Nama yang Tak Pernah Dipanggil Lagi

Pada postingan sebelumnya yang berjudul “Introduction”, saya menuliskan kalimat berikut :

“Saya dilahirkan sebagai anak sulung dari lima bersaudara. Sebenarnya enam bersaudara. Tetapi adik saya yang terakhir meninggal sesaat setelah dilahirkan karena tidak mendapatkan pertolongan dengan cepat.”

Dan seperti inilah cerita yang sempat terekam dalam memori saya…

Ramadhan sekian tahun silam

http://icons8.com

“Saya akan punya adik lagi,” begitulah yang ada dalam pikiran saya ketika melihat kenyataan bahwa ibu sedang mengandung. Bila kelak ibu melahirkan, akan bertambah anggota keluarga kami. Ia akan menjadi adik saya yang kelima.

Pada masa kehamilan ibu kali ini dirasakan lebih berat daripada kehamilan-kehamilan sebelumnya. Ketika itu, ibu sering mengeluhkan rasa sakit, terutama di bagian pinggang. Mungkin karena selama belasan tahun beliau tidak pernah hamil lagi. Dan kini amanah Allah dipercayakan lagi kepada beliau.

Usia kehamilan ibu kian bertambah. Namun, rasa sakit yang beliau rasakan bukan berkurang malah kian bertambah. Beliau tidak mampu membedakan apakah rasa sakit tersebut akibat kehamilan atau ada penyebab lain.

Di salah satu malam di bulan ramadhan tahun itu, ibu merasakan sakit yang amat sangat. Ibu hanya bisa duduk di kamar yang biasa saya gunakan untuk tidur. Beliau tak sanggup untuk bangun apalagi berjalan. Mungkin sudah waktunya beliau untuk melahirkan.

Waktu hampir mencapai tengah malam. Ayah dan beberapa saudara mencoba menjemput seorang dukun kampung guna membantu proses kalahiran ibu. Tapi setelah tiba di tujuan, ternyata dukun kampung dalam keadaan kurang sehat, jadi tidak bisa memberikan bantuan saat itu. Kebingungan pun melanda. Kemana lagi harus mencari bantuan. Akhirnya diputuskan untuk meminta pertolongan seorang bidan.

Sementara ayah dan beberapa orang paman berangkat menjemput bidan, beberapa kakak ipar ibu yang perempuan menemani ibu di rumah. Di saat persiapan belum lengkap, bidan pun belum datang, ibu merasakan saat melahirkan sudah tiba. Akhirnya ibu melahirkan sendiri tanpa bantuan bidan.

Sesaat setelah dilahirkan, tak terdengar tangis bayi. Adik ipar ibu yang berada di samping tidak berani untuk melihat dan membantu. Ngeri. Keadaan demikian berlangsung cukup lama. Hingga akhirnya bidan yang ditunggu datang, walau mungkin sudah terlambat.

Bidan pun segera memeriksa keadaan ibu dan sang bayi. Ibu dalam keadaan sehat, tetapi bayinya, adik saya, sudah dingin tak bergerak.

“Innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji’uun.”

Bidan hanya bisa menyesalkan keluarga kami yang kurang cepat bergerak, yang akibatnya sungguh fatal, hilangnya nyawa seorang bayi. Tapi mungkin itu kehendak Allah semata. Toh usaha sudah dilakukan sebelumnya. Namun ketentuan Allah berbicara lain.

Keesokan harinya, proses pamakaman dilakukan. Mulai dari memandikan, mengkafankan, menyolatkan, dan menguburkan. Pada saat memandikan, saya menyaksikan tubuh mungil adik saya itu. Seorang saudara mengatakan bahwa dia mirip sekali dengan saya. Mungkin beliau juga melihat keadaan saya ketika dilahirkan dulu.

Sebuah nama diberikan kepada adik saya, Ahmad Romdhoni, mengambil nama bulan di mana dia dilahirkan dan juga bulan dia kembali kepada sang Khaliq. Hari itu juga, pertama dan terakhir kali nama itu dipanggil dan disebut.

Semoga adik saya tersebut kelak menjadi tabungan bagi ibu dan ayah di akhirat. Aamiin.

