Membersihkan Lebih Mudah Daripada Menjaga Tetap Bersih

‘Ngepot Steam’, tulisan itu pernah menempel di plat seri belakang sepeda motor saya. Sebuah stiker sebagai bonus dari sebuah tempat pencucian motor. Keluar dari tempat tersebut, motor saya kelihatan ‘kinclong’ lagi.

Untuk membersihkan motor, biasanya saya mencuci sendiri atau memasukkannya ke tempat pencucian alias steam motor. Dalam pandangan saya, cara kedua akan memberikan hasil lebih optimal, karena selain dicuci dengan alat bantu yang dapat membersihkan sudut-sudut yang sulit dijangkau dengan tangan, di proses akhir, pekerja di tempat tersebut akan memberikan pelayanan tambahan berupa penyemiran. Hasilnya, motor akan bersih dan mengkilat. Tentu saja sebagai pengganti tenaga, kita harus membayar sejumlah uang atas jasa pencucian tersebut.

Untuk beberapa hari saya menikmati motor saya yang bersih dan agak mengkilat. Hari yang cerah membuat motor saya tetap terjaga penampilannya. Namun, ketika saya harus mengendarai motor di atas jalan basah karena sebelumnya turun hujan, motor saya kembali kotor. Hal tersebut tidak bisa saya hindari. Bila sebagian jalan yang basah, mungkin dengan mengambil jalan lain maka saya bisa menjaga motor saya supaya tidak kotor. Lantas bagaimana kalau semua jalan basah dan saya harus tetap berangkat.

Ternyata membersihkan motor lebih mudah, tinggal mengeluarkan sejumlah uang, beberapa waktu kemudian motor akan bersih. Sedangkan menjaganya tetap bersih tentu lebih sulit, kecuali motor itu tidak pernah digunakan, hanya dipajang.

Dan ternyata, dalam hidup ini, dalam diri ini, banyak hal di mana membersihkan lebih mudah daripada menjaga tetap bersih.

—o0o—

setiap langkah kakiku
melewati jalan berdebu
yang tertiup angin dan melekat
di kakiku
di tanganku
di tubuhku
di jiwaku
di hatiku

setiap pandangan mataku
menatap alam berdebu
yang mengelilingi tubuhku
dan mengotori
rambutku
kulitku
pakaianku

setiap perjalanan waktuku
dipenuhi masa berdebu
yang datang
melekat
dan tak hilang
sebab selalu berulang


Tulisan Terkait Lainnya :

45 thoughts on “Membersihkan Lebih Mudah Daripada Menjaga Tetap Bersih

  1. deetie September 13, 2013 / 20:07

    ya dah pak biar tetep bersih gk usah dipake pak..
    😀

    • jampang September 13, 2013 / 20:14

      wekssss

      • deetie September 13, 2013 / 20:20

        kan biar tetep kinclong…

      • jampang September 13, 2013 / 20:26

        sekalian aja kalau gitu, diplastikin biar nggak kena debu sedikit pun 😀

      • deetie September 13, 2013 / 20:31

        wah gud idea tu.. bs dicoba tu bang…
        karena sygnya ma tu motor ampe dibela2in ngangkot tu lbh kerenz lg bang idenya… 😀

      • jampang September 13, 2013 / 20:34

        tapi ide itu nggak berlaku buat saya 😀

      • deetie September 13, 2013 / 20:40

        wah kalo berlaku mah itu kbangetan…
        #tepokjidat

      • jampang September 13, 2013 / 20:43

        jidatnya tambah jenong ddeh ditrpok mulu 😀

      • deetie September 13, 2013 / 21:00

        sapa bilang jenong.. org udh botak bang.. hehehe

      • jampang September 13, 2013 / 21:11

        waduh… jidatnye ditepok… rambutnya ikut rontok?

