My Dearest Syaikhan : Tentang Janji

Syaikhan main buble

Syaikhan, beberapa hari yang lalu, Abi menonton sebuah film yang berkisah tentang pekerjaan seorang operator telepon. Abi tidak akan berkisah tentang alur cerita di film itu. Abi juga tidak berkeinginan untuk mengajakmu menonton film tersebut. Saat ini, usiamu belum cukup. Mungkin jika ada kesempatan, Abi akan mengajakmu menonton film yang lain. Film yang sesuai untuk usiamu. Abi hanya ingin mengutip salah satu dialog tokoh di dalam film yang Abi tonton itu. Tentang janji.”Jangan mengucapkan janji yang tidak bisa kamu tepati.” Kira-kira seperti itulah kalimat yang diucapkannya.

Syaikhan, jika kamu masih ingat dengan pertemuan terakhir kita beberapa waktu yang lalu, Abi tidak berani berjanji untuk memenuhi keinginanmu agar Abi datang di hari Sabtu minggu berikutnya. Abi khawatir jika ada suatu hal yang menyebabkan Abi tidak bisa memenuhi janji itu. Abi takut melukai kepercayaanmu terhadap Abi.

Syaikhan, ketahuilah! Sebagai lelaki, Abi dan dirimu, dinilai dari komitmennya. Kalimat yang terucap dari seorang lelaki itu tak harus banyak. Yang terpenting adalah bahwa semuanya dipertanggungjawabkan. Dilaksanakan.

Syaikhan, sebenarnya ada yang lebih harus kita pegang dan amalkan dari sekedar ucapan seorang tokoh di dalam sebuah film, yaitu Al-quran dan Al-Hadits. Sebab, dengan berpegang kepada keduanya, hidup kita tidak akan tersesat. Bahagia dunia dan akhirat. Mungkin ketika kamu bertambah besar, semakin banyak yang kamu tentang Al-quran dan Al-Hadits. Itu juga menjadi harapan Abi.

Jika kelak nanti dirimu sudah lancar membaca Al-quran, cobalah buka surat Al-mu’minun. Di awal-awal surat terebut menyeebutkan ciri-ciri orang beriman yang beruntung yang salah satu di antaranya adalah : Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.” [QS. Al-Mu’minun : 8]

Selanjutnya, di dalam Shahih Bukhari, kamu akan menemukan dua buah hadits berikut :

Abu Hurairah رضي الله عنه mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda, ‘Tanda tanda orang munafik itu ada tiga, yaitu apabila berbicara dia berdusta, apabila berjanji dia ingkar, dan apabila dipercaya dia berkhianat.”

Abdullah bin Amr mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda, “Empat (sikap 4/69) yang barangsiapa terdapat pada dirinya keempat sikap itu, maka dia adalah seorang munafik yang tulen. Barangsiapa yang pada dirinya terdapat salah satu dari sifat sifat itu, maka pada dirinya terdapat salah satu sikap munafik itu, sehingga dia meninggalkannya. Yaitu, apabila dipercaya dia berkhianat (dan dalam satu riwayat: apabila berjanji dia ingkar), apabila berbicara dia berdusta, apabila berjanji dia menipu, dan apabila bertengkar dia curang.”

Syaikhan, karena itulah, jika dirimu ingat dan memperhatikan, Abi tak pernah berjanji untuk bertemu dengan dirimu di hari apa tanggal berapa. Biasanya Abi hanya akan mengabari dirimu bahwa Abi akan datang sehari sebelumnya. Tentunya setelah memastikan bahwa Abi dalam keadaan sehat dan tidak ada acara yang mengganggu di keesokan harinya. Memang, tidak ada yang bisa memastikan apa yang akan terjadi esok hari, setidaknya itu usaha Abi untuk sebisa mungkin menepati janji yang Abi ucapkan.

Syaikhan, kamu masih ingat dengan Gelora Bung Karno? Kita pernah mengelilinginya bersama-sama. Sekali. Kamu berlari-lari meninggalkan Abi di belakang sambil tertawa. Lalu kamu juga asyik bermain gelembung yang Abi belikan untukmu. Mungkin beberapa video ini bisa menyegarkan ingatanmu kembali.

