[Jangan] Jadikan Aku yang Kedua!

…..
jadikan aku yang kedua
buatlah diriku bahagia
walau pun kau takkan pernah
kumiliki selamanya

[Jadikan Aku yang Kedua – Astrid]

*****

internet explorerPernah merasa diduakan? Atau pernah berkeinginan menjadi orang kedua seperti lirik lagu di atas?

Nyatanya, tulisan ini bukan bercerita tentang seseorang yang diduakan oleh pasangan atau oleh teman karena ada sosok lain yang lebih dipentingkan daripada dirinya. Lirik dan pertanyaan di atas tidak terkait dengan kalimat-kalimat berikutnya dalam tulisan Ini. sebab, jika terkait dengan lirik dan pertanyaan di atas, maka yang menduakan adalah seseorang. Seseorang yang hidup. Seseorang yang dikenal. Namun kondisi yang dimaksud menjadi orang kedua dalam tulisan ini adalah ketika seseorang diduakan karena kehadiran sebuah benda mati.

Bingung? Begini gambarannya…

Suatu ketika saya bekerja dalam sebuah kelompok yang terdiri dari tiga orang. Kami duduk melingkari sebuah meja. Saya berada di tengah. Di hadapan saya ada sebuah laptop.

Saya bertugas untuk mengetik apa yang menjadi kesepakatan kelompok atas masalah atau pernyataan dalam file dokumen yang sedang ditampilkan di layar.

Saya bacakan pernyataan yang terlihat di layar. Setelah selesai membacakan pernyataan, saya tanyakan kepada kedua rekan anggota kelompok di sisi kanan dan saya.

Ternyata, keduanya tidak langsung nenanggapi pernyataan yang saya bacakan. Rekan di sebelah kanan saya sedang asyik berkomunikasi melalui androidnya, sementara rekan di sebelah kiri sedang asyik BBM-an.

Suatu ketika, laju kendaraan sepeda motor saya terhenti karena adanya kemacetan atau lampu lalu-lintas yang menyala merah. Saya berhenti tepat di sebelah sebuah taksi yang berpenumpang dua orang di bangku belakang. Melalui kaca jendela, saya bisa melihat apa yang dilakukan kedua penumpang tersebut. Biasanya, atau mungkin dahulu, kedua penumpang mungkin akan ngbrol satu sama lain dengan komunikasi lisan. Tetapi saat itu saya melihat salah satu atau kedua penumpang tersebut sedang asyik menunduk dengan gadget di tangannya.

Seperti itulah kondisi yang menggambarkan judul postingan ini, second person. Nyamankah? Tentu tidak.

Sebuah teknologi yang mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Sebuah komunikasi di mana tampilan emoticon yang menjadi wakil dari ungkapan emosi. Padahal emoticon itu tidak bisa mewakilkan sekian persen dari mimik wajah atau getar suara yang terlihat dan terdengar manakala dua orang sedang berkomunikasi secara berhadap-hadapan. Sebuah komunikasi di mana susunan aksara terkesan lebih penting daripada wujud manusia yang berada di hadapan atau di sisi.

Saya jadi teringat dengan sebuah kalimat tentang penggambaran interaksi orang-orang dengan gadget di tangan yang diucapkan oleh seorang penceramah. Adalah sepasang suami-istri yang sudah siap untuk beristirahat di kamar tidur. Sang suami duduk di sisi kanan tempat tidur sementara sang istri duduk di sisi kiri. Keduanya bersebelahan. Keduanya berdekatan. Namun tak ada kata-kata yang keluar dari mulut keduanya. Yang ada hanyalah suara keypad BB yang dipencet oleh sang istri dan suara virtual keyboar yang di-touch oleh suami di layar androidnya.

Seperti itukah kita sekarang? Mungkin video ini bisa menjadi sebuah pembelajaran.

Ketika kita tak ingin diduakan, maka janganlah menduakan!


