[FF Cinta Pertama] Sebab Mencintai Tak Harus Memiliki

love
“Selamat, Rick!”

Entah kekuatan apa yang mampu menopang lidahku untuk mengucapkan kalimat tersebut sambil menggenggam tangan Erick, sementara di sampingnya berdiri seorang perempuan yang selama ini kucintai sejak pandangan pertama, Brenda.

Brenda terlihat sangat anggun dengan balutan gaun berwarna putih bersih. Parasnya semakin cantik dengan hiasan senyum yang selalu hadir ketika menerima ucapan selamat dari para tamu undangan.

“Jaga Brenda! Bahagiakan dia!”

Erick menjawab dengan mantap atas permintaanku itu. Kutinggalkan keduanya di pelaminan sambil membawa mendung di dalam langit hatiku.

Dahulu, aku meyakini dan memegang teguh sebuah prinsip bahwa cinta itu harus memiliki. Ketika aku mencintai seorang perempuan, maka dirinya haruslah menjadi milikku. Sebab bagaimana mungkin aku mencintai seorang perempuan sementara dirinya adalah milik orang lain.

Aku telah jatuh cinta kepada Brenda. Mungkin benih-benih cinta itu hadir karena aku dan dirinya tumbuh dan besar bersama-sama. Sejak kecil, aku dan Brenda selalu bermain bersama, belajar di sekolah yang sama, bahkan kuliah di kampus yang sama pula meski berbeda jurusan. Selepas kuliah, aku dan Brenda bekerja di tempat yang berbeda. Namun demikian, intensitas kebersamaan di antara kami tak banyak berkurang.

Bagiku, tak ada sosok perempuan lain yang lebih sempurna daripada dirinya. Tak ada perempuan yang mampu mengisi ruang hatiku seperti Brenda. Aku ingin mewujudkan prinsip tersebut bersamanya.

Kini, ketika Brenda telah menentukan pilihan seorang lelaki yang bukan diriku, ketika kulihat Brenda dan Erick bersanding di pelaminan, aku harus meralat prinsip yang telah lama kugenggam tersebut.

Cintaku kepada Brenda yang telah tumbuh seumur hidupku, bahkan bisa jadi sebelum aku terlahir ke dunia ini, tak akan berganti menjadi benci. Bukan pula berarti bahwa niatku untuk membahagiakannya menguap terbakar api amarah. Aku akan tetap mencintainya. Aku tetap ingin membahagiakannya dengan cara tak lagi berharap dirinya akan membalas cintaku dan berdoa untuk kebahagiaanya bersama Erick.

Prinsipku kini adalah, mencintai tak harus memiliki.

Mungkin semua terjadi karena kesalahanku. Aku hanyalah lelaki pengecut. Lelaki yang hanya bisa memendam cinta untuk dirasakan sediri dan tak pernah berani mengungkapkannya kepada perempuan yang dicintainya. Perempuan yang ingin dimilikinya.

Brenda, semoga dirimu tahu bahwa aku mencitaimu dan akan selalu mencintaimu. Aku ingin melihatmu bahagia, maka berbahagialah bersama Erick. Jika selama ini aku yang selalu berada di sisimu dan menjagamu, maka mulai hari ini, semua itu akan dilakukan oleh Erick. Kuyakin, pilihanmu tidak salah. Dialah sosok lelaki yang lebih pantas menjadi pendamping hidupmu dibandingkan diriku.

Aku jadi bertanya-tanya, apakah cinta yang kurasakan ini sama halnya dengan cinta yang dirasakan oleh Qabil kepada Iqlima?

“Brandon, ayo foto bersama!” Panggilan Brenda membuyarkan lamunanku.

Kulangkahkah kakiku kembali ke pelaminan untuk memenuhi permintaan Brenda, perempuan yang pertama kali kulihat ketika aku dan dirinya masih berada di dalam rahim ibuku


Flash Fiction Lainnya :

35 thoughts on “[FF Cinta Pertama] Sebab Mencintai Tak Harus Memiliki

  1. rianamaku Mei 18, 2014 / 09:50

    Mendalam aku suka ( sambil seka air mata )😦

    Memang rasanya ke bawa sampai mati kali rasa seperti ini, walau aku tidak pernah menjadi sosok brando .