Hari minggu kemarin, Abi ke sana bersama seseorang. Kepadanya Abi memeperlihatkan fotomu dan menyampaikan keinginan bahwa di hari selasa, hari libur Tahun Baru Islam, Abi akan datang untuk bertemu dan bermain dengan dirimu. Abi juga sudah menyiapak sebuah mainan untukmu. Mainan untuk mengadu ayam-ayaman yang Abi buat dari sepotong kayu, dua buah paku, dan sebuah karet gelang. Sayangnya, Abi belum mencoba apakah mainan tersebut bisa berfungsi atau tidak. Abi belum menemukan bunga rumput yang dahulu sering Abi temukan di pinggir jalan atau tanah kosong. Harapan Abi, kita akan bisa mencobanya bersama-sama saat berjumpa.

Sayangnya, di senin malam, kondisi tubuh Abi tidak begitu fit. Abi tak berani menelponmu. Abi tak berani berjanji bahwa Abi akan datang. Abi khawatir jika tidak bisa menepatinya. Mungkin di lain waktu, kita akan berjumpa. Insya Allah.


My Dearest Syaikhan Sebelumnya :

My Dearest Syaikhan : Bermain dan Belajar
My Dearest Syaikhan : Bermain dan Belajar

My Dearest Syaikhan : Video Untuk Nenek
My Dearest Syaikhan : Video Untuk Nenek

My Dearest Syaikhan : Ketika Nenek Merindu
My Dearest Syaikhan : Ketika Nenek Merindu

My Dearest Syaikhan : Mendapatkan Cerita Kembali Tentang Dirimu
My Dearest Syaikhan : Mendapatkan Cerita Kembali Tentang Dirimu

My Dearest Syaikhan : Lima Tahunmu
My Dearest Syaikhan : Lima Tahunmu

73 respons untuk ‘My Dearest Syaikhan : Tentang Janji

  1. ayanapunya November 6, 2013 / 19:29

    moga bisa ketemu syaikhan secepatnya yaaa.. sama seseorang itu juga 😀
    *kabur

    • jampang November 6, 2013 / 19:58

      Aamiin.
      Semoga seseorang itu seorang perempuan 😀

      • ayanapunya November 6, 2013 / 20:20

        seharusnya sih perempuan 😀

      • jampang November 6, 2013 / 20:21

        dan ternyata memang perempuan 😀
        tinggal nunggu jawaban istikharahnya aja

      • ayanapunya November 6, 2013 / 20:27

        moga dapat kabar baik yaaa. biar cepat ganti header 😀

      • jampang November 6, 2013 / 20:40

        ya, tapi agak lama. karena yang bersangkitan sedang kedatangan tamu

        *gubrak*

      • ayanapunya November 6, 2013 / 20:43

        hahahaha. nggak tau musti ngomong apa 😀

      • jampang November 6, 2013 / 20:53

        ya semoga aja yang terbaik. aamiin

      • jampang November 6, 2013 / 21:13

        terima kasih…. 😀

  2. pinkvnie November 6, 2013 / 20:22

    bertemu Syaikhan berikutnya dah sama seseorang nih … 😀 *kabur jg ahhh tkt d kemplang*

    • jampang November 6, 2013 / 20:26

      ya…. mau sendirian atau sama seseorang, yang penting ketemu syaikhan

      • pinkvnie November 6, 2013 / 20:32

        yup … 🙂
        mainannya pengganti suling sakti?

      • jampang November 6, 2013 / 20:40

        mainan yang ada di cerita sebelumnya…yg adu ayam-ayaman

      • pinkvnie November 6, 2013 / 20:49

        iya pernah baca ceritanya tp blm ngerti cr maininnya … 🙂

        seseorang itu sdh d ksh bc bk JJYT nya blm ka biar klepek2 gitu … 😀

      • jampang November 6, 2013 / 20:56

        di situ ada cara maininnya koq

        belum. lain kali aja.