Baca Juga Postingan lainnya :

Sebuah Kenangan Bersama Kakek
Sebuah Kenangan Bersama Kakek

Warisan Kenangan dari kakek Untuk Cucu
Warisan Kenangan dari kakek Untuk Cucu

Sepeda Itu Telah Tiada
Sepeda Itu Telah Tiada

Es Teh Manis : Cinta Yang Tak Pernah Habis
Es Teh Manis : Cinta Yang Tak Pernah Habis

Ibuku Yang Kreatif
Ibuku Yang Kreatif

110 respons untuk β€˜Nama yang Tak Pernah Dipanggil Lagi’

    • jampang September 18, 2013 / 20:41

      Iya jauh mbak. Cuma persisnya saya kurang tahu dengan adik saya yg terakhir

      • ayanapunya September 18, 2013 / 20:46

        ooo.. I see

      • jampang September 18, 2013 / 20:56

        Yaaa….

        *komen nggak kreatif*

        πŸ˜€

      • ayanapunya September 18, 2013 / 21:03

        Komen template. Hihihi

      • jampang September 18, 2013 / 21:07

        Iyah. Kalau komentar begini… Reply begiti πŸ˜€

      • ayanapunya September 18, 2013 / 21:09

        komen saya emang kadang nggak mutu, yak. nyampah pula πŸ˜€

      • jampang September 18, 2013 / 21:13

        πŸ˜€
        Setiap karakter tetap berharga koq

      • ayanapunya September 18, 2013 / 21:22

        nyedot pulsa internet juga πŸ˜€

      • jampang September 18, 2013 / 21:25

        πŸ˜€
        Kalau pake wordpress android mungkin nggak terlalu banyak nyedot karena nggak perlu buka webnya

      • ayanapunya September 19, 2013 / 02:11

        Ini juga pakai wp for andro kok πŸ™‚

      • jampang September 19, 2013 / 05:08

        kalau malam saya pake andro. kalau siang pake PC or laptop. nah pagi2 begini pake laptop. soalnya dapat gratis quota sampe jam sembilan πŸ˜€

      • ayanapunya September 19, 2013 / 05:12

        Saya klo di kntr pakai pc. Di rumah seringnya pakai hp soalnya laptopnya dipakai adik. Lebih sering pakai hp kyknya. Apalagi skrg udah bisa posting pakai andro ini πŸ™‚

      • jampang September 19, 2013 / 05:15

        sama kalau begitu. cuma saya kalau posting lebih seringnya di laptop. kurang puas kalau di andro πŸ˜€

      • ayanapunya September 19, 2013 / 05:19

        Soalnya hape baru layarnya lebih lebar. Jadi lbh enak ngetiknya. Saya juga udah ga masukin gambar2 lagi sekarang πŸ˜€

      • jampang September 19, 2013 / 05:32

        nah… itu yang menurut saya kurang kalau posting tanpa gambar πŸ˜€
        meskipun sebenarnya bisa juga ditambahin secara manual kalau pake andro, cuma repot

      • ayanapunya September 19, 2013 / 05:35

        Yup. Kalau mau masukin gambar biasanya ya ngetik draft lomba dulu di hape. Baru ntar masukin gambarnya. Oya, lombanya mba ika masih berlangsung belum, mas?

      • jampang September 19, 2013 / 05:37

        saya lupa tanggal deadlinenya, mbak. asal saya udah nulis buat lomba, saya nggak tengok2 lagi. bahkan kejadian nggak tahu kalau ada pengumuman πŸ˜€

        kalau saya nggak dihubungi, artinya saya nggak menang πŸ˜€

      • ayanapunya September 19, 2013 / 05:48

        Haha. Saya mau ikut itu tapi bukunya rata-rata dah punya. Liat nanti deh. Suka malas juga ikut lomba πŸ˜€

      • jampang September 19, 2013 / 05:53

        ya bukunya dihadiahin aja kalau menang ke saya πŸ˜€

        eh, jangan… nanti malah nggak saya baca. hadiahin ke temen yang lain aja

      • ayanapunya September 19, 2013 / 06:05

        belum juga ikutan πŸ˜€

      • jampang September 19, 2013 / 06:11

        ya kan belum, artinya masih ada kemungkinan. kecuali kalau udah tidak ikutan. πŸ™‚

      • ayanapunya September 19, 2013 / 06:16

        haha. iya. liat ntar deh πŸ™‚

      • jampang September 19, 2013 / 06:39

        oke deh

  1. nurme September 18, 2013 / 20:30

    Semoga adik saya tersebut kelak menjadi tabungan bagi ibu dan ayah di akhirat. Aamiin —–) Aamiin YRA. Semoga bisa menjemput Ibu dan Bapak kelak. Aamiin.. Aamiin.. Aamiin YRA.

