Gedung-gedung Pencakar Langit

gedung_pencakar_langit

Dahulu, ketika pertama kali saya bekerja di tempat sekarang ada dua buah gedung yang terdiri dari beberapa lantai saja di belakang gedung perkantoran. Tepatnya di belakang gedung berlantai enam belas di mana ruangan kerja saya berada.

Beberapa tahun yang lalu, kedua bangunan tersebut dihancurkan.

Kini, di lahan bekas tempat berdiri kedua gedung tersebut sudah berdiri satu bangunan masjid yang megah dan sebuah gedung baru dengan dua puluh tujuh lantai.

Di tempat lain, di sebuah kawasan yang dulunya setiap hari saya lewati ketika bersekolah, kini juga sudah berubah total. Dahulu, ketika berangkat ke sekolah atau pulang, saya melewati sebuah jalan kecil yang di kiri-kanannya berdiri rumah penduduk. Kini, rumah-rumah penduduk itu sudah berganti dengan sebuah pusat perbelanjaan dan beberapa apartemen yang menjulang tinggi.

Tak jauh dari kawasan tersebut, sebuah lapangan sepak bola di mana saya dulu pernah bermain dan latihan pramuka, sudah disulap menjadi apartemen mewah. Kejadian yang sama juga saya saksikan di beberapa tempat yang sering saya lewati.

Di belahan bumi yang lain, melalui berita, sempat sampai ke telinga saya tentang bangunan-bangunan tinggi baru yang berdiri tegak seolah-olah ingin mencakar langit. Sebut saja Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab yang memiliki 160 lantai, Abraj Al-Bait dengan 120 lantai, Taipei 101 dan Shanghai World Financial Center dengan 101 lantai, dan masih banyak lagi.

Pembangunan gedung-gedung bertingkat seakan tidak pernah berhenti. Satu gedung selesai dibangun, pembangunan di tempat lain akan segera dimulai. Apakah sebuah pertanda bahwa kiamat semakin dekat? Sudah. Sejak empat belas abad yang lalu, kiamat memang sudah dekat. Ayat pertama dalam surat al-qamar mengisyaratkan demikan.

Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan.”

Namun demikian, tak ada yang bisa mengklaim kapan tepatnya kiamat. Dengan setetes ilmu yang dimiliki manusia, maka mustahil misteri itu akan terungkap.

Wallaahu a’lam.

—o0o—

gedung-gedung pencakar langit
tumbuh berhimpit
berdiri kokoh di lahan-lahan yang semakin sempit
adakah sebuah tanda terbersit
bahwa segera tiba waktunya matahari di barat kan terbit

gedung-gedung tinggi menjulang
tegak menantang
kepada langit tak bertiang
adakah bisikan yang terngiang
bahwa kehancuran kan segera datang

gedung-gedung berpuluh tingkat
dengan atap dan dinding mengkilat
dengan tiang menghujam bumi yang sudah sekarat
adakah sebuah keyakinan tersirat
bahwa kiamat semakin dekat


Tulisan Samara Sebelumnya :

Antrian Panjang Tanpa Nomor
Antrian Panjang Tanpa Nomor

Mendung, Gerimis, Hujan, dan Proses Kehidupan
Mendung, Gerimis, Hujan, dan Proses Kehidupan

Takkan Ada 2 Cinta
Takkan Ada 2 Cinta

Puisi-puisi Kematian (Reposted)
Puisi-puisi Kematian (Reposted)

Buanglah Sampah Itu Pada Waktunya!
Buanglah Sampah Itu Pada Waktunya!

66 respons untuk โ€˜Gedung-gedung Pencakar Langitโ€™

  1. herma1206 Oktober 17, 2013 / 19:00

    Penduduk yg lokasinya udh jdi gedung mewah, dipindah kemana?

    • jampang Oktober 17, 2013 / 20:08

      Pindah ke tempat lain. Ke pinggir jakarta.

      • herma1206 Oktober 17, 2013 / 20:27

        yah..kasian banget..

      • jampang Oktober 17, 2013 / 21:10

        ya… begitulah

  2. ayanapunya Oktober 17, 2013 / 19:05

    Di sini juga udah mulai dibangun bangunan2 bertingkat ๐Ÿ˜ฆ

    • jampang Oktober 17, 2013 / 20:10

      Apartemen atau ruko?
      Dampak pembangunan ๐Ÿ˜€

      • ayanapunya Oktober 17, 2013 / 20:13

        Apartemen, mas. Di luar kota. Padahal tanahnya gambut ๐Ÿ˜ฆ

      • jampang Oktober 17, 2013 / 21:09

        apa sudah cara suapa lahan gambut gitu supaya bisa menahan bangun gedung tinggi?

      • ayanapunya Oktober 17, 2013 / 21:11

        sampai sekarang sih masih dikuatin di tiang pancangnya. kurang tahu apa ada cara lainnya.
        oya, mas tadi saya udah transfer uangnya ya

      • jampang Oktober 17, 2013 / 21:17

        Tiang pancangnya segede atau sebanyak apa yah kalau bangunannya tinggi.

