‘Harta Karun’ Itu Akhirnya Muncul Juga

ilustrasi : http://antialiasfactory.deviantart.com

“Kira-kira kenapa disebut harta karun?” Tanya seseorang kepada saya dan beberapa teman lainnya.

Tak ada yang menjawab.

“Itu adalah hartanya si Qarun yang dulu terkubur di dalam tanah kemudian muncul dan ditemukan orang. Makanya ketika ditemukan disebutlah harta karun. Hartanya Si Qarun!” Jawabnya sambil tertawa.

Entah kapan persisnya dialog yang penuh canda itu terjadi, sepertinya ketika saya masih anak-anak, atau mungkin ketika duduk di bangku sekolah menengah pertama.

Iseng-iseng saya mencari definisi kata ‘harta’ dan ‘karun’ di Kamus Besar Bahas Indonesi online dan menemukan keterangan berikut :

harta /har·ta/ n 1 barang (uang dsb) yg menjadi kekayaan; barang milik seseorang; 2 kekayaan berwujud dan tidak berwujud yg bernilai dan yg menurut hukum dimiliki perusahaan;

karun /ka·run/ n 1 orang yg kaya raya pd zaman Nabi Musa a.s., yg akibat kesombongannya ia dan harta bendanya tertimbun tanah; 2 ki tidak diketahui asal-usulnya (tt harta temuan dsb): salah seorang penduduk menemukan harta — dl ladangnya; 3 ki tidak sah (tt pemerolehan atau pendapatan);

— karun 1 harta benda yg tidak diketahui pemiliknya; 2 harta benda yg didapat dng tidak sah;

Saya tidak akan bercerita tentang harta karun. Saya juga belum pernah menemukan yang namanya harta karun. Tetapi rezeki yang saya dapatkan bisa diibaratkan mendapatkan harta karun. *LEBAY*

Sebagai seorang pegawai, saya mendapatkan gaji bulanan yang langsung ditransfer ke rekening tabungan. Saya pun mendapat selembar slip gaji yang berisi jumlah gaji kotor, potongan-potongan, serta jumlah gaji bersih. Jumlah gaji yang saya terima tersebut sering mengalami perubahan. Semisal karena adanya kenaikan gaji atau pun karena kenaikan pangkat, golongan, atau jabatan.

Selama ini, saya tidak pernah membanding-bandingkan antara jumlah gaji yang seharusnya saya terima, antara jumlah dalam surat keputusan kenaikan gaji, slip gaji, dan jumlah yang masuk ke dalam rekening. Karenanya saya tidak pernah merasa kalau gaji saya kurang dibayar. Saya pikir semuanya sudah pas.

Hingga suatu hari, seorang teman di bagian keuangan menanyakan soal pangkat dan jabatan saya saat ini. Ternyata gaji yang saya terima lebih sedikit dari yang seharusnya. Pasalnya, berkas saya terselip sehingga pegawai keuangan yang lama tidak sempat melakukan update data kepegawaian sesuai dengan kondisi jabatan saya terakhir.

Entah apa yang mendorong teman saya yang sebelumnya pernah bekerja di bagian yang sama dengan saya selama beberapa waktu untuk melakukan pengecekan dan kemudian menemukan data bahwa nilai gaji saya tidak up to date. Sesuai dengan penjelasannya, saya pun melengkapi berkas yang diminta. Tidak banyak. Hanya selembar salinan surat keterangan kenaikan pangkat terakhir yang berlaku sejak Agustus 2009. Proses selanjutnya, teman saya yang memproses. Saya hanya tinggal menunggu dan menunggu. Menunggu rejeki nomplok, kata teman saya itu.

Alhamdulillah, akhirnya, rapelan atas kekurangan gaji selama kurang lebih 3,5 tahun itu masuk rekening.

Alhamdulillah, ternyata saya punya tabungan selama 3,5 tahun. Mungkin, jika saya terima gaji saya penuh sejak waktu yang seharusnya, saat ini, saya tidak memiliki uang tambahan sejumlah yang saya terima itu.

Alhamdulillah…

28 respons untuk ‘‘Harta Karun’ Itu Akhirnya Muncul Juga

  1. herma1206 Agustus 16, 2013 / 17:35

    alhamdulillah…kebahagiaan itu hrs dibagi2….berhubung udh dipublish, yg baca ama yg komen hrs dapat nih..minimal traktiranlah… 😀

    • jampang Agustus 17, 2013 / 20:09

      jadiii….. kapan kita kemana?

      😀

      • herma1206 Agustus 17, 2013 / 20:13

        hehehe…harus nunggu libur lagi dunk, ke bojong gede.. 😀

      • jampang Agustus 17, 2013 / 20:15

        😀
        nggak ah…. kejauhan

      • herma1206 Agustus 17, 2013 / 20:18

        resiko yg nraktir itu mah.. 😛

      • jampang Agustus 17, 2013 / 20:19

        nggak jadi kalau begitu 😀

      • herma1206 Agustus 17, 2013 / 20:24

        *manyun di pojokan…

      • jampang Agustus 17, 2013 / 20:26

        *pamer habis makan enak

      • herma1206 Agustus 17, 2013 / 20:29

        *huaaaa….bukan manyun lagi… dah nangis darah…

      • jampang Agustus 17, 2013 / 20:35

        *pura2 nggak liat. cuek

      • herma1206 Agustus 17, 2013 / 20:41

        ya sudah.. *hapus air mata darah, berdiri..jalan pulang, nyari yg lain yg mau traktir.. 😛

      • jampang Agustus 17, 2013 / 21:19

        selamat mencari 😀

      • jampang Agustus 18, 2013 / 06:50

        😀

  2. quinque Agustus 16, 2013 / 18:14

    di transfer kembali lagi yaa kang hehe 😀

    • jampang Agustus 17, 2013 / 20:07

      iyah…. ditambahin yang kurang2 😀

  3. fenny Agustus 16, 2013 / 18:55

    Alhamdulillah … Perlu no rek saya ngga ka? Brgkl ja rek nya ngga muat … Hehehe 😀

    • jampang Agustus 17, 2013 / 20:07

      😀
      sepertinya masih cukup buat nampung

      • fenny Agustus 17, 2013 / 21:59

        Sapa tau aj udh gk nampung gt..
        *ngarep.com..
        🙂

      • jampang Agustus 18, 2013 / 06:52

        😀
        rekening saya ada beberapa, jadi masih bisa dialihkan ke rekening pribadi, belum ke rekening orang lain

      • fenny Agustus 18, 2013 / 19:35

        🙂

      • jampang Agustus 18, 2013 / 20:39

        😀

    • jampang Agustus 22, 2013 / 07:41

      sesuatuuuu 🙂

  4. danirachmat Januari 29, 2014 / 14:33

    Hueeee. Bisa ya Bang keselep gitu. *kok lama-lama keknya enak manggil Bang. 😀

    • jampang Januari 29, 2014 / 14:45

      karena pergantian pegawa. pegawai lama nggak ngasih estafet ke pegawai baru

      ya terserah enaknya aja manggil pake sebuatan apa 😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s