Introduction

introductionKalimat yang saya jadikan judul tulisan ini, sepertinya pertama kali saya baca ketika saya duduk di bangku kuliah. Saat itu, sebagian buku pegangan yang dipinjamkan oleh perpustakaan kampus menggunakan bahasa inggris. Biasanya, di bagian awal atau di bab pertama dari buku yang tebalnya bukan main dan beratnya lumayan tersebut akan muncul kalimat atau judul “Introduction”.

Sejatinya, seperti bab “Introduction” di dalam buku, yang namanya perkenalan itu dilakukan di awal. Kalau dalam hal nge-blog, mungkin perkenalan dilakukan di postiangan pertama kali atau di sebuah halaman yang diberi judul “about me” atau “Tentang Aku” atau judul lainnya. Sepertinya saya terlambat melakukannya. Sebab postingan awal saya bukanlah sebuah perkenalan. Halaman yang saya beri judul “About Me” juga hanya terdiri dari dua pragraf saja yang rasanya kurang sekali jika harus disebut sebagai perkenalan.

Ada pepatah yang menyebutkan bahwa “tak kenal, maka kenalan!” maka inilah perkenalan dari saya.

Saya dilahirkan sebagai anak sulung dari lima bersaudara. Sebenarnya enam bersaudara. Tetapi adik saya yang terakhir meninggal sesaat setelah dilahirkan karena tidak mendapatkan pertolongan dengan cepat.

Ayah saya seorang pedagang kembang, tepatnya kembang campuran yang biasa digunakan orang-orang untuk nyekar di kuburan. Beliau membeli kembang di Pasar Kembang Rawa Belong untuk kemudian diantar ke beberapa pelanggan. Namun sekarang beliau tidak seaktif beberapa waktu yang lalu. Pelanggan yang masih ada tidak sebanyak dulu.

Ibu saya seorang ibu rumah tangga yang ulet dan pekerja keras. Untuk membantu perekonomian keluarga, beliau pernah berjualan jamu berupa air kunyit keliling kampung. Beliau juga pernah berjualan jajanan pasar di depan rumah sebelum akhirnya berjualan nasi uduk dengan memanfaatkan teras rumah sebagai tempat berjualan.

Nama yang diberikan oleh kedua orang tua saya adalah, Rifki. Singkat. Hanya lima huruf. Nama yang singkat tersebut memberikan keuntungan bagi saya ketika menuliskan nama di lembar ujian di sekolah maupun ujian untuk masuk perguruan tinggi. Jika teman saya memerlukan waktu yang lebih lama karena harus menghitamkan lingkaran abjad yang lebih banyak, bahkan mungkin lebih dari sepuluh lingkaran huruf, saya cukup lima saja.

Namun demikian, saya sering ditanya ulang ketika menjawab pertanyaan seseorang tentang nama saya. “Rifki siapa, Pak?” begitu kira-kira pertanyaannya. Saya pun sempat “ditakut-takuti” bahwa nantinya nama saya akan dipermasalahkan jika saya ingin membuat paspor. Sebab nama saya yang hanya satu kata itu. Konon katanya, untuk pembuatan paspor harus menggunakan nama yang terdiri dari tiga kata. Mungkin jika itu terjadi, saya akan menggabungkan nama ayah dan kakek saya seperti yang pernah saya ceritakan pada tulisan yang berjudul “Di Mana Nama Ayahmu Kau Sematkan?”.

Saya terlahir di Jakarta. Tanah Betawi. Ayah, ibu, kakek, dan nenek saya juga Betawi. Jadi ya saya 100% Betawi. Mungkin banyak penilaian-penilaian miring terhadap masyarakat Betawi. Menurut saya itu biasa-biasa saja. Semua orang punya cara dan sudut pandang sendiri dalam memberikan penilaian terhadap sesuatu, termasuk kepada masyarakat Betawi.

Ada seseorang yang berkomentar ketika saya bercerita tentang kegagalan saya dalam proses pembelian rumah (silahkan baca tulisan “Mungkin Kamu Bukan Jodohku”). Orang tersebut mengatakan bahwa biasanya, orang Betawi itu tanahnya banyak. Dan biasanya orang tua akan membagi-bagikan tanah yang dimilikinya kepada sang anak sebagai hadiah. Ya, mungkin sebagian dari masyarakat Betawi memang demikian. Allah memberikan keluasan rezeki kepada mereka berupa harta. Namun tidak semuanya.

