USG [1] : Enam Minggu Lima Hari

Hasil USG Usia Kandungan 6 Minggu 5 Hari
Hasil USG Usia Kandungan 6 Minggu 5 Hari

Hari Jum’at minggu lalu, saya memposting cerita tentang seorang dokter kandungan perempuan yang saya anggap sebagai sosok Kartini masa kini. Ada keinginan untuk bertemu sosok yang saya ceritakan di sana untuk memeriksakan kondisi kehamilan dan kandungan Minyu. Sayangnya, tempat praktek dr. Prita cukup jauh dari tempat tinggal kami. Akhirnya, saya dan Minyu sepakat untuk memeriksakan kehadmilan dan kandungan Minyu kepada sosok Kartini masa kini yang lain. Dokter kandungan perempuan yang lain.

Menjelang sore hari, saya dan Minyu berangkat ke sebuah rumah sakit dekat rumah. Bagi saya pribadi, ini adalah kali pertama saya datang ke rumah sakit dalam beberapa tahun terakhir. Di tempat pendaftaran, kami mendapat antrian nomor delapan sesuai dengan informasi dari bagian pendaftaran via telepon di pagi hari.

Setelah menunggu beberapa lama, nama Minyu dipanggil. Kami masuk ke ruang dokter. Setelah menyampaikan informasi bahwa kami sudah melakukan tes kehamilan menggunakan tes pack dan hasilnya positif serta menjawab beberapa pertanyaan dari dokter, Minyu diminta berbaring di atas tempat tidur untuk di-USG.

Ketika Minyu akan berbaring, dokter dan suster mengingatkan bahwa sebaiknya jangan buang air kecil dahulu ketika mau di-USG. Sebelumnya Minyu memberitahukan bahwa dirinya habis dari toilet, buang air kecil. Saran dokter dan suster tersebut bertujuan agar kondisi kantung kemih penuh sehingga hasil USG bisa lebih baik.

Namun demikian, ternyata alat USG bisa membaca dengan baik kondisi kandungan Minyu. Mungkin karena buang air kecilnya terlalu lama atau mungkin ada faktor lain yang saya tidak tahu.

Hasil USG menyatakan bahwa usia kandungan Minyu enam minggu lima hari. Tidak jauh berbeda dengan perhitungan dokter berdasarkan tanggal menstruasi terakhir. Perkiraan tanggal kelahiran adalah 30 November 2014. Janin tunggal. Detak jantung janin sekitar 130.

Alhamdulillah…

Setelah selesai memeriksa, dokter memberikan resep vitamin dan obat penguat kandungan. Dari kwitansi, obat yang mahal itu adalah obat penguat kandungan (Cygest 400 mg) yang sebutirnya hampir lima puluh ribu rupiah. Menurut dokter, jenis obat penguat kandungan baru ini tidak diminum, melainkan dimasukkan melalui Miss V. Cara terakhir lebih efektif, begitu kata dokter. Selain itu, biaya USG naik 1,5 kali dibandingkan biaya USG ketika Syaikhan belum lahir. *Ya iyalah, udah enam tahun yang lalu*

Kini, Minyu masuk fase Enek dari tiga fase “Enak, Enek, Anak” . Kondisi tubuhnya sering kurang fit. Sempat beberapa hari tidak masuk kerja. Makan pun agak susah. Jenis makanan yang sebelum masa kehamilan tidak pernah dimakan namun  kini sudah beberapa kali dicicipi adalah coklat dan es krim. Namun demikian, tidak selalu habis dimakan sendiri. Minyu selalu berbagi. Dengan sangat terpaksa senang hati, saya ikut menikmati.

Semoga Allah senantiasa memberika kami bertiga kesehatan dan kekuatan. Semoga janin di dalam kandungan Minyu tumbuh dan berkembang sehat. Normal. Sempurna. Kelak lahir pun dengan selamat. Aamiin.


