Mencoba Membuat Sebuah Sinopsis

writeSinopsis : ikhtisar karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu; ringkasan; abstraksi.

Seperti itulah pengertian sinospis yang saya temukan dari hasil googling. Nyatanya, saya merasa kesulitan, kebingungan, dan kehabisan kata-kata saat mencoba untuk membuat sebuah sinopsis untuk buku saya sendiri. Jejak-jejak yang Terserak. Sebuah buku yang merupakan gabungan seri pertama dan seri kedua dengan judul yang sama.

Pada sampul bagian belakang buku pertama, saya memberikan hiasan berupa kalimat-kalimat berikut :

Di setiap detik kehidupan yang dilalui oleh anak manusia, pastinya akan menunggalkan jejak berkelanjutan. Jejak tersebut akan menjadi sebuah kenangan yang mengisyaratkan sebuah hikmah pembelajaran.

jejak cinta akan hadir dalam salah satu rasa yang terpatri di hati. Akan ada jejak yang emmbekas ketika sepasang kaki melangkah menuju anak tangga kebagiaan. Setiap kata yang terucap bisa melukiskan jejak kepada siapa saja yang mendengarnya. Adakalanya jejak tersebut terlihat lagsung oleh mata atau terdengar oleh telinga. Jejak yang terserak itu pun bisa hadir di dalam sebuah keluarga, yang kemudian diwarsikan kepada buah hati atau disebarkan kepada kawan dan sahabat dalam bentuk sebuah cerita.

Sementara di sampul bagian belakang buku kedua, saya menuliskan kalimat berikut :

Sebelum menjejakkan kaki di dunia ini, kita adalah sang jawara. Kita mampu mengalahkan pesaing yang jumlahnya teramat banyak. Dengan modal itu, tak selayaknya kita menyerah ketika dilanda masalah.

Layaknya seorang jawara, kedua kaki ini harus tetap melangkah. Membekaskan jejak-jejak di setiap detik perjalanan sang waktu, di setiap tempat yang dituju, untuk mencari solusi ayau pun hikmah atas masalah yang terjadi. Karena sesungguhnya, bersama masalah atau kesusahan, ada kemudahan, ada jalan keluar. Dan disetiap kejadian, ada hikmah yang tersimpan.

Karena kedua bukku tersebut akan digabungkan, maka saya mencoba untuk menggabungkan juga kalimat-kalimat yang ada di kedua sampul buku tersebut. Dan ini adalah hasilnya :

Setiap langkah kaki yang menyusuri jalan-jalan kehidupan, akan meninggalkan jejak-jejak yang terserak di setiap detik yang berlalu, di setiap tempat yang dituju, di setiap kata yang didengar, di setiap bentuk yang dilihat, dan di setiap perbuatan yang dilakukan. Jejak-jejak tersebut akan menjadi kenangan, pemikiran, sekaligus renungan. Pada langkah yang kesekian, sepahit atau semanis apapun kenangan itu, sebanyak atau sesedikit apapun renungan itu, serumit atau sesederhana apapun pemikiran itu, berhentilah sejenak. Cerita-cerita sederhana di dalam buku ini mengajak anda untuk berhenti sejenak, agar diri lebih arif dan bijak dalam memahami apa yang sudah dilakukan, apa yang sedang dilakukan, dan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Hikmah-hikmah naratif yang tersimpan di setiap penuturan ceritanya, mengajak diri agar lebih awas dalam melangkah, agar diri lebih memperhatikan sekitar, agar diri bisa lebih bersyukur.

Sepertinya kalimatnya terlalu panjang dan sinopsisnya terlalu pendek. Kira-kira seperti itu feedback yang saya dapat setelah menuangkan ide sinopsis tersebut. Adakah yang bisa membantu menyusun kalimatnya menjadi lebih efekti dan lebih panjang?

Semoga saja, sinopsis yang saya buat bisa mewakili semua tulisan-tulisan tersebut. Atau adakah yang bisa memberikan kalimat yang lebih efektif? 🙂


Tulisan Terkait Lainnya :

45 respons untuk ‘Mencoba Membuat Sebuah Sinopsis

  1. herma1206 September 4, 2013 / 08:43

    Mau di kirim ke penrbit major juga ya..??? Jejak Terserak 2 belum pernah baca..

    • jampang September 4, 2013 / 08:49

      iya, yang ini sudah dikirim duluan.
      kalau belum beli ya belum baca 😀

      • herma1206 September 4, 2013 / 08:53

        oh iya..lupa belum beli 😀
        sudah ada kabar..??penerbitnya penerbit apa?

      • jampang September 4, 2013 / 09:00

        😛
        sudah. katanya siang ini mau dibikinin covernya. penerbitnya divisi dibawa gramedia atau elexmedia… quanta apa yah kalau nggak salah.

        makanya sinopsis harus dibuat dan diserahkan siang ini.

        sudah OK belum itu sinopsisnya?