Sekolah yang pertama kali saya masuki adalah SDI Al-Falah II. Lokasinya berada di pinggir Jala Raya Pos Pengumben. Selama tujuh tahuh saya bersekolah di sana. Bukan, bukan karena saya pernah tinggal kelas sehingga saya harus tujuh tahun belajar di sekolah tersebut di mana umumnya hanya perlu enam tahun di sekolah dasar. Melainkan karena di SDI Al-Falah tersebut ada kelas Tahdiri. Kelas Nol. Semua murid harus masuk kelas tahdiri tersebut sebelum duduk di kelas satu.

Ada cerita lucu di masa-masa kelas Tahdiri dan kelas satu saat itu. Cerita ketika teman-teman saya selalu mengatakan bahwa saya menyukai seorang anak perempuan dan anak perempuan tersebut menyukai saya. Cerita yang tidak begitu lengkap tersebut bisa dibaca di postingan berjudul “Tentang Aku dan Dia” .

Setelah lulus, saya melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah Al-Falah. Nama sekolahnya sama karena memang berada di bawah satu yayasan pendidikan.Β  Selanjutnya saya meneruskan pendidikan di SMU 29 Jakarta yang berlokasi di Kebayoran Lama. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah tempat pendidikan selanjutnya. Setelah tiga tahun belajar untuk menyelesaikan program Diploma-III, status saya berubah dari mahasiswa menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Direktorat Jenderal Pajak. Selang beberapa waktu kemudian, saya diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Tahun 2004 mungkin adalah kali pertama saya mengenal dunia blog. Awalnya, saya hanya memposting coretan-coretan saya berupa puisi yang pernah saya buat ketika duduk di bangku SMA. Dengan seringnya saya berinteraksi dengan internet dan menemukan blog-blog yang bagus, akhirnya saya mencoba untuk menulis selain puisi. Seseorang yang mungkin menjadi idola saat saya memulai menulis di blog adalah Bayu Gawtama. Saya sering membaca tulisan beliau di eramuslim dan blog pribadinya waktu itu. Bahasanya mudah saya pahami. Temanya pun tak jauh dari keseharian yang juga saya temukan dalam kehidupan saya sehari-hari. Dan saya pun menyoba untuk meniru beliau meski jauh dari segi kwalitas.

Jampang adalah ID yang saya pakai ketika saya membuat blog. Mulai dari blogspot, blogdrive, multiply, dan wordpress. https://jampang.wordpress.com adalah blog saya yang masih aktif hingga sekarang. Sementara blog lainnya meskipun mungkin masih bisa diakses, tetapi sudah tidak update. Jampang, nama yang saya gunakan sebagai ID blog adalah Sebuah nama yang pertama kali saya kenal dari sebuah cerita silat bersambung yang dimuat di koran Poskota ketika saya masih duduk di sekolah dasar. Saya tak membaca ceritanya. Saya hanya melihat gambar di pojok kiri bawah halaman dan melihat judulnya. Saya lebih tertarik membaca lembar bergambarnya di mana terdapat cerita dan tokoh Ali Oncom, Doyok, Si Otoy, Noni, Jim Toge, dan sebagainya.

Saya memiliki dua orang anak. Sepasang. Lelaki dan perempuan. Anak ertama saya perempuan. Syifa Khairunnisa, namanya. Kebersamaan saya dengan putri saya itu hanya sekitar lima jam. Dia datang di ertengahan suatu malam dan kemudian pergi saat menjelang shubuh. Untuk selamanya. Anak keduanya saya lelaki, Syaikhan Muhammad Azzamy. Umurnya saat ini lima tahun tiga bulan. Saya punya banyak cerita tentang Syaikhan. Dan seharusnya masih banyak lagi yang saya bisa ceritakan tentang Syaikhan. Hanya saja keadaan, situasi, dan kondisi yang tak memungkinkan. Anak saya dua orang, Sepasang. Lelaki dan perempuan. Syifa dan Syaikhan.

Demikian sebuah perkenalan dar saya.


