Yang Tidak Terawat dan Yang Terawat

my companionHari Sabtu, umumnya para pegawai libur untuk berakhir pekan. Tapi untuk hari Sabtu itu, saya dan beberapa teman tidak bisa menikmati libur akhir pekan. Kami ditugaskan untuk meng-install aplikasi baru di salah satu unit kerja yang berada di jalan TMP Kalibata.

Ketika saya tiba di kantor tersebut, beberapa orang teman sudah berada di sana dan sudah mulai bekerja, menginstall aplikasi baru dan apalikasi pendukung di setiap PC yang ada di kantor tersebut. Saya tak begitu semangat untuk segera memulai bekerja. Masih ngantuk. Untuk beberapa saat saya hanya duduk sambil memerhatikan teman-teman saya yang sedang bekerja.

Beberapa waktu berikutnya, saya mulai bergabung dengan mereka.

Tak ada kesulitan yang kami temukan di awal-awal pekerjaan. Tak ada PC yang bermasalah serius di lantai dasar. Namun ketika kami mulai berpindah lantai dan ruang, kesulitan mulai muncul. Ada beberapa PC yang kerjanya lambat sekali, jangankan untuk membuka aplikasi, menunggu proses booting saja lama sekali. Situasi dan kondisi yang membosankan.

Sebuah pertanda, PC yang sedang kami tangani bermasalah. Mungkin terkena virus. Untunglah di antara kami ada yang membawa CD anti virus. Sebelum menginstall aplikasi baru, kami harus membersihkan virus dengan bermodal CD yang kami bawa.

Setelah instalasi anti virus selesai, selanjutnya kami melakukan proses scanning untuk menemukan dan membasmi virus yang ada. Beberapa PC berhasil kami bersihkan. Namun ada dua PC yang sudah penuh dengan virus dan tidak dapat dibasmi dengan anti virus yang kami pasang. Sehingga proses instalasi aplikasi baru tidak dapat kami lakukan pada kedua PC tersebut.

Selain mendapati dua buah PC yang penuh virus,, saya mendapati sebuah PC yang menarik perhatian saya. Mnitornya ditutupi dengan plastik. Ketika mencoba mengeluarkan keyboard dari tempatnya, saya juga melihat keyboard itu masih terbungkus plastik dengan rapi. Di balik plastik tersebut, sebuah keyboard terlihat begitu bersih. Tak sampai di situ, selanjutnya saya mencari mouse PC tersebut. Saya mencari ke sebelah kiri dan kanan monitor, tapi tak saya temukan. Saya susuri kabel mouse dari CPU, dan akhirnya saya temukan. Ternyata mouse tersebut terbungkus dengan plastik yang tadinya saya kira adalah bungkusan roti yang tersisa.

Wah, PC ini benar-benar dirawat oleh penggunanya, pikir saya. Tampilan fisik PC tersebut terlihat bersih. Semuanya. Proses bootingnya juga tidak lama. Ketika saya memulai membuka aplikasi, semuanya berjalan cepat dan lancar. Proses instalasi di PC ini dapat saya lakukan dalam waktu singkat. Mungkin paling cepat dari beberapa PC lain yang saya tangani.

Saya salut dengan pengguna PC tersebut walau saya tak tahu siapa dia. Mungkin begitulah salah satu cara mengungkapkan syukur kepada Allah atas ni’mat yang diberikan kepada si pemilik PC tersebut. Merawat dan menjaganya dengan baik. Apapun rupa ni’mat itu.

Bisakah saya menirunya?
Bisakah anda menirunya?
Bisakah kita menirunya untuk selalu menjaga dan memelihara ni’mat lain yang sedang kita rasakan hingga detik ini?


