Aku Cemburu, Dia Bersedih, Jika …

heart-wallpaper

di sela-sela kemacetan, di sisi kiri jalan, berdiri seorang perempuan berjilbab hitam…. manis juga.
#uhuksss

Jum’at, 7 Maret 2014 sekitar pukul 19.00 WIB

Yang kebetulan menjadi kontak saya di facebook dan membuka facebook ba’da maghrib kemarin mungkin akan melihat dan membaca kalimat di atas. Kalimat tersebut adalah status yang saya buat saat itu. Sebagian dari mereka memberi komentar. Sebagian isi dari komentar tersebut, bernada kurang suka dan mengingatkan, misalnya :

“haadeeuuh sempat2nya ki….ampoon dah, cowok bgitu kaali yee…!”

“indung-indung kepala lindung .. anak siapa pakai kerudung .. mata melirik kaki tersandung ..”

“Jaga pandangan….”

Sepertinya, status yang serupa dengan kata-kata di atas tak sepantasnya ditulis oleh seorang lelaki yang sudah menikah. Bukan hal yang mustahil, status tersebut bisa melukai perasaan sang istri dan mungkin juga orang-orang yang melihat dan membaca status tersebut akan menilai miring si pembuat status. Dalam hal ini, contohnya adalah saya.

Kamis, 6 Maret 2014 sekitar pukul 21.00 WIB

Sesaat sebelum memejamkan kedua mata, saya sempatkan untuk bertanya kepada Minyu tentang sesuatu yang mengganjal pikiran dan hati.

“Misalnya, Abang bikin status seperti ini” kemudian saya memberikan contoh sebuah kalimat. “Terus Nunu baca, gimana rasanya?”

“Itu misalnya apa beneran?” Tanya Minyu untuk memastikan.

“Misal. Contoh aja!” Jawab saya untuk meyakinkan.

“Sedih.”

“Sedih kenapa?”

“Ya sedih karena nggak bisa seperti perempuan itu. Baik fisik dan sifatnya.”

“Bukan cemburu yah?”

“Ya ada juga seh.”

“Tapi lebih banyak sedihnya?”

“Iya.”

Kamis, 6 Maret 2014 sekitar pukul 05.00 WIB

Saya minta Minyu mendekat agar dirinya membaca sebuah status facebook yang sedang saya lihat.

“Dia sudah menikah?” Tanya Minyu mengenai status perkawinan dari si pembuat status yang adalah seorang perempuan.

“Sudah” Jawab saya. “Kalau misalnya Abang yang menulis status seperti itu Nunu akan gimana?” Saya kembali mengulangi pertanyaan yang sudah saya lontarkan di malam harinya.

“Ya, sedih” jawab Minyu. “Kalau Nunu yang buat status seperti itu, Abang bakal gimana?” Minyu balik bertanya.

Cemburu!” Jawab saya singkat.

Sedih dan cemburu. Dua rasa yang berbeda. Yang pertama dirasakan oleh seorang perempuan, sementara lainnya dirasakan oleh seorang lelaki. Mungkin hal itu menjadi salah satu pembeda antara perempuan dan lelaki. Jika anda sebagai kamu perempuan atau lelaki tidak merasa terwakili atas kedua rasa itu, maka anggaplah itu adalah perbedaan antara Minyu dan saya saja.

Perempuan, dalam hal ini seorang Minyu, bila saya memberikan pujian kepada seorang perempuan lain, maka kesedihanlah yang dirasakannya. Sedih karena dirinya tidak bisa memiliki sifat perempuan yang saya puji. Sementara lelaki, dalam hal ini saya, bila Minyu mengungkapkan kekagumannya kepada lelaki lain, maka kecemburuanlah yang saya rasa. Cemburu karena Minyu memandang lebih kepada lelaki lain dibandingkan dengan diri saya.

Jumat, 7 Maret 2014, sekitar pukul 17.45 WIB

Arus lalu-lintas cukup padat. Dari arah Semanggi, saya memutar di bawah fly over Slipi. Ketika lampu lalu-lintas menyala hijau, saya jalankan sepeda motor untuk menyeberang ke sisi kiri jalan. Di sisi kiri jalan tersebut, saya melihat seorang perempuan berjilbab hitam. Manis.

Sepeda motor yang saya tunggangi masih bejalan perlahan ketika pandangan kami beradu. Beberapa detik kemudian, saya hentikan sepeda motor di tepi jalan. Perempuan itu melangkah mendekat. Dirinya segera mengenakan helm dan duduk di belakang saya, lalu kami meninggalkan Slipi bersama-sama.

