Jodoh dan Kambing

 

ilustrasi : http://shutterstock.com/

Jodoh dan kambing. Sepertinya keduanya merupakan hal yang sangat jauh berbeda. Tetapi jika ingin dicari persamaannya, sepertinya ada juga.Jodoh, mungkin menjadi topik yang nggak ada matinya untuk diperbincangkan. Sedang kambing, mungkin karena saat ini menjelang Hari Raya Idul Adha, sehingga pamornya sedikit naik.

Seseorang yang belum mendapatkan jodoh berupa pasangan hidup dan sudah memiliki kemampuan, bisa mencari keduanya, jodoh dan kambing, atau salah satunya. Yang sudah memiliki pasangan hidup dan memiliki kemampuan yang lebih, juga bisa mencari jodoh lagi (khusus bagi lelaki) dan kambing lagi. Persamaan lainnya mungkin adalah butuhnya persiapan untuk mendapatkan keduanya atau salah satunya.

Perbedaannya, jodoh bisa menjadi topik sepanjang tahun meski mengalami pasang surut, sedangkan kambing mungkin ramai menjadi topik pembicaraan hanya menjelang Idul Adha. Sebelum dan sesudahnya akan tenggelam.

Perbedaan lainnya, bagi para jomblo yang sudah bersyukur atau bersabar dan berkeingian serta berkemampuan untuk menikah, maka calon pasangan yang dicari haruslah memiliki beberapa kriteria. Empat kriteria yang umum adalah faktor agama yang baik, kaya, keturunan baik-baik, dan berparas cantik atau tampan.

Kriteria tersebut berdasarkan sebuah hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang berbunyi, “Perempuan itu dinikahi karena empat perkara, karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan karena agamanya, lalu pilihlah perempuan yang beragama niscaya kamu bahagia.” (Muttafaqun ‘Alaihi)

Dari keterngan di atas, faktor agama adalah yang utama, sebab yang demikian insya Allah akan memberikan kebahagiaan dunia dan akhirat. Setelah kriteria tersebut terpenuhi, barulah ditambah atau dilengkapi dengan kriterian berikutnya, yaitu kekayaannya, keturunannya, dan tampang atau parasnya.

Sedangkan ketika mencari kambing untuk dijadikan hewan kurban, maka kriteria utama untuk mencarinya adalah kondisi fisiknya yang nampak jelas terlihat oleh mata.

Dari Al Barra’ bin Azib radliallahu ‘anhu, sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda sambil berisyarat dengan tangannya demikian (empat jari terbuka): “Ada empat cacat yang tidak boleh dalam hewan Kurban : buta sebelah matanya dan jelas butanya, sakit dan jelas sakitnya, pincang dan jelas pincangnya, dan sangat kurus sampai-sampai tidak punya sumsum tulang.” Al Barra’ mengatakan, “Apapun ciri binatang yang tidak kamu sukai maka tinggalkanlah dan jangan haramkan untuk orang lain. (HR. An-Nasa’i, Abu Daud dan dishahihkan Al-Albani)

Selamat mencari jodoh!
Selamat mencari kambing!
Selamat mencari keduanya!


Postingan Terkait Lainnya :

Jomblo : Bersyukurlah atau Bersabarlah Maka Kau Akan Menikah
Jomblo : Bersyukurlah atau Bersabarlah Maka Kau Akan Menikah

Tips Dari Jodoh Cinta Update
Tips Dari Jodoh Cinta Update

Jodoh
Jodoh

Menjadi Lebih Baik Itu Lebih Baik Daripada Sekedar yang Terbaik
Menjadi Lebih Baik Itu Lebih Baik Daripada Sekedar yang Terbaik

Yang Akhirnya Terungkap
Yang Akhirnya Terungkap

80 respons untuk ‘Jodoh dan Kambing

  1. ayanapunya Oktober 12, 2013 / 18:37

    Kalau saya biasanya kurban yang 7 orang itu sih mas. Ikut sama orang-orang di gang

    • jampang Oktober 12, 2013 / 18:39

      Sapi yah? Kriterianya ya sama juga seperti disyaratkan hadits di atas

      • ayanapunya Oktober 12, 2013 / 18:46

        Iya. Yg milih sapinya kyknya panitianya sih. Tapi insya Allah syaratnya terpenuhi

      • jampang Oktober 12, 2013 / 19:43

        Lebih praktis dg begitu 😀

    • nurme Oktober 12, 2013 / 22:03

      Bukankah sebaiknya amalan kita ke Allah seperti qurban tidak dibicarakan kemana-mana oleh kita sendiri, karena takutnya menjadi riya.

      Memperbaiki sesuatu dari hal seperti ini dulu saja, karena terlihat sepele tapi sulit. Ini antara manusia dengan Allah pemberi rezeki untuk kita. *sekedar berbagi apa yang pernah didapat dalam ceramah.

