Me & Time

CREDIT

Apakah anda mengenakan jam tangan?

Saat ini, saya tidak mengenakan jam tangan. Sebenarnya di lemari di dalam kamar saya tersimpan sebuah jam tangan yang merupakan hadiah dari salah seorang Encing (Tante) beberapa waktu yang lalu. Saya pernah mengenakannya beberapa kali. Lalu talinya putus dan belum saya perbaiki.

Kapan pertama kali anda memiliki atau mengenakan jam tangan?

Saya pertama kali mengenakan jam tangan mungkin ketika duduk di sekolah dasar. Lagi-lagi saya mendapatkan jam tangan tersebut dari Encing (Paman) saya. Saya masih ingat bagaimana rupa jam tangan pertama saya itu. Ada gambar Mickey Mouse dengan kedua tangan yang difungsikan sebagai penunjuk jam dan menit. Kedua tangan Si Mickey akan berputar menunjuk angka-angka dari satu hingga dua belas.

Saya, anda, siapapun orangnya, pastinya mampu untuk membeli sebuah jam, baik harganya murah ataupun mahal, karena harga sebuah jam bersifat relatif bagi setiap individu. Tetapi, saya, anda, siapapun orangnya, pasti tidak akan mampu membeli waktu yang telah lewat, berapapun banyaknya harta yang dimiliki.

Waktu merupakan sesuatu yang berharga. Hingga muncul ungkapan “Time is Money”. Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Sang Khalik, beberapa kali bersumpah dengan nama makhluk-Nya  tersebut. Demi masa, Demi waktu matahari sepenggalahan naik, Demi malam apabila menutupi (cahaya siang), Demi siang apabila terang benderang, adalah beberapa contohnya.

Waktu akan terus dan terus berjalan. Taka akan ia berhenti untuk beristirahat meski sesaat. Dan jika waktu tersebut telah pergi ketika kita tidak lagi memegang kendali, maka ia akan bisa ‘membunuh’ kita. Sebuah kalimat bijak yang mungkin sering kita dengar menggambarkan kepada kita bahwa “Waktu itu laksana pedang, jika Anda tidak mempergunakannya maka dia akan memenggal leher Anda sendiri.”

adalah sebuah penyesalan diri
ketika di masa yang terlewati
namun tak ada kebaikan
yang telah dilakukan

setiap detik yang dimiliki
saat ini
mungkin tak disadari
namun ketika ia pergi
mengharapnya kembali
adalah angan-angan tiada arti

“Ada dua kenikmatan yang kebanyakan manusia merugi (terhalang dari mendapat kebaikan dan pahala) di dalamnya, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari no. 6412)


Tulisan Terkait Lainnya:

34 respons untuk ‘Me & Time

  1. danirachmat Januari 30, 2014 / 17:10

    Bener banget Bang. Waktu bener-bener berharga dan rasanya gimanaaa gitu kalo dah gak bisa lagi memanfaatkan waktu yang ada.

    • jampang Januari 30, 2014 / 19:16

      Mudah2an kita bisa jadi orang-orang yg selalu memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

  2. ibuseno Januari 30, 2014 / 18:06

    skrng gampang liat waktu, ada hp juga 🙂

    • jampang Januari 30, 2014 / 19:14

      Nah… Itu yg sering saya lakuin, teh. Ngeliat jam HP aja 😀

  3. Baginda Ratu Januari 30, 2014 / 19:14

    Nikmat sehat dan waktu luang. 2 itu yg emang paliiinggg sering lupa kusyukuri…
    Btw, aku cuma punya 1 jam tangan, hadiah dari baginda raja.. cuma… berhubung aku nggak tahan pake2 barang di tangan (termasuk jari) ya alhasil itu jam tangan banyakkan nganggurnya, hihihi…

    • jampang Januari 31, 2014 / 07:15

      sesekali tapi dipake kan?
      buat nyenengin hati yg ngasih 😀

  4. aqied Januari 30, 2014 / 21:22

    Skarang aku pke jam tangan terus, di tangan kanan kalo motoran bisa lirik lirik n ngestimasi waktu sampai tkp.