75 respons untuk β€˜[Jangan] Jadikan Aku yang Kedua!’

  1. ayanapunya September 2, 2013 / 17:08

    Saya juga sekarang sedang berusaha untuk nggak melulu nengok hape kalau lagi ngobrol sama orang. Yah masih sering ngecek sih. Cuma jedanya diusahakan lbh lama dari biasanya

    • jampang September 2, 2013 / 19:37

      kayanya nggak enak ya kalau nggak ngecek HP. takut ada pesan masuk nggak sempet dibaca

      xixixixixixi

      • ayanapunya September 2, 2013 / 19:51

        Bukan pesan. Notifikasi dari berbagai sosmed πŸ˜€

      • jampang September 2, 2013 / 19:56

        ah…. iya, itu maksud saya πŸ˜€

        *ngeles*

      • jampang September 2, 2013 / 20:06

        cara mudah untuk menguranginya adalah dengan paket irit. jadi koneksinya dibuka kalau lagi pengen liat aja. nggak tiap pesan…. eh notifikasi masuk. makanya sering kabur duluan πŸ˜€

      • ayanapunya September 2, 2013 / 20:12

        saya malah nambah quota dari yang dulu. pernah pakai setting yang paket data-nya mati kalau nggak dipakai. stress sendiri karena harus nyalain tiap mau internetan πŸ˜€

      • jampang September 2, 2013 / 20:23

        emang susah ngaktifinnya? di HP saya cuma tap sekali aja buat on dan off koneksi internetnya.

      • ayanapunya September 2, 2013 / 20:30

        dua kali tap. yang satu buat persetujuan lagi. kalau samsung emang tinggal sekali tap

      • ayanapunya September 2, 2013 / 20:50

        tetap aja ribet
        *ngeles πŸ˜€
        ntar saya baca yak

      • jampang September 2, 2013 / 20:57

        πŸ˜€

        okeh

      • ayanapunya September 2, 2013 / 21:22

        bagus kok review-nya. saya belum baca buku-buku itu sih jadinya nggak bisa ngasih pendapat. hehe

      • jampang September 2, 2013 / 21:41

        emangnya bisa dibilang review yg kaya gitu yah?

        *jadi enak*

      • ayanapunya September 2, 2013 / 21:49

        bisa aja kok. review kan suka-suka kita. tapi kalau mau bilang resensi beneran baru tuh ada aturannya. hehe

      • jampang September 2, 2013 / 21:53

        yang saya tahu review itu harus mengulas kelebihan dan kekurangan buku. bukan cuma menggambarkan bagian dari ceritanya…..

      • ayanapunya September 2, 2013 / 22:12

        Iya sih bagusnya dikasih pendapat juga. Tapi ada juga kok yang reviewnya nggak selalu mengulas kelebihan dan kekurangan buku. Misalnya kyk review2nya luckty itu

      • jampang September 2, 2013 / 22:22

        jadi terserah yg buat aja yah?
        gampang donk kalau gitu…. xixixixixixi

        cuma saya jarang baca… lebih sering nonton… ini aja lagi nonton…. big miracle

      • jampang September 3, 2013 / 06:01

        iya film tetang kian paus yang terjebak di lautan es. anaknya mati 😦

      • ayanapunya September 3, 2013 / 06:11

        Blm pernah nonton πŸ˜€

      • jampang September 3, 2013 / 06:18

        film tahun 2012 kayanya. kebetulan ada di laptop filenya πŸ˜€

      • ayanapunya September 3, 2013 / 06:30

        Haa. Suka donlot film juga πŸ˜€

      • jampang September 3, 2013 / 06:32

        bukan download… copy atau dikasi temen. kalau download… langsung habis quota buat satu film πŸ˜€

      • jampang September 3, 2013 / 07:54

        πŸ˜€

        lumayan buat hiburan

      • ayanapunya September 3, 2013 / 08:01

        Betuuul πŸ™‚

      • jampang September 3, 2013 / 08:06

        stocknya banyak, nontonnya jarang2… kadang satu film bisa dua tiga kali baru selesai ditonton…. ketiduran πŸ˜€

      • ayanapunya September 3, 2013 / 08:09

        Samaa. Saya malah bnyk banget donlot film tapi nggak ditonton πŸ˜€
        Tapi sekarang lbh sering nonton film di hp. Jadi bisa nonton di mana aja πŸ˜€

      • jampang September 3, 2013 / 08:16

        uhuy…. HPnya keren nih… HP layar lebar… xixixixixi.

