Arti Kehadiranmu

hadir /ha·dir/ v ada; (ada) datang
kehadiran /ke·ha·dir·an/ n perihal hadir; adanya (seseorang, sekumpulan orang) pd suatu tempat.

“Saya sedang mencari teman. Ini nomor handphone saya 08XXXXXXXX. Telepon saya, yah. SMS saya, yah.”

Kalimat itu tertulis di atas selembar uang sepuluh ribuan. Seseorang yang menuliskannya mungkin berada dalam kesendirian dan sangat membutuhkan seorang kawan. Tapi bisa juga, seseorang yang menuliskannya hanya meluapkan kejailannya.

Namun, terlepas dari kedua kemungkinan itu, setiap orang pastilah membutuhkan seorang teman, kawan, ataupun sahabat. Kehadiran mereka sangatlah penting. Tak hanya untuk berbagi duka, tetapi juga bahagia. Sepakat?

indahnya menjadi dukafriends
angan bahagia adalah hampa
nirwana hanyalah hayal belaka

irama hari terasa sunyi
lagu pesona tak terdengar lagi
alunan kidung jiwa tak berhari
ratap sukma memilukan hati

Penggalan puisi itu saya buat ketika masa SMU. Ketika itu, sepertinya, saya Sedang merasakan ketidakhadiran seorang teman walaupun dia selalu hadir di depan saya. Dia duduk tepat di depan meja saya. Dia yang beberapa hari sebelumnya selalu ramah, tersenyum, dan kerap kali bersenda-gurau dengan saya, entah kenapa tiba-tiba menjadi pendiam. Kalau saya tidak berlebihan menilai sikapnya itu, ia menjadi sinis serta kerap kali membuang muka jika berpapasan dengan saya.

Pengalaman saya tersebut, walaupun tidak sama persis, ternyata pernah dialami juga oleh seorang teman saya di kantor lama. Teman saya itu mengirimkan SMS yang menceritakan tentang suasana di kantor. Keadaan yang berbeda mulai dia rasakan ketika terjadi mutasi pegawai. Teman-teman dekatnya semuanya pindah ke kantor baru. Kini di tempat kerjanya telah hadir orang-orang baru yang belum pernah dia kenal.

Saya sempat mengatakan kepadanya kalau itu merupakan suatu kebaikan karena dia akan mendapatkan teman-teman baru dan akan mengenal orang-orang yang sebelumnya tidak pernah dia temui. Tapi ternyata tidak. Statusnya yang hanya sebagai pegawai honorer agak sulit untuk mendapatkan suasana seperti yang dia dapatkan dari teman-teman sebelumnya.

Di lingkungan kerja yang baru tersebut agaknya pegawai honorer hanya dipandang sebelah mata oleh pihak lain. Padahal tanpa tenaga honorer, bisa jadi banyak pekerjaan yang sifatnya klerikal yang umumnya enggan dikerjakan oleh pegawai tetap (bukan honorer).

Sudah jatuh tertimpa tangga pula, mungkin tidak baik berpikir demikian, tapi ungkapan itulah yang setidaknya teman saya rasakan saat itu. Kehilangan teman-teman tempat berbagi cerita, suka dan duka, ditambah lagi harus berada di lingkungan yang tidak menyejukkan. Tapi dia coba bertahan karena ada selentingan berita bahwa akan ada penerimaan pegawai baru dalam hitungan beberapa bulan ke depan. Ada kesempatan baginya untuk mengikuti tes. Jika dirinya lulus, dia akan diangkat sebagai pegawai tetap.

Nyatanya nasib baik belum berpihak kepadanya. Dia akhirnya keluar dari tempat kerjanya.

Kabar terakhir yang saya terima, dia sudah membuka usaha warnet di rumahnya.


Seri Persahabatan lainnya :

Traktiran dan Hati Yang Perawan
Traktiran dan Hati Yang Perawan

Kalimat Yang Terpenggal, Makna Yang Terpental
Kalimat Yang Terpenggal, Makna Yang Terpental

Dalam Pencarian Seorang Sahabat
Dalam Pencarian Seorang Sahabat

Don’t Judge The Book From Its Cover
Don’t Judge The Book From Its Cover

Doa Siapa yang Dikabulkan?
Doa Siapa yang Dikabulkan?