    • jampang Januari 31, 2014 / 07:16

      saya ngeliat waktu pas berhenti aja, misal di lampu merah. ngeluarin handphone, terus jalan lagi. cuma sekarang jarang ngelakuin gitu karena rumah dan kantor waktu tempuhnya cukup singkat

      • aqied Januari 31, 2014 / 07:34

        Hp yg skrang 5 inci sih layarnya doank. Repot klo ngeluar2in. Trus jg kan murah2 gini jam tangannya waterresist jd gak ktinggalan2 lg di t4 wudhu. Hehehehe

      • jampang Januari 31, 2014 / 07:44

        ya kalau HP sekarang susah buat ngeluarin dan nyimpan lagi. jadi jam tangan macam itu lebih praktis, apalagi nggak perlu buka kalau mau wudhu

  5. Dyah Sujiati Januari 30, 2014 / 22:02

    Saya kalau punya jam tangan umurnya sebulan. Ketinggalan di tempat wudhu yang sewaktu-waktu sy mampir. Haha. Semoga yang terakhir ini awet. Amin. *nebeng curhat, yahahah

    • jampang Januari 31, 2014 / 07:17

      wah… sedekahnya jam tangan 😀

      *silahkan… silahkan*

      • Dyah Sujiati Januari 31, 2014 / 07:20

        Cari aja di mushola yang saya tebengin sholat, barang kali masih ada. :p

      • jampang Januari 31, 2014 / 07:30

        jam tangan cewe…. nggak cocok buat saya 😛

      • jampang Januari 31, 2014 / 08:08

        dioperasi transgender yah?
        😀

      • Dyah Sujiati Januari 31, 2014 / 09:51

        Enaknya aja gimana :p

      • jampang Januari 31, 2014 / 09:58

        Enaknya nggak usah nyari krn nggak suka pake 😀

      • Dyah Sujiati Januari 31, 2014 / 11:24

        Enakan tidur siang pak :p

      • jampang Februari 2, 2014 / 07:55

        iya deh

  6. fenny Januari 31, 2014 / 00:01

    Bener bgt … Time is money, wkt adalah pedang, wkt ngga bs d putar kembali, gunakan sebaik2nya wkt luang sebelum dtg wkt sempit n syukuri sehat sebelum sakit dtg … *kyk lagu apa ya* 😀

    Sdh bbrp bln ini ngga pake jam tgn krn rusak n blm dpt gnt yg seunik kmrn, pengganti smntr gelang tali kupu2 spt jam deh 🙂

    • jampang Januari 31, 2014 / 07:24

      itu lagunya group raihan, lima sebelum lima yang diambil dari hadits.

  7. lazione budy Januari 31, 2014 / 00:33

    anda ‘A’ nya kapital.

    Well, jam tangan saya udah ganti berkali-kali, beli yg kw makanya ga awet.
    😀

    • jampang Januari 31, 2014 / 07:26

      iya yah, kalau sapaan awalnya harus kapital. terima kasih koreksinya.

      makanya beli yg asli 😀

      • lazione budy Februari 3, 2014 / 23:23

        mahal…
        haha, dipakai rasanya ga beda juga.

      • jampang Februari 4, 2014 / 04:38

        iya seh… waktunya juga sama 24 jam sehari, nggak lebih lama dan enggak lebih cepat juga 😀

  8. Fathia Rahma Januari 31, 2014 / 00:47

    JAM TANGANNYA BAGUS 😀

    Saya jadi inget tokon Robert Langdon di novel-novelnya Dan Brown yang jam tangannya mickey mouse dengan tangannya sebagai jarum penunjuk; dan saya liat wujud aslinya di blog ini :mrgreen:

    • jampang Januari 31, 2014 / 07:27

      itu ilustrasi aja. jam tangan saya dulu ya nggak sebagus itulah. itu model lumayan baru kayanya.

      itu yang difilmkan nggak novelnya?

  9. evanda2 Januari 31, 2014 / 07:52

    Saya males bener pake jam. Biarkan awan dan matahari yg bicara tentang waktu… haiyyyahhh

    • jampang Januari 31, 2014 / 08:09

      uhuyyyyyy….

      kalau matahari bisa bicara ttg waktu, kalau awan… malah mengahalangi matahari saat bicara 😀

  10. edi padmono Januari 31, 2014 / 08:07

    Kenapa lebah itu rajin bekerja untuk segera menyelesaikan rumahnya sebagus mungkin…? karena umur lebah itu sangatlah pendek dan diumurnya yang sangat pendek itu mereka harus cepat memberikan manfaat yang banyak kepada manusia dengan menyediakan madu yang menyehatkan…

    • jampang Januari 31, 2014 / 08:10

      umur pendek tp memberikan banyak manfaat, sungguh beruntung, dan akan lebih beruntung jika umur panjang dan lebih banyak memberikan manfaat

  11. cumilebay.com Februari 2, 2014 / 00:42

    Keluar rumah ketinggalan dompet pasti gw wolesss aja terus jalan. Tapi kalo ketinggalan hp dan jam tangan maka aku pilih balik rumah. Kalo ngak ada jam tangan itu rasa nya kurang lengkap meskipun jarang juga di liat karena kebanyakan liat di hp hehehe

    • jampang Februari 2, 2014 / 07:41

      😀
      kalau dompet yg ketinggalan pasti repot, semuanya ada di dalamnya.
      kaau handphone ketinggalan pernah dan tahunya udah sampe kantor, malas balik lagi. pasrah aja deh

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s