Keramat

mother 2Semula, dari tempatku duduk, aku bisa menikmati aksi artis dangdut tersebut di atas panggung hiburan. Kuhentak-hentakan kaki kananku ke tanah mengikuti irama lagu yang dinyanyikannya.

Namun lagu terakhir yang dinyanyikannya langsung menghapus kegembiraanku. Dadaku sesak. Air mataku menetes.

doa ibumu dikabulkan Tuhan
dan kutukannya jadi kenyataan
ridla Ilahi karena ridlanya
murka Ilahi karena murkanya

bila kau sayang pada kekasih
lebih sayanglah pada ibumu

Kubangkit untuk kembali ke rumah. Kuayunkan kaki kananku dan tongkat di tangan kiriku secara bergantian. Kaki kiriku hanya sebatas lutut karena diamputasi akibat sebuah kecelakaan. Kecelakaan yang menimpaku karena memilih memenuhi permintaan seorang perempuan dibandingkan perintah ibuku.


Baca Juga FF100 Kata Lainnya

57 respons untuk ‘Keramat

  1. sakura suri November 10, 2013 / 10:25

    wah dalem banget artikelnya..
    bener ya doa Ibuku biasanya mujarab bgt..

    • jampang November 10, 2013 / 12:31

      iyah… daripada minta doa ke kuburan, mending kepada orang tua, terutama ibu. insya Allah maqbul

    • jampang November 10, 2013 / 12:31

      *nggak pake blue sea. sebab itu judul film*

  2. Baginda Ratu November 10, 2013 / 11:20

    Surga memang di bawah telapak kaki ibu…. (dan diatas telapak tangan ayah?) 😉

    • jampang November 10, 2013 / 12:32

      yang jelas… berbakti kepada kedua orang tua digandeng dengan perintah menyembah Allah.

  3. herma1206 November 10, 2013 / 11:26

    pesannya dalam..antara istri dan ibu, emang hrs ibu yg diduluin ya..

    • jampang November 10, 2013 / 12:33

      menurut mbak gimana?

      • herma1206 November 10, 2013 / 14:28

        jiaah..malah balik nanya..Tentu ibulah yg hrs didahulukan..
        Ini bukan menurut saya, tapi dalam hadist emang udah disebutkan begitu, yg berhak thd istri adlh suami, yg berhak terhadap suami adlh ibu…

      • jampang November 10, 2013 / 17:15

        Nah… Sudah tahu jawabannya 😀

      • herma1206 November 10, 2013 / 17:36

        jadi nguji nih ceritanya..??? 😛

      • jampang November 10, 2013 / 18:58

        kalau sudah tahu jawabannya…. siapa yang bertanya duluan… maka ketahuan siapa yang menguji 😀

      • herma1206 November 10, 2013 / 20:00

        hahaha…anggaplah saling menguji 😀

      • jampang November 10, 2013 / 21:47

        Wekssss

  4. nengwie November 10, 2013 / 11:38

    Saatnya membahagiakan ibu semaksimal mungkin jika beliau masih ada…
    Makanya ada cerita si Malin Kundang yaaah…
    Hati2 para ibu dengan ucapannya kepada anak2nya…

    • jampang November 10, 2013 / 12:35

      iya, teh.
      kalau ibu marah, usakan marahnya mengucapkan kata-kata yang baik 😀

  5. junioranger November 10, 2013 / 15:56

    Dalem bgt,

  6. umizari November 10, 2013 / 17:10

    pesan moralnya bagus.. *kasih jempol* :’)
    biduannya multitalent ya.. bisa dangdut, bisa kosidahan juga 😀

    • jampang November 10, 2013 / 18:57

      terima kasih.
      bukan multitalent. lagu itu lagu dangdut juga koq. coba aja googling dengan keyword : lirik lagu keramat rhoma irama. mungkin bisa ketemu video klipnya