73 respons untuk ‘Arti Kehadiranmu

  1. ayanapunya Agustus 29, 2013 / 19:24

    Yang sedih itu saat kita bahagia tapi ga ada teman buat berbagi

    • jampang Agustus 29, 2013 / 20:19

      dan kalau sudah banyak kejadian seperti itu, kiamat semakin dekat…. 😦

      • ayanapunya Agustus 29, 2013 / 20:42

        Beneran mas?

      • jampang Agustus 29, 2013 / 20:49

        hhmmm ada sebuah hadits yang mengisyaratkan tanda2 kiamat di mana di zaman itu tidak ada lagi orang yang mau menerima sedekah.

        eh… kalau tadi komentarnya nggak ada yah, bukan nggak mau….. xixixixixi

        *nyambung nggak yah*

      • ayanapunya Agustus 29, 2013 / 21:45

        komen yang mana, mas?

      • jampang Agustus 29, 2013 / 21:52

        komen mbak pertam kali.

      • ayanapunya Agustus 29, 2013 / 21:57

        ooo. tadi komen dari hape gagal melulu soalnya 😀

      • jampang Agustus 29, 2013 / 21:59

        tadi mbak bilang yang paling sedih itu kalau nggak ada yang nemenin ketika bahagis

      • ayanapunya Agustus 29, 2013 / 22:00

        bentar, saya kurang klik nih. komennya yang masuk ada berapa? 2 yah?

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:07

        sama yag terakhir ini jadi lima

      • ayanapunya Agustus 29, 2013 / 22:11

        Maksudnya ttg yg sedih itu. Kan tadi mas rifki bilangnya komennya nggak ada bukan nggak mau. Itu ada dua komen yg sama ya? *sepertinya wp sdg error

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:15

        “Yang sedih itu saat kita bahagia tapi ga ada teman buat berbagi” —> ini komen pertama mbak.

      • ayanapunya Agustus 29, 2013 / 22:20

        Ooo ngerti sekarang. Haha otak rada error hari ini 😀

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:23

        error buat nyiapin tulisan buat besok?
        xixixixixixi

      • ayanapunya Agustus 29, 2013 / 22:30

        Saya nggak nyetor yg besok. Nggak sempat nulis soalnya harus berangkat pagi. Browsernya juga lagi nggak bersahabat nih

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:32

        waduh…. dibikin malam ini aja. kalau kelewat, gugur kah?

      • ayanapunya Agustus 29, 2013 / 22:35

        tiga kali nggak nge-post baru gugur, mas.
        eh, nanya dong. mas rifki browsernya firefox apa chrome? ini firefox kok tiap buka laman selalu dialihkan ke halaman lain yak? pakai chrome juga susah bener. buka jurnal orang aja nggak bisa
        hedeh

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:37

        saya pake firefox mbak. pake chrome malah lambat.
        ke halaman lainnya apa? google yah?
        saya pernah ngalamin. halam yang dimaksud udah terbuka tapi statusnya masih proses… saya gak klik apa-apa, tiba halaman pindah ke alamat google

      • ayanapunya Agustus 29, 2013 / 22:41

        bukan. kayak halaman iklan itu. http://ww94.btosjs.info/ tiap kali buka web pasti larinya ke situ. iya. pakai chrome malah lambat 😦

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:47

        mbak buka sesuatu yang mengarahkan ke situ nggak?
        kejadian terakhir itu…saya buka notifikasi pas mbak ngasih link URL video youtube. nah, pas hari itu, setiap buka halaman… langsung dialihkan ke google untuk mencaria alamat youtubr. tapi setelah komentar mbak bergeser dan hilang karena ada komentar lain yang masuk… errornya juga hilang

      • ayanapunya Agustus 29, 2013 / 22:51

        Kayaknya nggak ada sih. Nggak tau kalau adik saya. Ini juga makanya nggak bisa nulis. Kalau di kantor sih baik2 aja tadi

