Sepucuk Surat Untuk Calon Istriku

Letter-pen-iconAssalaamu ‘alaikum wa rahmatullaahi wa barakatuh.Apa kabar, Dinda?

Ah, maaf jika aku menyapamu dengan panggilan itu. Sejujurnya, aku belum tahu namamu. Tak apa. Mungkin kamu masih malu untuk mengatakannya kepadaku. Jika boleh aku menerka, pasti namamu indah dan penuh makna serta terselip doa dan harapan di dalamnya. Karenanya, aku meminta izin untuk menyapamu dengan panggilan Dinda. Semoga kamu tidak keberatan.

Karena kita belum saling mengenal atau bahkan mungkin belum pernah bertemu, maka di dalam surat ini aku menyertakan sebuah biodata singkat diriku. Jika berkenan, kamu bisa membacanya nanti di lampiran terakhir suratku.

Aku menulis surat ini sebagai sebuah langkah awal untuk mewujudkan apa yang menjadi cita-cita dan harapanku, dan mungkin juga cita-cita dan harapan lelaki lainnya, yaitu menikah. Menikah untuk menggenapkah setengah agamaku. Menikah untuk bisa memliki dua buah sayap yang sempurna untuk bisa terbang ke surga. Bersama-sama denganmu, itu menjadi harapanku berikutnya.

Namun demikian, aku meyakini bahwa tidak mudah untuk menerima kehadiran sosok lelaki yang sama sekali belum pernah kamu kenal untuk hadir dalam kehidupanmu. Dalam sebuah lembaga yang bernama pernikahan. Sebab pernikahan itu sendiri adalah sebuah “mitsaqan ghalizha”, perjanjian yang kuat. Dan untuk melakukan perjanjian yang kuat itu, para pelakunya haruslah sudah siap segalanya, baik itu materi, mental, dan juga ilmu.

Mungkin di dalam surat ini, aku akan bercerita sedikit pandanganku tentang yang namanya pernikahan. Bisa jadi apa yang aku tulis akan merubah sikapmu sebelumnya atau mungkin dirimu tak mempermasalahkannya. Kamu tidak keberatan membacanya, Dinda? Ah, entah kenapa aku mulai senang menyapamu dengan panggilan itu. Maafkan, aku.

Baiklah, aku akan memulainya. Aku lelaki yang tak banyak bicara. Aku tak pandai memuji atau merangkai kata-kata romantis yang langsung bisa kuucapkan langsung dihadapan seseorang, apalagi seorang perempuan. Tapi itu bukan berarti aku tidak bisa mencintaimu atau menyangimu. Sebab ketika aku menikahimu, maka itu adalah tugasku. Siapa pun dirimu. Hanya saja, mungkin bentuk cinta dan sayangku tidak seperti yang dirimu bayangkan. Ungkapan perasaan hatiku banyak kutuangkan melalui tarian jemariku yang bisa kau baca jika kau berkenan. Luapan cinta dan sayangku lebih sering kusampaikan dengan sentuhan dan perbuatan. Entah kelak dirimu akan terbiasa dengan hal itu, atau diriku yang akan belajar untuk berubah. Mungkin bait-bait berikut bisa mewakili tentang bagaimana caraku mencintaimu.

tak bisa aku mencintaimu
seperti seorang pangeran tampan
yang mampu meniti bintang tersusun bak titian
untuk merengkuh sang rembulan
dan menghadirkannya dalam pelukan

cintaku sangat sederhana
seperti syair para seniman jalanan
yang mengais rezeki tuk menyambung nafas kehidupan
namun dengan kesederhanaan itu
kita kan selamanya bersatu

tak bisa aku mencintaimu
seperti kisah haru roman
dari negeri hayalan
pun tak bisa meniru aksi
para tokoh-tokoh fiksi

cintaku sangat sederhana
seperti alunan kidung bunda
yang mengajak pergi dari alam nyata
namun dengan yang sederhana
kuharap kita selalu bersama

