Obstacles

obstaclesSuatu pagi, saya dan beberapa rekan mendapatkan tugas untuk mengikuti sebuah konsinyering. Kami berangkat menggunakan mobil milik salah seorang dari kami.

Di tengah perjalanan, sang pemilik mobil bercerita bahwa dirinya baru saja menjenguk mantan atasannya yang sedang di rumah sakit beberapa hari sebelumnya. Saat menjenguk itu, dalam kondisi sakit, mantan atasan tersebut memberikan sebuah nasihat atau pengingat kepad dirinya. Nasihat atau pengingat itulah yang kemudian diceritakan kepada saya dan teman-teman lainnya yang berada di dalam mobil.

Penghambat. Hambatan. Penghalang. Entah apa lagi sebutannya yang semakna. Yang pasti, setiap aktifitas atau pekerjaan apa pun, suatu ketika akan bertemu dengannya. Termasuk  dalam kegiatan tulis-menulis. Hambatan tersebut menyebabkan sebuah pekerjaan atau tulisan menjadi tertunda penyelesaiannya.

Rekan saya kemudian menceritakan tentang empat hal yang menjadi penghambat atau penghalang sebuah kreatifitas yang didapat saat menjenguk mantan atasannya yang sakit.

Pertama adalah malas. Sehebat apa pun ide yang didapat, serapi apa pun rencana yang disusun, tak akan bisa menjadi kenyataan jika ada kemalasan di dalam pengerjaannya.

Sebagai contoh, di benak saya sudah tersusun ide sebuah tulisan serta  kalimat-kalimat yang akan saya susun dalam beberapa paragraf. Tulisan tersebut nantinya akan saya posting di blog. Tetapi karena rasa malas datang, saya memilih untuk tidur-tiduran di kasur. Saya malas mengetiknya di handphone meskipun bisa dilakukan sambil tiduran. Saat laptop menyala, saya memilih untuk menonton film daripada mengetik ide tulisan tersebut. Jika demikian yang terjadi, maka tak akan ada sebuah tulisan yang dihasilkan. Jika yang demikian terjadi, maka tak selesai sebuah pekerjaan.

Kedua, adalah kesehatan. Orang yang sakit akan kesulitan untuk merealisasikan idenya. Penulis yang sakit, kemungkinan akan memilih untuk menyembuhkan sakitnya terlebih dahulu dibanding menulis. Jika dipaksakan, mungkin si penulis tak akan maksimal dalam menyelesaikan  tulisannya. Hasil tulisannya mungkin banyak mengalami kesalahan ketik ataupun penyelesaiannya akan lebih lama dibandingkan jika dikerjakan ketika dirinya fit. Begitu juga halnya dengan pekerjaan yang lain. Seperti seorang guru tak akan maksimal menyampaikan materi pelajaran kepada para murid ketika fisiknya kurang fit. Atau seorang arsitek yang sedang menyelesaikan gambar sebuah bangunan. Atau seorang fotografer yang taka bisa fokus memegang kamera dalam membidik objek karena sakit di kepalanya. Dan banyak lagi.

Memang tak ada seorang pun yang menginginkan dirinya sakit. Namun demikian apa yang dilakukannya bisa jadi penyebab dirinya sakit. Misal sudah tahu punya potensi terserah maag, malah menunda-nunda waktu makan. Sudah tahu gampang terkena flu jika kena hujan, malah sengaja berhujan-hujanan.

Bukankah kerusakan yang terjadi di darat, di laut, atau bahkan di dalam diri dan tubuh manusia itu disebabkan karena perbuatan tangan manusia sendiri? Tentunya ada pembelajaran di situ. Coba tengok Surat Ar-Ruum ayat 41.

Ketiga adalah lupa. Manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Jika ide tidak dituangkan dengan segera, bisa jadi ide itu segera menguap dan tak berbekas.

Karenanya, saya pernah menulis di dalah satu postingan untuk “mengabadikan” sebuah ide yang didapat dengan menulisnya, dalam bentuk catatan meskipun hanya berupa sebuah kalimat. Itu mungkin menjadi salah satu cara untuk mengikat ide agar tidak mudah lepas. Di lain waktu, jika lupa itu datang, maka bukalah kembali catatan tersebut lalu kembangkanlah menjadi sebuah tulisan yang utuh.

