[Berani Cerita #34] Jalak Bali dan Kakaktua Raja

credit

Air kotor berwarna gelap langsung menenggelamkan kedua telapak kaki telanjangku hingga ke mata kaki. Kondisi yang sudah biasa kutemui sehari-hari di tempat yang bagi orang lain adalah tempat yang tak mungkin mereka kunjungi. Itu tak seberapa, sebab pernah beberapa kali, aku tidak bisa melihat kedua betisku sendiri ketika aliran air di gorong-gorong ini meninggi yang tentu saja menyulitkan pekerjaanku.

Jorok. Kesan yang pertama kali kutangkap dan kurasakan ketika pertama kali diriku terjun ke dalam pekerjaan ini. Itu juga jika apa yang kulakukan layak disebut sebagai pekerjaan. Kedua kaki dan tanganku langsung terasa gatal-gatal setelah kubawa tubuhku keluar dari gorong-gorong. Sekarang, rasa itu mungkin sudah tidak mampu menembus kulitku yang sudah kebal.

Kugunakan benda berbentuk bundar terbuat dari plastik dengan banyak lubang di tengahnya untuk menyerok dasar gorong-gorong. Lalu kubawa ke tempat dengan sumber cahaya yang lebih banyak agar kedua mataku bisa melihat adakah benda yang kucari di dalamnya. Jika tidak ada, nyatanya memang lebih sering tidak kutemukan benda yang kucari, kutumpahkan kembali isi serokan tersebut. Lalu kuserok lagi dasar gorong-gorong di sisi lain.

Entah sudah berapa kali kali aku melakukannya. Kurasakan terik matahari mulai menyengat. Hawa di dalam gorong-gorong ini juga mulai memanas. Keringat mulai membasahi tubuhku, juga kaos kumal yang kukenakan. Tulang-tulangku mulai terasa pegal. Beberapa kali gemetar tubuhku sempat melimbungkah langkahku. Tapi aku harus terus mencari. Rasa lapar dan dahaga ini harus kucari penawarnya.

Tiba-tiba kudengar suara benda beradu dengan dinding gorong-gorong di sisi yang terbuka. Segera kualihkan pandanganku. Ujung mataku sempat menangkap percikan air di mana benda itu jatuh. Segera kuberlari mendekati.

Pandangan mataku tak bisa menembus ke dasar gorong-gorong. Terhalang oleh gelapnya warna air. Kugunakan benda di tangan kananku yang senantiasa menemaniku untuk meyerok dasar gorong-gorong di mana benda tersebut terjatuh.

Semoga kali ini kutemukan. Doaku penuh harap.

Kuperiksa hasil serokanku yang kebanyakan terdiri dari batu-batu berwarna gelap dan beberapa benda sampah lainnya. Tangan kananku memilah-milah semua benda tersebut untuk menemukan benda yang kucari.

—o0o—

“Mbak!” Kupanggil perempuan pemilik warung kecil yang kerap kukunjungi hampir setiap hari. “Beli roti dan air minum!” Sambungku. Hanya dua barang itu yang selalu kubeli. Tak pernah yang lain.

Kembali wajah bertampang masam dari perempuan itu yang kudapati. Sejak pertama kali aku membeli roti dan air minum di warung kecilnya, hampir tak pernah kulihat dirinya tersenyum atau mengucap sesuatu kepadaku. Hanya kepadaku. Sementara kepada pembeli lain, dirinya akan bermuka manis.

“Ini!” Kuserahkan sepuluh keping benda dari logam berbentuk lingkaran kepadanya. Lima di antaranya bergambar burung Jalak Bali dan lima lagi bergambar burung Kakaktua Raja. Semuanya adalah hasil pencarianku di gorong-gorong yang tak jauh dari tempaku membeli sarapan sekaligus makan siangku. Aku tertolong oleh logam terakhir yang kutemukan setelah seorang pengamen sombong membuangnya.


Berani Cerita Sebelumnya :

113 respons untuk ‘[Berani Cerita #34] Jalak Bali dan Kakaktua Raja

  1. pinkvnie November 3, 2013 / 19:07

    jalak bali n kakaktuanya mana?

    • jampang November 3, 2013 / 19:24

      nggak ada yah?
      sudah dikasih ke perempuan pemilik warung 😀

      • pinkvnie November 3, 2013 / 19:36

        ooo ada deh ngga kebaca 🙂
        jalak bali n kakaktua brp rupiah deh … 🙂 lupa

      • jampang November 3, 2013 / 19:37

        jalak bai 200, kakaktua raja 100

  2. herma1206 November 3, 2013 / 19:28

    saya juga lagi bikin nih..nantikan penayangannya sebentar lagi..
    sungguh sangat berbda yg kali ini…haha..

