Tahniah, Ta’ziyah, dan Ta’mir

Masjid Putih
Masjid Putih

Selepas jam kantor dan setelah menyusuri kemacetan jalan, saya baru tiba di lingkungan rumah saya menjelang waktu Isya. Memasuki Jalan Masjid Nurul Yaqin, saya mendengar alunan musik irama gambus. Sudah dapat saya pastikan bahwa suber suara musik tersebut adalah dari salah satu rumah tetangga saya yang sedang mengadakan acara walimatul ‘ursy. Melewati panggung, saya melihat beberapa orang berada di panggung yang sedang memainkan alat musik dan bernyanyi.

Saya lanjutkan perjalanan saya yang tinggal beberapa puluh meter menuju rumah saya. Di salah satu rumah dalam komplek Perumahan Bambu Asri yang saya lewati, saya melihat beberapa orang sedang duduk di ruang tami dan teras depan. Penghuni rumah tersebut sedang berduka karena ditinggal salah satu anggota keluarganya beberapa hari yang lalu. Dan orang-orang yang sedang duduk-duduk itu adalah para tetangga yang mencoba menghibur dengan cara-cara yang telah menjadi tradisi.

Saya pelankan laju motor untuk mengurangi volume suara mesin ketika berjalan di depan rumah tersebut. Setelah melewatai empat atau lima rumah, tibalah saya di home sweet home.

Adzan Isya berkumandang. Saya bersiap menuju masjid di ujung jalan. Lantunan irama padang pasir yang tadi saya dengar berhenti. Sementara orang-orang di rumah duka masih duduk-duduk, bahkan bertambah, karena dalam perjalanan ke masjid saya berpapasan dengan bebebarapa orang yang menuju ke rumah duka.

Muadzin telah menyempurnakan adzannya. Saya belum tiba di masjid yang saya tuju. Dari arah belakang saya, kembali alunan musik dan nyanyian gambus kembali terdengar. Sepertinya, tambah malam tambah semangat.

Tiba di masjid, sepi yang saya temui. Jumlah jama’ah yang datang tidak seperti biasanya. Bahkan imam rawatib pun tidak ada. Jangan-jangan, jama’ah yang tidak hadir karena sedang bertahniah atau berta’ziyah.

Wallahu a’lam.

*sebuah kejadian beberapa tahun silam*


Tulisan Terkait Lainnya :

72 thoughts on “Tahniah, Ta’ziyah, dan Ta’mir

  1. herma1206 September 17, 2013 / 08:29

    yaa..semoga aja bukan krn itu, semoga…wallahu a’lam…

    • jampang September 17, 2013 / 08:50

      yang terlihat seperti itu, sementara yang tersirat Allah lebih tahu

      • herma1206 September 17, 2013 / 08:54

        dan qt juga semaksimal mungkin menjauhi prasangka buruk..bener gak..?:)

      • jampang September 17, 2013 / 08:56

        ya…. betul

      • herma1206 September 17, 2013 / 08:59

        maaf ya hehe..itu cm yg terlintas di pikiran sy

      • jampang September 17, 2013 / 09:02

        ya gpp. memang sehsrunya buruk sangka itu harus disingkirkan sejauh mungkin. cuma ya, kadang-kadang tetap saja terlintas di pikiran saya.

      • herma1206 September 17, 2013 / 09:07

        ya sama sih..sy juga masih suka suudzon..dan biasanya ntar ada temen yg mengingatkan. Itulah pentingnya ukhuwah..:)

      • jampang September 17, 2013 / 09:24

        Yup. Dan mungkin… Dalam cerita saya di atas saya menyebutkan bahwa saya melihat orang yg saya maksud di rumah duka πŸ˜€

      • herma1206 September 17, 2013 / 09:41

        yaa…tersirat menyebutkan begitu, pdahal kan belum tentu, siapa tau lagi sakit… πŸ™‚

      • jampang September 17, 2013 / 09:44

        πŸ˜€
        Sepertinya ada miss.
        Tp… Ya memang prasangka buruk nggak baik.

      • herma1206 September 17, 2013 / 09:47

        oh yaa..??apa sy yg salah tangkap gitu..??

      • jampang September 17, 2013 / 09:53

        Udah. Bukan hal penting. Nggak usah dibahas πŸ˜€

      • herma1206 September 17, 2013 / 09:57

        hehe…yo wes, πŸ˜€
        sy mau ngomongin novel, tpi ntar aja..via email ato WA

      • jampang September 17, 2013 / 10:51

        OK

      • herma1206 September 17, 2013 / 13:42

        cek email ya..

      • jampang September 17, 2013 / 14:23

        oke

  2. ayanapunya September 17, 2013 / 08:57

    Ta’mir itu apa? *dr kemarin nanya melulu πŸ˜€

    • jampang September 17, 2013 / 09:01

      ta’mir —> ikut memakmurkan masjid mbak. misal shalat berjamaah dan ikut pengajian di masjid

      • ayanapunya September 17, 2013 / 09:04

        Ooo. Klo ta’lim apa?

      • jampang September 17, 2013 / 09:23

        Ta’lim itu mengajarkan – pengajaran

      • jampang September 17, 2013 / 09:34

        Eeeee…. πŸ˜€

      • ayanapunya September 17, 2013 / 09:38

        Pilih huruf vokal yg lain dong πŸ˜€
        Eh perasaan td ada yg bilang mau tidur

      • jampang September 17, 2013 / 09:42

        Zzzzzz…. Zzzzzzz…. Zzzzz….

