To Manado

hotel tempat meginap
hotel tempat menginap di manado

Saya tiba di bandara Soekarno – Hatta sekitar pukul sembilan lewat beberapa menit. Lebih cepat daripada waktu pertemuan yang disepakati oleh tim, pukul 09.30. Jauh lebih cepat dari batas akhir checkin, sekitar pukul 10.30. Namun demikian, ternyata anggota tim yang lain tiba tidak jauh berbeda waktunya dengan kedatangan saya. Hanya selang beberapa menit.Selanjutnya kami melakukan checkin.

GA-600, F7, 10 : 40, dan 41C. Itu adalah sederet kombinasi huruf dan angka yang memberikan informasi mengenai penerbangan di mana saya dan tim menjadi bagian dari penumpangnya.

GA-600. Itu adalah nomor penerbangan yang membawa saya dan tim dari Jakarta menuju Manado. Ini adalah kali pertama saya ke Manado. Sebelumnya saya pernah juga menjejakkan kaki di Pulau Sulawesi, tepatnya di Makassar. Beberapa waktu yang lalu.

F7. Di gate tersebut saya dan tim akan menunggu pesawat yang akan menerbangkan kami. Di layar informasi yang dipasang di depan pintu masuknya, hanya terlihat dua penerbangan saja. Pontianak dan Manado. Suasana di dalam ruang tunggu tidak terlalu ramai. Mungkin karena ruang tunggunya cukup luas sementara jumlah penumpangnya masih di bawah jumlah kapasitas maksimal ruang tunggu tersebut.

10 : 40. Terdengar pengumuman agar para penumpang bersiap-siap menuju pesawat. Setelah menuruni tangga, kami naik bis untuk menuju pesawat yang letaknya lumayan jauh.

41C. Nomor kursi di mana saya duduk. Bukan di dekat jendela. Sebenarnya saya senang duduk di dekat jendela karena Saya bisa menikmati pemandangan ketika pesawat berangkat, melihat aneka bentuk awan di hamparan langit tak bertiang, juga melihat pemandangan ketika pesawat akan mendarat. Namun demikian, tetap ada sisi baiknya juga saya mendapat tempat duduk di sisi paling luar.

Di dalam pesawat, saya baru menyadari bahwa abjad yang disandingkan dengan angka sebagai nomor kursi bukan lagi A sampai F, melainkan A, B, dan C di satu sisi, serta H, I, dan J di sisi lain. Entah kapan ada perubahan abjad tersebut. Yang jelas saya baru tahu, sebab penerbangan terakhir yang saya lakukan di tahun 2013 adalah di bulan Maret.

Penerbangan ke Manado cukup lama. Saya pun berjaga-jaga untuk menghindari kebosanan di dalam pesawat seandainya di pesawat tidak tersedia hiburan. Saya membawa dua buku. “Pangeran Untuk Putri”, sebuah teenlit yang saya dapatkan karena tulisan saya berjudul “Tentang Pelajaran Ini, Semoga Kamu Mengingatnya, Nak!” menang dalam sebuah lomba dan “Simple Lie” yang juga saya dapatkan dari hasil ikutan lomba lain untuk tulisan yang berjudul “Aku, Gunung, dan Cinta”.

Nyatanya, kedua buku tersebut tidak saya baca di dalam pesawat. Selama perjalanan saya menikmati sebuah film India yang berjudul “Race 2” dan bagian awal dari film terbaru Wolverine.

Begitu tiba di hotel, saya langsung melaksanakan shalat. Khawatir akan kehabisan waktu sebab saya belum mengetahui jadwal shalat di kota ini. Saya pun mencari-cari petunjuk ke mana arh kiblat di kamar hotel. Saya arahkan padangan ke langit-langit, tak ada tanda. Saya buka pintu lemari, Nihil. Akhirnya saya shalat dengan arah kiblat yang saya yakini meski tanpa perhitungan yang pasti.

Setelah selesai melaksanakan shalat, barulah saya menemukan tanda arah kiblat yang sebenarnya di sebuah laci terbuka di salah satu meja yang tidak sempat saya cek sebelumnya. Arah kiblat yang saya gunakan untuk shalat ternyata meleset sekitar sembilan puluh derajat 😀

Di dalam laci tersebut, saya juga menemukan sebuah mushaf al-quran dan sebuah injil “Perjanjian Baru”. Sepertinya ini adalah hotel yang pertama kali saya kunjungi yang menyediakan kedua kitab suci tersebut. Entah di hotel lain.

Hotel yang bagus menurut saya. Yang jelas, tidak ada “Celana Dalam” yang menggantung di kamar mandi seperti tempat penginapan saat tugas sebelumnya.

Dan yang lebih menyenangkan adalah karena saya sendirian di dalam kamar yang cukup besar. Rezeki. Alhamdulillah.

Saya berangkat dengan tim yang totalnya berjumlah empat orang. Satu orang perempuan dan tiga orang lelaki. Anggota tim yang perempuan tentu saja mendapat kamar sendiri. Awalnya saya berpikir akan berdua dengan anggota tim yang memang selevel alias sama-sama bawahan. Ternyata, saya yang mendapat kamar sendiri, sementara anggota tim yang selevel tersebut sekamar dengan atasannya.

Malam ini mungkin akan diisi dengan acara makan malam saja. Besok baru memulai tugas. Semoga lancar. Aamiin.