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:53

        diclose aja dulu firefoxnya. terus buka lagi. atau ya… restart laptopnya nanti.
        biasanya kalau udah dimatiin, normal lagi.
        mudah2an sih bukan virus

      • ayanapunya Agustus 29, 2013 / 23:01

        Iya. Ini lagi dicoba restart dan instal ulang firefox-nya. Makasih sarannya mas

      • jampang Agustus 29, 2013 / 23:02

        sama-sama, mbak.
        yang jelas masalah firefox yg saya ceritain tadi, hilang sendiri 😀

      • jampang Agustus 29, 2013 / 23:04

        😀
        mudah2an beres lah

  2. herma1206 Agustus 29, 2013 / 19:28

    Saya butuh kehadiran seorg sahabat utk berbagi kebahagiaan,curhat, tmn jalan, diskusi, dll, klo berbagi suka dan duka ama suami aja… 😀

    • jampang Agustus 29, 2013 / 20:20

      hhmmmm…. jadi curhat tentang suami ke sahabat?

      • herma1206 Agustus 29, 2013 / 21:15

        ya gak lah klo curhat ttg suami mah..suami itu pakaian istri, istri pakaian suami, mslh intern dlm rumah tangga, ya cukup diantara mereka berdua aja, klo smp keluar sama aja membuka aib sendiri…*jiaah..knp jdi kayak penasehat pernikahan gini..xixixi..

      • herma1206 Agustus 29, 2013 / 21:27

        yeee…enak aja..sekali ini abang jampang salah… 😛
        klo teori ttg suami istri mah..cincailah..tpi teori doang, prakteknya gak segampang itu pastinya ya.. hehe..

        *siap meluncur 😀

      • jampang Agustus 29, 2013 / 21:39

        kirain gara2 baca itu.

        sipplah….kalau udah dapat ilmunya 😀

      • herma1206 Agustus 29, 2013 / 21:42

        ternyata sy udah baca dan udh komen di sana..jgn2 dpt ilmunya krn baca itu..*jadi malu..xixixi..

      • jampang Agustus 29, 2013 / 21:49

        😀

        tuh… bener kan apa yang saya bilang

      • herma1206 Agustus 29, 2013 / 21:52

        iya deeh… 😀
        tapi baguslah…sy bnyk dapat ilmu nih skrg dri mas Rifki.. 🙂

      • jampang Agustus 29, 2013 / 21:56

        alhamdulillah kalau memang blog ini bisa memberikan manfaat 🙂

      • herma1206 Agustus 29, 2013 / 21:59

        alhamdulillah.. 🙂
        oh iya..mhn doanya acara tgl 31 berjalan lancar yaa..nikahan adek 😀

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:12

        wah…. tinggal duahari lagi yah.

        semoga lancar…. aamiin

      • herma1206 Agustus 29, 2013 / 22:22

        yup..aamiin..
        makasih mas.. 🙂

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:25

        sama-sama, mbak

  3. fenny Agustus 29, 2013 / 20:04

    Sepakat …
    Hidup perlu teman n sosialisasi … Tp saat ini cr teman yg tulus itu susah … 🙂

    • jampang Agustus 29, 2013 / 20:20

      susah bukan berarti nggak ada atau nggak bisa

      • fenny Agustus 29, 2013 / 21:44

        Trus susah berarti apa dong? :/

      • jampang Agustus 29, 2013 / 21:50

        susah ya…. susah. emang artinya itu

      • fenny Agustus 29, 2013 / 22:15

        Terus susah apa artinya?
        Susah dicari kah?
        Atau emg susah untuk diliat teman yang tulus?

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:17

        susah dicari…. bukan mustahil nggak ketemu.

        pasti akan ketemu… meski nggak gampang

      • fenny Agustus 29, 2013 / 22:35

        Berharap akan segera datang teman yang benar2 jadi teman.. Doakan ya…

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:42

        *mengaminkan*

  4. Imam Sujaswanto Agustus 29, 2013 / 20:31

    Saya sering sekali menulis tetang arti indah sebuah persahabatan.

    Dengan harapan mereka selalu menemani saat suka dan suka.