      • nurme Oktober 12, 2013 / 23:04

        Keutamaan menyembunyikan amalan shalih
        Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
        الْجَاهِرُ بِالْقُرْآنِ كَالْجَاهِرِ بِالصَّدَقَةِ وَالْمُسِرُّ بِالْقُرْآنِ كَالْمُسِرِّ بِالصَّدَقَةِ
        “Orang yang mengeraskan bacaan Al Qur’an sama halnya dengan orang yang terang-terangan dalam bersedekah. Orang yang melirihkan bacaan Al Qur’an sama halnya dengan orang yang sembunyi-sembunyi dalam bersedekah.”
        [HR. Abu Daud no. 1333 dan At Tirmidzi no. 2919, dari ‘Uqbah bin ‘Amir Al Juhaniy. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.]
        Setelah menyebutkan hadits di atas, At Tirmidzi mengatakan,
        “Hadits ini bermakna bahwa melirihkan bacaan Qur’an itu lebih utama daripada mengeraskannya karena sedekah secara sembunyi-sembunyi lebih utama dari sedekah yang terang-terangan sebagaimana yang dikatakan oleh para ulama. Mereka memaknakan demikian agar supaya setiap orang terhindar dari ujub. Seseorang yang menyembunyikan amalan tentu saja lebih mudah terhindar dari ujub daripada orang yang terang-terangan dalam beramal.”
        (dinukil dari rumaysho.com)
        Bahkan keutamaannya sangat besar, Råsulullåh shållallåhu ‘alayhi wa sallam bersabda:
        سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمْ اللَّهُ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ
        “Ada tujuh golongan yang akan Allah naungi dengan naungan-Nya, pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya.
        وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لاَ تَعْلَمُ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْنُهُ
        (diantaranya) …dan seorang yang bersedekah lalu ia menyembunyikannya sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya…”
        ‎وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللَّهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ
        dan Seseorang yang berdzikir kepada Allah secara menyendiri, lalu air matanya berlinang.
        [Riwayat al-Bukhari dalam Shahīh-nya I/234/629 dan Muslim dalam Shahīh-nya II/715/1031.]
        Ibnu Rojab Al-Hanbali berkata,
        “Sikap ini merupakan tanda kuatnya iman seseorang di mana cukup baginya bahwa Allah mengetahui amalannya (sehingga tidak butuh diketahui oleh orang lain-pen). Dan hal ini menunjukkan sikap menyelisihi hawa nafsu, karena hawa nafsu ingin agar dirinya memperlihatkan sedekahnya dan ingin dipuji oleh manusia. Oleh karenanya sikap menyembunyikan sedekah membutuhkan keimanan yang sangat kuat untuk melawan hawa nafsu”
        (Fathul Baari 4/62)
        Al-Hafizh Ibnu Hajr berkata:
        – Disebutkan tangan kiri dengan tangan kanan karena tangan kiri sangat dekat dengan tangan kanan, dan dimana ada tangan kanan maka tangan kiri menyertainya.
        Meskipun demikian, karena tangan kanan terlalu menyembunyikan sedekahnya hingga temannya yang paling dekat yaitu tangan kiri tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanan.

      • ayanapunya Oktober 13, 2013 / 05:28

        sebenarnya komen saya itu maksudnya mau nanya gimana kalau kurbannya sapi yang kumpulan 7 orang kayak yang sering ada di komplek tempat saya tinggal. tapi mungkin cara penyampaiannya yang salah. makasih sudah mengingatkan, mbak 🙂

      • jampang Oktober 13, 2013 / 06:02

        lagi pula kalau kurban mah susah diam-diam. lah begitu kambing atau sapi dipotong nama si pemberi kambing dsebutin keras-keras di depan umum 😀

      • ayanapunya Oktober 13, 2013 / 07:10

        O iya. Benar juga 🙂

      • jampang Oktober 13, 2013 / 07:20

        iya. dan memang susah kalau mau diam-diam untuk pelaksanaan kurban ini. sebab menyangkut banyak orang… penujual kambing/sapi, sopir, jagal, panitia…. mungkin bisa diam-diam jika semuanya dilakukan sendiri

      • ayanapunya Oktober 13, 2013 / 07:21

        Makasih penjelasannya, mas

      • jampang Oktober 13, 2013 / 07:22

        sama-sama, mbak

      • nurme Oktober 13, 2013 / 08:13

        Bukan berarti kita yang bilang kemana-mana soal qurban. Itu maksudnya. Kalau orang lain yang mengatakan kebaikan kita, itu gpp. Kalau kita yang bicara kemana-mana, itu amalan seperti yang saya paste. Sayang ajah.