    • jampang November 3, 2013 / 19:30

      beuuuu…. pamer nih 😀

      • herma1206 November 3, 2013 / 19:34

        yoiiiii…sekali2 boleh dong 😛

      • jampang November 3, 2013 / 19:37

        harusnya kan komentarin dulu postingan ini baru pamer 😛

      • herma1206 November 3, 2013 / 19:42

        xixixi..iya deh..dibaca2 deh dibaca..
        *tadi baru pamer doang belum baca 😀

      • jampang November 3, 2013 / 19:44

        weksss

      • herma1206 November 3, 2013 / 19:51

        kasian ya..susahnya mau cari makan aja..
        jadi inget..pernah juga loh sy jumpai di bis pengamen sombong..uang recehan dri penumpang ia buang…

      • jampang November 3, 2013 / 19:55

        soal pengamen sombong, saya juga baca artikel. dia ngamen di bengkel terus dikasih uang 400 rupiah sama tukang bengkel… eh dibuang.

        tukang bengkel itu marah dan ditarik kerah bajunya. sampe2 mau dipukul… untungnya nggak jadi.

      • herma1206 November 3, 2013 / 20:03

        jangankan tukang bengkel itu..lah qt aja yg waktu itu liat di bis, jengkel banget. Nih,,pengamen sombong banget. Akhirnya uangnya yg jatuhan dikumpulin ama kenek bis..ya lumayan dapat banyak…
        sayang…gak inget ama wajah pengamennya…

      • jampang November 3, 2013 / 20:06

        lah…. ngapain diinget2 wajahnya 😀

      • herma1206 November 3, 2013 / 20:09

        ya maksudnyaa klo ngamen lagi gak bakal di kasih gitu…mikirnya jauuuh aja 😛

      • jampang November 3, 2013 / 20:13

        tinggal jepret aja pake HP, terus sebarin sambil ngasih tulisan “Ini pengamen sombong yang gak mau dibayar pake uang logam”

        😀

      • herma1206 November 3, 2013 / 20:18

        jiaaah…kan udh lupa wajahnya..klo salah jepret bahaya dong..bisa2 sy di tuduh melakukan pencemaran nama baik 😀

      • jampang November 3, 2013 / 20:38

        😀

        mungkin nanti kalau ketemu lagi jadi inget lagi 😀

      • herma1206 November 3, 2013 / 20:41

        ogah aaah..dripada repot mikirin wajah pengamen, mending bayangin wajah yg lain aja 😀

      • jampang November 3, 2013 / 20:42

        oooooh… ya… ya… silahkan… silahkan

      • herma1206 November 3, 2013 / 20:46

        tapi wajah siapa ya gak tau 😀

      • jampang November 3, 2013 / 20:50

        yang dikarang aja…. mungkin kaya si gavin itu di cerita mbak 😀

      • herma1206 November 3, 2013 / 20:53

        wajah dengan rahang yg kuat..entahlah wajah siapa sebenarnya yg saya bayangkan di cerita itu.. tom cruise kayaknya..hahaha…

      • jampang November 3, 2013 / 20:54

        nah…. itu aja yg dibayangin 😀

      • herma1206 November 3, 2013 / 21:04

        wekss…ntar di marah katie holmes, eh.kan dah cere ya..jadi gpp 😀

      • jampang November 3, 2013 / 21:08

        Mana saya tahu gosip artis… Apalagi artis luar negeri

      • herma1206 November 3, 2013 / 21:14

        saya mah dikit2 ya taulah…hehe..

      • jampang November 3, 2013 / 21:17

        ic ic

      • herma1206 November 3, 2013 / 21:22

        ic = ice cream
        gak ada malem2.. 😛

      • jampang November 3, 2013 / 21:26

        😀
        kalau di mini market masih ada

      • herma1206 November 3, 2013 / 21:30

        tapi gak boleh di makan malem2 😛

      • jampang November 3, 2013 / 21:35

        Kalau belum bayar ya nggak boleh

      • herma1206 November 3, 2013 / 21:40

        iya..apalagi nyuri.. lebih gak boleh 😀

      • jampang November 4, 2013 / 04:55

        😀
        iya

      • herma1206 November 4, 2013 / 05:41

        ada mencuri yg dibolehin

      • jampang November 4, 2013 / 05:57

        iya ada….

      • jampang November 4, 2013 / 06:03

        pasti mikirnya mencuri hati 😛

        yang saya maksud adalah mencuri salam. orang memberi salam kepada orang lain kemudian kita dengar… lalu kita menjawabnya

      • herma1206 November 4, 2013 / 06:09

        xixixi..tauuuu aja…kan beda kepala beda isi.. 😀
        mencuri hati boleh, mencuri salam boleh, nah..klo mencuri dengar tapi gak sengaja..??

