Ngeblog di Pagi Hari Bersama Yogurt Beku

yogurrtAwalnya saya ingin memberikan judul coretan kali ini dengan “Blogging in The Morning With Frozen Yogurt”. Namun saya batalkan memberi judul demikian. Dengan dua alasan. Pertama karena saya tidak jago berbahasa inggris. Kedua karena khawatir nantinya para blogger dari luar negeri akan tertipu karena berpikir bahwa isi coretan ini juga berbahasa inggris. Memang beberapa waktu lalu saya pernah membuat coretan dan memberi judul dalam bahasa inggris, semisal water, obstacles, dan behind. Tujuan kala itu adalah untuk memberikan perbedaan judul atas cerita yang sama yang sudah saya posting di blog lain untuk mengikuti ajang tantangan ngeblog.

Memangnya ada blogger dari luar negeri yang mengunjungi blog ini? Ada. Biasanya para blogger luar negeri itu mengunjungi postingan di blog ini yang bertema “Weekly Photo Challenge” yang diadakah setiap minggunya. Umumnya mereka hanya me-like foto yang saya upload. Namun ada juga yang memberikan komentar. Misalnya untuk tema “Horizon” yang saya upload kemarin pagi. Lalu, beberapa di antara blogger luar negeri tersebut  ada yang mem-follow blog saya ini.

Ada senang dan ada perasaan nggak enak juga mendapati kejadian demikian. Senang karena blog ini di-follow oleh blogger luar negeri. Nggak enak karena blog ini bukanlah blog berbahasa inggris yang bisa dengan mudah dimengerti oleh mereka dan juga bukan blog yang mengkhususkan untuk menampilkan hasil jepretan kamera canggih yang menghasilkan foto yang bagus dan keren. Sebab blog ini adalah blog gado-gado. Blog campuran. Blog gado-gado.

Semoga saja ada di antara mereka yang mengcopy paragraf di atas ke google translate, sehingga bisa memahami kondisi blog ini. Sepertinya sebuah harapan yang sedikit berlebihan.

Ada dua hal yang ingin saya ceritakan di dalam coretan ini seperti yang tersirat di dalam judul di atas. Yang pertama adalah pagi. Ada apa dengan pagi?

ada secangkir harapan
terhidang
bersama kicau burung bersahutan
tak berbilang

Itu adalah bait pertama dari puisi saya yang berjudul “Lelaki dan Pagi” yang saya buat tanggal 13 September 2012 ketika saya mendapatkan tugas beberapa hari di Banda Aceh. Sepertinya ada lagi puisi saya yang menggunakan kata pagi sebagai bagian dari judulnya. Benar. Ada. Puisi tersebut berjudul “Secangkir Pagi“.

Bagi saya pribadi, pagi, Seperti bait di atas, merupakan awal harapan. Harapan yang kemudian akan diikuti oleh sebuah usaha di siang harinya untuk mewujudkannya menjadi kenyataan. Pagi hari adalah saat saya memulai berbagai aktifitas. Mandi, shalat, sarapan, berangkat kerja, dan lain-lain, termasuk ngeblog.

Kenapa saya ngeblog di pagi hari? Mungkin karena di pagi hari saya bisa mengubah cerita yang ada di dalam pikiran saya menjadi susunan aksara yang kemudian saya publikasikan di blog. Tapi, kegiatan blogging saya di pagi hari tak hanya memingubah cerita di dalam pikiran menjadi susunan aksara, melainkan juga blog walking. Ya, saya lebih sering blog walking di pagi hari. Alasannya adalah karena di pagi hari, paket internet yang saa pakai memberikan bonus yang lumayan besar. Saya menggunakan paket internet 600 MB selama 30 hari. Itu adalah paket utamanya. Sedangkan bonusnya, saya bisa memanfaatkan 5,4 GB selama 30 hari juga. Hanya saja waktunya mulai pukul 01.00 – 09.00. Tak mungkin saya begadang menggunakan bonus tersebut di tengah malam. Hanya di waktu pagilah yang paling memungkinkan.

Namun demikian, coretan yang umunya saya buat di pagi hari, mungkin antara pukul lima hingga enam lewat tiga puluh menit, tidak langsung saya publish di saat itu juga. Saya memanfaatkan fasilitas penjadwalan yang disediakn wordpress. Saya biasa melakukan setting waktu untuk mempublikasikan coretan tersebut di jam-jam tertentu. Biasanya satu di pagi hari dan satu lagi di malam hari. Meskipun terkadang kebiasaan tersebut tidak selalu saya jalankan.

Pagi juga mengingatkan saya akan sebuah ayat yang menggunakan sebuah majas. Majas yang menurut saya pribadi adalah majas personifikasi. Majas yang melekatkan sifat atau perbuatan manusia kepada benda mati. Ayat tersebut berunyi :

“Wash-shubhi idzaa tanaffas.” [QS. At-Takwir : 18]

Secara harfiyah, ayat di atas mungkin diterjemahkan menjadi “demi shubuh ketika dia (mulai) bernapas.” Namun  arti ayat tersebut di dalam Al-quran terjemahan adalah “dan demi subuh apabila fajarnya mulai menyingsing.”