        HP saya layarnya masih kekecilan buat nonton, dan kayanya nggak kuat buat file yng ukurannya besar. di laptop aja gambarnya kaya mobil lagi macet… merayap dan berhenti

        πŸ˜€

      • ayanapunya September 3, 2013 / 08:36

        minta ganti tuh πŸ˜›

      • jampang September 3, 2013 / 10:34

        πŸ˜€ ini baru beli koq… belum lama. tapi emang belinya dengan spek laptopnya yang rendah. πŸ˜€

  2. herma1206 September 2, 2013 / 21:54

    Gadget dibutuhkan klo lgi bengong, gak ada kerjaan, butuh info cepet…dan sbagai tmn penghantar tidur…

    • jampang September 2, 2013 / 21:57

      syukurlah…. udah punya waktu dan tempat khusus dengan gadget, jadi waktu sama orang nggak akan terganggu dan sebaliknya…. gitu yah?

      πŸ˜€

      • herma1206 September 2, 2013 / 22:01

        Oh iya..semua dpt jatah masing2, klo lgi dgn org sy full perhatian ke sana..tpi klo gadget lgi dapat jatah..jgn coba2 ganggu..bisa autis..xixixi..

      • jampang September 2, 2013 / 22:10

        πŸ˜€

        i c ….. i c

  3. fenny September 2, 2013 / 22:26

    Ternyata bs nyanyi jg … Xixixixi πŸ™‚

    • jampang September 2, 2013 / 22:31

      bukan…. cuma copy paste lirik lagu aja

      • fenny September 2, 2013 / 23:01

        Klo beneren jg gpp ka … πŸ™‚
        Nnt dptkan kaset dan d CD nya d apotek terdekat … Hehehehe (just kidding)

      • jampang September 3, 2013 / 06:00

        kirain tersedia dalam bentuk kapsul dan sirup πŸ˜€

      • fenny September 3, 2013 / 18:55

        Bentuk butiran tablet jg bs ka.. Lumayan buat penghantar tidur.. Hehehe πŸ˜€

      • jampang September 3, 2013 / 20:59

        πŸ˜€ asal jangan over dosis πŸ˜€

      • fenny September 3, 2013 / 21:37

        Gpp kali overdosis.. Paling2 cuma muntah2 aja … :p

      • jampang September 4, 2013 / 05:16

        asal jangan tidurnya jadi berkepanjangan πŸ˜€

      • fenny September 4, 2013 / 14:55

        Kyk putri tidur dong … πŸ˜€

      • jampang September 4, 2013 / 16:10

        putri tidur kan tidur lama…. ini tidur selamanya… innaalillaahi wa innaa ilayhi roojiuun

      • fenny September 4, 2013 / 20:31

        Waduh itu sih tinggal d kafanin ma doain aja.. πŸ™‚

      • jampang September 4, 2013 / 20:43

        ya iya kalau udah begitu πŸ˜€

      • fenny September 4, 2013 / 21:10

        Iya dong emang mao di apain lagi? πŸ™‚

      • jampang September 4, 2013 / 21:37

        πŸ˜€

      • fenny September 5, 2013 / 19:12

        Silau men … Hehehehehe πŸ™‚

      • jampang September 5, 2013 / 19:43

        pake kaca mata hitam aja bisa nggak silau πŸ˜€

      • fenny September 5, 2013 / 22:22

        Pake kacamata hitam nnt d blg tkg urut keliling lg … πŸ™‚

      • jampang September 5, 2013 / 22:38

        πŸ˜€
        mungkin aja kalau ada yang salah ngira

  4. nazhalitsnaen September 3, 2013 / 07:31

    Huhuhu jadi semacam nasehat nih buat saya, mas… Sepertinya saya lebih keseringen konsen ma gadget drpd mperhatikan org lain 😦