      • pinkvnie November 6, 2013 / 21:53

        ubek2 jurnalnya dl nih … 😀
        ooo …
        comment d lapak yg satu kok blm d bls ka?

      • jampang November 7, 2013 / 05:07

        selamat mencari.

        oh… kelewat yah? 😀

      • fenny November 7, 2013 / 07:40

        🙂
        Yup msh terlewat …

      • jampang November 7, 2013 / 08:57

        harap maklum kalau begitu 😀

      • pinkvnie November 7, 2013 / 12:23

        ya saya maklumkan … banyak penggemar pembacanya ya ka … 😀

      • jampang November 7, 2013 / 12:25

        belum sempat di data. belum buat kartu anggota fans juga 😀

      • pinkvnie November 7, 2013 / 12:39

        hahaha … *ketawa ngakak smp guling2* 😀
        klo di data kyknya melebihi jmlh penduduk nih … *loh sisanya lg sapa* 🙂

      • jampang November 7, 2013 / 12:43

        jin 😀

      • pinkvnie November 7, 2013 / 12:52

        😀 jinnya ikut2an cr jejak … “ngomong opo ini”

      • jampang November 7, 2013 / 13:08

        😀

      • pinkvnie November 7, 2013 / 13:15

        🙂
        bukunya br slsai d baca ka … crt ttg ibu n journey nya sgt menarik n plg bikin merinding n terharu …

      • jampang November 7, 2013 / 13:24

        terima kasih…. sepertinya memang bagitu itu yang mengharukan

      • pinkvnie November 7, 2013 / 20:39

        iya … bag yg itu sdh d bc 2 kali ttp ja msh terharu, jd merasa bersalah bgt ma ortu krn blm bs ksh apa2.
        Bagian yg lain jg kena bgt pesannya …

      • jampang November 7, 2013 / 20:45

        Ya.. Semoga pesan2nya bisa memberikan manfaat. Aamiin

      • pinkvnie November 7, 2013 / 21:15

        aamiin … 🙂
        kyknya cocok nih d ksh k “seseorang” itu … *tetap ngusilin* 😀

      • jampang November 8, 2013 / 05:48

        ya… bisa jadi

      • pinkvnie November 8, 2013 / 08:13

        😀

      • jampang November 8, 2013 / 08:24

        😀

  3. herma1206 November 6, 2013 / 20:40

    senayan jadi saksinya..uhuuuy..
    nunggu undangan aja deh..^^

    • pinkvnie November 6, 2013 / 20:51

      setuju mba herma … 😀

      • jampang November 6, 2013 / 20:55

        hayyyaaaa…

      • herma1206 November 6, 2013 / 20:56

        nunggu dri mba fenny juga.. 😀

      • pinkvnie November 6, 2013 / 21:07

        waduhhh kena juga … *ngumpet ahh* 🙂

      • herma1206 November 6, 2013 / 21:20

        waduhhh kena juga … *ngumpet ahh* 🙂 —-> jgn ngumpet,mending minta didoain..hehe..

      • pinkvnie November 6, 2013 / 21:42

        Aamiin … “keras2” 😀
        Mdh2an msh ada yg mau … uppsss 🙂

      • pinkvnie November 6, 2013 / 21:45

        @ ka Rifki: hayyyaaaa… -> lg adzan ka … 😀

      • jampang November 7, 2013 / 05:03

        bukan

      • herma1206 November 6, 2013 / 22:33

        Aamiin … “keras2″ 😀
        Mdh2an msh ada yg mau … uppsss 🙂

        —-> insya Allah ada dooong..kan Allah udh menyiapkan pasangan masing2..hanya tinggal nunggu waktu *ini mah ngibur diri sendiri 😀

      • fenny November 7, 2013 / 07:42

        Hehehe … Aamiin … Tos dl ahh mba herma 😀

      • fenny November 7, 2013 / 07:45

        @ ka rifki: 🙂 kirainnn …

    • jampang November 6, 2013 / 20:53

      semua orang yg olahraga di sana jadi saksi 😀

      • herma1206 November 6, 2013 / 20:57

        klo dlm bahasa Ind, ckp dengan mengatakan “senayan”, artinya semua yg ada di sana jadi saksi..hehe

      • jampang November 6, 2013 / 20:59

        owh… ya… itu majas part pro toto atau totem pro parte?