Bersambung Ke Halaman 2 >>>>>

221 respons untuk ‘Sepucuk Surat Untuk Calon Istriku

  1. herma1206 September 27, 2013 / 20:08

    Mas..ini fiksi kan..?? Soalnya klo dlm kehidupan nyata, baru mau memulai suatu komitmen pernikahan, dimana dua org tsb blm saling mengenal, bhkn gak tau nama, udh berani manggil dinda itu rasanya gimanaaaaa gitu…klo udh suami istri gpp..malah mesra..hehe..piiiiis ^^

    • jampang September 28, 2013 / 05:23

      kan sudah minta maaf di awal surat. saya nggak tahu nama perempuan itu, jadi manggilnya pake dinda aja. kalau surat ini dibalas sama “perempuan itu” lalu isinya protes sambil ngasih tahu namanya, ya saya ganti panggilannya 😀

      fiksi atau bukan, biar “perempuan itu” yang menilai 😛

      • herma1206 September 28, 2013 / 05:40

        Klo sy yg dikirimin surat begini..pasti lgsung protes, blm apa2 udh berani2 manggil dinda. Tapi isinya bikin jatuh cinta..jdi pasti bikin dilema antara seneng ama sebel..huehehehe…

        *cie..cie..kyknya “perempuan”nya beneran ada nih… ~_^

      • jampang September 28, 2013 / 05:46

        ya tinggal tunggu aja balasannya. namanya juga usaha… halah

      • herma1206 September 28, 2013 / 05:53

        Oowh..jdi udh dikirim..ntar balesannya diposting jg gak..?? 🙂

      • jampang September 28, 2013 / 05:55

        udah diposting maksudnya… meneketehe 😀

      • herma1206 September 28, 2013 / 06:02

        Haha…bisa jg ngomong meneketehe 😛
        Berarti judulnya hrsnya Surat Terbuka Utk Calon Istriku.. Ntar balesannya jg dlm bentuk postingan 😀

      • jampang September 28, 2013 / 06:05

        ya… masing-masing pembaca bisa menafsirkan berbeda-beda. kalau perempuan itu mallu, ya suratnya bisa dikirm secara tertutup

      • herma1206 September 28, 2013 / 06:14

        Kalau dia malu..postingannya diprivat khusus berdua…woow..so sweeet.. ^_^

      • jampang September 28, 2013 / 06:24

        uhuuuuyyyyy

      • jampang September 28, 2013 / 07:05

        🙂

  2. herma1206 September 27, 2013 / 20:12

    Eh..itu ada lirik lagunya ari laso sama cewek, lupa namanya…
    Suka bgt ama lagu itu 😀

    • jampang September 28, 2013 / 05:23

      ariel tatum…. *nulisnya bener nggak yah*

      • herma1206 September 28, 2013 / 05:41

        Suaranya mirip syahrini..klo menurut sy sih 😀

      • jampang September 28, 2013 / 05:47

        saya cuma sekali doank dengernya… terus bikin postingan dengan judul yang sama dengan judul lagunya… setelah itu… nggak denger2 lagi

      • herma1206 September 28, 2013 / 05:54

        Sy sering denger dri hape..enak lagunya.. Yg masukin ke hape siswa sy ^_^

      • jampang September 28, 2013 / 05:59

        di hp saya yg banyak lagunya maher zein. ada juga lagu dua lagu laiinya…. lupa… jarang saya putar

      • herma1206 September 28, 2013 / 06:04

        Klo maher zein adanya di lepi..lengkap
        Di hape korea semua rata2, tpi yg ost drama..nyelip2 dikit lgu indo

      • jampang September 28, 2013 / 06:23

        saya nggak banyak koleksi lagu. karena kurang hobi denger lagu 😀

      • herma1206 September 28, 2013 / 06:47

        Hobinya nulis puisi 😀

      • jampang September 28, 2013 / 07:04

        udah lama saya nggak nulis puisi. jadi pengen bikin postingan terus setiap kmentar akan saya jadikan puisi seperti kejadian di MP dulu 😀