Sayangnya, ketika di dalam mobil saat itu, saya tidak sempat “mengabadikan” obrolan yang terjadi salam sebuah catatan kecil di handphone saya. Saya pun merasakan dampaknya. Saya hanya bisa menyampaikan tiga dari empat hambatan yang disampaikan teman saya itu. Saya tidak bisa menyampaikan hambatan yang keempat. Sebab, saya lupa. Maaf.


Postingan Terkait Lainnya:

59 respons untuk ‘Obstacles

  1. ayanapunya September 24, 2013 / 07:54

    Jiaaah udah penasaran nomor 4nya apa taunya lupa 😀
    Kalau saya malas yang paling sering jadi penghambat dalam menulis

    • jampang September 24, 2013 / 07:57

      twistnya di situ…. halah…. emangnya FF

      iyah… beneran lupa… 😀

      • ayanapunya September 24, 2013 / 08:02

        kalau ini FF, yang baca pasti ngomel-ngomel 😀

      • jampang September 24, 2013 / 08:07

        😀

        setidaknya saya membuktikan bahwa lupa itu memang jadi penghambat dalam berkarya…. karena lupa, saya tak bisa menambahkan tulisan ini beberapa paragraf lagi

      • ayanapunya September 24, 2013 / 08:12

        Baiklah.. argumen diterima 🙂

      • jampang September 24, 2013 / 08:12

        harus diterima… tidak boleh tidak 😀

        malah maksa

      • ayanapunya September 24, 2013 / 08:21

        hiyaa mas rifki ternyata suka maksa orang 😀

      • jampang September 24, 2013 / 08:24

        kadang-kadang… 😛

        eh… sering deh… kan saya share link di FB secara nggak langsung maksa orang buat ngeklik 😀

      • ayanapunya September 24, 2013 / 08:28

        Sama yang sering kasih link pas lagi komen 😛

      • ayanapunya September 24, 2013 / 10:24

        nah, mulai lagi deh. pemaksaaan terselubung 😛

      • jampang September 24, 2013 / 10:30

        ya kalau nggak mau ya nggak usah diklik 😛

      • ayanapunya September 24, 2013 / 10:31

        nggak enak kalau nggak klik soalnya yang punya rumah sudah capek-capek bongkar isi rumahnya buat ngasih link itu 😀

      • jampang September 24, 2013 / 10:35

        😀
        emang aja pengen baca. itu juga kan muncul di bagian depan…. di komentar terbaru

      • ayanapunya September 24, 2013 / 10:38

        saya kan balas komen di notif ini. ga liat dong komentar terbarunya apa 😀
        kalau mampir ke jurnalnya ada header narsis yang mau nggak mau harus dilihat 😛

      • jampang September 24, 2013 / 10:45

        😀
        oh iyah…ngga kliatan yah.

        hmm…. belum ada ide ganti headernya gimana. mungkin ganti syaikhan aja yang ada di situ yah…

      • ayanapunya September 24, 2013 / 10:47

        yaa saya juga nggak bilang harus diganti kok 😀

      • jampang September 24, 2013 / 10:56

        iya yah… ya udah. biarin aja 😀

      • ayanapunya September 24, 2013 / 11:10

        iya biarin aja. ntar kalau udah ada gadis berjilbab kuning yang asli boleh deh diganti
        *kabur*

      • jampang September 24, 2013 / 11:32

        😀

        hiks… jadi inget deh… itu draft diajuin aja apa nunggu masukan yg lain yah?

        pengennya cepet, cuma kan nggak bisa maksa. namanya juga minta tolong

      • ayanapunya September 24, 2013 / 11:52

        Coba tanya lagi aja, mas. Kalau draft dimasukin kemungkinan 3-4 bulan ya baru dikasih jawaban?