Tulisan Terkait Lainnya :

Celana Dalam Siapa Ini?
Celana Dalam Siapa Ini?
[Tour of Duty] Jejak-jejak di Makassar
[Tour of Duty] Jejak-jejak di Makassar

Makassar : Pantai Losari dan Fort Rotterdam
Makassar : Pantai Losari dan Fort Rotterdam
[Tour of Duty] Next Destination : Padang
[Tour of Duty] Next Destination : Padang
[Tour of Duty] Next Destination : Solok
[Tour of Duty] Next Destination : Solok

47 respons untuk ‘To Manado’

  1. pinkvnie November 13, 2013 / 18:17

    Wihhh enak bgt k manado … 🙂

    • jampang November 13, 2013 / 21:26

      ada tugas kantor 😀

      • pinkvnie November 13, 2013 / 21:39

        Ya Kelar kerjaan bs nyambi keliling2 manado … *Awas pusing* 😀

      • jampang November 13, 2013 / 21:40

        😀

      • pinkvnie November 13, 2013 / 23:50

        Kamarnya bagus, hmpr sama kyk hotel trans, hotelnya berbintang ya? 🙂

      • jampang November 14, 2013 / 04:15

        sepertinya berbintang, cuma bintang berapa blm tahu

      • fenny November 14, 2013 / 04:53

        Ooo …
        Ditunggu foto narsis n kiriman ole2 terumbu karang bunakennya ya … Xixixixi 😀

      • jampang November 14, 2013 / 05:10

        😀

      • fenny November 14, 2013 / 05:23

        ;D

  2. herma1206 November 13, 2013 / 18:41

    Wah…manado.. Ada seseorg dri masa lalu.. *curcol 😀

    • jampang November 13, 2013 / 21:27

      eeeaaa….

      😀

      • herma1206 November 13, 2013 / 21:47

        😀
        Ditunggu deh oleh2nya..
        *mampir..mampir…

      • jampang November 13, 2013 / 21:51

        😛

      • herma1206 November 13, 2013 / 22:01

        ya sudah gpp

      • jampang November 13, 2013 / 22:05

        baiklah

    • herma1206 November 13, 2013 / 21:23

      mba yana..mampir dunk ke rumahku..baca2 FFku..hehe.. *numpang ngiklan 😀

      • ayanapunya November 13, 2013 / 21:26

        Mba herma maaaaf. Koneksi di hape kurang mendukung. Saya juga lagi males buka laptop di rumah.Jadinya saya cuma bisa baca dan nggak bisa komen. Komennya untung2an aja bisanya 😦

      • herma1206 November 13, 2013 / 21:46

        hehe..yo wes..klo sempet dolan yaak..
        sepi pengunjung nih..kwkwkwk..

      • ayanapunya November 13, 2013 / 22:16

        Siiip. Moga ntar bisa komen 🙂

      • herma1206 November 13, 2013 / 22:28

        okeee….siip..

    • jampang November 13, 2013 / 21:27

      😀
      nggak tahu sempet apa nggak

  3. nengwie November 13, 2013 / 21:02

    Aamiin.. Ada teman blogger juga kah disana kang.??
    Oleh-oleeeeh ..!!! Hehe

    • jampang November 13, 2013 / 21:28

      kurang tahu, teh.
      donat yah?
      😀

      • nengwie November 13, 2013 / 21:34

        Hehe.. Laporan wisata kulinernya ditunggu Kang..:)

      • jampang November 13, 2013 / 21:36

        saya ngga pandai bikin laporan teh, cuma makannya doank 😀

      • nengwie November 13, 2013 / 21:54

        Fotonya atuh hehe

      • jampang November 13, 2013 / 21:57

        😀
        nggak janji, teh

  4. nengwie November 13, 2013 / 23:44

    Kamarnya bagus..:)

  5. deeyansuch November 14, 2013 / 06:53

    buku mana buku #nagihOleh-Oleh

    ketemu lagi bang disini hehehe, sebelumnya baru di FS aja

    • jampang November 14, 2013 / 07:22

      Emang minta yah?
      Belum ah… Di sini belum ketemu 😀

      • deeyansuch November 14, 2013 / 07:31

        eh iya
        maksudnya baru ini nongol disini

        ada bang saya minta oleh-oleh di FS

        jiaaaaah buku buku buku

      • jampang November 14, 2013 / 08:17

        Hmm… Mungkin Saya nggak lihat 😀

      • deeyansuch November 14, 2013 / 08:42

        –a garuk garuk deh

      • jampang November 14, 2013 / 20:44

        habis gitu cuci tangan yah 😀

  6. wiblackaholic November 14, 2013 / 10:16

    Saya waktu ke manado diajak kenalan sama wanita disana saat sedang hunting sunset, nanya nginep dimana pula…
    akhirnya hunting sunset ga selesai, saya mending balik arah aja :))

    • jampang November 14, 2013 / 20:50

      untungnya tadi nggak ada kejadian kaya gitu 😀

  7. tinsyam November 14, 2013 / 18:37

    makan tinutuan ga? ayam woku? cakalang fufu?

    itu tanda kiblat bisa diatas bisa dilaci bisa juga di lampu ato malah di karpet.. tapi biasanya suka dikasih tahu sama roomboy kalu kita tanya..

    • jampang November 14, 2013 / 20:54

      nggak mbak. cuma makan ikan biasa aja.

      akhirnya saya nemuin arah kiblatnya seperti cerita di atas

    • jampang November 14, 2013 / 20:58

      sudah beli dong 😛

  8. omnduut November 15, 2013 / 09:32

    Wah aku juga baru tahu tentang H, I, J 🙂
    Dulu ketika dinas dengan bos yang cerewet beliau hanya mau duduk di lorong (aisle seat). Jadi sudah hapal kalo check ini maunya yang di C haha. Dan, aku baru kali ini denger ada hotel yang nyediain kitab suci. *kasihjempol*

    • jampang November 15, 2013 / 17:11

      Yang pasti H itu di pinggir, bukan di jendela. cuma saya masih kurang yakin apa hurufnya H – I – J

      😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s