Yang saya ingat, ketika mendapatkan pelajaran bilogi tentang makhluk hidup dari golongan tumbuh-tumbuhan, salah satu aktifitasnya adalah fotosinstesis. Aktifitas yang menghasilkan makanan untuk dirinya dan mengelurkan oksigen untuk makhluk hidup lainnya, manusia dan hewan. Dan proses tersebut dimulai sejak pagi hari karena membutuhkan energi matahari.

Sudah cukup panjang sepertinya saya cerita soal pagi. Jadi saya cukupkan saja. Sebab ada satu cerita lagi seperti yang saya sebutkan di awal coretan ini dan terlihat juga pada bagian judul.

Saya adalah pengguna android. Handphone yang saya gunakan saat ini adalah handphone yang saya beli sekitar bulan september 2011. Sudah dua tahun ternyata. Jadul. Ketinggalan jaman pastinya. Sebab yang saya tahu, android ini perkembangan operating systemnya sangat cepat. HP di tangan saya ini, OSnya adalah Froyo (Frozen Yogurt). Saat beli sudah ada SO yang lebih tinggi, Ginger Bread. Saat melihat semacam katalog yang ada di sebuah tabloid, saya masih menemukan HP android dengan OS di bawah Froyo. Saya pun jadi tahu bahwa ada beberapa OS android sebelum Froyo, yaitu Eclair, Donut, Cupcake, Banana Bread, dan Apple Pie. Sedangkan OS android setelah Froyo adalah Ginger Bread, Honey Comb, Ice Cream Sandwich, dan Jelly Bean. Selanjutnya mungkin akan ada OS dengan nama Key Lime Pie atau Kitkat.

Terlepas dari perkembangan OS android tersebut, saya mungkin termasuk orang yang tidak terlalu mengikuti perkembangan. Saya tetap menggunakan HP lama dengan Froyo-nya. Belum sempat terpikir untuk mengganti dengan handphone baru dengan OS yang lebih canggih dan fitur yang lebih keren. Mungkin dari sisi positifnya, saya bisa digolongkan ke dalam kelompok lelaki yang setia atau mungkin qona’ah yang merasa cukup dengan apa yang ada. Namun dari sisi negatifnya bisa juga saya dikelompokkan sebagai orang yang kolot dan tidak mengikuti perkembangan zaman atau bisa juga masuk kelompok yang pelit.

Dan ketika akhir-akhir ini banyak pengguna android yang mendownload dan menginstall BBM Android di handphone masing-masing, saya merasa tidak perlu untuk ikut-ikutan. Saya merasa cukup dengan aplikasi chat berupa gtalk ataupun whatsapp. Di samping itu, handphone android saya memang tidak compatible dengan BBM Android.


Tulisan Terkait Lainnya :

Weekly Photo Challenge: Horizon
Weekly Photo Challenge: Horizon

Akhirnya, Keduanya bersanding
Akhirnya, Keduanya bersanding

Secangkir Pagi
Secangkir Pagi

Just Write It
Just Write It

Hodgepodge
Hodgepodge

54 respons untuk ‘Ngeblog di Pagi Hari Bersama Yogurt Beku

  1. herma1206 Oktober 27, 2013 / 09:29

    Di samping itu, handphone android saya memang tidak compatible dengan BBM Android—–) klo compatible berarti mau dunk..hehe…

    • jampang Oktober 27, 2013 / 09:31

      Kemungkinan nggak juga. Sebab saya nggak suka terlalu banyak aplikasi yg serupa dan teman chat saya juga nggak banyak

      • herma1206 Oktober 27, 2013 / 10:35

        baru baca lengkap postingannya..hehe..
        kmrn itu emang beda..pas sekali2nya ikut photo challenge..emang bnyk bnaget blogger Ln yg ngelike, trus yg pingback.. tapi gak ada yg follow..hehe..

      • jampang Oktober 27, 2013 / 18:53

        mungkin kebiasaan blogger luar negeri begitu. ngelike dan pingback. kalau nge-follow mungkin liat2 dulu kali pake bahasa apa 😀

      • herma1206 Oktober 27, 2013 / 20:00

        sama ini nih..klo sy upload pola rajutan, ada aja blogger luar yg ngelike, ibu2 sih rata-rata, pernah juga ada yg komen..
        klo itu malah sy yg ngefollow..secara rajutannya bagus2 banget..buat inspirasi 😀

      • jampang Oktober 27, 2013 / 20:19

        Ya gpp follow duluan kalau emang ada manfaatnya

      • herma1206 Oktober 27, 2013 / 20:26

        tapi ternyata yg su follow..lbh sering bikin postingan ngetrip ama keluarganya…wuiiiih..bagus2 banget viewnya, tuh si ibu bahagia bgt, sayang nonis