      • herma1206 September 28, 2013 / 07:16

        Mksdnya..pas ada komentar..misalnya nih sy yg komen, komennya dilanjutin jadi puisi gitu…??
        Di mp dlu sy gak tau..kan qt blm temenan.. 😀

      • jampang September 28, 2013 / 07:25

        iya. balasannya menggunakan kata-kata komentar menjadi puisi 😀

      • herma1206 September 28, 2013 / 07:31

        Oowh..ntar sy komen yg susah2 ah..biar mas rifki nulis puisinya mikiiiiiir beribu2 kali..haha.. 😀

      • jampang September 28, 2013 / 07:58

        xixixixi…

        nyari2 judulnya lupa postingan yg saya maksud

      • herma1206 September 28, 2013 / 08:13

        Pantesan gak ada link promo 😀

      • jampang September 28, 2013 / 08:40

        nanti kalau dapat saya kasih mau?

      • herma1206 September 28, 2013 / 08:59

        Klo ditanya mau sy akan jwb gak..
        Tapi klo udh ada akan sy baca insya Allah..
        *nyontek jwban mas rifki dgn sedikit editan 😀

      • jampang September 28, 2013 / 10:11

        😀
        Nyarinya bingung pake keyword apa. Judulnya sama sekali nggak inget

      • herma1206 September 28, 2013 / 13:12

        hehe..ya udh ubek2 aja..rumah sendiri ini, klo ngubek rmh org baru gak boleh 😀

      • jampang September 28, 2013 / 18:55

        males 😀

      • herma1206 September 28, 2013 / 21:08

        Yo wes 😛

      • jampang September 28, 2013 / 21:21

        Ok

  3. tipongtuktuk September 27, 2013 / 20:17

    kirimkan suratnya pakai PT Pos, Bang … he he he …

    • nurme September 27, 2013 / 21:35

      Awas Bang Rif.. Perangkonya jangan kurang ya.. Hahaha.. Iya kan Kang Hendra?

      • tipongtuktuk September 27, 2013 / 21:53

        iya, betul … he he he …

    • jampang September 28, 2013 / 05:24

      😀
      ya… kalau saya sudah tahu namanya dan alamatnya mudah dijangkau… saya sendiri yang datang ngantar suratnya.

      • nurme September 28, 2013 / 19:30

        ngemat biaya perangko ama resiko surat kembali.. hahaha

      • jampang September 28, 2013 / 19:38

        lebih cepet juga

      • nurme September 29, 2013 / 09:49

        langsung ke target

      • jampang September 29, 2013 / 10:02

        yup 😀

      • nurme September 29, 2013 / 11:15

        🙂

  4. nurme September 27, 2013 / 21:29

    Romantis.. Speechless 😉
    “HaPpY 10th Anniversarry, semoga surat ini menjadi hadiah indah”

    • jampang September 28, 2013 / 05:25

      silahkan ngucapinnya di blog yang bersangkutan aja

      • nurme September 28, 2013 / 07:57

        Ga berteman.. Maap spontan itu mah

        Intinya sih surat yang dibikin bagus, romantis. Bikin ga bisa berkomentar.

      • jampang September 28, 2013 / 08:01

        😀
        padahal udah ngasih komentar beberapa kali

      • nurme September 28, 2013 / 13:48

        maksudnya?gak ngeh, Maap 🙂

      • jampang September 28, 2013 / 18:57

        coba lihat komentar sebelumnya yang saya balas

      • nurme September 28, 2013 / 07:58

        Maap ya Bang.. 🙂

      • jampang September 28, 2013 / 08:01

        iya. gpp

      • nurme September 28, 2013 / 13:48

        Terimakasih 🙂

      • jampang September 28, 2013 / 18:57

        sama-sama

      • nurme September 28, 2013 / 19:32

        ooh maksudnya saya suruh masuk ke blognya?