  7. fenny November 10, 2013 / 19:52

    Sbg suami ibu ttp hrs slalu d dahului … Byk keberkahan d dlm doa ibu …

    • jampang November 10, 2013 / 21:44

      Iya. Istri juga harap maklum 😀

      • fenny November 10, 2013 / 22:36

        Yup betul … Maklumnya istri jg nnt dpt berkahnya … 😀

      • jampang November 10, 2013 / 22:51

        😀

      • fenny November 11, 2013 / 09:57

        😀

      • jampang November 11, 2013 / 10:03

        😀

  8. umizari November 10, 2013 / 19:57

    hehe.. iya mas sy tau itu lagunya rhoma irama.. jaman2 lirik dangdut masih bagus2, ga vulgar kaya skrg..
    karena skrg dangdut sudah byk terdegradasi (begitupun dg biduannya), jd sy asumsikan yg nyanyi itu biduan2 kosidahan 😀

    • Firsty Chrysant November 10, 2013 / 20:42

      Itu lagu rhoma irama ya…?

      Rhoma irama walopun kontroversial tapi isi lagunya bagus2 kayanya yaa

      • umizari November 10, 2013 / 21:32

        iya.. entah knpa skrg ulahnya bikin geleng2.. pdhl dulu karismanya luar biasa, berkat lagu2nya.
        jd ingat pembelaan ibu sy yg fans berat om rhoma, “biarin orangnya makin gak genah. wong ibu sukanya sama lagu2nya kok, bukan orangnya.” wkwk #alibi

      • Firsty Chrysant November 10, 2013 / 21:48

        hehe… moduuusss itu ibunya..^^

      • jampang November 10, 2013 / 22:02

        😀

      • umizari November 10, 2013 / 22:03

        iya, ga mau ngakuin klo idolanya “nyeleneh” xD

      • jampang November 10, 2013 / 22:07

        Tapi bagusnya memang jgn mendengar nasihat karena yg ngucapin adalah idolanya. Sebab kalau idolanya berbuat salah… Nasihat baik juga bakalan dicuekin.

        Kecuali idolanya ya Nabi Muhammad

      • umizari November 10, 2013 / 22:31

        yup.. jd alibi ibu sy bener dong “suka lagunya kok, bukan orangnya” hahaha

      • jampang November 10, 2013 / 22:34

        Bisa dibenarkan 😀

      • jampang November 10, 2013 / 21:52

        O… Pantesan tahu. Ibunya ngefans rupanya 🙂

      • umizari November 10, 2013 / 22:02

        begitulah.. hahaha 😀

      • jampang November 10, 2013 / 21:49

        Iya betul.

        Yup. lagu dan liriknya banyak yg isinya nasihat

      • Firsty Chrysant November 10, 2013 / 21:52

        iya benar… banyak nasihat walopun dia kadang2 “terlalu…”

      • jampang November 10, 2013 / 22:05

        😀
        Ambil baiknya dan buang jeleknya

      • jampang November 10, 2013 / 22:12

        Terima kasih 😀

    • jampang November 10, 2013 / 21:46

      Kirain blm tahu.
      Iya, lirik dan nadanya juga jauh lebih baik drpd yg sekarang

  9. nurme November 10, 2013 / 21:32

    Oooh….

    Baca judulnya sempat ngebayangin kuburan dengan akar beringin.. Nyaris ga baca

    • jampang November 10, 2013 / 21:51

      Bukan keramat yg itu.

      • nurme November 10, 2013 / 21:56

        Iya.. abis keramat saat ini banyak yang itu sih.

        Heu heu… Untunglah dibaca,

        Jadi makin semangat dong antar Ibu belanja 🙂

      • jampang November 10, 2013 / 21:59

        Ya kalau sempet dianterin

      • nurme November 11, 2013 / 06:56

        🙂

  10. lazione budy November 14, 2013 / 04:05

    Bahkan kita tak boleh berkata ‘aaarrhggghh..” terhadap ibu kita saat dia memanggil.

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s