  2. deetie Oktober 12, 2013 / 19:24

    weits si abang menerangkan postingan yang ada di blog aye ni… 🙂
    cari kambing dulu apa cari jodoh dlu ye bang?? 😀

    • jampang Oktober 12, 2013 / 19:45

      Masa sih?

      Dua2nya bisa… Cari jodoh anak juragan kambing 😀

      • deetie Oktober 12, 2013 / 20:13

        iye c.. ngomongin jodoh juga.. hehehe
        owh berarti skrg hunting anak juragan kambing dulu ye bang?? 😀

      • jampang Oktober 13, 2013 / 05:45

        kalo mpok…. biar bukan anak juragan kambing… gpp deh 😛

      • deetie Oktober 13, 2013 / 09:22

        Klo bkn juragan kambing truz ap dunkz??
        Juragan kebo ye bang?? Ap juragan kontrakan?? Hahahaha:D

      • jampang Oktober 13, 2013 / 09:43

        Ya… Kembali lagi ke kriteria yang sudah ditunjukkan di hadits di atas

      • deetie Oktober 13, 2013 / 09:58

        Yg mane tu ye bang?? 🙂

      • jampang Oktober 13, 2013 / 10:23

        Lihat aja lagi di bagian atas

      • deetie Oktober 13, 2013 / 15:16

        Ye aye review k atas… Jd carinye dmn bang?? 🙂

      • jampang Oktober 13, 2013 / 16:00

        Untuk dapetin yg baik, harua dicari di tempat yang baik

      • deetie Oktober 14, 2013 / 15:16

        Klo gt aye sering2 k masjid aje kali ye bang.. Hehehe 😀

      • jampang Oktober 14, 2013 / 16:01

        Yup. Bisa begitu sebagai salah satau usaha

      • deetie Oktober 14, 2013 / 19:42

        Iye ye bang.
        Kira2 d masjid mna ye yg ad abangnye?? 🙂
        #ups

      • jampang Oktober 14, 2013 / 20:07

        di setiap masjid pastilah ada abangnye. coba aja dicek 😀

      • deetie Oktober 14, 2013 / 21:34

        emang abang kunjungin semua masjid ye bang?? 😀

      • jampang Oktober 14, 2013 / 21:48

        Ya nggak. Tapi di setiap masjid kayanya bakalan ada lelaki yg bisa dipanggil abang 😀

      • deetie88 Oktober 14, 2013 / 22:15

        Kalo aye panggil abang jgn2 smua pada nengok lg..
        Dengan serempak mereka jawab “iye neng”..
        #edisi lebay 😀

      • jampang Oktober 14, 2013 / 22:21

        Ya.. Begitulah kira-kira

      • deetie88 Oktober 15, 2013 / 09:07

        Hmmmm…

      • jampang Oktober 15, 2013 / 09:27

        Mhhhhh….

      • deetie Oktober 15, 2013 / 11:33

        hehehe..
        horee bang skrg kambingnya udh dipotong.. jd ga ush cari kambing lagi ya bang.. 😀

      • jampang Oktober 15, 2013 / 11:38

        Ya boleh dong. Masa dilarang. Kenapa emangnya?

      • deetie Oktober 15, 2013 / 11:49

        lah kan kambingnya hari ini udh pd dipotong bang… ga usah dicari lagi pan jadinya…

      • jampang Oktober 15, 2013 / 12:20

        Kalau mau nyari lagi kan nggak dilarang. Iya kan?

  3. herma1206 Oktober 12, 2013 / 20:22

    Cari..cari..carilah jodoh..
    cari..cari..carilah kambing..
    carilah jodoh dan kambing.. 😀

    • nurme Oktober 12, 2013 / 22:06

      Carilah amalan dengan bersedekah, berbuat baik, berqurban dengan tidak dibicarakan kemana-mana, gitu katanya Mbak Herma 🙂

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 05:59

        yup bener banget..amalan hrs disembunyikan..
        makasih mba..:)

      • nurme Oktober 13, 2013 / 08:54

        sama-sama Mbak Herma 🙂
        Saling berbagi pengetahuan yang baik-baik saja ya. Saya juga masih banyak harus belajar

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 10:27

        yup..sama2 belajar.. 🙂

    • jampang Oktober 13, 2013 / 05:48

      malah nyanyi 😀

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 06:03

        ya..dri pada bingung2 blm ketemu jodoh 😛
        mau dnger sy nyanyi lagi…?? 😀

      • jampang Oktober 13, 2013 / 06:06

        itu lagu iramanya cepet… riang… jadi nyari jodoh jangan galau 😀

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 06:18

        tapi kenyataannya kdg suka bikin galau sih..hehe
        sbenarnya mencari atau menunggu ya..

      • jampang Oktober 13, 2013 / 06:19

        jodoh itu termasuk rezeki bukan?