      • jampang September 28, 2013 / 19:38

        yup

      • nurme September 29, 2013 / 10:00

        Insya Allah

      • jampang September 29, 2013 / 10:04

        😀

      • nurme September 29, 2013 / 11:17

        🙂

  5. ayanapunya September 27, 2013 / 21:51

    “Dinda, dimanakah kau berada…”
    Jadi ingat lagu katon

    • nurme September 27, 2013 / 22:39

      Katon Bagaskara, KLA PROJECT 🙂
      Lanjut ke Cinta Putih

      • ayanapunya September 28, 2013 / 05:26

        Lagu2 KLA selalu romantiis 🙂

      • nurme September 28, 2013 / 07:59

        Dia emang jagonya. Semua kata-katanya romantis tapi halus. Dulu sampai ikutan KLANIS

      • ayanapunya September 28, 2013 / 08:14

        Itu nama fans nya kla ya? Emang ya band2 90an itu jago bikin lirik keren. Nggak kayak sekarang yg lirik lagunya nggak mutu

      • nurme September 28, 2013 / 13:53

        Iya 🙂
        Jamannya beda mungkin

      • jampang September 28, 2013 / 05:29

        nggak tahu kalau yg ini

      • nurme September 28, 2013 / 08:04

        Bagus kata2 dari Cinta Putih.. Bener2 ngena.. Coba googling.. Video Klipnya juga bagus. Romantiiiiiis… Inspiratif…

      • jampang September 28, 2013 / 08:06

        mungkin lain waktu kalau emang perlu. sementara pake lirik lagu di atas aja

      • nurme September 28, 2013 / 13:49

        Cuma info kok sebenernya. 🙂

      • jampang September 28, 2013 / 18:58

        terima kasih

    • jampang September 28, 2013 / 05:26

      sempet sering nyanyiin dulu waktu lagi booming. dinda di lagu itu nama asli apa bukan yah?

      😀

      • ayanapunya September 28, 2013 / 05:27

        Kayaknya sih sebutan juga, mas

      • jampang September 28, 2013 / 05:38

        oooo…. kirain nama si perempuan…. adinda maharani… mungkin 😀

        oh ya… saya tambahin puisi satu lagi di suratnya *nggak penting*

      • ayanapunya September 28, 2013 / 06:03

        Bisa jadi. Bagus ya namanya adinda maharani 🙂 Tapi kalau ga salah dulu ada lagu balasannya. Kanda apa gitu 😀
        Mas rifki kalau bikin puisi lancar banget yah 😀

      • jampang September 28, 2013 / 06:07

        oh ada yah?
        jangan2 saya pernah denger tapi nggak ngeh, atau liriknya cuma ganti aja dari dinda jadi kanda 😀

        itu puisi-puisi lama, mbak. ada beberapa puisi yang belum diupubish di sini karena settingnya masih private, kalau dulu di MP sih udah banyak yg baca dan komen

      • ayanapunya September 28, 2013 / 06:17

        Kayaknya sih ganti panggilan doang 😀
        Saya kyknya hampir semua postingan di mp diangkut dan dipublish di sini 😀

      • jampang September 28, 2013 / 06:38

        ooo begitu… sepertinya pernah denger lagu balasanya.

        ada sekitar 170-an postingan yang statusnya private, dan ternyata tidak semua postingan di MP keangkut ke sini

      • ayanapunya September 28, 2013 / 06:40

        Ya ngeblognya juga udah dari jaman kapan 😀
        Eh sisa quota di wpnya masih bnyk ga sih? Kan mksimal 4gb ya

      • jampang September 28, 2013 / 06:48

        seingat saya tiga GB. dan baru kepake 7-8%

      • ayanapunya September 28, 2013 / 06:49

        Saya sdh kepake 16%. Kmrn bnyak posting foto dan ga dikecilin ukurannya
        Suka mikir kalo kuota habis bakal kmn lagi ya? 😀

      • jampang September 28, 2013 / 07:06

        ya kan bisa bikin banyak akun di WP. satu akun 3GB atau satu email 3GB yah?

        saya keikirannya…. upload fotonya di tempat lain, di WP tinggal insert aja 😀

        kan menghemat space

      • ayanapunya September 28, 2013 / 07:10

        Kayaknya 1 akun deh. Belum ngecek di rumah satunya. Pengennya sih gitu juga. Fotonya di link ke fb aja. Tapi ga bisa dijadiin galery 😦
        Dan saya mulai oot di lapak ini 😀