    Salam persahabatan dari Kota Kecil Jember Mas.

    Tulisannya inspiratif sekali..

    • jampang Agustus 29, 2013 / 20:47

      terima kasih sudah berkunjung. salam dari jakarta 🙂

  5. nitaninit kasapink r ror Agustus 29, 2013 / 20:43

    yg paling asik, membuat semua keadaan menjadi hal yg asik, walaupun sebenarnya ga banget… caranya?? senyum ajaaaaa… hiks! hloooh?? haha 😀

    salam sik asik senyum, ndan!

    • jampang Agustus 29, 2013 / 20:49

      koq kaya lagu ayu ting ting 😀

  6. pudja Agustus 29, 2013 / 21:08

    bersahabat kan tak selalu dgn manusia, brsahabat dgn kesendirian pun bisa jadi,
    halah hhe….

    • jampang Agustus 29, 2013 / 21:19

      bisa… bisa… bisa jadi tetep sendiri 😀

  7. deetie Agustus 29, 2013 / 21:45

    sahabat tu penting bgtz.. selain bwt curhat tp bs jg bwt berbagi pnglmn.. tmn yang ada saat senang tu byk.. tp tmn yang saat susah tu hnya sedikit… arti sahabat yang bnr2 sahabat tu adalah tmn yg sll ada saat sng ataupun ssh.. sahabat yang baik tu mau menerima qta apaadanya dgn menasihati kekurangan yang qta miliki bkn menjelekkan kekurangan qta..
    🙂

    • jampang Agustus 29, 2013 / 21:51

      yupz… bener bangetz 🙂

      • deetie Agustus 29, 2013 / 21:57

        sok dewasa bgtz ya kata2nya… hahaha:D

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:00

        😀
        iya yah…. padahal masih ABG. sepertinya dewasa sebelum waktunya 😛

      • deetie Agustus 29, 2013 / 22:04

        ABG karbitan kayanya.. hehehe
        ngikutin zaman yang semua serba karbitan.. 😀
        tapi aye bkn pengikut ABG yg suka meneriakkan LALALALA YEYEYEYE kaya yang di stasiun tv tu lho.. hehehe

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:14

        syukurlah….. 😀

      • deetie Agustus 29, 2013 / 22:24

        habis aye mo dftr jdi ABG gt katanya umurnya udah ketuaan…
        hahaha 😀

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:26

        😀
        nggak lolos yah?
        ya…. umur emang nggak bisa bohong

      • deetie Agustus 29, 2013 / 22:32

        maklum lah bang muka c ABG tp umur terlalu lwt dr ABG..
        hahaha
        😀

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:35

        lewat mana, belakang atau depan?

        😀

      • deetie Agustus 29, 2013 / 22:45

        ABG 17 lwtin dpn 8 dah bang… hehehe
        jd kaga lolos dah aye..
        hahaha

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:49

        oooo…. 25, masih muda itu mah 🙂

      • deetie Agustus 29, 2013 / 22:52

        jadi enak dibilang muda… 😀
        segitu muda ya bang?? tuanya semana bang??

      • jampang Agustus 29, 2013 / 22:57

        seumuran nyak dan babe mpo’

        😀

      • deetie Agustus 29, 2013 / 22:59

        hehehehe… si abang bs aje.. 🙂

      • jampang Agustus 29, 2013 / 23:01

        ya bisa donk 😀

  8. BlogS oF Hariyanto Agustus 29, 2013 / 22:27

    terkadang..cara pandang kita berbeda dengan cara pandang orang lain,, ..dan itu biasanya yang membuat perubahan dalam diri seseorang terhadap kita…namun saya salut dengan orang yang rela melepas harapannya untuk jadi CPNS dan mulai membuka usaha sendiri., dengan demikian berarti orang itu berhasil menjadi orang yang mandiri dengan menciptakan lapangan kerja sendiri,,,…..salam 🙂

    • jampang Agustus 29, 2013 / 22:56

      dan itu menciptakan sebuah pilihan masing-masing orang. yang penting adalah, pilihan tersebut tidak merugikan orang lain dan bisa dinikmati

      salam kenal 😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s