Hari Sabtu, umumnya para pegawai libur untuk berakhir pekan. Tapi untuk hari Sabtu itu, saya dan beberapa teman tidak bisa menikmati libur akhir pekan. Kami ditugaskan untuk meng-install aplikasi baru di salah satu unit kerja yang berada di jalan TMP Kalibata.
Ketika saya tiba di kantor tersebut, beberapa orang teman sudah berada di sana dan sudah mulai bekerja, menginstall aplikasi baru dan apalikasi pendukung di setiap PC yang ada di kantor tersebut. Saya tak begitu semangat untuk segera memulai bekerja. Masih ngantuk. Untuk beberapa saat saya hanya duduk sambil memerhatikan teman-teman saya yang sedang bekerja.
Beberapa waktu berikutnya, saya mulai bergabung dengan mereka.
Tak ada kesulitan yang kami temukan di awal-awal pekerjaan. Tak ada PC yang bermasalah serius di lantai dasar. Namun ketika kami mulai berpindah lantai dan ruang, kesulitan mulai muncul. Ada beberapa PC yang kerjanya lambat sekali, jangankan untuk membuka aplikasi, menunggu proses booting saja lama sekali. Situasi dan kondisi yang membosankan.
Sebuah pertanda, PC yang sedang kami tangani bermasalah. Mungkin terkena virus. Untunglah di antara kami ada yang membawa CD anti virus. Sebelum menginstall aplikasi baru, kami harus membersihkan virus dengan bermodal CD yang kami bawa.
Setelah instalasi anti virus selesai, selanjutnya kami melakukan proses scanning untuk menemukan dan membasmi virus yang ada. Beberapa PC berhasil kami bersihkan. Namun ada dua PC yang sudah penuh dengan virus dan tidak dapat dibasmi dengan anti virus yang kami pasang. Sehingga proses instalasi aplikasi baru tidak dapat kami lakukan pada kedua PC tersebut.
Selain mendapati dua buah PC yang penuh virus,, saya mendapati sebuah PC yang menarik perhatian saya. Mnitornya ditutupi dengan plastik. Ketika mencoba mengeluarkan keyboard dari tempatnya, saya juga melihat keyboard itu masih terbungkus plastik dengan rapi. Di balik plastik tersebut, sebuah keyboard terlihat begitu bersih. Tak sampai di situ, selanjutnya saya mencari mouse PC tersebut. Saya mencari ke sebelah kiri dan kanan monitor, tapi tak saya temukan. Saya susuri kabel mouse dari CPU, dan akhirnya saya temukan. Ternyata mouse tersebut terbungkus dengan plastik yang tadinya saya kira adalah bungkusan roti yang tersisa.
Wah, PC ini benar-benar dirawat oleh penggunanya, pikir saya. Tampilan fisik PC tersebut terlihat bersih. Semuanya. Proses bootingnya juga tidak lama. Ketika saya memulai membuka aplikasi, semuanya berjalan cepat dan lancar. Proses instalasi di PC ini dapat saya lakukan dalam waktu singkat. Mungkin paling cepat dari beberapa PC lain yang saya tangani.
Saya salut dengan pengguna PC tersebut walau saya tak tahu siapa dia. Mungkin begitulah salah satu cara mengungkapkan syukur kepada Allah atas ni’mat yang diberikan kepada si pemilik PC tersebut. Merawat dan menjaganya dengan baik. Apapun rupa ni’mat itu.
Bisakah saya menirunya?
Bisakah anda menirunya?
Bisakah kita menirunya untuk selalu menjaga dan memelihara ni’mat lain yang sedang kita rasakan hingga detik ini?
Postingan Terkait Lainnya :
- Substitusi Nikmat
- Berbaik Sangka, Bersyukur, dan Berdoa
- Manusia Merencanakan Allah Menentukan [2]
- Maka Nikmat Tuhan Kamu Yang Manakah Yang Kamu Dustakan?
- Sakit Itu Mahal!
- Yang Tidak Terawat dan Yang Terawat
- Mereka Yang Tak Pernah Libur
- Gerobak Optimis di Antara Mobil-mobil Borjuis
- Jasa Pijat Dengan Nuansa Plus-plus
- Aku, Gunung, dan Cinta
Kalau kata orang banjar, yang punya PC itu urangnya apik. Pintar merawat barang
Iya. Ternyata di kantor saya juga ada yang seperti itu. Tapi saya nggak kaya gitu 😀
Saya juga nggak tuh. Hehe. Tapi biasanya kalau makai barang sampai rusak baru ganti 😀
Idemlah. Saya juga. Seperti cerita sendal saya beberapa waktu lalu.