      • jampang September 28, 2013 / 07:20

        konsekuensinya kalau pake link memang nggak bisa dijadikan galeri.

        sudah merasa OOT yah. silahkan pindah ke lapak baru… *eh belum ada*

        😀

      • ayanapunya September 28, 2013 / 08:12

        Hahaha. Baiklah-baiklah 😀

      • jampang September 28, 2013 / 08:39

        😀

  6. nurme September 27, 2013 / 22:28

    Katon Bagaskara, KLA PROJECT 🙂

    • jampang September 28, 2013 / 05:27

      yaaa

      • nurme September 28, 2013 / 08:00

        Eh ini mah Bang Rifki Jampang kan.. Bukan Bang Karton.. Hihihi…

      • jampang September 28, 2013 / 19:20

        yup

  7. Ina September 27, 2013 / 22:39

    ampuuuun suratnya puanjangggg.
    keknya klo dulu ada yang nyurati gtu langsung atuh cinta kali yah 😀

    • jampang September 28, 2013 / 05:28

      saya tambahin lagi isinya biar tambah panjang

      ah, nggak pake sura mbak juga udah jatuh cinta sama si mas 😀

  8. fenny September 28, 2013 / 03:00

    Ehhmm … Ehhmmm … Ada ari lasso nyasar d srt ini … 🙂
    Ariel tatumnya sapa??? 😀

    • jampang September 28, 2013 / 05:30

      ya temen duetnya ari lasso

      • fenny September 28, 2013 / 05:54

        Srtnya panjang n romantis bener, lgsg jth hati nih … Xixixixiixxi 😀
        Uppss salah bkn saya ya dindanya 😀

      • jampang September 28, 2013 / 05:56

        ya kan di surat itu bilang belum saling ketemu 😀

      • fenny September 28, 2013 / 06:51

        Mmgnya saya prnh ktm ya??? *pura2 amnesia* 😀
        Blm prnh ktm tp ada kan orgnya? *kepo bgt sih* xixixixi 😀

      • jampang September 28, 2013 / 07:08

        apa yang masih single sekarang akan punya jodoh?
        kalau benar punya… apa pasti sudah bertemu?
        bisa saja jodohnya ada, ada orangnya, tapi belum ketemu

      • fenny September 28, 2013 / 15:17

        Ngomongin jodoh ya … Org yg msh single atau dlm keadaan apapun akan punya jodoh, tp blm th kpn, siapa, dmn, n gmn caranya. Entah dia org dekat/jauh/srg ketemu/br ketemu, pasti klo sdh jodoh akan d pertemukan kembali bagaimanapun caranya Allah pny jlnnya walau sdh terpisah.
        Org yg sdh pacaran lama ja bs ngga jd n malah bs jd sm org yg br knl. *contek dikit dr bk JJT* 🙂
        Positive thinking nya mgkn Allah msh menyimpan smp org tsb bs amanah … (Kyknya saya trmsk ini) 🙂

      • jampang September 28, 2013 / 18:59

        husnuzhan itu lebih baik

      • fenny September 28, 2013 / 19:33

        Yup betulll … Itu dah termsk husnuzhon kan ka? 🙂

      • jampang September 28, 2013 / 19:38

        insya Allah

      • fenny September 28, 2013 / 19:57

        🙂
        Tulisannya bagus ka … Bs d gabung n d sambung2in dr crt2 yg tlh d buat sebelumnya … *2 jempol* 🙂

      • jampang September 28, 2013 / 20:03

        terima kasih

      • fenny September 28, 2013 / 20:23

        Smoga sukses ye ka sepucuk suratnya … Pst yg nerima srtnya lgsg berbunga2 … Xixixixixixi 😀 (just kidding)

      • jampang September 28, 2013 / 20:34

        Kalau berapi-api pasti mau bertanding atau berantem

      • fenny September 28, 2013 / 21:05

        😀
        klo berapi2 mending ngga usah d krm ka nnt rempong malah kebakaran lg … Hehehehehe 😀

