[Prompt #23] Katib

ilustrasi : http://shutterstock.com/

Katib. Itulah namaku. Aku termasuk orang yang tak banyak bicara. Aku lebih suka berbagi dengan kata-kata yang kutulis. Itulah sebabnya aku tak pandai bicara di depan orang banyak. Setidaknya, pengalamanku telah membuktikan bahwa diriku memang demikian.

Ketika aku duduk di bangku SMA, seorang guru meminta semua siswa di kelas menceritakan sekilas tentang profil masing-masing di depan kelas. Ketika tiba giliranku maju dan sudah berdiri di hadapan teman-teman sekelas, aku bingung tentang apa yang akan aku ceritakan.

Dalam kebingungan, aku teringat sebuah kejadian ketika aku duduk di bangku SMP. Aku kemudian bercerita bahwa pada suatu hari aku diminta oleh seorang guru untuk menceritakan tentang siapa diriku secara singkat di depan kelas. Karena tak terbiasa untuk bicara di depan banyak orang, aku pun bingung.

Dalam kebingunganku saat itu, aku teringat sebuah kejadian ketika aku duduk di bangku SD. Saat itu, aku diminta untuk memperkenalkan diri kepada semua teman-teman kelasku. Ketika aku berdiri di depan kelas, pikiranku kosong. Aku tak tahu apa yang akan kuceritakan. Aku bingung.

Ibu guru yang melihatku dalam kebingungan, akhirnya bertanya kepadaku dengan beberapa pertanyaan. Namun tak ada satu pun pertanyaan beliau yang bisa kujawab. Aku hanya terdiam. Mulutku seperti terkunci.

“Apa kamu bisa menuliskan jawaban yang tadi Ibu tanyakan?” Tanya Ibu guru.

Aku hanya memberikan sebuah anggukan kepala sebagai jawaban.

“Kalau begitu, tulislah tentang dirimu di sebuah kertas, lalu berikan kepada Ibu!”

Aku pun melangkah kembali ke tempat dudukku. Kuambil selembar kertas dari buku tulisku. Lalu kutulis apa yang ingin kuceritakan kepada teman-temanku.

Namaku Katib. Semula aku berpikir bahwa namaku berasal dari bahasa arab, sebab mirip dengan sebutan bagi orang yang bertugas menyampaikan ceramah ketika shalat jum’at. Seorang yang pandai berbicara di depan banyak orang. Nyatanya aku salah. Namaku memang berasal dari bahasa arab. Tetapi artinya bukan seorang pembicara, bukan pula penceramah. Katib itu artinya penulis.


Coretan FF lainnya :

Sebuah Kehilangan
Sebuah Kehilangan

Nyatanya, Aku Tak Bisa Melupakanmu!
Aku Tak Bisa Melupakanmu!

T. Angga
T. Angga

Takkan Ada 2 Cinta
Takkan Ada 2 Cinta

Decoy
Decoy

108 respons untuk ‘[Prompt #23] Katib

  1. tinsyam Agustus 28, 2013 / 18:23

    baru tahu katib artinya penulis..

    • jampang Agustus 28, 2013 / 19:39

      iya mbak. dari kata : kataba (menulis) – kaatibun (penullis)

      beda dengan kata : khothaba (berbicara) – khoothibun (pembicara)

      • Dinar Zul Akbar Agustus 28, 2013 / 22:09

        1. خطَب-يخطُب
        2. خطب-يخطِب

        khothoba-yakhthubu : berkhutbah
        khothoba-yakhthibu : melamar

        kalo jadi mashdar yg no. 1 jadi khutbah, yang no.2 jadi khitbah

      • jampang Agustus 29, 2013 / 05:14

        ah iyah…. terima kasih atas tambahannya 🙂

  2. eksak Agustus 28, 2013 / 19:13

    .Hehe.. Mantep! Katibun emang bukan khotibun .. Keren! Gue suka gaya penyampaiannya! 🙂

    • jampang Agustus 28, 2013 / 19:40

      😀
      terima kasih, terima kasih

  3. Rief Agustus 28, 2013 / 19:47

    Hehe sesuai dg arti namanya,,,
    Smoga jadi penulis yg sukses ya sob. 🙂

  4. Rief Agustus 28, 2013 / 19:48

    Sesuai dg Namanya,,,
    Semoga menjadi penulis sukses ya sob 🙂

    • jampang Agustus 28, 2013 / 19:58

      terima kasih. tapi ini cerita fiksi koq 😀

    • jampang Agustus 29, 2013 / 05:12

      kenapa?
      koq wah?