      • herma1206 November 6, 2013 / 21:02

        naah..klo itu sy gak tau..majas apaan, nama2 majas aja gak inget..hebat iih ingeet aja… 😀

      • jampang November 6, 2013 / 21:03

        lah…. saya kan pernah nulis kalau ada bab di pelajaran bahasa indonesia yg saya suka…. ya salah satunya adalah majas dgn beberapa jenisnya

      • herma1206 November 6, 2013 / 21:10

        ooowh…pantesaaaan…dan pantesan aja suka dan pinter bikin puisi..maenannya majas sih..hehe..
        Klo saya gak banget ama pel.bhs Indo 😀

      • jampang November 6, 2013 / 21:14

        tapi jarang juga bikin puisi pake majas 😀

      • herma1206 November 6, 2013 / 21:17

        bukannya justru puisi itu byk menggunakan majas ya? di puisi itu banyak menggunakan kata2 sbegai ungkapan.. naah..itu bukan keahlian sy banget

      • jampang November 6, 2013 / 21:21

        kalau puisi biasanya saya pake rima. kalau penggunaan majas seh ada… tapi terbatas hanya beberapa jenis aja

      • herma1206 November 6, 2013 / 21:27

        naah…sy kagum dgn org yg pinter nulis puisi itu, kenapa..?? karena dalam mengungkapkan isi kepala, dibatasi dgn ungkapan2 yg halus dan samar, dibatasi dgn rima..gak bisa seenaknya pilih kalimat..
        *tapi sy belum menelusuri karakter org yg hobi bikin puisi.. 😀

      • jampang November 7, 2013 / 04:50

        uhuks….
        jadi enak dikagumi
        😛

      • herma1206 November 7, 2013 / 07:54

        hehehe..narsiser sih 😛

      • jampang November 7, 2013 / 08:57

        😀

  4. nurme November 6, 2013 / 21:34

    Menyenangkan liat video dan dengar suara Syaihan lagi 🙂

    Syaihan jeli ya papannya tanpa tulisan, emang asalnya ada tulisan apakah?

    • jampang November 7, 2013 / 05:03

      nggak ngeh juga sama tulisannya

      • nurme November 7, 2013 / 05:23

        mungkin dlarang olahraga disini kali ya 🙂

      • jampang November 7, 2013 / 05:33

        sepertinya bukan

      • nurme November 7, 2013 / 06:05

        Ooooooooo…….

  5. Ina November 7, 2013 / 05:47

    he he,,, anak kecil ingatannya kuat mas. mikir banget saya klo mo kasih janji. huh ditagihnya bisa nggak henti2 ntar, bisa bikin kuping grebeken.

    tapi klo kepepet dia nggak diam2 minta sesuatu, terpaksa permintaannya di-iya-i dulu baru ntar2 kasih alasan lagi klo ditagih

    • jampang November 7, 2013 / 05:55

      nah…. itu dia, mbak. ingatan yg kuat itu yg bikin ngeri untuk berjanji 😀

      kalau ngasih alasan mungkin bisa membuatnya diam, tapi kalau keseringan, takutnya kejadian itu malah direkam sama dia dan dikemudian hari dicontohnya…. hikkss

  6. Baginda Ratu November 7, 2013 / 08:16

    In shaa Allah…
    Bener, mas. Anak2 itu ingatannya ajaiiibbb. Alih2 janji tapi nggak yakin ditepati, mending janjinya dlm hati, kan?
    Dear Syaikhan, semogaaaa segera bertemu dgn seseorang perempuan itu ya.. hihi…

    • jampang November 7, 2013 / 08:58

      iya mbak. mending begitu, jangan diutarakan dulu.

      #eeeaaaaaa

  7. ibuseno November 7, 2013 / 11:29

    Kangen berat dong yaa…smg cepet ketemu ya

    • jampang November 7, 2013 / 11:32

      mudah2an, teh….. aamiin. terima kasih

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s