      • jampang September 28, 2013 / 21:20

        Iyah 😀

      • fenny September 28, 2013 / 22:08

        Semangat ya ka, walau berapi … 😀

      • jampang September 29, 2013 / 03:06

        yaaa 😀

      • fenny September 29, 2013 / 06:06

        🙂

  9. chiemayindah September 28, 2013 / 07:03

    Waaah, penasaran euy sapa sih si Dinda?? Suratnya romantis beuuud d^__^b

    • jampang September 28, 2013 / 07:09

      saya juga penasaran, mbak 😀

      • chiemayindah September 28, 2013 / 07:46

        laaaaaaah…… pegimane sih =))))

      • jampang September 28, 2013 / 07:59

        😀
        lah…. emang saya penasaran koq. dinda itu siapa dan di mana

      • chiemayindah September 28, 2013 / 10:14

        *langsung nyanyi lagunya Katon* 😀

      • jampang September 28, 2013 / 12:16

        Selamat mencari…. 😀


        dinda…
        di manakah kau berada
        rindu aku ingin jumpa….

  10. bunda aisykha September 28, 2013 / 09:28

    halagh,,panjang nya baaang, eh tapi baru tau kalo bang jampang tu masih single,,lha syaikhan itu sapa nya?? *mikir*

    • jampang September 28, 2013 / 10:15

      Padahal masih bisa dipanjangin lagi 😀

      Syaikhan ya anak saya.

      • bunda aisykha September 28, 2013 / 11:55

        lhaa,,kok masih nyari dinda??? *muyeng deh*

      • jampang September 28, 2013 / 12:20

        Masa nggak boleh nyari lagi?

        *jawabnya ada di blog ini. silahkan ubek-ubek*

  11. jaraway September 28, 2013 / 11:00

    dicari… si dinda.. hihi
    suruh bales surat tuh..=D

    • jampang September 28, 2013 / 12:18

      😀
      Eh.. Mbak fajar nongol lagi.

      • jaraway September 28, 2013 / 14:18

        hihihi.. iyaa.. tapi belum bisa nulis lagi.. haha

      • jampang September 29, 2013 / 06:21

        ooo…. ya… mungkin sibuk kali yah. biasanya sekali buka…. belasan komentarnya 😀

  12. deetie September 28, 2013 / 20:11

    Eheemm kakanda..
    Ciee yg dh pny calon istri.. 🙂

    • jampang September 28, 2013 / 20:29

      Belum ada calonnya. Kecuali ada yg balas. Si mpok mau ngebalas suratnya?

      • deetie September 28, 2013 / 21:32

        Blsnya yg mana ye
        Emg d situ ad prtanyaanny ye??
        Aye jd bingung dh tu bang.. 🙂

      • jampang September 29, 2013 / 03:04

        eh nggak ada pertanyaannya yah?
        ya maklum itu surat isinya bukan soal ujian

      • deetie September 29, 2013 / 12:12

        Iye kn bang. Ntu suratnye.. Yg d tny dindany nmny sapa kn??
        Emg aye dindanye ya bang?? 😀 😛
        Aye jd pnsrn ma dindanye.. Yg bkin abang jampang nulis surat ky gt.. Blm knl tp terkesan baik.. 🙂

      • jampang September 29, 2013 / 12:59

        Positif thinking dulu. Kalau sudah ke tahap berikutnya mungkin akan lebih jelas. Jika baik dan ada kecocokan ya lanjut.

        Ya saya blm tahu siapa dinda… Si mpok mau jadi dindanye?

      • deetie September 29, 2013 / 14:38

        Pan nmany aye bkn dinda bang..
        Nama aye de-eti… 🙂
        Ape perlu introduce my self ni?? 😀

        Ehem.. Ehem.. Klo prtanyaanny ky bgini ky yg d tny sm tulisan d atas ntu… *deg2an smbl pegang jantung..

      • jampang September 29, 2013 / 15:23

        Kan sama-sama diawali huruf D.