        Yup. Sudah masuk.

      • ayanapunya Oktober 17, 2013 / 21:19

        Kalau ga salah dulu waktu saya ngawas bangunan UT sekitar 20-30 meter gitu mancangnya. Ukurannya 30×30 apa ya? Jadi ya lumayan banyak tiang pancangnya

      • jampang Oktober 17, 2013 / 21:31

        Lama di pemasangan tiangnya kali yah

      • ayanapunya Oktober 17, 2013 / 21:36

        Iya kalo nggak salah

      • jampang Oktober 18, 2013 / 04:51

        semoga dampak positifnya lebih banyak

      • ayanapunya Oktober 18, 2013 / 04:55

        Amiin. Semoga saja

      • jampang Oktober 18, 2013 / 04:57

        di kalimantan memang masih banyak lahan kosong sih yah… kalau di jawa kan tinggal sedikit. lagi pula du kalimantan aman dari gempa bumi, sebab nggak dilewati jalur gunung berapi

      • ayanapunya Oktober 18, 2013 / 05:16

        Iya. Tapi kalau dibangun terus ya habis juga ntar lahan kami, mas. Ini aja udah banyak banget dibangun perumahan. Sawah-sawah kegusur
        Oya, di sini pernah gempa tahun kemarin kalau nggak salah. Cuma kerasanya di kabupaten arah kaltim gitu

      • jampang Oktober 18, 2013 / 05:20

        iya juga. lahan kan nggak meluas, penduduk bertambah terus. lama-lama ya bisa habis.

        ooo… pernah ada gempa juga. kirain sama sekali bekum, makanya ada wacana mindahin ibu kota ke kalimantan ๐Ÿ™‚

      • ayanapunya Oktober 18, 2013 / 05:32

        Iya, kalo nggak salah. Yang paling jelas sih di sini nggak ada gunung berapi gitu. Itu mungkin yang bikin aman. Kyknya wacana mindahin ibukota itu tenggelam lagi yak. Hihi

      • jampang Oktober 18, 2013 / 05:34

        mungkin banyak faktor yang harus dipikirkan, plus-minusnya, jika ibukota dipindahkan. jadinya ya…. hilang lagi ๐Ÿ˜€

      • ayanapunya Oktober 18, 2013 / 05:59

        Mungkin kalau terealisasi juga 10-20 tahun lagi, mas. Kyk pemindahan ibukota kalsel

      • jampang Oktober 18, 2013 / 07:43

        kita lihat nanti saja…. jika masih diberi panjang umur

      • ayanapunya Oktober 18, 2013 / 07:51

        Iya ๐Ÿ™‚

      • jampang Oktober 18, 2013 / 07:53

        aamiin

  3. fenny Oktober 17, 2013 / 20:21

    Iya tuh ka tmpt2 yg wkt skul d lwtin sdh hmpr berubah smua. Penduduk aslinya jd makin terpinggir jg krn gedung2 tinggi (mall, apartemen).

    • jampang Oktober 17, 2013 / 21:10

      ya mungkin penduduknya juga memang mau ngejual

      • fenny Oktober 17, 2013 / 21:32

        Ya ktnya sih begitu, tergiur rupiahnya … Skul jg hmpr d jual oleh ahli warisnya …

      • jampang Oktober 18, 2013 / 04:49

        nah… itulah

      • pinkvnie Oktober 18, 2013 / 12:49

        tp memang ahli waris boleh ngejual tanah yg sdh d wakafin ya?

      • jampang Oktober 18, 2013 / 14:16

        Setahu saya seh nggak boleh.

      • pinkvnie Oktober 18, 2013 / 16:02

        berarti setahu qt sama … ๐Ÿ™‚

      • jampang Oktober 18, 2013 / 18:29

        kira-kira begitu

      • pinkvnie Oktober 18, 2013 / 16:10

        kasihan ya bumi cm d bangun ja tp ngga d rawat …

      • jampang Oktober 18, 2013 / 18:29

        manusianya yang kurang bisa memanfaatkan apa yang sudah diberikan untuknya

      • fenny Oktober 18, 2013 / 19:29

        Yup setuju sekali … Ada tuh d al-qur’an tp saya lupa srt apa … “Segala kerusakan yg ada d bumi itu ulah tangan manusia sendiri”
        akibat kerusakan ini mk terjd bencana alam yg termsk kiamat sughra … ๐Ÿ™‚

      • jampang Oktober 18, 2013 / 20:52

        iya… ada ayat yang artinya kurang lebih begitu

      • fenny Oktober 18, 2013 / 21:25

        Srg dgr ayat ini … ๐Ÿ™‚
        Itu bnr tuh ka da gedung yg tingkatnya smp ratusan?
        D kntr jg lg buat tower kembar cm smp 60 lntai + 3 lantai basement k bawah ..,

      • jampang Oktober 18, 2013 / 21:50

        coba aja googling.
        wah nambah lagi gedung tinggi

      • fenny Oktober 18, 2013 / 22:13

        Yup … Nambah 2 apa 3 tower lg gitu disana … Galian tanahnya yg buat pondasi dalam bgt …
        Ef ngebangunnya skrg jd srg olahraga pagi sore … ๐Ÿ™‚

      • jampang Oktober 18, 2013 / 22:38

        Ck…. Ck…. Ck…

        Nanti gatsu bakal tambah padat lagi deh

      • fenny Oktober 19, 2013 / 05:36

        Iy padat n panas …

      • fenny Oktober 19, 2013 / 05:37

        Iy padat n panas …
        BTW bag komentar terbarunya d setting off ya ka?