Postingan Terkait Lainnya :

53 respons untuk ‘Yang Tidak Terawat dan Yang Terawat’

  1. ayanapunya Oktober 13, 2013 / 09:53

    Kalau kata orang banjar, yang punya PC itu urangnya apik. Pintar merawat barang

    • jampang Oktober 13, 2013 / 10:23

      Iya. Ternyata di kantor saya juga ada yang seperti itu. Tapi saya nggak kaya gitu 😀

      • ayanapunya Oktober 13, 2013 / 10:40

        Saya juga nggak tuh. Hehe. Tapi biasanya kalau makai barang sampai rusak baru ganti 😀

      • jampang Oktober 13, 2013 / 10:45

        Idemlah. Saya juga. Seperti cerita sendal saya beberapa waktu lalu.

  2. deetie Oktober 13, 2013 / 10:07

    PC nye udh d install.. Orangnye ikutan d install juga gk biar update gt… Hahahaha 😀

    • jampang Oktober 13, 2013 / 10:24

      Install sama update jelas beda.

      • deetie Oktober 13, 2013 / 15:24

        Beda ya.. Kirain sama.. Biz d instaltrz d update… 🙂

      • jampang Oktober 13, 2013 / 16:01

        Nah itu nyebutinnya “biz d instal trz d update”

        artinya kan beda proses.

      • deetie Oktober 14, 2013 / 15:18

        Oh iy ya.. Nanyany dr ulang dh.. Blh bang?? 😀

      • jampang Oktober 14, 2013 / 16:03

        Hmmm…. Nggak ada siaran ulang 😀

      • deetie Oktober 14, 2013 / 19:59

        Yehhh abang.. Bola aje yg kmrn ad siaran ulangnye bang..

      • jampang Oktober 14, 2013 / 20:09

        ya beda dong, masa disamain ama bola 😀

      • deetie Oktober 14, 2013 / 21:45

        Bedany dimana tu bang??

      • jampang Oktober 14, 2013 / 21:51

        Install itu dari nggak terpasang di komputer jadi terpasang.

        Update itu menjadikan apa yg terpasang tadi sesuai dengan kondisi mutakhir

      • deetie Oktober 15, 2013 / 10:54

        tp abang updatin komputer udh d update jg blm?? hehehe 😛

      • jampang Oktober 15, 2013 / 11:06

        Kalau diminta update, pasti muncul notifikasi.

      • deetie Oktober 15, 2013 / 11:41

        oh ya? notifnya gimane tu bang? 😛

      • jampang Oktober 15, 2013 / 12:18

        Notifnya itu kotak-kotak dengan aneka warna

      • deetie Oktober 17, 2013 / 07:09

        bagus juga tu bang notifnye warna warni bgitu… 🙂

  3. herma1206 Oktober 13, 2013 / 10:28

    wah..saya banget tuh… yg tidak terawat 😀

    • jampang Oktober 13, 2013 / 10:44

      Makanya disebutin lebih dulu 😀

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 12:49

        Yg tidak terawatnya disebutin lbh dulu? krn banyakan yg itu yak 😀

      • jampang Oktober 13, 2013 / 15:59

        Sepertinya begitu, sesuai cerita di atas, yang terawat dengan baik cuma satu

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 17:16

        Satu org satu benda yg terawat baik.. Kalau sy benda yg sangat..sangat..sangat..terawat baik itu novel. Hrs disampul plastik, trus klo dibawa2 juga hrs diplastikin, trus klo ada yg pinjem sy wanti2 bukanya hrs hati2..jgn smpe ada kebentuk lipatan di pinggirnya 😀

      • jampang Oktober 13, 2013 / 17:21

        sepertinya kalau saya hampir semua barang. mungkin pengecualiannya adalah barang berharga kali yah. barang yang nilai instrinsiknya jauh lebih besar dari pada nilai bendanya 😀

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 17:27

        Mksdnya yg terawat baik? Barang apa tuh contohnya yg nilai intrinsiknya lbh besar dri nilai bendanya..??
        *sambil mikir..