      • jampang September 24, 2013 / 12:39

        kalau yang kemarin seh enggak selama itu. direviewnya nggak sampe sebulan kayanya.

        sebelumnya udah ditanya dan jawabannya belum selesai

      • ayanapunya September 24, 2013 / 12:56

        Kalau misalnya nggak lama bisa tuh mas dikirim dulu ke penerbit. Ntar kalau dikasih balasan bisa diperbaiki lagi draftnya

      • jampang September 24, 2013 / 13:28

        tunggu seminggu lagi deh…. 🙂

      • ayanapunya September 24, 2013 / 17:48

        moga ada kabar baik ya, mas 🙂

      • jampang September 24, 2013 / 18:33

        aamiin. makasih, mbak

  2. nengwie September 24, 2013 / 08:05

    Teteh mah empat-empatnyaaaa..!!!
    *parah pisaaaan* 😀

    • jampang September 24, 2013 / 08:08

      heh…. yang keempat apa teh?
      saya nulis cuma tiga sebab yang keempat terhambat dengan faktor ketiga yaitu lupa

      😀

  3. tinsyam September 24, 2013 / 10:20

    jangan menundanunda, hiduplah sehat, biar ga lupa.. << gini kali ya kesimpulannya..

    • jampang September 24, 2013 / 10:23

      iya mbak… kurang lebihnya begitu

  4. nyonyasepatu September 24, 2013 / 16:13

    lupa tuh sebenarnya penyakit bukan sih? aku juga sering banget kayak gitu

    • jampang September 24, 2013 / 16:39

      entahlah…. sifat….?

      yang jelas manusia memang tempatnya lupa 😀

  5. fenny September 24, 2013 / 18:09

    Klo saya seringnya lupa, pdhl br bbrp menit ingat eh lgsg lupa apa yg mau d lakuin … Kdg klo d kantor tuh saya srg tanya k tmn “td mau ngapain ya?” Pdhl saya sendiri ngga blg k tmn saya mau ngapain … 🙂
    Mgkn hrs byk zikir kali ye biar ngga d ksh sft pelupa … 😀

    • jampang September 24, 2013 / 18:35

      pasti temennya bingung ditanya begitu 😀

      ya… dzikir itu baik

      • fenny September 24, 2013 / 19:42

        Iya mereka pd bingung, malah saya d blg nenek2 … Klo msh muda begini d blg nenek2 sdh tua d blg apa ye??? 😀
        Kirain saya dl mgkn msh mikirin kul gmn cr nya cpt lulus, tp trnyt sdh kelar pun msh pelupa.

      • jampang September 24, 2013 / 19:51

        😀
        Kebanyakan mikir kali makanya sering lupa

      • fenny September 24, 2013 / 20:09

        Iya kali ya d pikirin doang tp jrg terlaksana … Sangking byknya smp luber tuh yg d pikirin alias lupa … 😀
        “kesempurnaan hanya milik Allah, kesalahan dan khilaf milik manusia”. Jd kyk dorce 😀

      • jampang September 24, 2013 / 20:27

        Mungkin begitu

      • fenny September 24, 2013 / 21:03

        Loh? Mksdnya mgkn mirip dorce gitu … *tiktoktiktoktiktok*
        Mgkn bintang bln kelahiran bs d kata benar kali ya tuk mengenal sft org scr umum, spt org2 virgo yg sk pemikir … 🙂

      • jampang September 25, 2013 / 04:57

        ooo… saya seh enggak percaya sama hal begituan

      • fenny September 25, 2013 / 05:34

        Sapa yg srh percaya ka … Murtad dong :p
        Percaya tuh ma Allah 🙂

      • jampang September 25, 2013 / 06:04

        ya kirain… kan tadi ngebahas soal itu

      • fenny September 25, 2013 / 06:12

        Oh iyayaya … Maaf lupa … Br ja semlm d bhs … 😀
        Mgkn hny kebetulan saja kali ya menemui org2 yg berbintang n pny sft sama …

      • jampang September 25, 2013 / 07:38

        mungkin memang kebetulan… ata mungkin juga ada penelitian yg menyatakan bahwa seseorang yg lahir pada tanggal sekian hingga sekian memiliki sifat begini dan begitu????

      • fenny September 25, 2013 / 08:47

        Mgkn sdh da penelitiannya kali ya mayoritas sifat org2 d bln2 tsb begini begitu, tp tdk smua org hny mayoritasnya ja … 🙂

      • jampang September 25, 2013 / 09:16

        ya tergantung sample dan standar errornya

      • fenny September 25, 2013 / 09:51

        Yup … Sayangnya bkn saya yg neliti … 😀

      • jampang September 25, 2013 / 09:55

        😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s