      • jampang November 4, 2013 / 06:13

        ya tinggalin dan nggak usah disebarin kalau cuma akan jadi ghibah atau fitnah

      • herma1206 November 4, 2013 / 06:17

        ada lagi yg boleh..mencuri pandang..
        kwkwkwkw 😀

      • jampang November 4, 2013 / 07:42

        yakiiiin?

      • herma1206 November 4, 2013 / 07:55

        Yaa…asal gak ketahuan, hehe…

      • jampang November 4, 2013 / 16:50

        beneran?
        nggak ketahuan siapa?

  3. ayanapunya November 3, 2013 / 20:03

    saya nggak pernah merhatiin gambar di uang logam. he

    • jampang November 3, 2013 / 20:05

      saya juga baru nyari barangnya, nemun cuma udah jelek, akhirnya googling 😀

      • ayanapunya November 3, 2013 / 20:06

        udah langka ya uang seratusan logam?

      • jampang November 3, 2013 / 20:11

        masih ada. biasanya kalau belanja di mini market masih dapat kembalian 100 atau 200 rupiah

      • ayanapunya November 3, 2013 / 20:14

        berarti mas rifki yang nggak punya uang receh? 😀

      • jampang November 3, 2013 / 20:18

        harus saya akui itu. 😀

        eh ada… logaman 500 di dompet, ada dua kalau nggak salah

      • ayanapunya November 3, 2013 / 20:22

        saya malah sekarang susah banget nyari uang ribuan di dompet. pas mau bayar parkir repot sendiri

      • jampang November 3, 2013 / 20:41

        tapi kan pasti dikembaliin sama tukang parkirnya. dapat deh ribuannya 😀

      • ayanapunya November 3, 2013 / 20:44

        dikembaliin gimana? parkir sekarang 2000

      • jampang November 3, 2013 / 20:49

        ya kalau uang mbak 5000, kembali 3000 kan?
        masa nggak dikembaliin sama tuka parkirnya?

      • ayanapunya November 3, 2013 / 21:03

        iyalah dikembaliin 😀

      • jampang November 3, 2013 / 21:05

        Dapatkan ribuannya?

        😀

      • ayanapunya November 3, 2013 / 21:06

        dapat. tapi tetap suka nyelip2 😀

      • jampang November 3, 2013 / 21:09

        Yg penting ketemu….

        *jd dapat ide buat nulis*

        😀

      • ayanapunya November 3, 2013 / 21:10

        wiiih sekarang makin lancar aja nulisnya

      • jampang November 3, 2013 / 21:16

        baru ide. belum ditulis

      • ayanapunya November 3, 2013 / 21:17

        ya saya nunggu tulisannya aja kalau gitu

      • jampang November 3, 2013 / 21:20

        insya Allah…. ada 3 ide yg udah ketangkap. cuma terealisasi atau nggak… pantengin aja terus di blog kesayangan anda pada waktu dan jam yang sama

        *halah*

      • ayanapunya November 3, 2013 / 21:22

        sekarang udah jarang tuh mantengin blog ini. kuota terbatas 😛

      • jampang November 3, 2013 / 21:26

        ya mudah-mudahan aja pas nengok ada update terbaru di blog ini 😀

        *teteeeeeep*

      • ayanapunya November 3, 2013 / 21:30

        hahaha. paling ntar promo di komen 😛

      • jampang November 3, 2013 / 21:34

        Salah satu cara paling ampuh 😀

      • ayanapunya November 3, 2013 / 21:37

        😀
        mas, mampir ke rumah saya dong
        *gantian promo

      • jampang November 4, 2013 / 04:54

        maaf semalam nyoba buka nggak berhasil. jadi pagi ini baru buka, mbak

        😀

      • ayanapunya November 4, 2013 / 05:35

        kayaknya emang gangguan yak si kuning. saya juga nggak bisa ngapa2in di hape

      • jampang November 4, 2013 / 05:39

        sepertinya, sehari atau dua hari kemarin, sinyalnya cuma sape 3G nggak nyampe HSDPA

      • ayanapunya November 4, 2013 / 16:43

        hari ini saya nggak dapat sinyal apa-apa

      • jampang November 4, 2013 / 16:52

        sekarang udah bisa

      • ayanapunya November 4, 2013 / 16:53

        sekarang pakai speedy 😀

      • jampang November 4, 2013 / 16:56

        wah… si kuning nggak bersahabat di situ yah?

