas semua doanya, mbak.
      segala kebiakan juga semoga tercurah kepada mbak sekeluarga. aamiin

  3. wisnuwidiarta Desember 31, 2012 / 19:18

    Subhanallah.. produktif sekali! Semoga makin banyak ilmu yang terbagikan…

    Mengenai Syaikhan, duh mengharukan sekali ya..
    Mengapa dia butuh abi baru? Maksudnya apa ya?
    Apakah dia merindukan kedekatan yang sempat berkurang?

    • jampang Desember 31, 2012 / 19:28

      terima kasih, mas.

      sepertinya memang syaikhan merindukan hal itu. saya mendapat cerita bahwa ketika syaikhan diajak ke acara reuni ibunya, syaikhan selalu bermain dengan para ayah yang datang ke acara tersebut, bahkan terkesan lebih dekat daripada anak para ayah tersebut hingga membuat anak-anak lain cemburu.

    • jampang Desember 31, 2012 / 21:40

      xixixixixi….

      belum.

  4. wisnuwidiarta Desember 31, 2012 / 21:45

    Mungkin dia juga butuh “teman”. Kalau ada adiknya mungkin ada pelampiasan energi positif dan bisa lebih membaginya ke adiknya selain ke orangtuanya. Rumah baru, anak baru 🙂

    • jampang Desember 31, 2012 / 22:16

      ya saya harus cari istri dulu 😀

    • ibuseno Januari 1, 2013 / 15:20

      Setuju sama yg ini..smoga ada “teman” baru tahun ini ya Mas

      • jampang Januari 2, 2013 / 08:44

        aamiin…. makasih, teh

  5. nfiet Januari 3, 2013 / 10:57

    Alhamdulillah banyak target yang bisa terselesaikan rupanya. Semoga bisa menjadi kepuasan batin, bermanfaat dan berkah untuk sekitar dan mendapatkan kebahagiaan yang lebih baik lagi di 2013 hasil dari ikhtiar dan sabar tahun-tahun sebelumnya. Aamiin YRA *semangaaaaaaaAt…..

Tinggalkan jejak anda di sini....