    • jampang September 18, 2013 / 20:42

      Aamiin

  2. nurme September 18, 2013 / 20:34

    Bidan hanya bisa menyesalkan keluarga kami yang kurang cepat bergerak, yang akibatnya sungguh fatal, hilangnya nyawa seorang bayi—–) kadang orang mah bisanya cuma nyalahin ya?gak tau kalau nyawa itu dah ada ketentuannya. Bener ga sih?

    • jampang September 18, 2013 / 20:43

      Usaha tetep perlu. Kalau sudah kejadian ya takdir namanya.

      • nurme September 18, 2013 / 21:15

        πŸ™‚

      • nurme September 18, 2013 / 21:19

        Okey boss πŸ™‚

      • jampang September 19, 2013 / 05:35

        okee

  3. fenny September 18, 2013 / 20:36

    Aaamiin …
    begitu jg ka rifki smoga Syifa menjadi tabungan jg buat umi dan abinya … Aaamiin …
    πŸ™‚

    • jampang September 18, 2013 / 20:40

      Iya. Insya Allah. Aamiin

      • fenny September 18, 2013 / 21:08

        πŸ™‚

      • jampang September 18, 2013 / 21:11

        πŸ™‚

      • fenny September 18, 2013 / 21:32

        bs sharing ngga? knp ya org dulu berani pny anak byk tapi org skrg tdk mau mempunyai anak byk walau perekonomian mereka lumayan …

      • jampang September 18, 2013 / 21:43

        Mungkin rasa takut atau khawatir yg berlebihan atau mungkin juga ragu dengan rahmat Allah. Wallaahu a’lam

      • fenny September 18, 2013 / 21:55

        mgkn jg kali ya ka … pdhl rezeki setiap anak berbeda2 … tp mana ada yg th jg ya …

      • jampang September 18, 2013 / 22:05

        Yang penting berusaha dan pantang putus asa

      • fenny September 18, 2013 / 22:13

        kok kyknya da yg janggal deh dgn kt2 pantang putus asa … apaan ya yg janggalnya? apa cm perasaan ja … πŸ˜€

      • jampang September 18, 2013 / 22:18

        Nggak tahu deh πŸ˜€
        Ya mungkin bisa dicari kata-kata yg lebih pas dengan maksudnya.

      • fenny September 18, 2013 / 22:25

        ya bisa … bisa … bisa … (lg malas mikir) xixixixi … πŸ™‚

      • jampang September 19, 2013 / 05:02

        sudah waktunya istirahat, makanya malas mikir πŸ˜€

      • fenny September 19, 2013 / 08:19

        Yup d charge dl kyk HP … πŸ˜€

      • jampang September 19, 2013 / 08:34

        biar full lagi πŸ˜€

      • fenny September 19, 2013 / 08:49

        Yoi … πŸ˜€

      • jampang September 19, 2013 / 09:17

        Yoa… Yae… *halah*

      • fenny September 19, 2013 / 10:49

        Lg bljr hrf vokal … Krg tuh hrf vokalnya … Yoo … You … (Halah ikut2an) πŸ˜€

      • jampang September 19, 2013 / 11:38

        nggak papa…. yang penting ngerti

      • fenny September 19, 2013 / 13:59

        Ngga mama aja ahhh … πŸ˜€

      • jampang September 19, 2013 / 14:14

        kalau gitu harus disebutin semua donk

      • fenny September 19, 2013 / 14:31

        Biar adiil ngga mapa ja deh … πŸ˜€

      • jampang September 19, 2013 / 14:59

        tante sama om nggak?