    • jampang September 3, 2013 / 07:55

      begitukah?
      aktif di mana sekarang?
      perasaan jarang posting di sini, atau update status di FB

      πŸ˜€

      • nazhalitsnaen September 3, 2013 / 08:05

        keseringan jadi silent reader nih mas…. mohon maaf huhuhu

      • jampang September 3, 2013 / 08:14

        oooo…. dimaklumi πŸ˜€

  5. andiahzahroh September 3, 2013 / 07:39

    Sebel banget kalo suami mulai lebih perhatian ke gadgetnya daripada ke anak-isterinya
    Pernah dong saking sebelnya aku bawa bb suami ke kantor, dia nyariin bb-nya nggak ketemu, akhirnya dia nggak berangkat ngantor deh, hehehe *isteri iseng :p

    • jampang September 3, 2013 / 07:56

      berarti si istri harus bisa lebih menarik perhatian suami πŸ˜€

      *mulai cara yang lembut sampe cara yang halus*

      • andiahzahroh September 3, 2013 / 08:01

        Wah, gimana tuh cara yang lembut sampe cara yang halus? Hihihi

        Suami kalo udah lengket sama gadgetnya ya gitu deh. Gadget freak dia. Untung sekarang udah lebih kebal dengan kesukannya ngotak-atik gadget πŸ˜€

      • jampang September 3, 2013 / 08:02

        syukurlah. jika sudah bisa ‘memahami’ jadi nggak usah pake cara2 lain yang belum teruji πŸ˜€

  6. tinsyam September 3, 2013 / 12:59

    epik banget itu video.. kayanya emang udah jadi budaya tuh kalu lebih banyak yang melirik hape daripada depan mata sendiri..

    • jampang September 3, 2013 / 14:19

      iya mbak. saya sering ngelihat kejadian begitu

  7. bundaaisykha September 3, 2013 / 22:58

    hi hi,,kok aku gak nyadar ya,,komen yg kmrn ntu jadi tulisan juga ha ha,,baru ngeh skrg ini,,

    • jampang September 4, 2013 / 05:17

      ya kan bikinnya baru juga. nggak langsung setelah komen itu, mbak πŸ˜€

  8. deetie September 5, 2013 / 20:58

    emang ya gadget tu buat lupa sama sampingnya..
    kalo lagi kerja berusaha jauhin gadget dr mata dech.. πŸ™‚

    • jampang September 5, 2013 / 21:17

      πŸ˜€
      kalau deket2 gadget, kerjaan nggak selesai yah… eh… anak murid pada ngambek.

      • deetie September 5, 2013 / 21:24

        hahaha..
        kalo lagi ngajar engga dunkz.. hp msk tas ga di taro di depan mata..
        kalo walimurid nanya koq sms saya gk di balas.. kn lg bljr bu jd saya gk pegang hp.. πŸ™‚

      • jampang September 5, 2013 / 21:43

        harus gitu kalau jadi guru. nyontohin yang baik-baik

      • deetie September 5, 2013 / 23:06

        weits iya dunkz..
        *sambil senyum kedipin mata satu ah.. πŸ˜‰

      • jampang September 5, 2013 / 23:40

        wew…. matanya kenapa? kelilipan?

        πŸ˜€

  9. Orin Desember 18, 2013 / 16:28

    Iya bang, kalo di rumah (apalagi ada pak suami) emang serasa ga punya hape coz jarang ditengokin hihihihi

    • jampang Desember 18, 2013 / 16:29

      top markotop kalau begitu mah πŸ˜€

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s