      • jampang Agustus 29, 2013 / 05:20

        xixixixixi…. terima kasih… terima kasih

  5. linda Agustus 28, 2013 / 20:09

    saya ketawa pas baca insiden lupa pas SMP dan SD itu hehehe lucu ff ini

    • jampang Agustus 29, 2013 / 05:12

      terima kasih, mbak 🙂

  6. deetie Agustus 28, 2013 / 22:27

    pandai menulis… berarti tak pandai berbicara.. klo gt ngobrolnya surat2an ya pak… hehehe

      • deetie Agustus 29, 2013 / 20:46

        udah dibaca….
        krg romantis masa pke sms c… gk tau dunkz ekspresi cara suami blg tu enak…
        lbh suka sama suami yang blg kata2 romantis lwt mulutnya sendiri… karena sekecil apapun atau kata-kata yang sedikit lebih membekas di banding hanya sms yg mgkn bs terhapus kpn saja.. tapi kalo dengan ekspresi mgkn memori tu tidak akan hilang….
        tu c menurut saya… 😀

      • jampang Agustus 29, 2013 / 20:51

        di cerita itu kan masih masa pengantin baru. mungkin masih malu 😀

      • deetie Agustus 29, 2013 / 21:17

        nah itu baru romantis… romantis bgt malah…
        jadi berbinar2 bacanya…hehehe.
        kaya adegan ftv.. 🙂

      • jampang Agustus 29, 2013 / 21:21

        ya… asal bersabar aja sama pasangan nanti. yg nggak romantis bisa jadi romantis…. cuma perlu waktu yang nggak sebentar

      • deetie Agustus 29, 2013 / 21:35

        denger kata romantis udh biasa… tp perlakuan romantis yang blm biasa.. ya kan gak setiap org bs romantis.. tergantung dr segi mana qta menilai keromantisan pasangan qta.. mgkn aja ketika sendok mkn kita terjatuh lalu kemudian pasangan qta berdiri lalu menunduk untuk mengambilkannya tu bisa aja dibilang romantis.. ya gak?
        hehehe
        *sok tau bgt ya.. 😛

      • jampang Agustus 29, 2013 / 21:45

        yup…. ukuran romantis memang beda2 bagi setiap orang. yg penting adalah bagaimana memahami pasangan itu sendiri, baik ketika romantis ataupun nggak

      • deetie Agustus 29, 2013 / 21:53

        jika suami tdk bisa romantis ya knpa gk klo istri yang romantis duluan.. gk ada salahnya kan.. hehehe
        iya ga bang??

      • jampang Agustus 29, 2013 / 21:57

        iye po’ siapa aja bisa duluan 😀
        nggak perlu antri….

        lho?

      • deetie Agustus 29, 2013 / 22:00

        lho koq jadi keantrian??? hahaha 😀

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:13

        xixixixi…. iya yah. gpp…. masih nyambung. kalau nggak…. ya disambung2in

      • deetie Agustus 29, 2013 / 22:29

        kya tali aje bang pake disambung2..
        jgn2 abang juga mo nyambungin hati abang ke hati aye lagi bang…
        hahahaha 😀
        kidding 😉

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:31

        😀

        tahu aje si mpo’

        #eh

      • deetie Agustus 29, 2013 / 22:40

        aduh..aduh.. jadi enak aye… pgimana dah..
        sambungnye pke roti buaya aje apa ye yang enk…
        hehehe …:D

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:44

        emang roti buaya enak yeh?
        perasaan keras dan tawar rasanye…. ato udah berubah?

      • deetie Agustus 29, 2013 / 22:49

        pan tradisi betawi pke roti buaya bang…
        tau dah tu roti enk apa kaga .. aye mah kaga pernah nyobain..
        yang terakhir aye liat c dalemnya ada coklatnya…

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:51

        wah… kalau begitu udah berubah kali yeh. enak kayanya kalau ada coklatnya 😀

      • deetie Agustus 29, 2013 / 22:57

        iya kali ya… krg tau jg tuch..
        wkt tu prnah bli anak buayanya isinya coklat jg.. lmyn enk c..
        di daerah kbayoran lama.. coba aja si abang mampir ke toko roti yang dkt pasar situ…kalo mo cobain si anaknya.. 🙂

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:59

        oooo…. yg kecil.
        belum pernah lihat juga.
        jadi mau dibawain yang kecil aja?