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 06:23

        yup…berarti harus di cari ya..
        tapi..ini serius nih ya..klo perempuan kan gak bisa aktif kyk laki2..

      • jampang Oktober 13, 2013 / 06:25

        kalau dianggap sama dengan rezeki, berarti berlaku ungkapan “kalau sudah jodoh, nggak akan ke mana”

        tapi kalau nggak diusahakan… mendekati… ya jodohnya di situ-situ aja… nggak ke mana-mana 😀

        saya mikirnya ya harus aktif. cuma mungkin aktif yang berbeda

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 06:28

        aktifnya kira-kira bagaimana…??
        *menanti penjelasan dgn serius

      • jampang Oktober 13, 2013 / 06:29

        lho… saya kan bukan perempuan. jadi ngga ngerti. sila bertanya dengan sesama perempuan aja 😛

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 06:31

        hayyyaaah…padahal udah nunggu serius mantengin lepi 😛

      • jampang Oktober 13, 2013 / 06:36

        😀
        maaf kalau begitu jika tidak bisa terpuaskan dengan komentar di atas

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 06:40

        ya..ya..ya..krn tidak puas, anda hrs membayar kekecewaan sya..kwkwkwk..

      • jampang Oktober 13, 2013 / 06:41

        koq?
        apa saya bilang sebelumnya bahwa saya menjamin akan memberikan kepuasan? 😛

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 06:46

        ya gak juga…tapi sudah memberi harapan utk..
        haaah…ini ngomong apa sih..ganti dunk konotasinya gak enak bgt..puas2an…

      • jampang Oktober 13, 2013 / 06:51

        salah yah?
        soalnya waktu dulu diskusi, setelah ngasih jawaban… ada pertanyaan… “apakah sudah puas dengan jawaban dari saudara A?”

        begitu

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 06:56

        yaa..berarti kan tergantung penempatan kalimatnya..

        walaupun menurut saya kalimat yg pas saat diskusi “apakah bisa menerima jawaban saudara A”
        begituuu

      • jampang Oktober 13, 2013 / 07:18

        ooo…. ya… ya… ya sudah, kalau begitu diskusinya selesai karena saya nggak bissa menjawab 😀

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 07:25

        hehe..okee..qt tutup sj diskusi ttg jodoh ini.. 😀
        oh iya..lupa… mas rifki ke depok ktemu syaikhan kapan? sy tgl 26-27 ke lampung, nikahan sepupu, tgl 2-3 nov ke subang, nikahan temen mp

      • jampang Oktober 13, 2013 / 07:28

        renacananya seh sabtu depan berarti tanggal 19 atau 20. insya Allah kalau nggak ada halangan

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 07:29

        oh gitu..oke deh..

      • jampang Oktober 13, 2013 / 07:38

        ok

  4. fenny Oktober 12, 2013 / 20:32

    Yg jual kambing byk, tp yg jual jodoh dmn ye? 😀

    • jampang Oktober 13, 2013 / 05:49

      jodoh mah nggak dijual 😀

      • fenny Oktober 13, 2013 / 08:32

        Oh iya klo jodoh itu d cari n d doain ya bkn d jual … 🙂
        Knp hrs kambing yg d samain dgn jodoh?

      • jampang Oktober 13, 2013 / 08:44

        karena kalau kambing disamain dengan jomblo… pasti banyak banget yang marah sama saya

      • fenny Oktober 13, 2013 / 08:55

        Hahahaha … Cm beda perumpaan doang tuh … 🙂

      • jampang Oktober 13, 2013 / 09:02

        😀

  5. edi padmono Oktober 13, 2013 / 08:40

    Kalau sudah dapat jodoh biasanya disertai kambing atau sapi, lihat saja pesta kawinan kan selalu ada daging kambing atau sapi.

    • jampang Oktober 13, 2013 / 08:46

      iya… ada kambing guling… atau semur daging… sate, paling nggak di sayur sop ada dagingnya 😀

  6. Ie Oktober 14, 2013 / 12:17

    aku mau sate kambing dong bang! ha ha ha ha… 😀

    • jampang Oktober 14, 2013 / 12:27

      Besok mungkin bikin sate. Kan kambingnya atau sapinya baru dipotong besok. Pernah kebagian daging hewan kurban nggak?

      • Ie Oktober 14, 2013 / 12:35

        kebagian! dari pak RT, dari sekolahan… he he he…

        kali ini darimu to pak.. jangan lupa paketin ya.. ha ha ha ha..

      • jampang Oktober 14, 2013 / 12:50

        Repot mah paketin daging 😀

      • Ie Oktober 14, 2013 / 12:51

        ha ha ha ha ha… ya udah… saya beli langsung aja di warung sate.. he he he…

      • jampang Oktober 14, 2013 / 13:22

        Nah… Itu lebih gampang 😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s