PC nye udh d install.. Orangnye ikutan d install juga gk biar update gt… Hahahaha 😀
Install sama update jelas beda.
Beda ya.. Kirain sama.. Biz d instaltrz d update… 🙂
Nah itu nyebutinnya “biz d instal trz d update”
artinya kan beda proses.
Oh iy ya.. Nanyany dr ulang dh.. Blh bang?? 😀
Hmmm…. Nggak ada siaran ulang 😀
Yehhh abang.. Bola aje yg kmrn ad siaran ulangnye bang..
ya beda dong, masa disamain ama bola 😀
Bedany dimana tu bang??
Install itu dari nggak terpasang di komputer jadi terpasang.
Update itu menjadikan apa yg terpasang tadi sesuai dengan kondisi mutakhir
tp abang updatin komputer udh d update jg blm?? hehehe 😛
Kalau diminta update, pasti muncul notifikasi.
oh ya? notifnya gimane tu bang? 😛
Notifnya itu kotak-kotak dengan aneka warna
bagus juga tu bang notifnye warna warni bgitu… 🙂
wah..saya banget tuh… yg tidak terawat 😀
Makanya disebutin lebih dulu 😀
Yg tidak terawatnya disebutin lbh dulu? krn banyakan yg itu yak 😀
Sepertinya begitu, sesuai cerita di atas, yang terawat dengan baik cuma satu
Satu org satu benda yg terawat baik.. Kalau sy benda yg sangat..sangat..sangat..terawat baik itu novel. Hrs disampul plastik, trus klo dibawa2 juga hrs diplastikin, trus klo ada yg pinjem sy wanti2 bukanya hrs hati2..jgn smpe ada kebentuk lipatan di pinggirnya 😀
sepertinya kalau saya hampir semua barang. mungkin pengecualiannya adalah barang berharga kali yah. barang yang nilai instrinsiknya jauh lebih besar dari pada nilai bendanya 😀
Mksdnya yg terawat baik? Barang apa tuh contohnya yg nilai intrinsiknya lbh besar dri nilai bendanya..??
*sambil mikir..
Uang kertas 😀
jiaah…itu mah awet..bukan terawat.. 😛
sy mikirnya barang yg ada kenangannya gitu..hehe..
Ya kan harus dijaga baik2. Kalau robek nggak laku. Pernah dapat uang 100.000 robek dan hampir nggak laku. Nyesek kan?
hehe..iya sih..pasti gontok2an dulu..
katanya sih uang kertas biar robek tetap laku asal bagian yg ada garis tali emasnya itu gak boleh hilang atau robek..ada kan yg di bagian pinggir
robek di bagian ujungnya, jadi pas setor ke bank dan dihitung pake mesin, nggak kehitung.
oowh..begitu toh kejadiannya..pantesan, kirain dipake belanja gitu 😀
ya nggak tega saya kalau dipake belanja. 100.000. mungkin pas giliran saya bisa laku, kalau nanti orang tersebut belanja dan ternyata si penjual nggak mau nerima kan ngerugiin jadinya
waaah…terharu, betapa mulianya hatimu..^^
soalnya klo saya pasti ttp dipake, dilipet2 biar gak keliatan..aduuh..jadi malu euuy…
nggak mulia juga lah…
Akhirnya saya selipin di setoran di bank lain. Dan bisa karena “terlewat”
😀
hahaha..malunya gak jadi klo gitu 😀
tapi masih mending mas rifki lah..hehe
😛
Sepertinya saya pernah posting ceritanya…
😀
…dan sepertinya sya belum baca..
Ya… Mungkin juga tulisannya nggak keimpor ke sini 😀
waaah…sayang sekali, saya kurang beruntung 😀
saya cari2 di backup juga nggak ketemu 😀
Xixixi..Yo wes lah..yg lain jg msh byk yg blm di baca 😀
😀
ya…. silahkan diubrak-abrik
Baiklah…siap mengobrak-abrik 😀
😀
Itu PC nya baru kali ka, jd msh d plastikin … 🙂
ya.. mungkin juga
Klo saya sih biasanya klo barang yg msh baru setlh d pake d bgks lg, tp klo saya sdh mulai srg makainya tdk saya bgks lg tp bgksnya ttp d smpn jaga2 klo dah mulai jrg d pake …
Bagus itu. Barang bisa awet.
Yup … Tp sih keseringan pake brg itu2 trs smp rusak br beli sm dgn postingan ka rifki yg ttg sandal, kdg klo sdh nyaman ma tuh brg smp rsk beneran br d buang … 😀
😀
Kami bahagia, orang IT menderita masih ngantuk harus bekerja 🙂
😀