      • herma1206 September 4, 2013 / 09:25

        kalo saya baca sih udah oke lah…udah bisa kebayang isi buku ini gimana (tapi bisa jadi juga krn saya emang udh tau duluan :D)

        Singkat tpi mewakili isi buku lebih bagus ketimbang panjang tapi gak mencerminkan isi buku. Cuma bisa kasih pendapat gitu..klo masalah tulisannya mas Rifki lbh ahli lah..

        btw…klo dah terbit jdi deh makan2…*teteeeep 😀

      • jampang September 4, 2013 / 09:29

        masa mau makan-makan aja nunggu terbit. kasihan banget. silahkan makan-makan kapan aja, kan bisa

        😛

      • herma1206 September 4, 2013 / 09:41

        aseek..berarti gak hrs nunggu terbit nih, skrg2 juga bisa 😀
        iya sih..makan bisa kpn aja, skrg juga lagi makan..tapi klo makan-makan itu aka traktiran..gitu loooh 😛

      • jampang September 4, 2013 / 10:12

        *kabur aja dah*

      • herma1206 September 4, 2013 / 10:15

        xixixi..emang siapa yg mau ngejer 😛
        *duduk manis nungguin 😀

      • jampang September 4, 2013 / 10:24

        syukurlah kalo nggak ngejar 😀

      • herma1206 September 4, 2013 / 10:31

        xixixixi…sayang tenaga 😀

      • jampang September 4, 2013 / 10:32

        selamat makan aja kalau gitu

      • herma1206 September 4, 2013 / 10:38

        yup..nyam2…yummmmmy….

      • jampang September 4, 2013 / 10:40

        semoga cepet gemuk 😛

      • herma1206 September 4, 2013 / 10:43

        haha..binun mau aamiin atau gak, soale klo skrg gemuk ntar pas ibu2nya gimana… :D, tpi pgn sih rada gemukan dikit..xixixi..

      • jampang September 4, 2013 / 10:47

        xixixixixi….. kalau begitu hati2 dengan doa anda.

        hmm…. jadi ada ide untuk menulis tentang doa 😀

      • herma1206 September 4, 2013 / 10:57

        iya..ucapan aja bisa jadi doa…

        yeey…berarti sekali ini nulisnya terinspirasi komen saya.. *Geer abiiiz.. 😀

      • jampang September 4, 2013 / 11:46

        bukan lah… tapi cerita temen di kantor 😛

      • herma1206 September 4, 2013 / 12:03

        yaaaah… 😦
        *manyun..

      • jampang September 4, 2013 / 12:25

        xixixixixi….

      • herma1206 September 4, 2013 / 13:39

        Ngek ngok ngek ngok….

      • jampang September 4, 2013 / 14:32

        😀

  2. ayanapunya September 4, 2013 / 09:49

    nggak ada masukan. nunggu bukunya terbit aja 😀

    • jampang September 4, 2013 / 10:23

      ya mudah2an bisa terbit dan lancar.

      pengennya sih di cover ada foto saya sama syaikhan seperti di header blog saya ini. kan jadinya bisa sekalian ngelunasin keinginan saya 😀

      • ayanapunya September 4, 2013 / 10:25

        Moga aja bisa dinego ilustratornya ya
        Eh mas rifki editornya mba nurul bukan?

      • jampang September 4, 2013 / 10:32

        enggak tahu siapa editornya, cuma yang komunikasi dengan saya namanya bu linda

      • ayanapunya September 4, 2013 / 10:34

        Ooo. Nggak tau kalau bu linda. Hehe

      • jampang September 4, 2013 / 10:35

        ya gpp. xixixixixi

  3. tinsyam September 4, 2013 / 10:53

    tetep dengan bahasa narasi deh.. sukses ya.. semoga lancar bukunya..

    • jampang September 4, 2013 / 10:55

      aamiin. terima kasih, mbak

  4. Uni Dian September 4, 2013 / 12:38

    berarti draft yang di uni itu baru mau diajuin ya rifki?

    sukses buku yang ini ya…. mau donk kalau ada bukti terbit, kita tukeran lagi..:)

    • jampang September 4, 2013 / 13:01

      iya uni. naskah yang ada di uni baru draft, kalau layak akan saya ajukan 🙂

      terima kasih, aamiin.

      boleh-boleh. Biasanya dapat bukti terbit banyak ya?

  5. fenny September 4, 2013 / 21:14

    Klo gol novelnya d terbitin ma mayor dpt mkn2 gratis nih or dpt buku gratis … Xixixiixi 😀

    • jampang September 4, 2013 / 21:39

      ya beli bukunya di toko buku donk 😀

      • fenny September 5, 2013 / 11:31

        Dmn2 enakan yg gretongan ka … Xixixixiixi 🙂

      • jampang September 5, 2013 / 11:32

        berarti kebalikan yang dirasakan para penulis ketika dimintai gratisan bukunya 😀

      • fenny September 5, 2013 / 22:19

        Brrt klo d balik jd nakane dong … Hehehehe (just kidding ka) 🙂

      • jampang September 5, 2013 / 22:38

        ya kira2 begitu

    • fenny September 5, 2013 / 19:06

      Ya begitu dehhh ka … Xixixixi 🙂
      Memang rasa apa ka??? 😀

      • jampang September 5, 2013 / 19:42

        pokoknya kebalikannya

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s