Adzan Maghrib baru selesai berkumandang ketika kami tiba di rumah setelah sebelumnya kami mampir ke sebuah mini market untuk membeli beberapa barang yang kami butuhkan.

Jum’at, 7 Maret 2014 sekitar pukul 19.00 WIB

Setelah memasukkan beberapa potong pakaian kotor ke dalam mesin cuci dan menyalakan mesin tersebut, saya duduk di ruang tengah. Minyu masih berada di dalam kamar untuk shalat Maghrib. Saya ambil handphone dan menulis sebuah status.

di sela-sela kemacetan, di sisi kiri jalan, berdiri seorang perempuan berjilbab hitam…. manis juga.
#uhuksss

Lalu saya menunggu reaksi dari beberapa kontak saya yang membacanya. Mungkin di antara mereka ada yang merasakan hal yang sama seperti saya atau Minyu seandainya pasangan mereka membuat status seperti di atas.


Tulisan Terkait Lainnya :

46 thoughts on “Aku Cemburu, Dia Bersedih, Jika …

      • Dyah Sujiati Maret 8, 2014 / 20:19

        Soal operator mesin cuci kok

      • jampang Maret 8, 2014 / 20:28

        Nggak cuma operator doank…. Jemurnya juga koq

        *pamcol*

  1. ayanapunya Maret 8, 2014 / 20:12

    behind the scene nih ceritanya? πŸ˜€
    saya jadi ingat salah satu iklan di India. jadi ceritanya seorang wanita sedang berdiri tepi jalan. trus sebuah mobil dengan seorang pria di dalamnya berhenti dan menawarkan tumpangan. Si perempuan masuk dan keduanya bercakap. Ketika tiba di depan rumah, si perempuan mengajak pria tersebut masuk. Belakangan diketahui ternyata si pria ada suami si wanita tadi πŸ™‚

    • jampang Maret 8, 2014 / 20:15

      Ya mirip gitulah. Sebelumnya saya udah bilang ke Minyu kalau akan bikin status FB kaya gitu.

      BTW itu iklan apa? πŸ˜€

      • ayanapunya Maret 8, 2014 / 20:17

        nah, saya lupa itu iklan apa. udah lama banget soalnya

      • jampang Maret 8, 2014 / 20:27

        Ooooo…. gpp kalau begitu πŸ˜€

  2. Baginda Ratu Maret 8, 2014 / 20:33

    Itu sih namanya update status yang belum komplit, namanya… πŸ™‚
    Btw, 2 respon yg berbeda itu makin menegaskan bahwa, laki2 datang dr planet mars, sedangkan perempuan dr venus.. πŸ™‚

    • jampang Maret 8, 2014 / 20:47

      Status itu sengaja saya buat supaya tahu…. Gimana respon yg baca seandainya status tersebut dibuat oleh pasangan mereka. Cemburu atau sedih. Yang jelas, Efeknya, baik dirasa oleh laki-laki dan perempuan adalah tidak baik πŸ˜€

  3. fenny Maret 8, 2014 / 21:05

    Itulah bedanya Perempuan lbh bermain dgn hati hny bs d pendam dlm hati puncaknya mewek … Klo laki2 lbh bersama amarah n tindakan …

    • jampang Maret 9, 2014 / 07:21

      tapi tetap saja keduanya saling membutuhkan satu sama lain πŸ˜€

      • fenny Maret 9, 2014 / 20:30

        Yup betul … Saling membutuhkan n melengkapi … πŸ˜€

      • jampang Maret 10, 2014 / 05:11

        πŸ˜€

  4. giewahyudi Maret 8, 2014 / 21:44

    Pertanyaannya jleb banget tuh. Itu misalnya atau beneran? Hehehe

    • jampang Maret 9, 2014 / 07:22

      tinggal jawab yang sebenarnya aja. jujur itu bikin gampang koq πŸ˜€

  5. titintitan Maret 9, 2014 / 00:43

    kalo titin yang baca status, tin mungkin akan berpikir bahwa itu istri Bang Jampang :D.

      • titintitan Maret 9, 2014 / 10:25

        pertama siy yg diliat siapa yg posting, baru ‘berprasangka’ πŸ˜€

      • jampang Maret 9, 2014 / 13:52

        hmm… jadi kalau saya yang posting, nggak mungkin status yang macam-macam?
        πŸ˜€

      • titintitan Maret 10, 2014 / 10:48

        ahaha..

        bukan Bang Jampang aja.. tapi titin bakal liat dia terbiasa melakukan yg begitu gak? klo gak bisa pasti ada sesuatu yg png dicari dr status itu.*kya bang Jampang. πŸ˜€

        klo terbiasa nyleneh yaa.. paling dimaklumi ajee.. ato klo klo makin aneh dan kenal deket ya ingetin japri πŸ˜€

