Buta Mata, Melek Hati

masjid vector - 3Beberapa menit sebelum waktu isya menjelang, saya sudah memasuki masjid dengan ukuran yang tidak begitu besar itu. Saya melihat beberapa orang sudah hadir di di dalam masjid. Mungkin mereka adalah jama’ah sholat Maghrib yang tetap berada di masjid dan tidak pulang ke rumah selepas melaksanakan shalat maghrib, pikir saya.

Saya duduk di bagian paling belakang. Dari tempat saya duduk itu, saya bisa melihat dan memperhatikan orang-orang yang duduk dengan jarak beberapa baris di depan saya. Satu orang duduk dekat dengan posisi imam. Posisi duduknya agak miring ke kiri. Saya menangkap sesuatu yang lain dari orang tersebut. Di sebelah kiri agak ke belakang dari orang tadi, terdapat tiga orang sedang asyik ngobrol. Entah apa yang mereka bicarakan, saya tak bisa mendengar. Namun, saya menangkap sesuatu yang tak biasa terhadap orang yang duduk di tengah-tengah, terapit oleh dua orang lainnya. Ketidaklaziman yang sama denga apa yang saya tangkap dari orang pertama tadi.

Adzan Isya berkumandang. Sholat sunnah rawatib pun dilaksanakan. Tak lama kemudian, iqamah pun dilantunkan. Semua jama’ah berdiri dan bergerak  mengisi shaf.

Saat itulah terjawab tentang apa yang saya tangkap mengenai sesuatu yang lain dari kedua orang tersebut. Keduanya dibantu untuk berdiri, menghadap kiblat, dan meluruskan shaf. Ternyata keduanya buta.

Selepas sholat, salah seorang dari keduanya berdiri dan berjalan keluar tanpa bantuan orang lain. Ia melangkah dengan ‘enaknya’ melewati jama’ah lain yang masih duduk.

Matanya memang buta, namun Allah memberikan kelebihan lain kepadanya yang tidak diberikan kepada manusia lain. Matanya memang tak melihat, tapi hatinya mampu menangkap sinar iman yang terkadang orang ‘melek’ pun tak mampu melihatnya. Ni’mat penglihatan yang tidak lagi dirasakannya ternyata tetap bisa membawanya untuk tetap hadir di masjid untuk melaksanakan shalat berjama’ah.

Sementara saya, tidak selalu menjawab panggilan itu.


Dari Abu Hurairoh berkata : “Telah datang kepada Nabi saw seorang laki-laki buta (Abdullah Ibnu Ummi Maktum) dan berkata, ”Wahai Rosulullah sesungguhnya aku tidak memilki seorang penuntun pun yang bisa mengajakku ke masjid.’ Dan dia meminta kepada Rasulullah saw agar memberikannya rukhshoh (keringanan) agar dirinya sholat di rumah maka kemudian Rasulullah pun memberikan rukhshoh kepadanya. Namun ketika orang itu membalikkan badannya Rasulullah saw memanggilnya dan berkata,”Apakah engkau mendengar panggilan (adzan) untuk sholat? dia menjawab,’ya’, Beliau saw berkata,’Sambutlah”. (HR. Muslim)

Tulisan Terkait Lainnya :

62 respons untuk ‘Buta Mata, Melek Hati

  1. ayanapunya Oktober 25, 2013 / 11:52

    saya jadi ingat kata guru ngaji saya tentang telinga. dia itu organ tubuh yang masih berfungsi bahkan saat kita tidur, karena itu haruslah dimanfaatkan sebaik-baiknya

    • jampang Oktober 25, 2013 / 12:52

      ketika yang lain kurang, maka yang satu itu harus dimanfaatkan.

      telinga nggak pernah tertutup waktu tidur yah… selalu “terbuka”

      • ayanapunya Oktober 25, 2013 / 12:53

        iya. saya aja kadang kalau tidur trus mimpi suka kecampur-campur antara mimpi dengan suara yang saya dengar di dunia nyata 😀

      • jampang Oktober 25, 2013 / 12:58

        Emang malam-malam masih berisik yah?

        Xixixixixixi

      • ayanapunya Oktober 25, 2013 / 13:00

        bukan malam sih. pas tidur siang gitu. tidur-tidur ayam gitu deh 😀

      • jampang Oktober 25, 2013 / 22:02

        oooo…. tidur siang. kirain malam. kan sepi.

        *ternyata nggak ada notifikasi untuk komentar ini

      • ayanapunya Oktober 25, 2013 / 22:12

        pas dibanguninnya kali ya yang kecampur2 sama mimpi 😀

      • jampang Oktober 26, 2013 / 04:12

        Kalau itu bisa jadi. Kan belum sadar 100%

      • ayanapunya Oktober 26, 2013 / 04:28

        Kadang ngerasa udah bangun padahal belum 😀

      • jampang Oktober 26, 2013 / 04:46

        Kalau pengen bangun tapi seperti ada yang nahan… Mau bangun jadi nggak bisa-bisa, itu harus diwaspadai 😀

      • ayanapunya Oktober 26, 2013 / 04:56

        Maksudnya gimana, mas?