Tulisan Terkait Lainnya :

90 respons untuk β€˜Introduction’

    • jampang September 18, 2013 / 08:33

      ini untuk yang belum tahu aja.:P

      • herma1206 September 18, 2013 / 08:43

        oowh gitu…keluar lagi ah..

      • jampang September 18, 2013 / 09:06

        silahkan…

      • herma1206 September 18, 2013 / 09:38

        πŸ˜€
        gak ada rencana ketemu syaikhan lagi?

      • jampang September 18, 2013 / 09:46

        insya Allah minggu depan

      • herma1206 September 18, 2013 / 10:04

        semoga lancar..dan pertemuannya lebih indah

      • jampang September 18, 2013 / 10:25

        aamiin

      • herma1206 September 18, 2013 / 10:30

        aamiin..:)

      • jampang September 18, 2013 / 10:59

        πŸ™‚

  1. ayanapunya September 18, 2013 / 08:43

    Baru tau semua informasi di atas πŸ™‚
    Eh, syaikhan artinya apa ya?

    • jampang September 18, 2013 / 09:06

      syaikhan bisa jadi artinya ketua, yang dituakan, sebutan untuk guru

      • ayanapunya September 18, 2013 / 09:07

        ooo πŸ™‚

      • jampang September 18, 2013 / 09:37

        iiiii πŸ˜€

      • ayanapunya September 18, 2013 / 09:50

        nggak kreatif πŸ˜›

      • jampang September 18, 2013 / 09:52

        kan vokalnya udah diganti, nggak sama ama yang kemaren πŸ˜€

      • ayanapunya September 18, 2013 / 09:54

        berarti tinggal a dan u. hayo habis itu apa lagi? πŸ˜›

      • jampang September 18, 2013 / 09:59

        kombinasi dari semua vokal itu πŸ˜€

      • ayanapunya September 18, 2013 / 10:05

        Nah, kan. Si abang kreatifnya pas ngegombal doang πŸ˜€

      • jampang September 18, 2013 / 10:26

        untuk ngegombak cuma butuh tiga huruf doank koq. A, K, dan U
        πŸ˜€

      • ayanapunya September 18, 2013 / 10:27

        kayaknya saya pernah baca deh
        *bongkar ingatan

      • jampang September 18, 2013 / 10:54

        ya udah…. cari2 aja lagi. ada di komik jampang koq πŸ˜€

      • ayanapunya September 18, 2013 / 10:58

        Nah iya yang itu πŸ˜€

      • jampang September 18, 2013 / 10:58

        inget deh sekarang πŸ˜€

      • jampang September 18, 2013 / 11:04

        kalau begitu harus nyari ide lain πŸ˜€
        buat balas komentar yang berupa ooooo doank

      • ayanapunya September 18, 2013 / 11:23

        yah, dibalas deh πŸ˜€

      • jampang September 18, 2013 / 12:34

        nantikan pembalasanku πŸ˜€

      • ayanapunya September 18, 2013 / 12:38

        Takuuuut! πŸ˜€

      • jampang September 18, 2013 / 12:39

        padahal sambil kedip2 ngomongnya.

        *lho?

      • ayanapunya September 18, 2013 / 12:40

        kelilipan pasti ya? πŸ˜‰
        *balas kedip-kedip

      • jampang September 18, 2013 / 12:42

        lho…. malah main kedip2an gini.

        *cacingan semua kali yah*

      • ayanapunya September 18, 2013 / 12:43

        Haha. Apa hubungannya sama cacingan, coba?

      • jampang September 18, 2013 / 12:44

        eh nggak ada yah? komen ngasal aja πŸ˜€

      • ayanapunya September 18, 2013 / 12:47

        Sudah, makan dulu sana πŸ˜€

      • jampang September 18, 2013 / 12:54

        sudah dong…. πŸ˜€

      • ayanapunya September 18, 2013 / 12:55

        makan lagi πŸ˜›

      • jampang September 18, 2013 / 12:56

        nanti dulu, yang tadi aja belum turun semua πŸ˜€

      • ayanapunya September 18, 2013 / 12:57

        Haha πŸ˜€

      • jampang September 18, 2013 / 12:58

        bentar yah…. lagi mau nulis nih. jangan ganggu dulu yah…

        soalnya selalu tergoda ngeliat kalau ada notifikasi email masuk di pojok kanan bawah layar πŸ˜€

      • ayanapunya September 18, 2013 / 13:00

        Nulis apa? Haha. Biariiin

      • jampang September 18, 2013 / 13:01

        nulis FF.

        hadeuhhhh…..