      • fenny September 19, 2013 / 15:02

        Biar adiil n efisien kt “ngga mapa” ja deh … πŸ˜€

      • jampang September 19, 2013 / 15:43

        oke deh

    • jampang September 18, 2013 / 20:57

      Aamiin ya rabbal ‘alamiin

  4. herma1206 September 18, 2013 / 21:04

    Semoga Ahmad Romdhoni kelak menjadi tabungan bagi ibu dan ayah di akhirat, semoga putri sulung mas rifki syifa juga kelak mjdi tabungan di akhirat utk abi dan uminya, aamiin…
    dan semoga kakak sulung saya (yg juga tdk pernah sy lihat) menjadi tabungan di akhirat bagi ayah dan ibu saya, aamiin.. Semoga sy kelak memiliki anak2 yg juga dpt menghantarkan kedua orangtuanya ke surga, aamiin
    *jadi sedih..hiks

    • jampang September 18, 2013 / 21:09

      Aamiin.
      Anak-anak sholeh yang mendoakan orang tuanya adalah amalan yg terus mengalir meski orang tuanya sudah tiada.

      • herma1206 September 18, 2013 / 21:19

        iya…pgn punya anak supaya ada yg ngedoain masuk surga..Kayaknya sy pernah baca ini di buku mas rifki deh, bahwa keinginan spt itu agak sedikit egois..bnr gak?

      • jampang September 18, 2013 / 21:22

        Egois kalau kita ingin anak kita seperti itu, tetapi sebagai anak kita tidak melakukannya untuk kedua orang tua kita

      • herma1206 September 18, 2013 / 21:37

        yaa..walaupun itu keinginan egois org tua, tapi anak yg sholeh dan sholehah pasti dengan sukarela akan selalu mendoakan kedua-orangtuanya…

      • jampang September 18, 2013 / 21:41

        Sebelum anak kita, mungkin kita dulu mencontohkan πŸ˜€

      • herma1206 September 18, 2013 / 21:45

        iya..insya Allah akan selalu ngedoain keduaorang tua…
        tapi pengen punya anak..pgn ada yg ngedoain masuk surga juga… *curcol deh…

      • jampang September 18, 2013 / 21:57

        Ya berdoa dan minta sama Allah.

      • herma1206 September 18, 2013 / 22:01

        iya..insya Allah gak berhenti doa dan minta pd Allah
        cuma manusia kdg juga pny kecenderungan utk berkeluh kesah ke sesama manusia…pdhal tau sih gak bisa bantu

      • jampang September 18, 2013 / 22:07

        Ya… Sesama manusia mungkin bisa bantu doa juga

      • herma1206 September 18, 2013 / 22:11

        okee…klo gitu tlg doain saya yaa..
        kan qt gak tau doa siapa yg akan dikabulkan Allah

      • jampang September 18, 2013 / 22:17

        Saling mendoakan πŸ™‚

      • herma1206 September 18, 2013 / 22:24

        oh iya..ngedoain mas rifki jga..:)
        egois bgt minta didoain sendiri..maaf ya..hehe

      • jampang September 19, 2013 / 05:02

        gpp. saya juga seringnya lupa ngedoain…. πŸ˜€

      • herma1206 September 19, 2013 / 05:42

        Hehe.. πŸ˜€

      • jampang September 19, 2013 / 05:44

        πŸ˜›

      • herma1206 September 19, 2013 / 05:52

        Di ajak ketawa malah ngejebel πŸ˜›

      • jampang September 19, 2013 / 05:54

        nanti kalau saya ketawa dibilangnya ikut2an… πŸ˜€

      • herma1206 September 19, 2013 / 05:57

        Iya yah..ya icon lain lah..kan byk πŸ˜€

      • jampang September 19, 2013 / 06:03

        nggak hapal. cuma tahunya πŸ˜€ πŸ™‚ πŸ˜›

      • herma1206 September 19, 2013 / 06:10

        Xixixi…Ketahusn gak pernah ym-an ya..emoticonnya byk bgt..jdi bisa apal πŸ˜€

      • jampang September 19, 2013 / 06:12

        iya…. nggak pernah YM-an. pernah tapi duluuuuu

      • herma1206 September 19, 2013 / 06:14

        Klo chatting…ttp paling asyik ym, ama bbm πŸ˜€

      • jampang September 19, 2013 / 06:39

        πŸ˜€ iya deh yang suka chatting

      • herma1206 September 19, 2013 / 06:49

        ya gak juga..itu dluuu..hehe
        skrg lbh sering bbm ama WA aja πŸ™‚

      • jampang September 19, 2013 / 07:43

        ooo… yaaa… yaaa…

        pake WA jarang juga pake emoticon macam2

      • herma1206 September 19, 2013 / 08:16

        hehe..iya..yg dipake jg itu2 aja..
        eh..bbm udh mau ada tuh di android, tgl 21 ato 22 sept