    • jampang Mei 18, 2014 / 17:03

      Tapi cinta brando adalah cinta terlarang mbak😀

  2. avokadojuice Mei 18, 2014 / 12:41

    huaaahhhh…kesel baca cerita begini-an, hehehe….
    tapi bagussss… oia FF tadi aku pikir Fan Fiction ternyata Flash Fiction to, hihihihi

    • jampang Mei 18, 2014 / 17:02

      Terima kasih😀
      Iyah… Flash Fiction. Cerita yang mengagetkan di endingnya

  3. pinkvnie Mei 18, 2014 / 12:48

    Ceritanya msh agak gantung ya ka …
    cinta pertama apalagi cinta sendiri serasa sbg pecundang memang ngga enak n menyiksa … *eh jd curcol*😀

    • jampang Mei 18, 2014 / 17:01

      Nggak gantung. Emang segitu doank. Cinta pertama di sini bukan cinta pertama biasa koq😀

  4. Orin Mei 18, 2014 / 21:22

    Kisah Qabil dan Iqlima sepertinya belum banyak yg tau bang, jadi masih banyak yg ngga ngeh dengan cluenya😀

    • jampang Mei 18, 2014 / 22:24

      Cluenya ada tiga teh. Qabil dan iqlima, nama brenda dan brandon yg merupakan nama kembar… setidaknya di serial BeverlyHills 90210. Satu lagi kalimat mengenal sebelum lahir😀

  5. Firsty Chrysant Mei 18, 2014 / 21:47

    namanya udah cocok… Brenda dan Brandon… tapi belum jodoh yaa

    • jampang Mei 18, 2014 / 22:24

      Sebab mereka adik-kakak. Kembar😀

      • Firsty Chrysant Mei 18, 2014 / 22:27

        ooo iyaa… ada qabil n iklimanya…🙂

      • jampang Mei 19, 2014 / 05:18

        mungkin cluenya kurang jelas kali yah. dan kisah qabil dan iqlima banyak yang belum tahu seperti komentar di atas. jadinya saya tambahin keterangan aja😀

      • Firsty Chrysant Mei 19, 2014 / 09:02

        haha… aku ngga langsung ngeh dengan adanya nama qabil dan iklima, bahwa mereka kembar…
        *radar lagi banyak gangguan nih, jadi kesalahan bukan pada pemancarnya… haha

      • jampang Mei 19, 2014 / 12:28

        oooo…. mudah2an nggak jadi sensi😀

      • jampang Mei 19, 2014 / 22:24

        😀

  6. Hastira Mei 19, 2014 / 05:54

    bisa ya kembaran jatuh cinta????

    • jampang Mei 19, 2014 / 05:56

      cinta yang terlarang😀

      kalau melihat sejarah, qabil itu lebih suka sama kembarannya, iqlima, dibandingkan prempuan yang harusnya dinikahi sesuai peraturan yang ditetapkan oleh sang ayah. lagi pula… ini kan fiksi

  7. dian farida Mei 19, 2014 / 12:11

    AQ mudeng, qpikir tadi nggak ada twistny, eh trnyta ada:)

    • jampang Mei 19, 2014 / 12:37

      akhirnya saya tambahin beberapa kata di akhir, mbak. sebelumnya banyak yang nggak mudeng😀

  8. esti kristikasari Mei 19, 2014 / 13:51

    Hohoo..harus baca dua kali endingnya.. Keren

  9. Annisa Reswara Mei 19, 2014 / 16:48

    Cinta dalam diam..
    asekkk…
    cinta dalam diam itu tulus mas [harusnya begitu]
    hehehe

    nice flash fiction🙂

    • jampang Mei 19, 2014 / 16:51

      bisa jadi begitu, mbak😀

      terima kasih

      • jampang Mei 19, 2014 / 16:54

        enakan cumi-cumi, mbak😀

  10. Donna Imelda (@donnaimelda) Mei 20, 2014 / 06:59

    oalah, ternyata bisa ya jatuh cinta kepada kembaran yang bukan cinta sebagai saudara sekandung. Hmmm…bahaya.

    • jampang Mei 20, 2014 / 07:38

      makanya cintanya harus diubah. untunglah cinta brandon nggak kesampaian😀

  11. Kakmoly Mei 21, 2014 / 11:16

    Tapi emang bisa kok mas dua kembaran itu saling suka, mungkin karena selalu bersama kali ya.
    Ada temenku, ibunya itu terlahir kembar. Diceritakan kalau, saat si kembaran ibu nya temen aku itu mau menikah, ibu nya temen aku itu ngerasain sedih yang sangat mendalam. Soalnya katanya, rasanya seperti ada yang mengambil sesuatu yang sudah dimilikinya sejak lama.

    • jampang Mei 21, 2014 / 11:25

      nah… rada mirip donk dengan cerita rekaan saya ya mbak😀

      • Kakmoly Mei 21, 2014 / 11:27

        iya, mas. Meskipun si ibu nya temenku itu, ga beneran suka, hanya perasaan tidak rela😀

  12. RedCarra Mei 25, 2014 / 00:11

    makasih, Mas, udah ikutan😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s