Naik Pangkat yang Tertunda

tangga“Sesuai dengan data kepegawaian, Anda berpotensi untuk dinaikkan pangkat TMT 1 Oktober 2014 sepanjang memenuhi persyaratan. Berkas kenaikan pangkat diusulkan paling lambat 16 Juni 2014.”

Begitulah kurang lebih isi SMS yang saya terima dari Bagian Kepegawaian pada tanggal 9 Mei yang lalu.Β  Beberapa teman saya yang lain pun menerima isi SMS yang serupa.

Berdasarkan aturan, secara normal, seorang Pegawai Negeri Sipil akan naik pangkat dan golongan setiap empat tahun sekali. Terakhir saya naik pangkat dan golongan adalah Oktober 2010. Empat tahun yang lalu. Jadi isi SMS tersebut adalah benar adanya dan bukan hoax. Sudah waktunya bagi saya naik pangkat dan golongan.

Seharusnya saya senang mendengar kabar tersebut dan segera melengkapi segala dokumen dan berkas yang dibutuhkan untuk keperluan proses naik pangkat. Sebab kenaikan pangkat dan golongan erat kaitannya dengan kenaikan gaji. Sayangnya, saya tidak akan bisa menindaklanjuti isi SMS tersebut. Saya belum bisa memenuhi persyaratan kenaikan pangkat di periode ini.

Pasalnya, kenaikan pangkat yang terjadi setiap empat tahun sekali adalah kenaikan pangkat untuk para pegawai yang duduk di jabatan struktural, mulai dari jabatan pelaksana hingga tingkat eselon. Sedangkan saat ini, saya tidak duduk di jabatan struktural. Saya duduk di jabatan fungsional. Fungsional Pranata Komputer, tepatnya. Ketentuan tersebut tidak berlaku bagi jabatan yang saya miliki.

Berbeda dengan pegawai di struktural yang naik pangkat secara rutin setiap empat tahun sekali, kenaikan pangkat di jabatan fungsional tidak terkait dengan masa kerja, melainkan dengan angka kredit. Dengan demikian, seorang pejabat fungsional bisa naik pangkat lebih cepat dibandingkan dengan pegawai di struktural. Namun demikian, ada juga kondisi di mana kenaikan pangkat pejabat fungsional lebih lama dibandingkan kenaikan pangkat pegawai di struktural. Saat ini, saya mengalami kondisi dan situasi yang terakhir.

Jika ada pegawai di struktural yang kenaikan pangkat terakhirnya sama seperti saya, di tahun 2010, maka tahun ini mereka bisa naik pangkat lagi. Sementara saya belum bisa. Angka kredit saya belum cukup untuk bisa naik pangkat di tahun ini. Ada sekitar dua puluh lima angka kredit yang harus saya kumpulkan untuk bisa naik pangkat. Kemungkinan paling cepat angka kredit itu terpenuhi adalah tahun depan. Insya Allah.

Untuk mencari kekurangan angka kredit tersebut di tahun 2014 ini, saya harus berburu angka. Kegiatan yang diistilahkan oleh dengan mengais-ngais angka kredit oleh teman-teman saya. Kegiatan untuk mencari-cari angka kreditΒ  dari setiap pekerjaan yang saya lakukan di kantor. Beberapa kegiatan sudah saya inventarisir. Selanjutnya adalah membuat laporan kegiatan dan segala kelengkapannya yang disebut Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit alias DUPAK.

Menjadi pegawai di jabatan fungsional adalah sebuahΒ  pilihan. Setiap pilihan pasti ada sisi plus dan minusnya seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Tahun ini, saya mungkin harus berhadapan dengan sisi minusnya. Kenaikan pangkat dan golongan saya tertunda karena belum bisa mengumpulkan angka kredit minimal sesuai persyaratan. Sedang beberapa tahun sebelumnya, saya bisa naik pangkat dan golongan lebih cepat.

Segala sesuatu memang ada masanya. Ada gilirannya. Termasuk naik pangkat lebih cepat, tepat waktu, ataupun terlambat.


Tulisan Terkait Lainnya :

30 thoughts on “Naik Pangkat yang Tertunda

  1. azitafebriani Mei 19, 2014 / 07:53

    sayapuun waktunya naik tahun ini… udah diusulkan tapi masih nunggu… oh ya saya sebelumnya ga ngeh dengan jabatan fungsional ini, saya kira kenaikan pangkatnya sama aja..ternyata lain ya

    • jampang Mei 19, 2014 / 07:58

      karena namanya beda, jadi perlakuannya juga beda, mbak πŸ˜€

      cuma nggak tahu kalau di instansi lain apakah sama atau seperti yang saya alami di sini