        *balis nulis lagi*

      • ayanapunya September 18, 2013 / 13:03

        Ya udh. Saya mau uplot foto jg di fb πŸ˜€

      • jampang September 18, 2013 / 13:06

        wah… foto jalan-jalan kemaren yah?
        sayangnya saya nggak bisa buka FB πŸ˜€

      • ayanapunya September 18, 2013 / 13:08

        Yoiii. Liat pas di rumah aja, mas
        *pede amat fotonya bakal diliat*
        Ntar juga saya mau tulis kok catatan perjalanannya

      • jampang September 18, 2013 / 13:11

        ya…. kalau ada yang menarik nanti dilihat πŸ˜€

      • ayanapunya September 18, 2013 / 13:16

        Gambar binatang doang πŸ˜€

      • jampang September 18, 2013 / 13:23

        yahhhhh…. itu seh nggak menarik. tapi menyeruduk πŸ˜€

      • ayanapunya September 18, 2013 / 13:26

        Jadi, mana ff-nya, mas? πŸ˜€

      • jampang September 18, 2013 / 13:30

        udah selesai tapi belum diposting

      • ayanapunya September 18, 2013 / 13:32

        I see i see

      • jampang September 18, 2013 / 13:39

        dalam hitungan beberapa menit ke depan, segera terbit πŸ˜€

      • ayanapunya September 18, 2013 / 13:45

        Ya sudah. Mari kita pindah lapak πŸ˜€

      • jampang September 18, 2013 / 13:52

        silahkan…. lapak baru sudah dibuka πŸ˜€

      • ayanapunya September 18, 2013 / 13:54

        iya sudah dikomen tuh

      • jampang September 18, 2013 / 13:55

        terima kasih πŸ™‚

  2. nurme September 18, 2013 / 13:12

    *manggut-manggut πŸ™‚

    • jampang September 18, 2013 / 13:22

      πŸ˜€

      • nurme September 18, 2013 / 13:27

        πŸ™‚

  3. deetie September 18, 2013 / 19:35

    oh jd begitu toh ceritanya..
    klo di tmpt kuliah aye ntu namanye introduce myself…
    πŸ™‚

  4. almi November 3, 2013 / 21:09

    Ibunya syaikhan siapa pak?

    • jampang November 3, 2013 / 21:11

      Ini perkenalan saya. Bukan yg lain πŸ˜€

      • almi November 4, 2013 / 18:25

        Knp pak? Antum berpisah dg ibu syaikhan?

      • jampang November 4, 2013 / 18:56

        GPP.
        BTW ente ini belum memperkenalkan diri koq tiba-tiba nanya soal pribadi. apa kite saling kenal?

  5. Ulfah Uswatun Hasanah Maret 10, 2014 / 13:49

    waaa nulis bukuuu,.. saya pengin juga pak,.. pegimane caranya pak?
    salam kenal dari ulfah di klaten.. πŸ˜€

  6. adienesia Mei 3, 2014 / 23:02

    alumnus STAN tho mas. Angkatan tahun berapa?
    πŸ™‚

    • jampang Mei 4, 2014 / 05:30

      lulusan tahun 2000 πŸ˜€

  7. Clarissa Mey September 11, 2014 / 09:43

    wah bagus mas perkenalannya, panjang dan detail yahh πŸ˜€
    mau baca2 blog nya ahh hihihi

    • jampang September 11, 2014 / 19:37

      terima kasih, silahkan, silahkan

  8. darsonogentawangi Januari 22, 2015 / 11:24

    Aslmkm…
    salam kenal bang ..
    tampaknya ada persamaan nih..
    namaku juga cuman sederet doang…
    DARSONO…

    Hehehe…
    Salam from Banyumas… Jateng…

    • jampang Januari 22, 2015 / 14:10

      waa wrwb.
      salam kenal juga, mas.
      πŸ˜€ tapi lebih banyak hurufnya

      • darsonogentawangi Januari 23, 2015 / 10:09

        Hahahaha…. butl butul betul… #upinipin

      • jampang Januari 23, 2015 / 10:37

        πŸ˜€

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s