      • jampang Oktober 26, 2013 / 04:58

        tindihan. eh bener nggak yah istilahnya

      • ayanapunya Oktober 26, 2013 / 05:01

        O itu. Saya pernah tuh. Tapi bukan pas mau bangun tidur. Pas mau tidur malah. Tiba2 kyk ada yg nindih dan mau baca ayat kursi nggak bisa-bisa

      • jampang Oktober 26, 2013 / 05:26

        nah…. itu maksud sayah 🙂

      • ayanapunya Oktober 26, 2013 / 05:30

        Kalau maksud saya itu saya kan dibangunin. Trus saya ngerasanya udah bangun, udah cuci muka, trus pas dengar suara orang ngebangunin saya bingung krn saya kan udah bangun nih. Padahal ternyata cuci mukanya itu dalam mimpi 😀

      • jampang Oktober 26, 2013 / 05:32

        😀
        bisa repot dong kalau ternyata udah ngerasa sampe di kantor padahal mimpi dan masih tidur

      • ayanapunya Oktober 26, 2013 / 05:40

        Itu kebablasan namanya 😀

      • jampang Oktober 26, 2013 / 05:46

        😀

      • jampang Oktober 26, 2013 / 06:01

        waktunya pindah lapak 😀

      • ayanapunya Oktober 26, 2013 / 06:03

        Emang udah ada?

      • jampang Oktober 26, 2013 / 06:04

        sabtu pagi…. waktunya upload foto 😀

        sudah ada

      • ayanapunya Oktober 26, 2013 / 06:05

        Udah liat 🙂

      • jampang Oktober 26, 2013 / 06:11

        terima kasih

  2. nurme Oktober 25, 2013 / 11:56

    Subhanallah…
    Postingan yang indah buat hari jumat ini 🙂

    • jampang Oktober 25, 2013 / 12:58

      Terima kasih

      • nurme Oktober 25, 2013 / 13:02

        🙂

  3. nengwie Oktober 25, 2013 / 13:03

    👍
    Ayoo para lelaki, ringankan langkahnya pergi Mesjid..:)

    • jampang Oktober 25, 2013 / 13:10

      iya, teh 🙂

  4. herma1206 Oktober 25, 2013 / 14:26

    sbelum komen serius, ini pas buka wpnya..hadeeeh..tuh poto narsis amat ya yg di kanan bawah, gak kuaaaattttt 😀

    • jampang Oktober 25, 2013 / 14:38

      lah…. emangnya selama ini nggak lihat foto di header. itu kali buka muncul. apa itu kurang narsis? 😛

      • herma1206 Oktober 25, 2013 / 17:52

        klo yg itu karena keseringan liat kali ya..jadi biasa aja..
        klo yang baru keliatan itu ya gimanaaa gitu.. 😀

      • jampang Oktober 25, 2013 / 18:43

        namanya juga foto sama anak 😀

      • herma1206 Oktober 25, 2013 / 19:27

        Moduuuus…emang aslinya narsis 😛

      • jampang Oktober 25, 2013 / 20:00

        😀

        Harap maklum

      • herma1206 Oktober 25, 2013 / 20:52

        Ya..ya..maklum deh, dalam rangka… 😀

      • jampang Oktober 25, 2013 / 21:44

        😀

      • jampang Oktober 26, 2013 / 04:13

        😀

      • faziazen Oktober 27, 2013 / 02:55

        emang empeyer ternarsis yaa

      • jampang Oktober 27, 2013 / 04:42

        Koq?
        Emang dari mana ternarsisnya?
        😀

      • faziazen Oktober 27, 2013 / 08:14

        fotonya yang di blog….hehehe

      • jampang Oktober 27, 2013 / 08:24

        habis foto itu yang paling keren 😀

  5. herma1206 Oktober 25, 2013 / 14:31

    jadi inget lagunya bimbo, bermata tapi tak melihat, bertelinga tapi tak mendengar, Seperti itulah kebanyakan manusia yg justru lahir sempurna secara fisik, termasuk saya..hiks

    • jampang Oktober 25, 2013 / 14:39

      sepertimya lirik lagu itu diambil dari ayat al-quran

      • herma1206 Oktober 25, 2013 / 17:53

        oh ya…?? yg bagian mananya dri lirik lagu tsb?

      • jampang Oktober 25, 2013 / 18:44

        ya itu… punya mata tapi tak melihat, punya teling tapi tak mendengar

      • herma1206 Oktober 25, 2013 / 19:27

        Oowh…baru tau klo itu ayat al qur’an..

      • jampang Oktober 25, 2013 / 20:01

        Kalau nggak salah bunyinya :

        Lahum a’yunun laa yubshiruuna bihaa wa lahum udzunun laa yasma’una bihaa

      • herma1206 Oktober 25, 2013 / 20:54

        Ooowh…wah..hapalannya jago..:)

      • jampang Oktober 25, 2013 / 21:44

        tinggal googling 😀

      • herma1206 Oktober 25, 2013 / 22:43

        klo masukin ayat2 di tulisan, itu dri gugling juga..??

      • jampang Oktober 26, 2013 / 04:14

        Iyalah 😀
        Saya kan bukan ustadz apalagi hafiz quran

      • herma1206 Oktober 26, 2013 / 05:26

        bisa jadi.. 🙂

      • jampang Oktober 26, 2013 / 05:27

        xixixixixi

  6. tinsyam Oktober 25, 2013 / 17:05

    ayo jangan mo kalah sama yang buta..

    • jampang Oktober 25, 2013 / 17:43

      iya mbak

    • jampang Oktober 25, 2013 / 17:44

      betul, pak. harusnya yang bisa melihat bisa lebih dari itu… hiks

  7. fenny Oktober 25, 2013 / 17:46

    Cm mau comment “postingan yg bagus n menyadarkan diri”
    Smoga qt yg sempurna bs mengikuti melek hatinya mereka …

    • jampang Oktober 25, 2013 / 17:49

      terima kasih

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s