      • ayanapunya November 4, 2013 / 16:58

        nggak tau nih. tadi pagi masih bisa whatsapp sama buka instagram. trus siang sinyal internet hilang sama sekali. sekarang juga nggak ada
        *alamat libur internetan lagi malam ini 😀

      • jampang November 4, 2013 / 16:59

        semalam libur juga yah?

        *pantesan 😀

      • ayanapunya November 4, 2013 / 17:02

        semalam posting lewat laptop tapi nggak bisa ngapa2in di hape 😀

      • jampang November 4, 2013 / 17:46

        Ooooo…. Begitu…. 😀

    • jampang November 4, 2013 / 04:55

      terima kasih, mbak.

      *jadi tahu kelemahan missil*

      • jampang November 4, 2013 / 04:58

        xixixixixixi…..

  4. nurme November 4, 2013 / 07:50

    hiks..
    Alur ceritanya di awal bikin penasaran dan bertanya-tanya.. endingnya bikin “NYES” ke hati. Ga bisa diungkap kata-kata.. hiks.. hiks.. hiks..

    dapet ide cerita dari mana?

    • jampang November 4, 2013 / 07:57

      dari masa lalu 😀

      • nurme November 4, 2013 / 08:00

        Masa lalu siapa?
        Hiks.. beneran sedih bacanya..

      • jampang November 4, 2013 / 08:04

        ya pernah baca/lihat peristiwa seperti itu… orang yang mencari2 sesuatu di kali dan berita pengamen yang sombong

      • nurme November 4, 2013 / 08:11

        “Apakah manusia mengira dengan mereka mengatakan “kami beriman!” akan dibiarkan tanpa cobaan?”
        (QS Al – Ankabut : 2)

        “Dan sungguh kami benar-benar akan menguji kalian, sehingga kami mengetahui orang-orang yang benar-benar mempersungguhkan dalam agama Allah dan orang-orang yang bersabar diantara kalian”
        (QS Muhammad : 31)

        Hidup ini senantiasa diuji Allah ya?
        Ada dalam bentuk kesusahan ada bentuk kebahagiaan yang justru musti lebih waspada.

  5. fannywa November 4, 2013 / 09:15

    Bagus Mas endingnya.. 😀 Dari awal menebak-nebak, dia nyari apaan sih gitu.. Haha..

  6. tinsyam November 4, 2013 / 09:30

    eh mo pamer ya.. masih banyak recehan 25, 50, 100, 200 di rumah.. semua kembaliaaaaannnn.. tapi ku tabung aja dan tuker ke BI.. bisa tuh.. buat anakanak jalanan sekolah..

    • jampang November 4, 2013 / 09:58

      Kalau saya dpt kembalian receh… Saya cemplungin ke kotak di depan mini market… Xixixixixi

  7. syifarah03 November 4, 2013 / 11:45

    waaah recehan, aku punya banyak tuh di rumah xixixi.

    • jampang November 4, 2013 / 12:56

      alhamdulillah…. punya dan banyak lagi

  8. Ie November 4, 2013 / 12:06

    waaahhh bagusss… 😀

    • jampang November 4, 2013 / 12:57

      terima kasih, mbak 😀

  9. herma1206 November 5, 2013 / 04:56

    beneran?—–> bener..emang knp..???
    nggak ketahuan siapa?—-> ya gak ketahuan ama saya, atau sy yg curi2 pandang gak ketahuan ama yg dicuri 😀

      • herma1206 November 5, 2013 / 05:12

        ya..begitulah 😀

      • jampang November 5, 2013 / 05:29

        ya ya ya

  10. Ika Koentjoro November 12, 2013 / 11:51

    Semalamt ya, jadi pemenang nih. Wah, bertambah lagi banner pemenangnya ^^

    • jampang November 12, 2013 / 12:01

      alhamdulillah. iya mbak. terima kasih 😀

  11. wiblackaholic November 12, 2013 / 14:28

    saya setuju kalau ini ff terbaik.. memang bagus, ga ada yg nyangka endingnya

    • jampang November 12, 2013 / 14:30

      terima kasih, mas 😀

  12. chiemayindah November 12, 2013 / 21:54

    waaah… menang euy.. selamat ya mas… Ayo traktiraaan #apasih hahaha

    • jampang November 13, 2013 / 04:43

      😀
      mau saya kasih potongan banner-nya?

      • chiemayindah November 13, 2013 / 05:39

        Gk wis mas.. Makasih baneget. Gk kenyang makan potongan banner 😀

      • jampang November 13, 2013 / 05:43

        😀
        ya sudahlah kalau nggak mau

      • chiemayindah November 13, 2013 / 05:51

        Hahaha.. Pasrah amat mas 😀

      • jampang November 13, 2013 / 05:56

        ya kan nggak enak maksa-maksa 😛

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s