      • deetie September 13, 2013 / 22:16

        iye bang… org nepoknya pake gunting… ga sengaja ke gunting dah… hehehe

      • jampang September 14, 2013 / 05:25

        waduh…. ngeri banget

      • deetie September 14, 2013 / 14:46

        abang mo aye tepokin juga?? lumayan gunting rambut gratis…
        hahaha 😀

      • jampang September 14, 2013 / 15:43

        Nggak ah…. Makasih deh…

      • deetie September 15, 2013 / 00:11

        lah pan ayee blm nepok jidat abang.. knp udh blg terima kasih.. 😀 😛

      • jampang September 15, 2013 / 05:28

        terima kasih di situ maksudnya nggak usah. kalau pake bahasa inggris…. thanks but no thanks… begitu 😀

      • deetie September 15, 2013 / 18:58

        tu mah bukan b.inggris kali… tu mah bahasa amerina…hehehe 😛

      • jampang September 15, 2013 / 19:39

        Oooo…. Bukan amerini yah?

      • deetie September 15, 2013 / 21:11

        ame sapa aja boleh dah… 😀

      • jampang September 15, 2013 / 21:13

        Enaknye ame siape yeh?

      • deetie September 15, 2013 / 21:31

        ame capa ya??
        aye jg bingung dah tu bang.. tsrh abang aje dah ma sape… 😀

      • jampang September 15, 2013 / 21:34

        Kalo bingung ya… Nggak usah dijawab. Jawab email aja 😀

  2. nurme September 13, 2013 / 21:24

    Hihihi.. Ngakak sendiri baca komentar..
    Bener juga tuh idenya

    • jampang September 14, 2013 / 05:25

      silahkan dicoba kalau memang bagus idenya 😀

  3. herma1206 September 13, 2013 / 21:41

    sama kayak pakaian juga..itu rok udh dijaga2, disetrika, wangi, eeeh…hujan, becek…banjir….udah deh pasrah 😦

    • jampang September 14, 2013 / 05:27

      ya dicuci lagi biar bersih lagi

      • herma1206 September 14, 2013 / 05:49

        Ya mksdnya perumpamannya bs sama..gak hny berlaku utk motor

      • jampang September 14, 2013 / 05:52

        iya…. xixixixixixi

      • herma1206 September 14, 2013 / 05:54

        Jdi inget hidayah juga…lbh mudah mendapatkan dripada mempertahankan

      • jampang September 14, 2013 / 05:57

        iya. makanya ada doa untuk minta ditetapkan berada dalam hidayah

      • herma1206 September 14, 2013 / 06:01

        Pgn bikin tulisan2 ttg hal beginian, tpi msh kurang ilmunya,,nah..doanya aja gk tau, biasa doa pake bhs ind. 🙂

      • jampang September 14, 2013 / 06:06

        ini mungkin doanya :

        ali-imran 8:
        rabbana la tuzigh qulubana ba’da iz hadaitana wahab lana mil ladunka rahmah, innaka antal wahab.
        “ya tuhan kami, janganlah engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi engkau; karena sesungguhnya engkau-lah maha pemberi (karunia)”.

      • herma1206 September 14, 2013 / 06:14

        Naaah..ini dia.. 🙂
        Jazakallah khayr…

      • jampang September 14, 2013 / 06:17

        sama-sama…. 🙂

      • herma1206 September 14, 2013 / 06:22

        Mas rifki hrsnya jwb “waiyyaki”, jdi sya didoain jg..itu kan sy ngedoain mas rifki, semoga Allah membalas kebaikanmu dgn kebaikan juga, hehe…

      • jampang September 14, 2013 / 06:25

        oooo… ya…ya…

        tadi saya jawab sama-sama…. ya maksudnya sama-sama ngedoain juga 😀

        *ngeles*

      • herma1206 September 14, 2013 / 06:27

        Haha…pinter aja klo ngeles 😛
        Oh iya lupa..kan mantan guru les 😀

      • jampang September 14, 2013 / 06:27

        😀
        ya…. begitulah

      • herma1206 September 14, 2013 / 06:29

        😀

      • jampang September 14, 2013 / 06:32

        xixixixixi…..

    • jampang September 14, 2013 / 05:24

      dua-duanya bisa diusahakan. menjaganya tetap bersih itu bagus, dan ketika usaha sudah dilakukan namun masih kotor juga, ya dibersihkan lagi 😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s