Tulisan Terkait Lainnya :

58 thoughts on “USG [1] : Enam Minggu Lima Hari

  1. ayanapunya April 18, 2014 / 09:12

    semoga sehat selalu buat mba Minyu dan dedek bayi. saya juga insya Allah lebaran ini bakal punya ponakan 🙂

    • jampang April 18, 2014 / 09:16

      aamiin. terima kasih doanya, mbak.
      semoga bakal keponakannya juga sehat selalu. senang ada anggota keluarga baru, tambah rame pastinya yah 😀

      • ayanapunya April 18, 2014 / 09:28

        yup. nggak sabar nunggu lahirannya nih. hihi

      • jampang April 18, 2014 / 10:14

        😀
        Tantenya yg nggak sabar. Ibunya seh tenang-tenang aja yah

      • ayanapunya April 18, 2014 / 10:56

        hoho. iya 😀

      • jampang April 18, 2014 / 18:33

        😀

  2. rianamaku April 18, 2014 / 09:15

    Amin semoga sehat semuanya wah aku suka kata ” Enak, Enek, Anak ”
    lumayan dapat kamus baru 😀

    • jampang April 18, 2014 / 09:17

      aamiin. terima kasih, mbak.
      begitulah prosesnya 😀

      • rianamaku April 18, 2014 / 09:18

        Iya Normal ;D

      • jampang April 18, 2014 / 09:19

        😀
        sebagian lain yang “tidak normal” bisa jadi lebih nyaman dalam prosesnya.
        namun semuanya harus disyukuri

      • rianamaku April 18, 2014 / 09:21

        Amin 🙂
        salam buat mba minyu aku penasaran mas apa arti nama” minyu ” jujur aku baru pertama kali dengar nama ini.
        atau hanya pangilan saja

      • jampang April 18, 2014 / 10:12

        😀
        Ada yang ngartiin minyu = me n you

        Tapi aslinya itu adalah panggilan beberapa teman istri saya, mbak

      • rianamaku April 18, 2014 / 10:23

        ohhhh ok salam buat mba minyu lagi 🙂

      • jampang April 18, 2014 / 18:31

        Sudah disampaikan 😀

  3. fenny April 18, 2014 / 09:33

    Aamiin … Semoga smuanya sehat slalu …

    Saya jg 2 thn ini d kntr lg ngerasain bantuin cari makanan n ngabisin makanan org2 ngidam yg ngga hbs … 😀

    • jampang April 18, 2014 / 10:15

      Terima kasih doanya.

      😀
      Katanya seh orang ngidam nafsunya aja yg besar. Makannya sedikit.

      • fenny April 18, 2014 / 15:06

        Yup … Bumil nya cm mkn 2-3 suap lbh byk sisanya … Kyknya klo lg ngidam gitu bakalan byk jajan … 😀

        Perkiraan bln lahirnya sama kyk tante n tmn saya …

      • jampang April 18, 2014 / 18:39

        Ya begitulah masa ngidam.

        Oh yah? Mudah2an semuanya lahir sehat dan selamat.

  4. Zakii Aydia April 18, 2014 / 10:19

    Selamat dan semoga diberkahi Allah mas 🙂

    • jampang April 18, 2014 / 18:30

      Aamiin. Terima kasih doanya, mas

  5. capung2 April 18, 2014 / 10:32

    Istri sya dlu menginjak bulan ke-5 bru di USG.

    Moga slalu diberi kelancaran pd proses sblm dan ssdh kelahirannya nanti..

    • jampang April 18, 2014 / 18:31

      Aamiin. Terima kasih doanya, mas

  6. tipongtuktuk April 18, 2014 / 12:34

    alhamdulillah saya ikut berbahagia, Bang …
    semoga Allah memberkahi Abang sekeluarga dan melimpahkan kasih sayang-Nya …

    • jampang April 18, 2014 / 18:35

      Aamiin. Terima kasih, kang

  7. nengwie April 18, 2014 / 12:55

    Aamiin…
    Alhamdulillah ikutan senang kang bacanya.
    Kenapa hrs pakai obat penguat kang..?? Memang ada masalah..? Teteh 6 kali hamil, ngga pakai obat penguat rahim tuh, eeeh kecuali ya 2, karena ada flek2 dan pd akhirnya harus dikeluarkan juga 😥

    • jampang April 18, 2014 / 18:36

      Gak ada apa2 teh. Dokternya nawarin. Ya, buat jaga-jaga aja.