        😀

      • deetie Agustus 29, 2013 / 23:04

        yang kecil krg seru bang bwt dimakan se RT…
        kalo bs yang 2meteran lebih bang… hahaha 😉

      • jampang Agustus 29, 2013 / 23:05

        nah yang segitu emang mantep…. apalagi bawa sepasang 😀

      • deetie Agustus 29, 2013 / 23:17

        yoooii bang.. pke iringan marawis n sambutan petasan yang jedar jedor dah…. di tambah petasan teko….
        hahaha 😀
        *lho?? 😀

      • jampang Agustus 30, 2013 / 10:38

        wuih….. kayanya pernah nulis tentang acara beginian…

      • deetie Agustus 31, 2013 / 22:58

        masa dah??
        nulis apa tu??

      • deetie September 1, 2013 / 21:11

        betawi punya gaye ye bang…
        hafal aj tu bang pantunnye…

      • jampang September 1, 2013 / 21:12

        pantunnya mah bikin sendiri lah. nggak mungkin hafal pas acara balas pantun antara jawara ngelawan palang pintu

      • deetie September 1, 2013 / 21:22

        kirain si abang yang ikutan jd jawaranya… ampe hafal gt..
        hehehe 🙂
        kayanya di kampungan abang lg byk yg hajatan juga tu.. sapa tau bs ikutan jd jawaranya bang… 🙂

      • jampang September 1, 2013 / 21:23

        udah jarang yang pake palang pintu. ribet kali. jadi ya… yang penting-penting aja… yang penting kan akad nikahnya, yang lain nggak ada ya nggak ape2

      • deetie September 1, 2013 / 21:34

        tapi ya masuk tradisi n budaya bang.. harus dilestarikan itu..
        roti buaya aja msh ada bang… 🙂

      • jampang September 1, 2013 / 21:36

        roti buaya sih masih.
        mungkin bagi orang dengan tingkat ekonomi yang tinggi, bisa menambahkan acara-acara seperti itu, tapi kalau yang pas-pasan…. kan malah jadi memberatkan.

      • deetie September 1, 2013 / 21:48

        iya juga c.. atau gk suruh aja keluarga pnganten pura2 berantem.. yang buatin puisinya si abang dech.. lbh ekonomis tu…
        hahaha 😛

      • jampang September 1, 2013 / 21:50

        😀
        kasihan yang ngerias kalau pengantennya berantem.

      • deetie September 1, 2013 / 21:57

        ya ga usah pengantennya juga kali yg berantem… hmmm

      • deetie September 1, 2013 / 21:59

        ya ga usah penganten nya juga kali bang yang berantem..hmmm

      • jampang September 2, 2013 / 06:05

        eh iya…. keluarganya yah… bukan pengantennya…. 😀

        gagal fokus

  7. kakaakin Agustus 28, 2013 / 23:32

    Katib terbelit dalam kebingungan dalam kebingungan.
    Syukurnya yang baca nggak ikutan bingung 🙂

    • jampang Agustus 29, 2013 / 05:19

      soalnya yang nulis juga kebingungan 😀

  8. redronal Agustus 29, 2013 / 05:35

    berarti yg sekarang jadi mentri keuangan gak cocok yah..cocoknya jadi penulis hehe..

    • jampang Agustus 29, 2013 / 09:15

      sepertinya bukan diawali huruf KAF tapi guruf KHA. jadi sepertinya bukan penulis 😀

  9. penuhcinta26 Agustus 29, 2013 / 06:00

    Beda ‘k’ dan kh’ ya. Bagus, Ki, cerpennya.

    • jampang Agustus 29, 2013 / 09:15

      iya mbak. terima kasih 🙂

  10. Bunda Aisykha Agustus 29, 2013 / 06:46

    katib oh katib,,nama itu doa,,manjur bgt ya doa ortunya katib,,he he,,bagus 🙂

    • jampang Agustus 29, 2013 / 09:15

      iya… nama adalah doa 🙂

  11. herma1206 Agustus 29, 2013 / 08:41

    ide kebingungannya katib bagus tuh..malah jdi cenderung lucu…suka deh..
    ini FF lomba2 gitu lagi ya..???