  2. pingkanrizkiarto Mei 19, 2014 / 08:35

    aku gak pengin naik pangkat, sudah segini aja cukup… *karepe dewe*

    • jampang Mei 19, 2014 / 08:37

      πŸ˜€
      ya nyamannya aja di mana, mbak

      • pingkanrizkiarto Mei 19, 2014 / 11:08

        nyamannya sih udahan mentok disini aja, tapi berhubung ada ‘kewajiban’ tiap 4 tahun, lha piye maneh, qiqiqiq…

      • jampang Mei 19, 2014 / 12:33

        bikin kesalahan aja. nanti kan naik pangkatnya bisa ditunda πŸ˜€

        *malah ngajarin nggak bener*

  3. Yudhi Hendro Mei 19, 2014 / 09:43

    meski di jabatan fungsional, mas Fikri punya kelebihan dibanding teman2 di jabatan struktural, yaitu rajin nulis di blog dan bikin buku. apa hal itu nggak bisa dijadikan pertimbangan untuk menambah angka kredit ya ? 😦

    • jampang Mei 19, 2014 / 12:30

      masalahnya saya fungsional di bidang IT, pak. sedang buku dan blog saya bukan bahas IT, makanya jadi nggak bisa nambah angka kredit

  4. Chrismana"bee" Mei 19, 2014 / 09:43

    Untuk pegawai negeri naik pangkat berarrti naik gaji ya om, kalo di swasta belum tentu, makanya saya lebih suka naik gaji, ndak naik pangkat gpp πŸ˜€

    • jampang Mei 19, 2014 / 12:32

      naik gaji ada juga. kenaikan gaji berkala namanya. tiap dua tahun. jadi bisa juga kondisinya naik gaji tanpa perlu naik pangkat πŸ˜€

  5. nazhalitsnaen Mei 19, 2014 / 11:57

    kalau saya sedang tunggu naik grade nih mas… terkendala birokrasi karena level kanwil kemarin tidak ada pejabat definitifnya jadilah ditarik ke pusat dan hingga sekarang belum ketawan progresnya…
    naik pangkat? yah saya masih 2017 nih ~_~a
    wah keren ya kepegawaiannya ada sistem sms gitu yah
    karena pusat kali ya, kalau sini malah kepegawaiannya yang langsung ngeberkasin seluruh dokumen usulannya *pernah ngebantuin untuk masa April 2014 kemarin πŸ˜€

    • jampang Mei 19, 2014 / 12:36

      mudah2an cepat selesai prosesnya.

      kalau 2017, artinya baru naik pangkat tahun kemaren donk.

      ada web kepegawaian yang mungkin dari situ kirim SMS secara otomatis..

      • nazhalitsnaen Mei 19, 2014 / 12:48

        saya pns per 2013.. jadilah terhitung buat naik pangkatnya 2017..

      • jampang Mei 19, 2014 / 13:08

        ooo…. πŸ˜€

  6. ira nuraini Mei 19, 2014 / 12:50

    samaa…saya juga tahun ini naik pangkat/golongan…mudah2an aja lancar ga pake delay.. πŸ™‚

    • jampang Mei 19, 2014 / 13:12

      kalau saya pasti tertunda mbak πŸ˜€

      selamat!

  7. belajar onlaine Mei 19, 2014 / 14:04

    mungkin belum rizekinya. kalau sudah rezekinya nanti pasti akan naik pangkat.. amintt yang pasti semangat terus dan jangan putus asa..

    • jampang Mei 19, 2014 / 14:09

      iya. terima kasih πŸ˜€

  8. rianamaku Mei 19, 2014 / 14:40

    Amin amin amin..
    Kalau sudah tiba waktunya akan datang juga kesempatan itu.

  9. Joe Ismail Mei 19, 2014 / 15:51

    paling males menyusun PAK, ribet mengumpulkan SK SK yang bertebaran di mana-mana

    • jampang Mei 19, 2014 / 15:57

      πŸ˜€
      bener banget. dan bukan cuma SK, setiap laporan kegiatan juga.

  10. ysalma Mei 19, 2014 / 15:53

    ntar kalau udah rejekinya naik pangkat walau bukan di struktural,
    ada aja yang ngasih poin kreditnya πŸ™‚ *sok tau nan menghibur

    • jampang Mei 19, 2014 / 15:57

      ini lagi dikumpulin sedikit demi sedikit biar jumlahnya pas πŸ˜€

  11. Arip Yeuh! Mei 19, 2014 / 20:58

    Ayah saya dalam proses menjadi Kepsek. Sementara kalau ibu mah, “Ah enakan jadi guru ketimbang jadi kepala sekolah apalagi pengawas mah”. πŸ˜€

    • jampang Mei 19, 2014 / 22:23

      πŸ˜€
      Masing-masing punya pandangan yg berbeda

  12. pinkvnie Mei 19, 2014 / 22:07

    Enak ya ada kenaikan pangkat n gaji … πŸ™‚
    Semoga angka kreditnya cpt tercapai …

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s