      • jampang Oktober 27, 2013 / 20:27

        pastinya yang dipasang itu yang bagus2lah 😀

      • herma1206 Oktober 27, 2013 / 20:36

        pastinya..tapi lumayan bikin ngiri 😀

      • jampang Oktober 27, 2013 / 20:40

        ngiri dan terus belajar

      • herma1206 Oktober 27, 2013 / 20:48

        yup…jadi ada manfaatnya juga berarti yak 🙂

      • jampang Oktober 28, 2013 / 04:34

        Ya harus ada. Kalau nggak ada yg tinggalin aja

      • herma1206 Oktober 28, 2013 / 05:33

        Ya..ya..ya.. Ada kok, makanya gak ditinggalin..:)

      • jampang Oktober 28, 2013 / 05:51

        sipp lah

  2. ayanapunya Oktober 27, 2013 / 09:33

    Jadi froyo itu frozen yoghurt ya?
    Saya juga kyknya harus menjadwalkan ngeblog mulai sekarang 😦

    • jampang Oktober 27, 2013 / 09:36

      Kalau nggak salah. Kan OS android nama-nama makanan.

      Saya seh nggak bisa menjadwal dg tepat. Buktinya… Jadwal posting hari ini jamnya beda dr biasanya.

      😀

      • ayanapunya Oktober 27, 2013 / 09:38

        Idenya datang kesiangan yak? 😀

      • jampang Oktober 27, 2013 / 13:55

        Eksekusinya yg terlambat 😀

      • jampang Oktober 27, 2013 / 16:30

        😀

  3. fenny Oktober 27, 2013 / 09:47

    Saya kira wkt itu tmn2 ngbrlin makanan, tp kok k HP ya. Eh trnyt itu mcm2 OS toh … 😀

    • jampang Oktober 27, 2013 / 13:55

      Iya. Namanya memang nama makanan

      • fenny Oktober 27, 2013 / 16:23

        Heeh … Maklum agak gaptek … 😀
        Pake nama makanannya keren2 ya …

      • jampang Oktober 27, 2013 / 16:31

        Ya menurut sana mungkin biasa aja. Menurut kita aja kali yg keren 😀

      • pinkvnie Oktober 27, 2013 / 17:22

        Yup … Kebiasaan org indonesia ya klo sdh bhs inggris msk k Indonesia d blg keren … Xixixixi 😀
        Pdhl klo d indonesia in ma itu yg dpt qt temui tiap hr dgn nm indonesia.

      • jampang Oktober 27, 2013 / 18:54

        yup. betul 😀

      • pinkvnie Oktober 27, 2013 / 19:23

        😀

  4. herma1206 Oktober 27, 2013 / 10:38

    kayaknya balesan komen masuk spam lagi..huhuhuhu…

    • jampang Oktober 27, 2013 / 13:56

      Yg ini ada di notifikasi

      • herma1206 Oktober 27, 2013 / 14:53

        Klo masuk spam kan gak ada notif, kayak pagi tadi..
        Periksa aja coba…

      • jampang Oktober 27, 2013 / 16:30

        Paling dicek kalau pake laptop atau PC

      • herma1206 Oktober 27, 2013 / 16:57

        okeeeee…

      • jampang Oktober 27, 2013 / 18:53

        sipppp

  5. dianmardi Oktober 30, 2013 / 03:37

    nungguin android versi frozen yoghurt….

    • jampang Oktober 30, 2013 / 05:11

      mungkin lewat di situ ya mbak 😀

  6. nurme Oktober 31, 2013 / 16:03

    Oh jadi android itu nama-nama makanan, kenapa ya?

    Photo challange katanya ada hadiahnya, mayan 200 dollar singapore 🙂

    • jampang Oktober 31, 2013 / 16:13

      kurang tahu kenapa.

      iya kah? wah saya nggak tahu. cuma ikut2an aja

      • nurme Oktober 31, 2013 / 16:30

        iya katanya sih.. ntar cari info jelasnya dulu. Lumayaaan besar kalau dalam rupiah

      • jampang Oktober 31, 2013 / 16:37

        saya cuma sekedar ikutan aja. kalau menang pasti susah, sebab yang ikutan banyak fotografer kayanya

      • nurme November 1, 2013 / 08:45

        Yang menang temennya sepupu, pake android biasa dan bukan fotographer looh 🙂

        Ayo semangaaat

      • jampang November 1, 2013 / 08:49

        pengumumannya di mana?

      • nurme November 1, 2013 / 09:15

        ntar ditanyain ya.. 🙂

      • jampang November 1, 2013 / 09:33

        sepertinya nggak perlu, teh. 😀

      • nurme November 1, 2013 / 09:36

        baiklah 🙂

      • jampang November 1, 2013 / 09:44

        siplah

      • nurme November 1, 2013 / 09:49

        agree 🙂

      • jaraway Oktober 31, 2013 / 17:12

        teh.. *teteep.. haha

      • jampang Oktober 31, 2013 / 17:15

        manis apa tawar?

      • jaraway Oktober 31, 2013 / 17:18

        manis..hihi

      • jampang Oktober 31, 2013 / 17:31

        setidaknya…. setiap pagi saya menikmati teh manis saat sarapan 😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s