        Kalau gitu saya kirim via emali dan saya ganti namanya. Bukan lagi pake dinda.

      • deetie September 29, 2013 / 19:52

        yah.. emailnye lagi eror gk bs dibuka dr kmrn… bermasalah sma login.. 😦

      • jampang September 29, 2013 / 21:26

        Yah… Koq bisa enggak bisa login?
        Pernah salah masukin password nggak?
        Jadi kirim k mana? Ada emal cadangan?

      • jampang September 29, 2013 / 21:38

        Udah aktif?
        Coba aja bikin akun WP lagi. Kalau emailnya insya Allah kalau saya pake laptop yah 🙂

      • deetie September 29, 2013 / 21:42

        email aye dah aktif bang… WP aye jg bang…:)

      • jampang September 29, 2013 / 21:46

        OK sip deh… Nanti diedit dulu isi suratnya baru dikirim via email yeh…
        🙂

        Soal WPnya coba login dan cek menu2nya aja dulu

      • deetie September 29, 2013 / 21:56

        eh aye pikir udh edit tinggal dikirim via email aye…
        udh mo deg2an aje ni hati aye… Hahaha 😀

      • jampang September 29, 2013 / 21:59

        Insya Allah besok dikirim. Jd deg2an mulai besok aje 🙂

      • deetie September 29, 2013 / 22:08

        kalo jantung aye kaga deg2an metong dunkz aye bang… hahaha

      • jampang September 29, 2013 / 22:14

        Jantung berdetak… Berdebar… Apa deg-degan sih?

      • deetie September 29, 2013 / 22:19

        ya sama aje bang … klo ga begitu kaga normal dunkz bang..
        kcuali jantung yg lain… 😀

      • jampang September 29, 2013 / 22:23

        Berarti sekarang jantungnya masih normal.

        Alhamdu… Lillaaah

      • deetie September 29, 2013 / 22:28

        emg abang jantungnya kaga normal?? pan blm aye rajut jantungny abang ke jantung hati aye bang…hehehe 😀

      • jampang September 29, 2013 / 22:31

        Alhamdulillah normal koq

      • deetie September 29, 2013 / 22:42

        alhamdulillah..
        omongan aye cm becanda ye bang jgn dimasukin ke hati ye bang…. hehehe 😀

      • jampang September 29, 2013 / 22:52

        Ya tergantung… 😀

      • deetie September 30, 2013 / 20:44

        tergantung ap tu bang??

      • jampang Oktober 1, 2013 / 03:32

        tergantung dari apa yang digantung 😀

      • deetie Oktober 1, 2013 / 19:12

        yah jgn digantung bang.. kasian …
        *loh.. 😀

      • jampang Oktober 1, 2013 / 20:48

        udah nggak digantung lagi koq 😀

      • deetie Oktober 1, 2013 / 21:23

        soalnya layangannya udh terbang ye bang.. 🙂

      • jampang Oktober 1, 2013 / 21:41

        Yup. Betul 😀

      • deetie Oktober 1, 2013 / 22:23

        😀

      • jampang Oktober 1, 2013 / 22:37

        🙂

  13. andiahzahroh September 30, 2013 / 11:19

    Suratnya puanjaanng *sebentar tak baca dulu 😀

    • jampang September 30, 2013 / 12:52

      silahkan mbak 🙂

  14. Uniek Kaswarganti Oktober 2, 2013 / 16:47

    nice article mas, tapi masih ada syarat GA-nya yg belum dilengkapi. hayuukk dikomplitin dulu. ditunggu yaaa… thks

    • jampang Oktober 2, 2013 / 17:18

      iya mbak. sudah saya lengkapi. kukrang teliti bacanya 🙂

  15. takediyaya Oktober 6, 2013 / 09:49

    panjang sangaat.

    • jampang Oktober 6, 2013 / 10:23

      😀
      Padahal itu udah dipotong… Pengennya seh ada surat berikutnya

  16. sarah utami Oktober 14, 2013 / 07:32

    Tisu mana tisu. OOC, saya terharu banget.