      • jampang April 22, 2014 / 07:55

        😀
        obatnya baru dipakai sekali, bu.

        praktek bu prita kejauhan seh

  8. ysalma April 18, 2014 / 13:35

    Aamiin, semoga minyu tetap sehat dan bayinya juga,
    bapaknya jadi lebih mempersiapkan sebagai suami siaga 🙂

    • jampang April 18, 2014 / 18:37

      😀
      Aamiin. Terima kasih.

  9. pursuingmydreams April 18, 2014 / 14:13

    Selamat ya bang Jampang, semoga Minyu dan anak yg dikandung selalu sehat 😉 .

    • jampang April 18, 2014 / 18:38

      Aamiin. Terima kasih, mbak.

  10. aqied April 18, 2014 / 15:08

    Semoga lancar dan dimudahkan ya mas.

    • jampang April 18, 2014 / 18:40

      Aamiin. Terima kasih, mbak.

  11. dian_ryan April 18, 2014 / 18:24

    Amiiin, smoga kehamilannya mba minyu lancar sampai waktunya tiba 🙂

    • jampang April 18, 2014 / 18:42

      Aamin. Terima kasih, mbak.

  12. izzawa April 18, 2014 / 22:00

    semoga minyu dan calon dedeknya sehat2 aja ya mas….. 🙂

    • jampang April 19, 2014 / 05:17

      aamiin. terima kasih doanya, mbak

  13. Hartomo April 18, 2014 / 23:36

    selamat gan,semoga selalu di berikan kesehatan ..

    • jampang April 19, 2014 / 05:17

      aamiin. terima kasih, mas

  14. Fathia Rahma April 19, 2014 / 06:07

    Alhamdulillaah.. Sehat-sehat ya mbaknya. Aamiin 🙂

  15. rinisyuk24 April 19, 2014 / 08:58

    Selamat ya, semoga janin dan ibunya sehat-sehat terus.

    • jampang April 19, 2014 / 12:20

      Terima kasih doanya, mbak. Aamiin

  16. Baginda Ratu April 19, 2014 / 11:29

    Aamiin….
    Semoga sehat selalu sampe waktunya lahir nanti ya, mbak Minyuuu… 🙂

    • jampang April 19, 2014 / 12:21

      Terima kasih, mbak…

  17. ibuseno April 19, 2014 / 22:30

    Semoga sehat2 kandungannya dan lancar persalinannya

    • jampang April 20, 2014 / 05:22

      aamiin. terima kasih banyak atas doanya, teh

  18. pritakusumaningsih April 22, 2014 / 07:51

    Buat mual, bisa pakai jahe. Permen jahe, wedang jahe, jahe mentah..dll..dll. Kalau pingin sedikit pedas buat ngurangi mual juga boleh…asalkan sdh terbiasa dan gak sampai bikin sakit lambung

    • jampang April 22, 2014 / 07:54

      wah… terima kasih, bu. mungkin nanti bisa dicoba

  19. Oty April 22, 2014 / 08:15

    Barakallah q….moga sehat sampe lahiran yaa….obat2an klo dirasa blm perlu ga ush diminum keknya…lebih bgs sayur dan buah2 (terutama pir,buat kulit bayi mulus hehe) diperbanyak, smakin byk muntah semakin sering mkn aja…susu jg bgs plus air putih yg byk*pengalaman pribadi*

    • jampang April 22, 2014 / 08:36

      terima kasih, kak.
      obat yang diminum cuma vitaminnya aja. alhamdulillah makannya sudah normal lagi meski mualnya masih ada.

  20. thetrueideas April 23, 2014 / 10:22

    Es krim….

    *aku suka*

  21. Widodo Wirawan April 25, 2014 / 09:23

    wah, tahu-tahu udah punya istri dan punya anak lagi… ktinggalan saya dengan dunia persilatan wipi… 😀 selamat Mas…

    • jampang April 25, 2014 / 09:43

      😀
      terima kasih, pak

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s