      • ayanapunya September 17, 2013 / 09:51

        Jadi, sapa yang balas komen sebelumnya?

      • jampang September 17, 2013 / 09:54

        Ya saya lah….

      • ayanapunya September 17, 2013 / 09:59

        Ooo. Udah bangun ternyata πŸ˜€

      • jampang September 17, 2013 / 10:52

        Tidurnya cuma sebentar….

      • ayanapunya September 17, 2013 / 11:07

        Kirain mau tidur seharian πŸ˜€

      • jampang September 17, 2013 / 12:16

        nggak bisa tidur seharian. Kalau tidur, bangun, terus nyambung tidur lagi mungkin bisa πŸ˜€

      • jampang September 17, 2013 / 13:05

        *tuing tuing*

      • ayanapunya September 17, 2013 / 13:18

        Mas rifki bolos kerja ya hari ini?

      • jampang September 17, 2013 / 13:20

        Nggak masuk kerja. Tapi nggak bolos.
        Pasti bingung πŸ˜€

      • ayanapunya September 17, 2013 / 15:21

        Izin berarti πŸ˜€

      • jampang September 17, 2013 / 15:29

        Tetoootttt!

        Jawaban anda salah!

        πŸ˜€

      • ayanapunya September 17, 2013 / 15:34

        Apa ya? Krn kmrn pulang mlm jd dihitung kerja buat hr ini?

      • jampang September 17, 2013 / 15:39

        πŸ˜€
        Udah ah… Nggak penting

      • ayanapunya September 17, 2013 / 15:46

        Ya udah πŸ˜€

      • jampang September 17, 2013 / 16:07

        Udah sampe rumah?

      • ayanapunya September 17, 2013 / 16:18

        Iya, baru nyampe πŸ™‚

      • jampang September 17, 2013 / 16:35

        Alhamdulillah… πŸ™‚

  3. fenny September 17, 2013 / 11:47

    Jd mikirin nnt klo meninggal … Brp byk org yg dtg ta’ziyah n shalat … Besaran mana kebaikan n keburukan yg d bw …

    • jampang September 17, 2013 / 12:17

      Ya mudah2an aja lebih banyak kebaikannya… Aamiin

      • fenny September 17, 2013 / 12:57

        Aaamiin yaa rabbal ‘alamin … πŸ™‚

      • jampang September 17, 2013 / 13:06

        πŸ™‚

  4. araaminoe September 17, 2013 / 14:00

    Gimana klo sholat berjamaah dulu, lalu kemudian berta’ziyah, jadi dapat dua2nya, yang fardhu terlaksanakan dan yang lain juga. Waallahu’alam…

    • jampang September 17, 2013 / 14:23

      yup. yang paling bagus begitu πŸ™‚

  5. deetie September 17, 2013 / 20:41

    jadi kalo ada acara berbarengan gt gmn tu???

    • jampang September 17, 2013 / 20:48

      Kerjain yg paling penting.
      Kerjain yg paling cepet selesai.
      Kalau udah gitu, semuanya bisa dikerjain

      • deetie September 17, 2013 / 20:58

        kerjain sholat dulu biz tu tahlilan biz tu ke tempat qasidah ya??
        biz tu pulang dpn laptop smbil nulis cerita smbil ngemil dah..
        πŸ™‚

      • jampang September 17, 2013 / 21:02

        Nah…. Itu ketemu jawabannya. Cerdas… πŸ˜€

      • deetie September 17, 2013 / 21:08

        nah klo saya gk cerdas gk bs mencerdaskan anak bangsa dunkz bang.. πŸ˜€

      • jampang September 17, 2013 / 21:12

        Naaahhhh… Itu buktinya. Kalau nggak cerdas, itu TK nggak nerima mpok jadi guri di situ πŸ˜€

      • deetie September 17, 2013 / 21:35

        Aye mah cm cerdas ngambil hatiny anak2.. Namany juga guru tk .. Hehehe .. πŸ™‚

      • jampang September 17, 2013 / 21:47

        Yang penting anak2 TK itu bisa nerima ilmu yg disampein… Terus mereka amalin… Mantap itu. Pahalanye ngalir terus…

      • deetie September 17, 2013 / 22:10

        Amiinn.. Mudh2an diamalin ma ank2 aye ya..:)

      • jampang September 17, 2013 / 22:13

        Iyeh… Aamiin

      • deetie September 17, 2013 / 23:02

        πŸ˜€

      • jampang September 17, 2013 / 23:05

        πŸ˜€ juga

    • jampang September 17, 2013 / 23:13

      lagi seneng kayanya yah… ketawa mulu

      • deetie September 17, 2013 / 23:24

        wah tu kayanya yang kedua kekirim dua kali tu..

      • jampang September 17, 2013 / 23:28

        Ooo… Kirain…

      • deetie September 17, 2013 / 23:32

        abang kali yang lagi seneng…:)

      • jampang September 17, 2013 / 23:33

        Lah… Mending seneng kan drpd susah

      • deetie September 17, 2013 / 23:42

        iya dah.. kalo seneng mulu kan jdi sehat ye bang… asal snengnya jgn ampe senyum2 ndiri gt bang… ntr kebablasan lg.. πŸ˜€

      • jampang September 18, 2013 / 05:13

        ya… secukupnya aja. jangan berlebihan

      • deetie September 18, 2013 / 23:05

        kaya ngasih gula aja bang secukupnya aje.. πŸ™‚

      • jampang September 19, 2013 / 05:07

        sebab kalau kebanyakan kan malah jadi nggak enak.

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s