      • jampang Maret 10, 2014 / 10:53

        oooo…. ya… ya….ngerti…. ngerti πŸ˜€

  6. puteriamirillis Maret 9, 2014 / 05:24

    yah, syukurlah perempuan berjilbab hitam itu mbak minyu. πŸ™‚

    • jampang Maret 9, 2014 / 07:23

      kalau perempuan lain…. nggak bersyukur yah?
      πŸ˜€

  7. aqied Maret 9, 2014 / 08:25

    Aku belom ad yg mw di sedih in ato di cemburuin

    • jampang Maret 10, 2014 / 08:03

      πŸ˜€
      bersyukurlah dan bersabarlah

  8. Rivanlee Maret 9, 2014 / 11:54

    wanita berpikir dengan hati, lelaki dengan akal πŸ˜€

    • jampang Maret 9, 2014 / 13:52

      katanya seg begitu πŸ˜€

  9. nengwie Maret 9, 2014 / 13:33

    Untung bukan berjilbab kuning ..:D

    • jampang Maret 9, 2014 / 13:53

      kan jilbabnya ganti sama yang hitam, teh πŸ˜€

      • nengwie Maret 9, 2014 / 15:32

        Nyonya kurang suka pakai jilbab kuning kaaah..???

      • jampang Maret 9, 2014 / 15:48

        Kalau yg kuning blm ada teh… tapi yg mendekati kuning ada. Seragam kerjanya. Meskipun blm bisa dibilang kuning πŸ˜€

  10. araaminoe Maret 10, 2014 / 05:34

    Asmie lho sdh GR duluan, kirain yg berhijab hitam itu… He he he.. πŸ™‚

    Salam hormat buat Mbak Minyu nggih..

    • jampang Maret 10, 2014 / 05:36

      suka pake jilbab hitam ya, mbak? πŸ˜€

      insya Allah disampein.

  11. Orin Maret 11, 2014 / 07:11

    Kecuali kalo artis atw public figure gitu kali ya bang, coz aku kadang bilang ‘ganteng bangeeeet’ kalo ada Johnny Depp atw Adam Levine, trus si akang suka bilang cantik bgt kalo ada Dewi Sandra, dan kita berdua sih asyik2 aja hahahaha

    • jampang Maret 11, 2014 / 07:20

      mungkin setiap pasangan beda-beda teh πŸ˜€

      kalimat seperti itulah yang saya contohkan kepada istri, menyebut nama artis. jawabannya adalah seperti di atas… minyu sedih. dan mungkin saya akan cemburu jika minyu membuat status demikian.

      coretan di atas mungkin tidak mewakili semua pasangan suami-istri…. hanya sebagian saja… atau jangan-jangan…. hanya saya dan minyu saja πŸ˜€

  12. pitaloka89 Maret 11, 2014 / 08:25

    Saya cemburuan dan gampang sedih…

    • jampang Maret 11, 2014 / 20:25

      πŸ˜€
      pasti suami tahu caranya supaya mbak nggak cemburu dan sedih

      • pitaloka89 Maret 12, 2014 / 17:13

        Hehe.. mudah2an mas

      • jampang Maret 12, 2014 / 17:30

        sippppp πŸ˜€

  13. andiahzahroh Maret 11, 2014 / 10:20

    bingung baca tanggal-tanggalnya. apa ada yang salah ya? πŸ˜€
    Kalo aku perasaannya cemburu, dan marah, sebel
    Ga ada sedihnya
    Ahahahaha :p

    • jampang Maret 11, 2014 / 20:32

      itu tanggal dan jamnya mundur maju, mbak πŸ˜€

      nah… ini beda tipe lagi

  14. herma1206 September 3, 2014 / 19:28

    Klo saya sedih..krn ternyata suami msh suka jelalatan, di statusin lagi..yg artinya gak menghargai istri… Tapi klo status mas rizki, sy udh nyangka pasti yg di maksud perempuan tsb adl istri sendiri, kan emang suka bikin status yg ngehebohin…hehehe…piiiis.. πŸ˜€

    • jampang September 4, 2014 / 07:53

      berarti sama dong dengan minyu, sedih.

      masa seh? saya sering bikin setatus heboh? πŸ˜€

      • herma1206 September 4, 2014 / 20:36

        tapi sedihnya karena hal yg beda..hehe..

        yaa gitu deh…yg bikin org2 jadi gatel pada mau komen πŸ˜€

      • jampang September 5, 2014 / 07:49

        ooo… beda sebabnya.

        tapi biasanya komennya nggak banyak. soalnya saya jarang komentari status kontak lain di facebook seh πŸ˜€

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s