      • jampang September 19, 2013 / 08:25

        oh yah?
        bisa BBM-an di android yah?

        udah enakan pake whatsapp

      • herma1206 September 19, 2013 / 08:45

        iya..bisa di android ama iphone..
        klo udh bisa bbm, sy yakin semua bakal pindah ke bbm πŸ˜€

      • jampang September 19, 2013 / 09:15

        kita lihat aja nanti…

      • herma1206 September 19, 2013 / 09:33

        baiklah…nanti kita lihat aja…

      • jampang September 19, 2013 / 09:35

        barusan udah ada yang kirim installernya πŸ˜€

      • herma1206 September 19, 2013 / 09:38

        eits..jangan dlu..resminya tgl 21 utk android, 22 utk iphone… yg ada skrg itu bukan..itu hoax, emang udh banyak applikasi bohongannya…

      • jampang September 19, 2013 / 09:40

        ternyata dikirimnya kemarin. dan begitu saya accept. koneksinya terputus πŸ˜€

      • herma1206 September 19, 2013 / 09:51

        hehe..sabar, 2 hari lagi πŸ˜€

      • jampang September 19, 2013 / 10:06

        Blm minat juga koq πŸ˜€

      • herma1206 September 19, 2013 / 10:29

        Ya gpp..no problem πŸ™‚

      • jampang September 19, 2013 / 11:37

        iyah… pusing kebanyakan aplikasi chatt. lagian jarang ngobrol2 juga… paling sesekali, sedua kali, setiga kali πŸ˜€

      • herma1206 September 19, 2013 / 12:49

        sesekali..sedua kali..setiga kali..seempat kali..itu mah bukan jarang…tapi sering kaliii πŸ˜›

      • jampang September 19, 2013 / 13:06

        oooo…. udah ganti istilahnya yah?

      • herma1206 September 19, 2013 / 13:21

        istilah yg mana yg diganti..???

      • jampang September 19, 2013 / 13:31

        yaaaahhhhh…. nggak nyambung lagi πŸ˜›

      • herma1206 September 19, 2013 / 13:33

        makluuuum..abis makan dan kekenyangan, jadi rada tulalit πŸ˜€

      • jampang September 19, 2013 / 13:38

        pantesan…. pasti gara-gara menunya enak… atau harganya mahal?

        πŸ˜€

      • herma1206 September 19, 2013 / 13:41

        kayaknya sih tulalit krn harganya mahal..kwkwkw
        jadi..pertanyaan tulalit sy dijelasin gak nih?

      • jampang September 19, 2013 / 14:04

        πŸ˜€
        enggak perlu. nggak penting

      • herma1206 September 19, 2013 / 14:08

        hmm…ya udah deh gpp..

      • jampang September 19, 2013 / 14:57

        πŸ˜€

  5. Firsty Chrysant September 18, 2013 / 22:40

    Kondisi tersebut kadang memang memuat kita suka berandai2, seandainya cepat dibawa ke bidan, seandaikan cepat dibawa ke rs…. dsb.

    • jampang September 19, 2013 / 05:04

      ya. padahak kalau sudah kejadian, berandai2 sehebat apa pun ya nggak akan merubah apa yang sudah terjadi

  6. η©Ίγ‚­γ‚»γƒŽ September 19, 2013 / 06:24

    I feel sorry, Kak…

    Jadi ibunya Kak Rifki ngerasain sakitnya itu karena apa? Dan kenapa adiknya Kak Rifki nggak bisa selamat?

    • jampang September 19, 2013 / 06:40

      sejak kehamilan emang ngerasa sakit, cuma nggak tahu sebabnya apa. dan si adik nggak tertolong mungkin nggak bisa bernapas kali yah. soalnya nggak ada berani bantuin

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s