      • jampang Oktober 13, 2013 / 17:29

        Uang kertas 😀

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 17:31

        jiaah…itu mah awet..bukan terawat.. 😛
        sy mikirnya barang yg ada kenangannya gitu..hehe..

      • jampang Oktober 13, 2013 / 17:46

        Ya kan harus dijaga baik2. Kalau robek nggak laku. Pernah dapat uang 100.000 robek dan hampir nggak laku. Nyesek kan?

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 18:03

        hehe..iya sih..pasti gontok2an dulu..
        katanya sih uang kertas biar robek tetap laku asal bagian yg ada garis tali emasnya itu gak boleh hilang atau robek..ada kan yg di bagian pinggir

      • jampang Oktober 13, 2013 / 20:09

        robek di bagian ujungnya, jadi pas setor ke bank dan dihitung pake mesin, nggak kehitung.

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 20:11

        oowh..begitu toh kejadiannya..pantesan, kirain dipake belanja gitu 😀

      • jampang Oktober 13, 2013 / 20:14

        ya nggak tega saya kalau dipake belanja. 100.000. mungkin pas giliran saya bisa laku, kalau nanti orang tersebut belanja dan ternyata si penjual nggak mau nerima kan ngerugiin jadinya

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 20:23

        waaah…terharu, betapa mulianya hatimu..^^
        soalnya klo saya pasti ttp dipake, dilipet2 biar gak keliatan..aduuh..jadi malu euuy…

      • jampang Oktober 13, 2013 / 20:25

        nggak mulia juga lah…

        Akhirnya saya selipin di setoran di bank lain. Dan bisa karena “terlewat”

        😀

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 20:33

        hahaha..malunya gak jadi klo gitu 😀
        tapi masih mending mas rifki lah..hehe

      • jampang Oktober 13, 2013 / 20:57

        😛

        Sepertinya saya pernah posting ceritanya…

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 21:11

        😀
        …dan sepertinya sya belum baca..

      • jampang Oktober 13, 2013 / 21:59

        Ya… Mungkin juga tulisannya nggak keimpor ke sini 😀

      • herma1206 Oktober 13, 2013 / 23:14

        waaah…sayang sekali, saya kurang beruntung 😀

      • jampang Oktober 14, 2013 / 05:41

        saya cari2 di backup juga nggak ketemu 😀

      • herma1206 Oktober 14, 2013 / 05:54

        Xixixi..Yo wes lah..yg lain jg msh byk yg blm di baca 😀

      • jampang Oktober 14, 2013 / 05:59

        😀
        ya…. silahkan diubrak-abrik

      • herma1206 Oktober 14, 2013 / 06:09

        Baiklah…siap mengobrak-abrik 😀

      • jampang Oktober 14, 2013 / 06:15

        😀

  4. fenny Oktober 13, 2013 / 17:21

    Itu PC nya baru kali ka, jd msh d plastikin … 🙂

    • jampang Oktober 13, 2013 / 17:24

      ya.. mungkin juga

      • fenny Oktober 13, 2013 / 17:34

        Klo saya sih biasanya klo barang yg msh baru setlh d pake d bgks lg, tp klo saya sdh mulai srg makainya tdk saya bgks lg tp bgksnya ttp d smpn jaga2 klo dah mulai jrg d pake …

      • jampang Oktober 13, 2013 / 17:47

        Bagus itu. Barang bisa awet.

      • fenny Oktober 13, 2013 / 19:38

        Yup … Tp sih keseringan pake brg itu2 trs smp rusak br beli sm dgn postingan ka rifki yg ttg sandal, kdg klo sdh nyaman ma tuh brg smp rsk beneran br d buang … 😀

      • jampang Oktober 13, 2013 / 20:09

        😀

  5. nurme Oktober 13, 2013 / 17:24

    Kami bahagia, orang IT menderita masih ngantuk harus bekerja 🙂

    • jampang Oktober 13, 2013 / 17:25

      😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s