[Terima Kasih] Masjid Bersarung

masjid_bersarungLangit senja sebentar lagi akan menunjukkan masuknya waktu Maghrib ketika saya menyusuri Jalan TB Simatupang. Sebenarnya saya bisa saja berhenti di salah satu masjid atau musholla di pom bensin yang saya lewati, tapi tidak semuanya memenuhi syarat yang saya tetapkan sore itu. Syarat yang belum pernah saya tentukan sebelumnya. Syarat itu adalah masjid atau musholla itu harus menyediakan kain sarung.

Kenapa?

Adalah sebuah kecelakaan kecil yang menyebabkan celan yang saya kenakan tidak memenuhi syarat sah shalat, yaitu terkena najis. Sebab itulah, saya harus mendapatkan salah satu dari dua kondisi agar shalat maghrib saya memenuhi syarat sah tersebut. Saya harus tiba di rumah ketika waktu maghrib masih ada atau saya melaksanakan shalat maghrib dengan mengganti celana saya dengan kain sarung yang suci dari najis.

Suara adzan Maghrib pun terdengar.

Saya mencoba untuk memacu sepeda motor saya lebih cepat dengan harapan bisa tiba di rumah sebelum masuk waktu isya. Hingga saya melewati Mall Pondok Indah, saya merasa ragu akan tiba di rumah tepat waktu. Akhirnya saya memutuskan untuk untuk shalat di masjid atau mushalla yang mana saja yang di dalamnya menyediakan kain sarung.

Saya masuki di salah satu pom bensin yang di dalamnya ada mushalla. Setelah mengetahui bahwa di dalam mushalla tidak tersedia kain sarung, saya pun kembali melanjutkan perjalanan.

Sebelum melewati kolong jalan layang di daerah Kebayoran lama, saya berhenti kembali di sebuah masjid. Saya tak langsung memarkirkan sepeda motor di tempat parkir yang disediakan. Saya masuk ke dalam masjid di mana para jama’ah sudah selesai melaksanakan shalat maghrib.

Saya jatuhkan pandangan saya ke benda berbentuk kotak. Melalui kaca di salah satu sisinya saya melihat ada sebuah kain sarung. Saya pun bertanya kepada salah seorang jama’ah apakah saya boleh meminjam sarung tersebut untuk shalat. Setelah medapatkan jawaban boleh, saya segera masukkan sepeda motor ke tempat parkir yang seharusnya, lalu bersuci, berwudhu, kemudian shalat maghrib.

Selepas shalat maghrib, saya bisa melanjutkan perjalanan dengan tenang.

Terima kasih kepada DKM masjid ataupun jama’ah yang telah menyediakan kain sarung yang bisa digunakan oleh orang-orang yang mengalami kondisi seperti saya sore itu.

20 respons untuk β€˜[Terima Kasih] Masjid Bersarung’

  1. tinsyam April 16, 2013 / 08:46

    kenapa ga bawa sendiri sarung taroh di “laci” motor gitu..
    kebanyak adikadik dan sodara daku kemanamana bawa sarung tuh.. jadi kalu mo mampir ke mesjid dimanapun ga longo-longo lagi tempat sajadah ato tempat mukena.. kalu ga sempet mereka pasti tanya ke tempat mukena minjem sarung..

    • jampang April 17, 2013 / 05:29

      karena biasanya nggak ada kecelakaan itu, mbak. jadi shalat langsung aja… nggak nyari2 sarung segala πŸ˜€

    • jampang April 17, 2013 / 05:29

      sengaja, mbak….. πŸ˜€

  2. tipongtuktuk April 16, 2013 / 11:08

    wah, tampaknya memang harus menyediakan kain sarung di mushala, ya …
    harus beli, ah … he he he …

    • jampang April 17, 2013 / 05:31

      ya…. buat jaga2, kang πŸ™‚

  3. diah indri April 16, 2013 / 11:30

    Kalo kefefet pake mukena bawahan pak πŸ˜€

    • jampang April 17, 2013 / 05:22

      xixixixixi…. bisa rame donk masjidnya…. pada ngeliatin saya πŸ˜›

  4. Julie Utami April 16, 2013 / 11:41

    Ya ampun, saya pikir masjidnya ditutupin sarung raksasa di kubahnya, makanya dijudulin “Masjid Bersarung”. Analoginya “Syaikhan Bersarung” artinya dia pakai sarung bukan pakai celana pendek atau celana panjang hehehehe………

    • jampang April 17, 2013 / 05:22

      sengaja biar penasaran bunda πŸ˜€

  5. ibuseno April 16, 2013 / 12:45

    hihihi… iya saya kira juga mesjidnya yg bersarung.. ternyata di mesjid disediakan sarung.. mungkin blm banyak ya mesjid yg nyediakan sarung, kalau yg nyediakan mukena kan sdh banyak..

    • jampang April 17, 2013 / 05:24

      sepertinya begitu. kan laki2 pakaiannya yg dikenakannya biasanya sudah cukup syarat menutup aurat buat shalat. buat perempuan biasanya belum

  6. Nabura Cruise April 16, 2013 / 13:01

    hampir semua mesjid/musola yg anedatangi ada sarung, pas ente bisa ga dapet ya :). Iya tuh bang Jampang , bawa sarung aje.

    BTW, ni exMPer semua yg komen di atas ya ? πŸ˜€

    • jampang April 17, 2013 / 05:25

      ya… mungkin nasibnya sudah begitu… diterima aja πŸ˜›

  7. nengwie April 16, 2013 / 13:04

    Betul kata mbak Indri..kefefet pisan mah..pake bawahan mukena aja..:D

    Betul juga kata mbak Tintin… harus sediain sarung bersih dan dibawa kemana-mana.

    Enak ya komentarnya cuma nambahin Betul πŸ˜€

    • jampang April 17, 2013 / 05:26

      iya nih…. mungkin yang komentar sibuk bikin menu oncom πŸ˜€

  8. thebimz April 16, 2013 / 14:05

    iya pake mukena aja mas, haha

    • jampang April 17, 2013 / 05:26

      wekssss….

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s