      • jampang Oktober 19, 2013 / 05:48

        enggak. seperti biasa

      • fenny Oktober 19, 2013 / 07:20

        Maybe … ๐Ÿ™‚

    • fenny Oktober 19, 2013 / 05:56

      Oooo … Iya nih br muncul lg, pdhl dr kmrn smp semlm saya lht ngga da … Ajaib ya … ๐Ÿ˜€

      • jampang Oktober 19, 2013 / 06:03

        ada gangguan kali di wordpress

  4. nyonyasepatu Oktober 17, 2013 / 21:41

    kalo dimedan aku jarang liat gedung tinggi tapi banyak banget perumahan ๐Ÿ˜ฆ dan kalo liat peta konservasi si matt, mangkin banyak hutan yang dihancurin. sedih

    • jampang Oktober 18, 2013 / 04:53

      kalau pembangunan cuma mementingkan sisi ekonomi semata ya pasti mengalahkan dampak lingkungan sekian tahun ke depan.

  5. Firsty Chrysant Oktober 17, 2013 / 21:53

    kalo ngga salah di seberang rs saint corolus dulu sekolah kan yaaa…. sekarang jadi the capitol…?

    • jampang Oktober 18, 2013 / 04:54

      wah saya kurang tahu, uni.

  6. nurme Oktober 18, 2013 / 04:49

    Andai bumi bisa protes ๐Ÿ™‚

    • nurme Oktober 18, 2013 / 04:49

      salah icon maksudnya ๐Ÿ˜ฆ

    • jampang Oktober 18, 2013 / 04:56

      ya, tinggal nunggu aja

      • nurme Oktober 18, 2013 / 05:01

        iya

  7. Inge Febria Oktober 18, 2013 / 07:32

    lapangan bola udah jadi cluster ๐Ÿ˜ฆ

    untungnya sebelah rumah masih ada kebon. semoga tetap bertahan, biar buat resapan air

    • jampang Oktober 18, 2013 / 07:45

      clusternya pake conblock apa aspal? kalau conblock masih bisa jadi resapan air, katanya.

      resapan air emang penting. semoga bisa bertahan

      • Inge Febria Oktober 18, 2013 / 07:48

        pake aspal, mas… sedih deh. kalo cluster tempatku pake conblock. yang tadinya lapangan itu yang pake aspal

        mungkin pengembangnya pakai asas long life asset. aspal lebih tahan lama drpd conblock yang gampang bergelombang

      • jampang Oktober 18, 2013 / 07:53

        masa? bukannya aspal cepet rusak yah? terbukti banyak jalan aspal yang berlubang.

      • Inge Febria Oktober 18, 2013 / 07:55

        kalo conblock sering ambles beberapa bagian, terutama yang sering dilewati

      • jampang Oktober 18, 2013 / 07:57

        oooo….. mungkin karena bawahnya kurang dipadatkan kali yah, makanya amblas

  8. deetie Oktober 18, 2013 / 07:33

    ya lmyn bang klo gedung ky gt negonya bs 1m = 25jt… byk org yg tertarik buat jual lahannya… sekolah aye juga pemandangannya apartemen ma gedung tinggi… ๐Ÿ™‚

    • jampang Oktober 18, 2013 / 07:46

      bisa juga lebih dari segitu harganya. sayangnya cuma sebentar di tangan, biasanya beli lagi di daerah agak pinggir. selanjutnya keuntungan milik pengembang.

      seandainya bisa nego, sebagian harga diberikan dalam bentuk uang, sebagian lagi bisa dalam bentuk saham di apartemen itu, kan lumayan bisa dapat penghasilan tetap dari dividen ๐Ÿ˜€

      • deetie Oktober 18, 2013 / 08:23

        wah bner juga tu bang.. investasi masa depan.. tapi alhmdulillah tu bang tmn aye msh dpt tanah yang bagus pas kena gusuran..
        tapi ya namanya tempat lahir beta mendingan di rumah yang lama juga ye bang.. ๐Ÿ™‚

      • jampang Oktober 18, 2013 / 08:37

        ๐Ÿ˜€
        ya wajar seh perasaan seperti itu

  9. tinsyam Oktober 18, 2013 / 12:15

    jadi ingat cerita menara babel yang tinggi biar setinggi tuhan..

    • jampang Oktober 18, 2013 / 14:15

      Wah saya belum denger ada cerita itu.

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s