    • jampang Oktober 14, 2013 / 07:41

      duh…. nggak tisu lagi… gimana ini….

      • sarah utami Oktober 14, 2013 / 07:42

        Tambang mana tambang?

      • jampang Oktober 14, 2013 / 07:51

        ada di masjid, dipake panitia buat ngiket sapi ama kambing

  17. Dyah Sujiati November 1, 2013 / 21:16

    Haaa kayaknya ini lagi galau tingkat nasional deh pas nulis 😛

    Ngakak pada bagian ‘dont lup me’! Haha

    • jampang November 1, 2013 / 21:30

      Yeee…. Siapa yg galau 😛

      Emang bagian itu lucu yah? Padaha itu serius lho…. 😀

      • Dyah Sujiati November 1, 2013 / 21:45

        Ya tapi bahasanya terasa demikian

      • jampang November 1, 2013 / 21:49

        Ya… Masing2 pembaca bisa berangaapan demikian sesuai dengan sudut pandangnya 🙂

      • Dyah Sujiati November 1, 2013 / 21:50

        Tergantung kebiasaan (kekakuan) si pembaca juga. Haha

      • jampang November 1, 2013 / 21:53

        Bukan saya yg bilang lho yah….

      • jampang November 1, 2013 / 21:59

        😀

  18. AKbar ilyas Desember 15, 2013 / 12:15

    ternya ceritanya mengharukan. jejejej

    • jampang Desember 18, 2013 / 14:57

      belum ada endingnya koq 😀

  19. desinamora Januari 3, 2014 / 20:29

    jiaahhhh curcol abeeeessss pak 🙂

    • jampang Januari 4, 2014 / 05:00

      itu bukan curcol…. tapi penjelasan tentang pernikahan 😛

  20. bawangijo April 14, 2014 / 14:10

    Gpp manggil Dinda, asal jangan langsung manggil sayang, cinta, bebeb bisa-bisa dihajar calon ceweknya huahahaha

    • jampang April 14, 2014 / 14:36

      itu bukan calon ceweknya…. calon istrinya koq

  21. hujantanpapetir Agustus 6, 2014 / 12:06

    Akhirnya selesai juga baca suratnya.
    Lagi blogwalking. 😀

    • jampang Agustus 6, 2014 / 13:07

      😀
      lumayan panjang karena gabungan beberapa postingan

    • jampang Januari 12, 2015 / 05:35

      apanya yang misterius? 😀

  22. nengwie April 10, 2015 / 12:56

    Sudah dibaca dan teteep khasnya kang Rifki agak2 gombal hahaa

    Perempuan beda2 jg ya kang, saya termasuk yg “lempeeeng” baca surat kang Rifki ngga bikin jatuh cinta malah euuhh ini panjang amat suratnya dan isinya agak2 ngegombal hihihi…
    Punten ya kang… 😀

    • jampang April 10, 2015 / 13:46

      😀
      ya lagian gawat donk kalau teteh bisa jatuh cinta 😛

      • nengwie April 10, 2015 / 13:48

        Haha…

      • jampang April 10, 2015 / 14:53

        😀

  23. Gestia Juli 22, 2015 / 09:56

    assalamualaikum,,,
    so sweet banget, bacanya hampir mau menangis. mampir di blog aku juga ya akhi.

    • jampang Juli 22, 2015 / 15:53

      wa ‘alaikumus salaam 😀

  24. @HEYDEERAHMA Desember 4, 2015 / 06:17

    Mas, ini kalo ditulis sama tulisan tangan, dikirim lewat pos, makin terasa romantismenya hehehe

    • jampang Desember 4, 2015 / 08:29

      pastinya begitu…. cuma saya kirim via email 😀

      • Revorma Desember 19, 2015 / 09:55

        Waah, pacaran sekarang tambah unik aja, kirim surat via email, hahaha, pake perangko gak bang suratnya? atau malah pake materai,, xixixixi

      • jampang Desember 21, 2015 / 07:58

        nggak lah… pake kuota internet aja

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s