    • jampang Agustus 29, 2013 / 09:16

      bukan ini yang monday flash fiction

      • herma1206 Agustus 29, 2013 / 09:27

        byk yg gak keburu..kelewatan semua DLnya..hiks.. 😦

      • jampang Agustus 29, 2013 / 09:35

        ya nggak wajib. jadi nggak apa2 nggak ikutan juga 😀

      • herma1206 Agustus 29, 2013 / 09:51

        iya sih…cm sayang aja dan mupeng liat org bisa tiap hari bisa posting..hebat iih..*curcol

      • jampang Agustus 29, 2013 / 10:58

        ya gampang cara ngatasin mupengnya. nggak usah dilihat aja postingannya 😀

      • herma1206 Agustus 29, 2013 / 11:17

        hmm…gak ada solusi lain apa yak 😛
        ngeliat2 postingan org itu kan buat mempertahankan ghiroh menulis….ciee bahasanya 😀

      • jampang Agustus 29, 2013 / 11:48

        😀

        ya kalau gitu harus sering update info dengan mantengin blog ini atau blog sumbernya 😛

      • herma1206 Agustus 29, 2013 / 13:20

        Woke deh..dipantengin teruslah…ato klo ada info kabar kabari yak, yg pnting update info 😀

      • jampang Agustus 29, 2013 / 13:25

        tapi blog ini bukan blog berita dan informasi 😀

      • herma1206 Agustus 29, 2013 / 13:32

        Tadi katanya disuruh update infonya dgn mantengin blog ini..kumaha ieu tah si abang Jampang.. 😛
        Apa sy yg gagal paham yak 😀

      • jampang Agustus 29, 2013 / 13:38

        pantengin ya tulisannya. kalau infonya ya di blog sumbernya langsung atau join group fbnya 😛

      • herma1206 Agustus 29, 2013 / 13:48

        Blog sumber ama fb-nya gak tau..gak ada linknya..Eh, tpi dlu kan pernah ikut mondayFF, itu bisa ngelink ke sana…tapi..kok bisa gk dpt update-an info ya..au ah binun..Jrg buka fb juga..

      • jampang Agustus 29, 2013 / 13:53

        kalau udah join FBnya mah pasti dapat info, solanya selalu banyak yang ngirim ke grup tersebut

      • herma1206 Agustus 29, 2013 / 14:01

        Iya..mgkn dlu gak join fb, kelupaan. Atau mgkn udh join, tpi kelewat infonya..

      • jampang Agustus 29, 2013 / 14:39

        nah…. mungkin begitu 😀

  12. ayanapunya Agustus 29, 2013 / 08:46

    belum pernah dengar ada orang yang namanya katib. hehe

    • jampang Agustus 29, 2013 / 09:16

      😀
      baru saya yang menemukan nama itu, mbak

      • jampang Agustus 29, 2013 / 09:33

        xixixixixi…. soalnya diminta judulnya nama orang 😀

      • jampang Agustus 29, 2013 / 10:49

        ini yang waktu saya bilang itu mbak di modayflashfiction blogspot

        terima kasih infonya, mbak.

      • ayanapunya Agustus 29, 2013 / 10:58

        dipikir postinya harus hari senin 😀

      • jampang Agustus 29, 2013 / 11:41

        sepertinya rabu 😀

      • jampang Agustus 29, 2013 / 11:48

        eh… lombanya duet mbak 😀

      • jampang Agustus 29, 2013 / 11:53

        saya nggak ada ide mbak. jadi mungkin rugi kalau berudet sama saya 😀

        *pedebangetbakaldiajakduet*

      • ayanapunya Agustus 29, 2013 / 11:55

        Wkwkwk. Siapa ya yang bisa diajak duet? Tapi saya jg blm ada ide sih 😀

      • jampang Agustus 29, 2013 / 12:26

        mbak saya ada ide….. gimana kalau cerita tentang…..

        &^%$*^%^^*^&^)*()&^&%^&

      • ayanapunya Agustus 29, 2013 / 12:38

        Bahasa planet apa tuh? *cek gugel translate

      • jampang Agustus 29, 2013 / 12:50

        sudah ketemu kan artinya?

        tapi sepertinya nggak cocok yah 😀

      • jampang Agustus 29, 2013 / 12:57

        😀

  13. Matris Agustus 29, 2013 / 09:12

    semoga Katib jadi katib yang sukses ya… 🙂

    • jampang Agustus 29, 2013 / 09:18

      😀 aamiin

  14. riga Agustus 29, 2013 / 15:09

    ceritanya luruuuuuuus banget. 🙂

    • jampang Agustus 29, 2013 / 15:14

      iya… soalnya kalau belok-belok takut mentok 😀

    • jampang September 1, 2013 / 20:50

      iyah… bukan pembicara 😀

    • jampang September 2, 2013 / 12:51

      iya… yang bikin juga sempat bingung 😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s